Courser in English | PGRI PRINCIPLES |
Program | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 35 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib universitas, berbobot 2 sks, bertujuan memberikan pembinaan dan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kepribadian di bidang ke-PGRI-an.
Materi Pembelajaran:
Pengantar Umum
Sejarah dan Dinamika PGRI
Tantangan PGRI di Era Disrupsi dan Revolusi
Profil Mahasiswa Pancasila
Sifat dan Jatidiri PGRI
Peran PGRI dalam Meningkatkan Kualitas SDM
PGRI dan Jejaring Global
Etika Organisasi PGRI
Reformasi, Pemikiran, dan Kinerja PGRI
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|||||||
Sikap (S) |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3) |
|||||||
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. (4) |
||||||||
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. (S6). |
||||||||
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. (S8) |
||||||||
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. (S10) |
||||||||
Penge-tahuan (P) |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. (P1) |
|||||||
Keteram-pilan Umum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. (KU1) |
|||||||
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (KU2) |
||||||||
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. (KU5) |
||||||||
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. (KU8) |
||||||||
Keteram-pilan Khusus (KK) |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. (KK1) |
|||||||
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. (KK2) |
||||||||
Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. (KK3) |
||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pendidikan Bahasa Daerah, mahasiswa mampu:
|
Mukhtar, Muh. Ali. 2019. Kiprah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dalam Peningkatan Mutu Guru di Indonesia. Tesis. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta.
Pengurus Besar PGRI. 2019. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Persatuan Guru Republik Indonesia Kongres XXII PGRI Tahun 2019. Jakarta. ….. . 2019.
Risalah dan Keputusan Kongres XXII PGRI. Jakarta. YPLP/PPLP PGRI Pusat. 2012. Pendidikan Sejarah Perjuangan dan Jatidiri PGRI untuk Perguruan Tinggi. Jakarta.
Details ...
Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal, loyal terhadap perjuangan PGRI, dan anti korupsi.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran (CP) |
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
|||||||||||
CPL 1 |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural |
||||||||||||
CPL 2 |
Mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. |
||||||||||||
CPL 3 |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
||||||||||||
CPL 4 |
Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
||||||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
||||||||||||
CPMK 1 |
Menguasai konsep teoritis tentang PGRI secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural |
||||||||||||
CPMK 2 |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dengan nilai-nilai PGRI dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. |
||||||||||||
CPMK 3 |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
||||||||||||
CPMK 4 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
||||||||||||
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
|
||||||||||||
Sub-CPMK1 |
Mampu menjelaskan sejarah dan memahami dinamika PGRI (CPMK 1) |
||||||||||||
Sub-CPMK2 |
Mampu memahami dan menerapkan sifat dan jatidiri PGRI dalam menyelesaikan potensi permasalahan dalam menjalankan tugas keguruan (CPMK 1, CPMK 2) |
||||||||||||
Sub-CPMK3 |
Mampu memahami tantangan PGRI di Era Disrupsi dan merancang peran PGRI untuk beradaptasi di era disrupsi yang bermutu dan terukur ( CPMK 1, CPMK 2, CPMK 4) |
||||||||||||
Sub-CPMK4 |
Mampu memahami Profil Mahasiswa Pancasila dan menerapkan dalam kehidupan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air (CPMK 1, CPMK 3) |
||||||||||||
Sub-CPMK5 |
Mampu merancang peran PGRI dalam meningkatkan kualitas SDM dengan memanfaatkan IPTEKS (CPMK 1) |
||||||||||||
Sub-CPMK6 |
Mampu memahami etika organisasi PGRI dan mengaplikasikan dalam menyelesaikan masalah (CPMK 1, CPMK 2) |
||||||||||||
Sub-CPMK7 |
Mampu mengetahui PGRI dan jejaring globalnya dan menganalisis potensi PGRI dalam beradaptasi pada perkembangan situasi (CPMK 1, CPMK 2) |
||||||||||||
Korelasi antara CPL/CPMK terhadap Sub-CPMK |
|
||||||||||||
|
Sub-CPMK1 |
Sub-CPMK2 |
Sub-CPMK3 |
Sub-CPMK4 |
…… |
||||||||
CPL1/CPMK1 |
√ |
√ |
√ |
√ |
|
||||||||
CPL2/CPMK2 |
|
√ |
√ |
|
|
||||||||
CPL2/CPMK3 |
|
|
|
√ |
|
||||||||
|
CPL2/CPMK4 |
|
|
√ |
|
|
Pustaka |
Utama : |
|
||
|
||||
Pendukung : |
|
|||
|
|
Details ...
Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal, loyal terhadap perjuangan PGRI, dan anti korupsi. |
Menguasai konsep teoritis tentang PGRI secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dengan nilai-nilai PGRI dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
|
Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta
Details ...
Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal, loyal terhadap perjuangan PGRI, dan anti korupsi. |
Menguasai konsep teoritis tentang PGRI secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dengan nilai-nilai PGRI dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
|
Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta
Details ...
Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal dan loyal terhadap perjuangan PGRI.
Learning Outcomes- Menumbuhkan sikap disiplin, kompetitif, dan professional
- Menumbuhkan pribadi yang tanggap terhadap sesama dan lingkungannya
- Menumbuhkan pribadi yang tangguh, ulet, dan tidak mudah putus asa
- Menumbuhkan pribadi yang takwa, taat, dan toleran
- Menumbuhkan pribadi jujur dan memiliki integritas serta jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45 yang meliputi: nilai rela berkorban, nasionalisme, dan persatuan
- Menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekeluargaan, dan kerjasama
References
- Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
- M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
- Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
- Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
- Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta
- AD/ART PGRI
- UU No.20 th 2003 ttg Sisdiknas
- UU No. 14 Th 2005 ttg Guru dan Dosen dan PP No. 74 Tahun 2008 ttg Guru
- UU Ketenagakerjaan
- Renstra Kemendiknas 2010-2014,
- UU 32 Th 2004 , ttg Pemerintahan Daerah
- PP 38 Th 2007
- UU 23 Th 2013, ttg Pemerintahan Daerah
Details ...
Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal dan loyal terhadap perjuangan PGRI.
Learning Outcomes- Menumbuhkan sikap disiplin, kompetitif, dan professional
- Menumbuhkan pribadi yang tanggap terhadap sesama dan lingkungannya
- Menumbuhkan pribadi yang tangguh, ulet, dan tidak mudah putus asa
- Menumbuhkan pribadi yang takwa, taat, dan toleran
- Menumbuhkan pribadi jujur dan memiliki integritas serta jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45 yang meliputi: nilai rela berkorban, nasionalisme, dan persatuan
- Menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekeluargaan, dan kerjasama
References
- Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
- M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
- Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
- Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
- Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta
- AD/ART PGRI
- UU No.20 th 2003 ttg Sisdiknas
- UU No. 14 Th 2005 ttg Guru dan Dosen dan PP No. 74 Tahun 2008 ttg Guru
- UU Ketenagakerjaan
- Renstra Kemendiknas 2010-2014,
- UU 32 Th 2004 , ttg Pemerintahan Daerah
- PP 38 Th 2007
- UU 23 Th 2013, ttg Pemerintahan Daerah
Details ...
Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal, loyal terhadap perjuangan PGRI, dan anti korupsi. |
Menguasai konsep teoritis tentang PGRI secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dengan nilai-nilai PGRI dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
|
Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta
Details ...
Ke-PGRI-an, adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan PGRI dan guru dalam partisipasinya merebut, dan mengisi kemerdekaan, serta menumbuhkan rasa kebangsaan dan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa yang berjatidiri, khususnya kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal, loyal terhadap perjuangan PGRI, dan anti korupsi. |
Menguasai konsep teoritis tentang PGRI secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dengan nilai-nilai PGRI dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
|
Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib universitas, berbobot 2 sks, bertujuan memberikan pembinaan dan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kepribadian di bidang ke-PGRI-an.
Materi Pembelajaran:
- Pengantar Umum
- Sejarah dan Dinamika PGRI
- Tantangan PGRI di Era Disrupsi dan Revolusi
- Profil Mahasiswa Pancasila
- Sifat dan Jatidiri PGRI
- Peran PGRI dalam Meningkatkan Kualitas SDM
- PGRI dan Jejaring Global
- Etika Organisasi PGRI
Reformasi, Pemikiran, dan Kinerja PGRI
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|||||||
Sikap (S) |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3) |
|||||||
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. (4) |
||||||||
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. (S6). |
||||||||
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. (S8) |
||||||||
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. (S10) |
||||||||
Penge-tahuan (P) |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. (P1) |
|||||||
Keteram-pilan Umum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. (KU1) |
|||||||
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (KU2) |
||||||||
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. (KU5) |
||||||||
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. (KU8) |
||||||||
Keteram-pilan Khusus (KK) |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. (KK1) |
|||||||
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. (KK2) |
||||||||
Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. (KK3) |
||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pendidikan Bahasa Daerah, mahasiswa mampu:
|
Mukhtar, Muh. Ali. 2019. Kiprah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dalam Peningkatan Mutu Guru di Indonesia. Tesis. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta.
Pengurus Besar PGRI. 2019. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Persatuan Guru Republik Indonesia Kongres XXII PGRI Tahun 2019. Jakarta.
….. . 2019. Risalah dan Keputusan Kongres XXII PGRI. Jakarta.
YPLP/PPLP PGRI Pusat. 2012. Pendidikan Sejarah Perjuangan dan Jatidiri PGRI untuk Perguruan Tinggi. Jakarta.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib universitas, berbobot 2 sks, bertujuan memberikan pembinaan dan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kepribadian di bidang ke-PGRI-an.
