Courser in English | Management of Early Childhood Education |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 14 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Membekali mahasiswa dengan wawasan tentang seluk- beluk pengelolaan pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini yaitu di Taman Kanak-kanak, Kelompok Bermin dan Taman Penitipan Anak.
Learning OutcomesMahasiswa memilii pemahaman dan dapat mengaplikasikan wawasan tentang seluk- beluk pengelolaan pengembangan di lembaga Peddikan Anak Usia Dini yaitu Taman Kanak-kanak, Kelompok Bermin dan Taman Penitipan Anak.
References1. Hapidin, 20003, Manajemen penyelenggaraan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, Pusdiani Press
2. Hapidin, 2000, Model-model Penddikan Anak Usia Dini, Jakarta, Ghiyats Alfiani Press
3..........,2000, Perencanaan, Pengelolaan, dan Evaluasi Pembelajaran, Jakarta, Ghiyats Alfiani Press
4. Permendikbud RI No 37 tahun 2014 Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini,Kemdikbud, Jakarta
5. Permendikbud RI No 146 tahun 2014 ,Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia dini Kemdikbud , Jakarta
6. Peraturan Mentri No 71/P/2021,Perangkat Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non formal, Kemdibud, Jakarta
Details ...
Membekali mahasiswa dengan wawasan tentang seluk- beluk pengelolaan pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini yaitu di Taman Kanak-kanak, Kelompok Bermin dan Taman Penitipan Anak.
Learning OutcomesMahasiswa memilii pemahaman dan dapat mengaplikasikan wawasan tentang seluk- beluk pengelolaan pengembangan di lembaga Peddikan Anak Usia Dini yaitu Taman Kanak-kanak, Kelompok Bermin dan Taman Penitipan Anak.
References1. Hapidin, 20003, Manajemen penyelenggaraan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, Pusdiani Press
2. Hapidin, 2000, Model-model Penddikan Anak Usia Dini, Jakarta, Ghiyats Alfiani Press
3..........,2000, Perencanaan, Pengelolaan, dan Evaluasi Pembelajaran, Jakarta, Ghiyats Alfiani Press
4. Permendikbud RI No 37 tahun 2014 Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini,Kemdikbud, Jakarta
5. Permendikbud RI No 146 tahun 2014 ,Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia dini Kemdikbud , Jakarta
6. Peraturan Mentri No 71/P/2021,Perangkat Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non formal, Kemdibud, Jakarta
Details ...
mahasiswa mampu menguasai konsep manajemen penyelenggaraan paud sesuai delapan standar PAUD, membangun tradisi mutu dilingkungan persekolahan, supervisi manajerial dan supervisi akademik.
Learning Outcomesmahasiswa mampu:
1. menganalisis 8 standar paud sesuai standar BAN PAUD PNF
2. menganalisis manajemen paud di situasi work from home
3. menganalisis komponen supervisi manajerial
4. melakukan supervisi akademik
References-
Details ...
mahasiswa mampu menguasai konsep manajemen penyelenggaraan paud sesuai delapan standar PAUD, membangun tradisi mutu dilingkungan persekolahan, supervisi manajerial dan supervisi akademik.
Learning Outcomesmahasiswa mampu:
1. menganalisis 8 standar paud sesuai standar BAN PAUD PNF
2. menganalisis manajemen paud di situasi work from home
3. menganalisis komponen supervisi manajerial
4. melakukan supervisi akademik
References-
Details ...
mahasiswa mampu menguasai konsep manajemen penyelenggaraan paud sesuai delapan standar PAUD, membangun tradisi mutu dilingkungan persekolahan, supervisi manajerial dan supervisi akademik.
Learning Outcomesmahasiswa mampu:
1. menganalisis 8 standar paud sesuai standar BAN PAUD PNF
2. menganalisis manajemen paud di situasi work from home
3. menganalisis komponen supervisi manajerial
4. melakukan supervisi akademik
References-
Details ...
mahasiswa mampu menguasai konsep manajemen penyelenggaraan paud sesuai delapan standar PAUD, membangun tradisi mutu dilingkungan persekolahan, supervisi manajerial dan supervisi akademik.
