Pendidikan Pancasila, Curriculum : 2018


Courser in EnglishPancasila Education
ProgramArsitektur
SKS2 SKS
RPS43 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara 

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan,  dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
 

References

1. Heru  Santosa,  dkk.  2002.  Sari  Pendidikan  Pancasila,  Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana 

2. Magins Suseno, Etka Politik, Jakarta: Gramedia

3. Syafrudin Bahar, dkkk. (ed.). 1995. 

4. Risalah Sidang-sidang BPUPKI –PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.

5. Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV) 

6. Undang-Undang R.I Nomor 12 Tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945; sebelum dan sesudah amandemen 

7. Kaelan, M.S Pendidikan Pancasila,

8. C.S.T. Kansil, dkk Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia

9. Lasiyo dan Yuwono Pengantar Filsafat, 

10. Oetojo Oesman dan Alfian Pancasila sebagai Idiologi,  


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara 

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan,  dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
 

References

1. Heru  Santosa,  dkk.  2002.  Sari  Pendidikan  Pancasila,  Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana 

2. Magins Suseno, Etka Politik, Jakarta: Gramedia

3. Syafrudin Bahar, dkkk. (ed.). 1995. 

4. Risalah Sidang-sidang BPUPKI –PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.

5. Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV) 

6. Undang-Undang R.I Nomor 12 Tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945; sebelum dan sesudah amandemen 

7. Kaelan, M.S Pendidikan Pancasila,

8. C.S.T. Kansil, dkk Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia

9. Lasiyo dan Yuwono Pengantar Filsafat, 

10. Oetojo Oesman dan Alfian Pancasila sebagai Idiologi,  


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara 

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan,  dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
 

References

1. Heru  Santosa,  dkk.  2002.  Sari  Pendidikan  Pancasila,  Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana 

2. Magins Suseno, Etka Politik, Jakarta: Gramedia

3. Syafrudin Bahar, dkkk. (ed.). 1995. 

4. Risalah Sidang-sidang BPUPKI –PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.

5. Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV) 

6. Undang-Undang R.I Nomor 12 Tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945; sebelum dan sesudah amandemen 

7. Kaelan, M.S Pendidikan Pancasila,

8. C.S.T. Kansil, dkk Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia

9. Lasiyo dan Yuwono Pengantar Filsafat, 

10. Oetojo Oesman dan Alfian Pancasila sebagai Idiologi,  


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan dan tanggung jawab intelektual dalam mengenali masalah-masalah dan memberi solusi  berdasarkan nilai-nilai Pancasila. (CP Sikap)
  2. Memiliki kemampuan analisis, berpikir rasional, bersikap kritis dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (CP Pengetahuan)
  3. Memiliki karakter  ilmuwan dan profesional  Pancasilais yang memiliki komitmen atas kelangsungan hidup dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (CP Pengetahuan)
  4. Mampu menjelaskan dasar-dasar kebenaran bahwa Pancasila adalah ideologi yang sesuai bagi bangsa Indonesia yang majemuk (Bhinneka Tunggal Ika). (CP Ketrampilan khusus)
  5. Mampu mengimplementasikan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan (CP Ketrampilan khusus)

References

  1. Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama..
  3. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  5. Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
  6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
  9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan dan tanggung jawab intelektual dalam mengenali masalah-masalah dan memberi solusi  berdasarkan nilai-nilai Pancasila. (CP Sikap)
  2. Memiliki kemampuan analisis, berpikir rasional, bersikap kritis dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (CP Pengetahuan)
  3. Memiliki karakter  ilmuwan dan profesional  Pancasilais yang memiliki komitmen atas kelangsungan hidup dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (CP Pengetahuan)
  4. Mampu menjelaskan dasar-dasar kebenaran bahwa Pancasila adalah ideologi yang sesuai bagi bangsa Indonesia yang majemuk (Bhinneka Tunggal Ika). (CP Ketrampilan khusus)
  5. Mampu mengimplementasikan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan (CP Ketrampilan khusus)

References

  1. Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama..
  3. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  5. Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
  6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
  9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan dan tanggung jawab intelektual dalam mengenali masalah-masalah dan memberi solusi  berdasarkan nilai-nilai Pancasila. (CP Sikap)
  2. Memiliki kemampuan analisis, berpikir rasional, bersikap kritis dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (CP Pengetahuan)
  3. Memiliki karakter  ilmuwan dan profesional  Pancasilais yang memiliki komitmen atas kelangsungan hidup dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (CP Pengetahuan)
  4. Mampu menjelaskan dasar-dasar kebenaran bahwa Pancasila adalah ideologi yang sesuai bagi bangsa Indonesia yang majemuk (Bhinneka Tunggal Ika). (CP Ketrampilan khusus)
  5. Mampu mengimplementasikan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan (CP Ketrampilan khusus)

References

  1. Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama..
  3. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  5. Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
  6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
  9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan dan tanggung jawab intelektual dalam mengenali masalah-masalah dan memberi solusi  berdasarkan nilai-nilai Pancasila. (CP Sikap)
  2. Memiliki kemampuan analisis, berpikir rasional, bersikap kritis dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (CP Pengetahuan)
  3. Memiliki karakter  ilmuwan dan profesional  Pancasilais yang memiliki komitmen atas kelangsungan hidup dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (CP Pengetahuan)
  4. Mampu menjelaskan dasar-dasar kebenaran bahwa Pancasila adalah ideologi yang sesuai bagi bangsa Indonesia yang majemuk (Bhinneka Tunggal Ika). (CP Ketrampilan khusus)
  5. Mampu mengimplementasikan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan (CP Ketrampilan khusus)

References

  1. Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama..
  3. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  5. Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
  6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
  9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan dan tanggung jawab intelektual dalam mengenali masalah-masalah dan memberi solusi  berdasarkan nilai-nilai Pancasila. (CP Sikap)
  2. Memiliki kemampuan analisis, berpikir rasional, bersikap kritis dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (CP Pengetahuan)
  3. Memiliki karakter  ilmuwan dan profesional  Pancasilais yang memiliki komitmen atas kelangsungan hidup dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (CP Pengetahuan)
  4. Mampu menjelaskan dasar-dasar kebenaran bahwa Pancasila adalah ideologi yang sesuai bagi bangsa Indonesia yang majemuk (Bhinneka Tunggal Ika). (CP Ketrampilan khusus)
  5. Mampu mengimplementasikan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan (CP Ketrampilan khusus)

References

  1. Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama..
  3. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  5. Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
  6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
  9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan dan tanggung jawab intelektual dalam mengenali masalah-masalah dan memberi solusi  berdasarkan nilai-nilai Pancasila. (CP Sikap)
  2. Memiliki kemampuan analisis, berpikir rasional, bersikap kritis dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (CP Pengetahuan)
  3. Memiliki karakter  ilmuwan dan profesional  Pancasilais yang memiliki komitmen atas kelangsungan hidup dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (CP Pengetahuan)
  4. Mampu menjelaskan dasar-dasar kebenaran bahwa Pancasila adalah ideologi yang sesuai bagi bangsa Indonesia yang majemuk (Bhinneka Tunggal Ika). (CP Ketrampilan khusus)
  5. Mampu mengimplementasikan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan (CP Ketrampilan khusus)

References

  1. Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama..
  3. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  5. Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
  6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
  9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...