Ke-PGRI-an, Curriculum : 2018


Courser in EnglishPGRI PRINCIPLES
ProgramPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
SKS2 SKS
RPS35 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib universitas, berbobot 2 sks, bertujuan memberikan pembinaan dan memfasilitasi  mahasiswa  dalam  mengembangkan   kepribadian di bidang ke-PGRI-an.

Materi Pembelajaran:

Pengantar Umum
Sejarah  dan Dinamika PGRI
Tantangan PGRI di Era Disrupsi dan Revolusi
Profil Mahasiswa Pancasila
Sifat dan Jatidiri PGRI
Peran PGRI dalam Meningkatkan Kualitas SDM
PGRI dan Jejaring Global
Etika Organisasi PGRI
Reformasi, Pemikiran, dan Kinerja PGRI

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

Sikap (S)

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3)

Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. (4)

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. (S6).

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. (S8)

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. (S10)

Penge-tahuan (P)

Menguasai  konsep teoritis bidang  pengetahuan tertentu  secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam,  serta  mampu  memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural. (P1)

Keteram-pilan Umum (KU)

Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis,    sistematis,  dan inovatif dalam  konteks pengembangan       atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. (KU1)

Mampu    menunjukkan    kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (KU2)

Mampu   mengambil   keputusan secara       tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya,          berdasarkan  hasil analisis informasi dan data. (KU5)

Mampu      melakukan      proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. (KU8)

Keteram-pilan Khusus (KK)

   Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya  dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi. (KK1)

Mampu  mengambil  keputusan yang  tepat  berdasarkan analisis  informasi dan  data,  dan   mampu   memberikan  petunjuk   dalam   memilih   berbagai alternatif  solusi secara mandiri  dan kelompok. (KK2)

Bertanggung  jawab  pada  pekerjaan   sendiri  dan  dapat  diberi  tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. (KK3)

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pendidikan Bahasa Daerah, mahasiswa mampu:

CPMK 1

Mampu menunjukkan sikap yang menunjukkan sikap menginter-nalisasikan  nilai, norma, dan etika PGRI; mampu menguasai konsep teoritis bidang  pengetahuan ke-PGRI-an  secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam,  serta  mampu  memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural; dan mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidang ke-PGRI-an  dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi. (S4, P1, dan KK1).

 

CPMK 2

Mampu berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa, bekerja sama, dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; mampu mengambil  keputusan yang  tepat  berdasarkan analisis  informasi dan  data ke-PGRI-an  dan   mampu   memberikan  petunjuk   dalam   memilih   berbagai alternatif  solusi secara mandiri  dan kelompok berdasarkan analisis informasi dan data; dan mampu menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis,  dan inovatif dalam  konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang ke-PGRI-an (S2, S3, KK2, dan KKU1).

 

CPMK 3

Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila melalui mata kuliah ke-PGRI-an dan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan dalam bidang ke-PGRI-an; mampu bertanggung  jawab  pada  pekerjaan   sendiri  dan  dapat  diberi  tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi PGRI; serta mampu    menunjukkan    kinerja mandiri, bermutu, terukur, melakukan      proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri di bidang ke-PGRI-an (S3, S10,KK3;KKU2,KKU4) 

References

Mukhtar, Muh. Ali. 2019. Kiprah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dalam Peningkatan Mutu Guru di Indonesia. Tesis. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta.

Pengurus Besar PGRI. 2019. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Persatuan Guru Republik Indonesia Kongres XXII PGRI Tahun 2019. Jakarta. ….. . 2019.

Risalah dan Keputusan Kongres XXII PGRI. Jakarta. YPLP/PPLP PGRI Pusat. 2012. Pendidikan Sejarah Perjuangan dan Jatidiri PGRI untuk Perguruan Tinggi. Jakarta.


