Manajemen Penyelenggaraan PAUD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishManagement of Early Childhood Education
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS14 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

 

Membekali mahasiswa dengan wawasan  tentang seluk- beluk pengelolaan pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini yaitu  di Taman Kanak-kanak, Kelompok Bermin  dan Taman Penitipan Anak.

Learning Outcomes

Mahasiswa memilii pemahaman dan dapat mengaplikasikan  wawasan  tentang seluk- beluk pengelolaan pengembangan  di lembaga  Peddikan Anak Usia Dini  yaitu Taman Kanak-kanak, Kelompok Bermin  dan Taman Penitipan Anak.

References

1.  Hapidin, 20003, Manajemen penyelenggaraan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, Pusdiani Press

2. Hapidin, 2000, Model-model Penddikan Anak Usia Dini, Jakarta, Ghiyats Alfiani Press

3..........,2000, Perencanaan, Pengelolaan, dan Evaluasi Pembelajaran, Jakarta, Ghiyats Alfiani Press

4. Permendikbud RI No 37 tahun 2014  Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini,Kemdikbud, Jakarta

5. Permendikbud RI No 146 tahun 2014 ,Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia dini Kemdikbud , Jakarta

6. Peraturan Mentri No 71/P/2021,Perangkat Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non formal, Kemdibud, Jakarta


Details ...
Course Descriptions

 

Membekali mahasiswa dengan wawasan  tentang seluk- beluk pengelolaan pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini yaitu  di Taman Kanak-kanak, Kelompok Bermin  dan Taman Penitipan Anak.

Learning Outcomes

Mahasiswa memilii pemahaman dan dapat mengaplikasikan  wawasan  tentang seluk- beluk pengelolaan pengembangan  di lembaga  Peddikan Anak Usia Dini  yaitu Taman Kanak-kanak, Kelompok Bermin  dan Taman Penitipan Anak.

References

1.  Hapidin, 20003, Manajemen penyelenggaraan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, Pusdiani Press

2. Hapidin, 2000, Model-model Penddikan Anak Usia Dini, Jakarta, Ghiyats Alfiani Press

3..........,2000, Perencanaan, Pengelolaan, dan Evaluasi Pembelajaran, Jakarta, Ghiyats Alfiani Press

4. Permendikbud RI No 37 tahun 2014  Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini,Kemdikbud, Jakarta

5. Permendikbud RI No 146 tahun 2014 ,Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia dini Kemdikbud , Jakarta

6. Peraturan Mentri No 71/P/2021,Perangkat Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non formal, Kemdibud, Jakarta


Details ...
Course Descriptions

mahasiswa mampu menguasai konsep manajemen penyelenggaraan paud sesuai delapan standar PAUD, membangun tradisi mutu dilingkungan persekolahan, supervisi manajerial dan supervisi akademik.

Learning Outcomes

mahasiswa mampu:

1. menganalisis 8 standar paud sesuai standar BAN PAUD PNF

2. menganalisis manajemen paud di situasi work from home

3. menganalisis komponen supervisi manajerial

4. melakukan supervisi akademik

References

-


Details ...
Course Descriptions

mahasiswa mampu menguasai konsep manajemen penyelenggaraan paud sesuai delapan standar PAUD, membangun tradisi mutu dilingkungan persekolahan, supervisi manajerial dan supervisi akademik.

Learning Outcomes

mahasiswa mampu:

1. menganalisis 8 standar paud sesuai standar BAN PAUD PNF

2. menganalisis manajemen paud di situasi work from home

3. menganalisis komponen supervisi manajerial

4. melakukan supervisi akademik

References

-


Details ...
Course Descriptions

mahasiswa mampu menguasai konsep manajemen penyelenggaraan paud sesuai delapan standar PAUD, membangun tradisi mutu dilingkungan persekolahan, supervisi manajerial dan supervisi akademik.

Learning Outcomes

mahasiswa mampu:

1. menganalisis 8 standar paud sesuai standar BAN PAUD PNF

2. menganalisis manajemen paud di situasi work from home

3. menganalisis komponen supervisi manajerial

4. melakukan supervisi akademik

References

-


Details ...
Course Descriptions

mahasiswa mampu menguasai konsep manajemen penyelenggaraan paud sesuai delapan standar PAUD, membangun tradisi mutu dilingkungan persekolahan, supervisi manajerial dan supervisi akademik.