Learning Outcomesmahasiswa mampu:
1. menganalisis 8 standar paud sesuai standar BAN PAUD PNF
2. menganalisis manajemen paud di situasi work from home
3. menganalisis komponen supervisi manajerial
4. melakukan supervisi akademik
References-
Details ...
mahasiswa mampu menguasai konsep manajemen penyelenggaraan paud sesuai delapan standar PAUD, membangun tradisi mutu dilingkungan persekolahan, supervisi manajerial dan supervisi akademik.
Learning Outcomesmahasiswa mampu:
1. menganalisis 8 standar paud sesuai standar BAN PAUD PNF
2. menganalisis manajemen paud di situasi work from home
3. menganalisis komponen supervisi manajerial
4. melakukan supervisi akademik
References-
Details ...
mahasiswa mampu menguasai konsep manajemen penyelenggaraan paud sesuai delapan standar PAUD, membangun tradisi mutu dilingkungan persekolahan, supervisi manajerial dan supervisi akademik.
Learning Outcomesmahasiswa mampu:
1. menganalisis 8 standar paud sesuai standar BAN PAUD PNF
2. menganalisis manajemen paud di situasi work from home
3. menganalisis komponen supervisi manajerial
4. melakukan supervisi akademik
References-
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang kajian penyelenggaraan program-program pendidikan untuk anak usia dini yang mencakup pengertian berbagai seting pendidikan anak usia dini, tujuan, jenis serta persyaratan penyelenggaraan lembaga pendidikan untuk anak usia dini; pemahaman pola managemen pendidikan untuk anak usia dini pada berbagai seting pendidikan; rancangan program pendidikan AUD, konsep-konsep penyelenggaraan dan pengelolaan PAUD (TK , KB, TPA, SPS, PAUD terpadu, PAUD Holistik Integratif). Manajemen PAUD meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan PAUD; serta supervisi pendidikan pada lembaga pendidikan untuk anak usia dini
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang hakikat hakikat manjemen penyelenggaraan PAUD (TK, KB, TPA, SPS, PAUD Terpadu, PAUD Holistik Integratif) yang meliputi perencanaa, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi serta supervisi pada lembaga pendidikan anak usia dini
ReferencesAsmani, Jamal Makmur. 2009. Manajement Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press. Herawati, Netti. 2005. Buku Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini. Pekanbaru: Yayasan Azizah Megawangi, Ratna, dkk. 2005. Pendidikan Yang Patut Dan Menyenangkan. Jakarta: Indonesia Herritage Foundation. S. Rahman, Hibana. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang kajian penyelenggaraan program-program pendidikan untuk anak usia dini yang mencakup pengertian berbagai seting pendidikan anak usia dini, tujuan, jenis serta persyaratan penyelenggaraan lembaga pendidikan untuk anak usia dini; pemahaman pola managemen pendidikan untuk anak usia dini pada berbagai seting pendidikan; rancangan program pendidikan AUD, konsep-konsep penyelenggaraan dan pengelolaan PAUD (TK , KB, TPA, SPS, PAUD terpadu, PAUD Holistik Integratif). Manajemen PAUD meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan PAUD; serta supervisi pendidikan pada lembaga pendidikan untuk anak usia dini
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang hakikat hakikat manjemen penyelenggaraan PAUD (TK, KB, TPA, SPS, PAUD Terpadu, PAUD Holistik Integratif) yang meliputi perencanaa, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi serta supervisi pada lembaga pendidikan anak usia dini
ReferencesAsmani, Jamal Makmur. 2009. Manajement Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press. Herawati, Netti. 2005. Buku Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini. Pekanbaru: Yayasan Azizah Megawangi, Ratna, dkk. 2005. Pendidikan Yang Patut Dan Menyenangkan. Jakarta: Indonesia Herritage Foundation. S. Rahman, Hibana. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.
Details ...