Details ...
Course Descriptions

Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah  ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya  kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal, loyal terhadap perjuangan PGRI, dan anti korupsi.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

 

CPL 1

Menguasai  konsep teoritis bidang  pengetahuan tertentu  secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam,  serta  mampu  memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural

CPL 2

Mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya  dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

CPL 3

Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

CPL 4

Menunjukkan    kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK 1

Menguasai  konsep teoritis tentang  PGRI secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam,  serta  mampu  memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural

CPMK 2

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dengan nilai-nilai PGRI dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

CPMK 3

Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

CPMK 4

Mampu    menunjukkan    kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

 

Sub-CPMK1

Mampu menjelaskan sejarah dan memahami dinamika PGRI (CPMK 1)

Sub-CPMK2

Mampu memahami dan menerapkan sifat dan jatidiri PGRI dalam menyelesaikan potensi permasalahan dalam menjalankan tugas keguruan (CPMK 1, CPMK 2)

Sub-CPMK3

Mampu memahami tantangan PGRI di Era Disrupsi dan merancang peran PGRI untuk beradaptasi di era disrupsi yang bermutu dan terukur ( CPMK 1, CPMK 2, CPMK 4)

Sub-CPMK4

Mampu memahami Profil Mahasiswa Pancasila dan menerapkan dalam kehidupan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air (CPMK 1, CPMK 3)

Sub-CPMK5

Mampu merancang peran PGRI dalam meningkatkan kualitas SDM dengan memanfaatkan IPTEKS (CPMK 1)

Sub-CPMK6

Mampu memahami etika organisasi PGRI dan mengaplikasikan dalam menyelesaikan masalah (CPMK 1, CPMK 2)

Sub-CPMK7

Mampu mengetahui PGRI dan jejaring globalnya dan menganalisis potensi PGRI dalam beradaptasi pada perkembangan situasi (CPMK 1, CPMK 2)

Korelasi antara CPL/CPMK terhadap Sub-CPMK

 

 

 

Sub-CPMK1

Sub-CPMK2

Sub-CPMK3

Sub-CPMK4

……

CPL1/CPMK1

 

CPL2/CPMK2

 

 

 

CPL2/CPMK3

 

 

 

 

 

CPL2/CPMK4

 

 

 

 

References

Pustaka

Utama :

 

  1. Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
  2. M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
  3. Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
  4. Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
  5. Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta

Pendukung :

 

 

  1. AD/ART PGRI
  2. UU No.20 th 2003 ttg Sisdiknas
  3. UU No. 14 Th 2005 ttg Guru dan Dosen dan PP No. 74 Tahun 2008 ttg Guru
  4. UU Ketenagakerjaan
  5. Renstra Kemendiknas 2010-2014,
  6. UU 32 Th 2004 , ttg Pemerintahan Daerah
  7. PP 38 Th 2007
  8. UU 23 Th 2013, ttg Pemerintahan Daerah


Details ...
Course Descriptions

Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah  ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya  kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal, loyal terhadap perjuangan PGRI, dan anti korupsi.

Learning Outcomes

Menguasai  konsep teoritis tentang  PGRI secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam,  serta  mampu  memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dengan nilai-nilai PGRI dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

Mampu    menunjukkan    kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

References

  1. Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
  2. M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
  3. Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
  4. Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.

Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah  ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya  kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal, loyal terhadap perjuangan PGRI, dan anti korupsi.

Learning Outcomes

Menguasai  konsep teoritis tentang  PGRI secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam,  serta  mampu  memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dengan nilai-nilai PGRI dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

References

  1. Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
  2. M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
  3. Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
  4. Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.

Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah  ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya  kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal dan loyal terhadap perjuangan PGRI.

Learning Outcomes

  1. Menumbuhkan sikap disiplin, kompetitif, dan professional
  2. Menumbuhkan pribadi yang tanggap terhadap sesama dan lingkungannya
  3. Menumbuhkan pribadi yang tangguh, ulet, dan tidak mudah putus asa
  4. Menumbuhkan pribadi yang takwa, taat, dan toleran
  5. Menumbuhkan pribadi jujur dan memiliki integritas serta jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45 yang meliputi: nilai rela berkorban, nasionalisme, dan persatuan
  6. Menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekeluargaan, dan kerjasama

 

References

  1. Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
  2. M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
  3. Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
  4. Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
  5. Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta
  6. AD/ART PGRI
  7. UU No.20 th 2003 ttg Sisdiknas
  8. UU No. 14 Th 2005 ttg Guru dan Dosen dan PP No. 74 Tahun 2008 ttg Guru
  9. UU Ketenagakerjaan
  10. Renstra Kemendiknas 2010-2014,
  11. UU 32 Th 2004 , ttg Pemerintahan Daerah
  12. PP 38 Th 2007
  13. UU 23 Th 2013, ttg Pemerintahan Daerah


Details ...
Course Descriptions

Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah  ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya  kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal dan loyal terhadap perjuangan PGRI.