Materi Pembelajaran:
- Pengantar Umum
- Sejarah dan Dinamika PGRI
- Tantangan PGRI di Era Disrupsi dan Revolusi
- Profil Mahasiswa Pancasila
- Sifat dan Jatidiri PGRI
- Peran PGRI dalam Meningkatkan Kualitas SDM
- PGRI dan Jejaring Global
- Etika Organisasi PGRI
Reformasi, Pemikiran, dan Kinerja PGRI
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|||||||
Sikap (S) |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3) |
|||||||
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. (4) |
||||||||
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. (S6). |
||||||||
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. (S8) |
||||||||
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. (S10) |
||||||||
Penge-tahuan (P) |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. (P1) |
|||||||
Keteram-pilan Umum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. (KU1) |
|||||||
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (KU2) |
||||||||
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. (KU5) |
||||||||
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. (KU8) |
||||||||
Keteram-pilan Khusus (KK) |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. (KK1) |
|||||||
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. (KK2) |
||||||||
Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. (KK3) |
||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pendidikan Bahasa Daerah, mahasiswa mampu:
|
Mukhtar, Muh. Ali. 2019. Kiprah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dalam Peningkatan Mutu Guru di Indonesia. Tesis. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta.
Pengurus Besar PGRI. 2019. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Persatuan Guru Republik Indonesia Kongres XXII PGRI Tahun 2019. Jakarta.
….. . 2019. Risalah dan Keputusan Kongres XXII PGRI. Jakarta.
YPLP/PPLP PGRI Pusat. 2012. Pendidikan Sejarah Perjuangan dan Jatidiri PGRI untuk Perguruan Tinggi. Jakarta.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib universitas, berbobot 2 sks, bertujuan memberikan pembinaan dan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kepribadian di bidang ke-PGRI-an.
Materi Pembelajaran:
- Pengantar Umum
- Sejarah dan Dinamika PGRI
- Tantangan PGRI di Era Disrupsi dan Revolusi
- Profil Mahasiswa Pancasila
- Sifat dan Jatidiri PGRI
- Peran PGRI dalam Meningkatkan Kualitas SDM
- PGRI dan Jejaring Global
- Etika Organisasi PGRI
Reformasi, Pemikiran, dan Kinerja PGRI
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|||||||
Sikap (S) |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3) |
|||||||
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. (4) |
||||||||
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. (S6). |
||||||||
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. (S8) |
||||||||
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. (S10) |
||||||||
Penge-tahuan (P) |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. (P1) |
|||||||
Keteram-pilan Umum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. (KU1) |
|||||||
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (KU2) |
||||||||
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. (KU5) |
||||||||
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. (KU8) |
||||||||
Keteram-pilan Khusus (KK) |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. (KK1) |
|||||||
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. (KK2) |
||||||||
Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. (KK3) |
||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pendidikan Bahasa Daerah, mahasiswa mampu:
|
Mukhtar, Muh. Ali. 2019. Kiprah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dalam Peningkatan Mutu Guru di Indonesia. Tesis. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta.
Pengurus Besar PGRI. 2019. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Persatuan Guru Republik Indonesia Kongres XXII PGRI Tahun 2019. Jakarta.
….. . 2019. Risalah dan Keputusan Kongres XXII PGRI. Jakarta.
YPLP/PPLP PGRI Pusat. 2012. Pendidikan Sejarah Perjuangan dan Jatidiri PGRI untuk Perguruan Tinggi. Jakarta.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib universitas, berbobot 2 sks, bertujuan memberikan pembinaan dan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kepribadian di bidang ke-PGRI-an.
Materi Pembelajaran:
- Pengantar Umum
- Sejarah dan Dinamika PGRI
- Tantangan PGRI di Era Disrupsi dan Revolusi
- Profil Mahasiswa Pancasila
- Sifat dan Jatidiri PGRI
- Peran PGRI dalam Meningkatkan Kualitas SDM
- PGRI dan Jejaring Global
- Etika Organisasi PGRI
Reformasi, Pemikiran, dan Kinerja PGRI
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|||||||
Sikap (S) |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3) |
|||||||
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. (4) |
||||||||
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. (S6). |
||||||||
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. (S8) |
||||||||
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. (S10) |
||||||||
Penge-tahuan (P) |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. (P1) |
|||||||
Keteram-pilan Umum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. (KU1) |
|||||||
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (KU2) |
||||||||
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. (KU5) |
||||||||
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. (KU8) |
||||||||
Keteram-pilan Khusus (KK) |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. (KK1) |
|||||||
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. (KK2) |
||||||||
Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. (KK3) |
||||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pendidikan Bahasa Daerah, mahasiswa mampu:
|
Mukhtar, Muh. Ali. 2019. Kiprah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dalam Peningkatan Mutu Guru di Indonesia. Tesis. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta.
Pengurus Besar PGRI. 2019. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Persatuan Guru Republik Indonesia Kongres XXII PGRI Tahun 2019. Jakarta.
….. . 2019. Risalah dan Keputusan Kongres XXII PGRI. Jakarta.
YPLP/PPLP PGRI Pusat. 2012. Pendidikan Sejarah Perjuangan dan Jatidiri PGRI untuk Perguruan Tinggi. Jakarta.
Details ...