Learning Outcomes

mahasiswa mampu:

1. menganalisis 8 standar paud sesuai standar BAN PAUD PNF

2. menganalisis manajemen paud di situasi work from home

3. menganalisis komponen supervisi manajerial

4. melakukan supervisi akademik

References

-


Details ...
Course Descriptions

mahasiswa mampu menguasai konsep manajemen penyelenggaraan paud sesuai delapan standar PAUD, membangun tradisi mutu dilingkungan persekolahan, supervisi manajerial dan supervisi akademik.

Learning Outcomes

mahasiswa mampu:

1. menganalisis 8 standar paud sesuai standar BAN PAUD PNF

2. menganalisis manajemen paud di situasi work from home

3. menganalisis komponen supervisi manajerial

4. melakukan supervisi akademik

References

-


Details ...
Course Descriptions

mahasiswa mampu menguasai konsep manajemen penyelenggaraan paud sesuai delapan standar PAUD, membangun tradisi mutu dilingkungan persekolahan, supervisi manajerial dan supervisi akademik.

Learning Outcomes

mahasiswa mampu:

1. menganalisis 8 standar paud sesuai standar BAN PAUD PNF

2. menganalisis manajemen paud di situasi work from home

3. menganalisis komponen supervisi manajerial

4. melakukan supervisi akademik

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang kajian penyelenggaraan program-program pendidikan untuk anak usia dini yang mencakup pengertian berbagai seting pendidikan anak usia dini, tujuan, jenis serta persyaratan penyelenggaraan lembaga pendidikan untuk anak usia dini; pemahaman pola managemen pendidikan untuk anak usia dini pada berbagai seting pendidikan; rancangan program pendidikan AUD, konsep-konsep penyelenggaraan dan pengelolaan PAUD (TK , KB, TPA, SPS, PAUD terpadu, PAUD Holistik Integratif). Manajemen PAUD meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan PAUD; serta supervisi pendidikan pada lembaga pendidikan untuk anak usia dini

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang hakikat hakikat manjemen penyelenggaraan PAUD (TK, KB, TPA, SPS, PAUD Terpadu, PAUD Holistik Integratif) yang meliputi perencanaa, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi serta supervisi pada lembaga pendidikan anak usia dini 

References

 Asmani, Jamal Makmur. 2009. Manajement Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press. Herawati, Netti. 2005. Buku Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini. Pekanbaru: Yayasan Azizah Megawangi, Ratna, dkk. 2005. Pendidikan Yang Patut Dan Menyenangkan. Jakarta: Indonesia Herritage Foundation. S. Rahman, Hibana. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang kajian penyelenggaraan program-program pendidikan untuk anak usia dini yang mencakup pengertian berbagai seting pendidikan anak usia dini, tujuan, jenis serta persyaratan penyelenggaraan lembaga pendidikan untuk anak usia dini; pemahaman pola managemen pendidikan untuk anak usia dini pada berbagai seting pendidikan; rancangan program pendidikan AUD, konsep-konsep penyelenggaraan dan pengelolaan PAUD (TK , KB, TPA, SPS, PAUD terpadu, PAUD Holistik Integratif). Manajemen PAUD meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan PAUD; serta supervisi pendidikan pada lembaga pendidikan untuk anak usia dini

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang hakikat hakikat manjemen penyelenggaraan PAUD (TK, KB, TPA, SPS, PAUD Terpadu, PAUD Holistik Integratif) yang meliputi perencanaa, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi serta supervisi pada lembaga pendidikan anak usia dini 

References

 Asmani, Jamal Makmur. 2009. Manajement Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press. Herawati, Netti. 2005. Buku Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini. Pekanbaru: Yayasan Azizah Megawangi, Ratna, dkk. 2005. Pendidikan Yang Patut Dan Menyenangkan. Jakarta: Indonesia Herritage Foundation. S. Rahman, Hibana. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.


Details ...