Learning Outcomes

  1. Menumbuhkan sikap disiplin, kompetitif, dan professional
  2. Menumbuhkan pribadi yang tanggap terhadap sesama dan lingkungannya
  3. Menumbuhkan pribadi yang tangguh, ulet, dan tidak mudah putus asa
  4. Menumbuhkan pribadi yang takwa, taat, dan toleran
  5. Menumbuhkan pribadi jujur dan memiliki integritas serta jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45 yang meliputi: nilai rela berkorban, nasionalisme, dan persatuan
  6. Menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekeluargaan, dan kerjasama

 

References

  1. Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
  2. M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
  3. Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
  4. Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
  5. Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta
  6. AD/ART PGRI
  7. UU No.20 th 2003 ttg Sisdiknas
  8. UU No. 14 Th 2005 ttg Guru dan Dosen dan PP No. 74 Tahun 2008 ttg Guru
  9. UU Ketenagakerjaan
  10. Renstra Kemendiknas 2010-2014,
  11. UU 32 Th 2004 , ttg Pemerintahan Daerah
  12. PP 38 Th 2007
  13. UU 23 Th 2013, ttg Pemerintahan Daerah


Details ...
Course Descriptions

Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah  ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya  kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal, loyal terhadap perjuangan PGRI, dan anti korupsi.

Learning Outcomes

Menguasai  konsep teoritis tentang  PGRI secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam,  serta  mampu  memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dengan nilai-nilai PGRI dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

References

  1. Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
  2. M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
  3. Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
  4. Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.

Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah  ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya  kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal, loyal terhadap perjuangan PGRI, dan anti korupsi.

Learning Outcomes

Menguasai  konsep teoritis tentang  PGRI secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam,  serta  mampu  memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dengan nilai-nilai PGRI dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi.

Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

References

  1. Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
  2. M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
  3. Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
  4. Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.

Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Mata   kuliah ini merupakan mata kuliah wajib universitas, berbobot 2 sks, bertujuan memberikan pembinaan dan memfasilitasi  mahasiswa  dalam  mengembangkan   kepribadian di bidang ke-PGRI-an.

 

Materi Pembelajaran:

  1. Pengantar Umum
  2. Sejarah  dan Dinamika PGRI
  3. Tantangan PGRI di Era Disrupsi dan Revolusi
  4. Profil Mahasiswa Pancasila
  5. Sifat dan Jatidiri PGRI
  6. Peran PGRI dalam Meningkatkan Kualitas SDM
  7. PGRI dan Jejaring Global
  8. Etika Organisasi PGRI

Reformasi, Pemikiran, dan Kinerja PGRI

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

Sikap (S)

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3)

Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. (4)

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. (S6).

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. (S8)

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. (S10)

Penge-tahuan (P)

Menguasai  konsep teoritis bidang  pengetahuan tertentu  secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam,  serta  mampu  memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural. (P1)

Keteram-pilan Umum (KU)

Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis,    sistematis,  dan inovatif dalam  konteks pengembangan       atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. (KU1)

Mampu    menunjukkan    kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (KU2)

Mampu   mengambil   keputusan secara       tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya,          berdasarkan  hasil analisis informasi dan data. (KU5)

Mampu      melakukan      proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. (KU8)

Keteram-pilan Khusus (KK)

   Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya  dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi. (KK1)

Mampu  mengambil  keputusan yang  tepat  berdasarkan analisis  informasi dan  data,  dan   mampu   memberikan  petunjuk   dalam   memilih   berbagai alternatif  solusi secara mandiri  dan kelompok. (KK2)

Bertanggung  jawab  pada  pekerjaan   sendiri  dan  dapat  diberi  tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. (KK3)

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pendidikan Bahasa Daerah, mahasiswa mampu:

CPMK 1

Mampu menunjukkan sikap yang menunjukkan sikap menginter-nalisasikan  nilai, norma, dan etika PGRI; mampu menguasai konsep teoritis bidang  pengetahuan ke-PGRI-an  secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam,  serta  mampu  memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural; dan mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidang ke-PGRI-an  dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi. (S4, P1, dan KK1).

 

CPMK 2

Mampu berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa, bekerja sama, dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; mampu mengambil  keputusan yang  tepat  berdasarkan analisis  informasi dan  data ke-PGRI-an  dan   mampu   memberikan  petunjuk   dalam   memilih   berbagai alternatif  solusi secara mandiri  dan kelompok berdasarkan analisis informasi dan data; dan mampu menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis,  dan inovatif dalam  konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang ke-PGRI-an (S2, S3, KK2, dan KKU1).

 

CPMK 3

Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila melalui mata kuliah ke-PGRI-an dan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan dalam bidang ke-PGRI-an; mampu bertanggung  jawab  pada  pekerjaan   sendiri  dan  dapat  diberi  tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi PGRI; serta mampu    menunjukkan    kinerja mandiri, bermutu, terukur, melakukan      proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri di bidang ke-PGRI-an (S3, S10,KK3;KKU2,KKU4) 

 

References

Mukhtar, Muh. Ali. 2019. Kiprah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dalam Peningkatan Mutu Guru di Indonesia. Tesis. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta.

Pengurus Besar PGRI. 2019. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Persatuan Guru Republik Indonesia Kongres XXII PGRI Tahun 2019. Jakarta.

….. . 2019. Risalah dan Keputusan Kongres XXII PGRI. Jakarta.

YPLP/PPLP PGRI Pusat. 2012. Pendidikan Sejarah Perjuangan dan Jatidiri PGRI untuk Perguruan Tinggi. Jakarta.


Details ...
Course Descriptions

Mata   kuliah ini merupakan mata kuliah wajib universitas, berbobot 2 sks, bertujuan memberikan pembinaan dan memfasilitasi  mahasiswa  dalam  mengembangkan   kepribadian di bidang ke-PGRI-an.

 

Materi Pembelajaran:

  1. Pengantar Umum
  2. Sejarah  dan Dinamika PGRI
  3. Tantangan PGRI di Era Disrupsi dan Revolusi
  4. Profil Mahasiswa Pancasila
  5. Sifat dan Jatidiri PGRI
  6. Peran PGRI dalam Meningkatkan Kualitas SDM
  7. PGRI dan Jejaring Global
  8. Etika Organisasi PGRI

Reformasi, Pemikiran, dan Kinerja PGRI

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

Sikap (S)

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3)

Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. (4)

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. (S6).

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. (S8)

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. (S10)

Penge-tahuan (P)

Menguasai  konsep teoritis bidang  pengetahuan tertentu  secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam,  serta  mampu  memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural. (P1)

Keteram-pilan Umum (KU)

Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis,    sistematis,  dan inovatif dalam  konteks pengembangan       atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. (KU1)

Mampu    menunjukkan    kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (KU2)

Mampu   mengambil   keputusan secara       tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya,          berdasarkan  hasil analisis informasi dan data. (KU5)

Mampu      melakukan      proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. (KU8)

Keteram-pilan Khusus (KK)

   Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya  dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi. (KK1)

Mampu  mengambil  keputusan yang  tepat  berdasarkan analisis  informasi dan  data,  dan   mampu   memberikan  petunjuk   dalam   memilih   berbagai alternatif  solusi secara mandiri  dan kelompok. (KK2)

Bertanggung  jawab  pada  pekerjaan   sendiri  dan  dapat  diberi  tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. (KK3)

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pendidikan Bahasa Daerah, mahasiswa mampu:

CPMK 1

Mampu menunjukkan sikap yang menunjukkan sikap menginter-nalisasikan  nilai, norma, dan etika PGRI; mampu menguasai konsep teoritis bidang  pengetahuan ke-PGRI-an  secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam,  serta  mampu  memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural; dan mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidang ke-PGRI-an  dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi. (S4, P1, dan KK1).

 

CPMK 2

Mampu berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa, bekerja sama, dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; mampu mengambil  keputusan yang  tepat  berdasarkan analisis  informasi dan  data ke-PGRI-an  dan   mampu   memberikan  petunjuk   dalam   memilih   berbagai alternatif  solusi secara mandiri  dan kelompok berdasarkan analisis informasi dan data; dan mampu menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis,  dan inovatif dalam  konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang ke-PGRI-an (S2, S3, KK2, dan KKU1).

 

CPMK 3

Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila melalui mata kuliah ke-PGRI-an dan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan dalam bidang ke-PGRI-an; mampu bertanggung  jawab  pada  pekerjaan   sendiri  dan  dapat  diberi  tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi PGRI; serta mampu    menunjukkan    kinerja mandiri, bermutu, terukur, melakukan      proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri di bidang ke-PGRI-an (S3, S10,KK3;KKU2,KKU4) 

 

References

Mukhtar, Muh. Ali. 2019. Kiprah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dalam Peningkatan Mutu Guru di Indonesia. Tesis. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta.

Pengurus Besar PGRI. 2019. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Persatuan Guru Republik Indonesia Kongres XXII PGRI Tahun 2019. Jakarta.

….. . 2019. Risalah dan Keputusan Kongres XXII PGRI. Jakarta.

YPLP/PPLP PGRI Pusat. 2012. Pendidikan Sejarah Perjuangan dan Jatidiri PGRI untuk Perguruan Tinggi. Jakarta.


Details ...
Course Descriptions

Mata   kuliah ini merupakan mata kuliah wajib universitas, berbobot 2 sks, bertujuan memberikan pembinaan dan memfasilitasi  mahasiswa  dalam  mengembangkan   kepribadian di bidang ke-PGRI-an.

 

Materi Pembelajaran:

  1. Pengantar Umum
  2. Sejarah  dan Dinamika PGRI
  3. Tantangan PGRI di Era Disrupsi dan Revolusi
  4. Profil Mahasiswa Pancasila
  5. Sifat dan Jatidiri PGRI
  6. Peran PGRI dalam Meningkatkan Kualitas SDM
  7. PGRI dan Jejaring Global
  8. Etika Organisasi PGRI

Reformasi, Pemikiran, dan Kinerja PGRI

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

Sikap (S)

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3)

Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. (4)

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. (S6).

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. (S8)

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. (S10)

Penge-tahuan (P)

Menguasai  konsep teoritis bidang  pengetahuan tertentu  secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam,  serta  mampu  memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural. (P1)

Keteram-pilan Umum (KU)

Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis,    sistematis,  dan inovatif dalam  konteks pengembangan       atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. (KU1)

Mampu    menunjukkan    kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (KU2)

Mampu   mengambil   keputusan secara       tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya,          berdasarkan  hasil analisis informasi dan data. (KU5)

Mampu      melakukan      proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. (KU8)

Keteram-pilan Khusus (KK)

   Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya  dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi. (KK1)

Mampu  mengambil  keputusan yang  tepat  berdasarkan analisis  informasi dan  data,  dan   mampu   memberikan  petunjuk   dalam   memilih   berbagai alternatif  solusi secara mandiri  dan kelompok. (KK2)

Bertanggung  jawab  pada  pekerjaan   sendiri  dan  dapat  diberi  tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. (KK3)

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pendidikan Bahasa Daerah, mahasiswa mampu:

CPMK 1

Mampu menunjukkan sikap yang menunjukkan sikap menginter-nalisasikan  nilai, norma, dan etika PGRI; mampu menguasai konsep teoritis bidang  pengetahuan ke-PGRI-an  secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam,  serta  mampu  memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural; dan mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidang ke-PGRI-an  dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi. (S4, P1, dan KK1).

 

CPMK 2

Mampu berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa, bekerja sama, dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; mampu mengambil  keputusan yang  tepat  berdasarkan analisis  informasi dan  data ke-PGRI-an  dan   mampu   memberikan  petunjuk   dalam   memilih   berbagai alternatif  solusi secara mandiri  dan kelompok berdasarkan analisis informasi dan data; dan mampu menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis,  dan inovatif dalam  konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang ke-PGRI-an (S2, S3, KK2, dan KKU1).

 

CPMK 3

Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila melalui mata kuliah ke-PGRI-an dan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan dalam bidang ke-PGRI-an; mampu bertanggung  jawab  pada  pekerjaan   sendiri  dan  dapat  diberi  tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi PGRI; serta mampu    menunjukkan    kinerja mandiri, bermutu, terukur, melakukan      proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri di bidang ke-PGRI-an (S3, S10,KK3;KKU2,KKU4) 

 

References

Mukhtar, Muh. Ali. 2019. Kiprah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dalam Peningkatan Mutu Guru di Indonesia. Tesis. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta.

Pengurus Besar PGRI. 2019. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Persatuan Guru Republik Indonesia Kongres XXII PGRI Tahun 2019. Jakarta.

….. . 2019. Risalah dan Keputusan Kongres XXII PGRI. Jakarta.

YPLP/PPLP PGRI Pusat. 2012. Pendidikan Sejarah Perjuangan dan Jatidiri PGRI untuk Perguruan Tinggi. Jakarta.


Details ...
Course Descriptions

Mata   kuliah ini merupakan mata kuliah wajib universitas, berbobot 2 sks, bertujuan memberikan pembinaan dan memfasilitasi  mahasiswa  dalam  mengembangkan   kepribadian di bidang ke-PGRI-an.

 

Materi Pembelajaran:

  1. Pengantar Umum
  2. Sejarah  dan Dinamika PGRI
  3. Tantangan PGRI di Era Disrupsi dan Revolusi
  4. Profil Mahasiswa Pancasila
  5. Sifat dan Jatidiri PGRI
  6. Peran PGRI dalam Meningkatkan Kualitas SDM
  7. PGRI dan Jejaring Global
  8. Etika Organisasi PGRI

Reformasi, Pemikiran, dan Kinerja PGRI

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

Sikap (S)

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3)

Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. (4)

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. (S6).

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. (S8)

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. (S10)

Penge-tahuan (P)

Menguasai  konsep teoritis bidang  pengetahuan tertentu  secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam,  serta  mampu  memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural. (P1)

Keteram-pilan Umum (KU)

Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis,    sistematis,  dan inovatif dalam  konteks pengembangan       atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. (KU1)

Mampu    menunjukkan    kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (KU2)

Mampu   mengambil   keputusan secara       tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya,          berdasarkan  hasil analisis informasi dan data. (KU5)

Mampu      melakukan      proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. (KU8)

Keteram-pilan Khusus (KK)

   Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya  dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi. (KK1)

Mampu  mengambil  keputusan yang  tepat  berdasarkan analisis  informasi dan  data,  dan   mampu   memberikan  petunjuk   dalam   memilih   berbagai alternatif  solusi secara mandiri  dan kelompok. (KK2)

Bertanggung  jawab  pada  pekerjaan   sendiri  dan  dapat  diberi  tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. (KK3)

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pendidikan Bahasa Daerah, mahasiswa mampu:

CPMK 1

Mampu menunjukkan sikap yang menunjukkan sikap menginter-nalisasikan  nilai, norma, dan etika PGRI; mampu menguasai konsep teoritis bidang  pengetahuan ke-PGRI-an  secara  umum  dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan tersebut  secara mendalam,  serta  mampu  memformulasikan  penyelesaian  masalah prosedural; dan mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu    pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidang ke-PGRI-an  dalam penyelesaian masalah serta mampu  beradaptasi  terhadap situasi yang dihadapi. (S4, P1, dan KK1).

 

CPMK 2

Mampu berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa, bekerja sama, dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; mampu mengambil  keputusan yang  tepat  berdasarkan analisis  informasi dan  data ke-PGRI-an  dan   mampu   memberikan  petunjuk   dalam   memilih   berbagai alternatif  solusi secara mandiri  dan kelompok berdasarkan analisis informasi dan data; dan mampu menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis,  dan inovatif dalam  konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang ke-PGRI-an (S2, S3, KK2, dan KKU1).

 

CPMK 3

Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila melalui mata kuliah ke-PGRI-an dan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan dalam bidang ke-PGRI-an; mampu bertanggung  jawab  pada  pekerjaan   sendiri  dan  dapat  diberi  tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi PGRI; serta mampu    menunjukkan    kinerja mandiri, bermutu, terukur, melakukan      proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri di bidang ke-PGRI-an (S3, S10,KK3;KKU2,KKU4) 

 

References

Mukhtar, Muh. Ali. 2019. Kiprah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dalam Peningkatan Mutu Guru di Indonesia. Tesis. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta.

Pengurus Besar PGRI. 2019. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Persatuan Guru Republik Indonesia Kongres XXII PGRI Tahun 2019. Jakarta.

….. . 2019. Risalah dan Keputusan Kongres XXII PGRI. Jakarta.

YPLP/PPLP PGRI Pusat. 2012. Pendidikan Sejarah Perjuangan dan Jatidiri PGRI untuk Perguruan Tinggi. Jakarta.


Details ...