Pendidikan Pancasila, Curriculum : 2018


Courser in EnglishPancasila Education
ProgramArsitektur
SKS2 SKS
RPS47 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan dan tanggung jawab intelektual dalam mengenali masalah-masalah dan memberi solusi  berdasarkan nilai-nilai Pancasila. (CP Sikap)
  2. Memiliki kemampuan analisis, berpikir rasional, bersikap kritis dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (CP Pengetahuan)
  3. Memiliki karakter  ilmuwan dan profesional  Pancasilais yang memiliki komitmen atas kelangsungan hidup dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (CP Pengetahuan)
  4. Mampu menjelaskan dasar-dasar kebenaran bahwa Pancasila adalah ideologi yang sesuai bagi bangsa Indonesia yang majemuk (Bhinneka Tunggal Ika). (CP Ketrampilan khusus)
  5. Mampu mengimplementasikan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan (CP Ketrampilan khusus)

References

  1. Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama..
  3. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  5. Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
  6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
  9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan dan tanggung jawab intelektual dalam mengenali masalah-masalah dan memberi solusi  berdasarkan nilai-nilai Pancasila. (CP Sikap)
  2. Memiliki kemampuan analisis, berpikir rasional, bersikap kritis dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (CP Pengetahuan)
  3. Memiliki karakter  ilmuwan dan profesional  Pancasilais yang memiliki komitmen atas kelangsungan hidup dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (CP Pengetahuan)
  4. Mampu menjelaskan dasar-dasar kebenaran bahwa Pancasila adalah ideologi yang sesuai bagi bangsa Indonesia yang majemuk (Bhinneka Tunggal Ika). (CP Ketrampilan khusus)
  5. Mampu mengimplementasikan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan (CP Ketrampilan khusus)

References

  1. Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama..
  3. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  5. Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
  6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
  9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan dan tanggung jawab intelektual dalam mengenali masalah-masalah dan memberi solusi  berdasarkan nilai-nilai Pancasila. (CP Sikap)
  2. Memiliki kemampuan analisis, berpikir rasional, bersikap kritis dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (CP Pengetahuan)
  3. Memiliki karakter  ilmuwan dan profesional  Pancasilais yang memiliki komitmen atas kelangsungan hidup dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (CP Pengetahuan)
  4. Mampu menjelaskan dasar-dasar kebenaran bahwa Pancasila adalah ideologi yang sesuai bagi bangsa Indonesia yang majemuk (Bhinneka Tunggal Ika). (CP Ketrampilan khusus)
  5. Mampu mengimplementasikan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan (CP Ketrampilan khusus)

References

  1. Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama..
  3. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  5. Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
  6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
  9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan dan tanggung jawab intelektual dalam mengenali masalah-masalah dan memberi solusi  berdasarkan nilai-nilai Pancasila. (CP Sikap)
  2. Memiliki kemampuan analisis, berpikir rasional, bersikap kritis dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (CP Pengetahuan)
  3. Memiliki karakter  ilmuwan dan profesional  Pancasilais yang memiliki komitmen atas kelangsungan hidup dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (CP Pengetahuan)
  4. Mampu menjelaskan dasar-dasar kebenaran bahwa Pancasila adalah ideologi yang sesuai bagi bangsa Indonesia yang majemuk (Bhinneka Tunggal Ika). (CP Ketrampilan khusus)
  5. Mampu mengimplementasikan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan (CP Ketrampilan khusus)

References

  1. Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama..
  3. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  5. Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
  6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
  9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan dan tanggung jawab intelektual dalam mengenali masalah-masalah dan memberi solusi  berdasarkan nilai-nilai Pancasila. (CP Sikap)
  2. Memiliki kemampuan analisis, berpikir rasional, bersikap kritis dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (CP Pengetahuan)
  3. Memiliki karakter  ilmuwan dan profesional  Pancasilais yang memiliki komitmen atas kelangsungan hidup dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (CP Pengetahuan)
  4. Mampu menjelaskan dasar-dasar kebenaran bahwa Pancasila adalah ideologi yang sesuai bagi bangsa Indonesia yang majemuk (Bhinneka Tunggal Ika). (CP Ketrampilan khusus)
  5. Mampu mengimplementasikan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan (CP Ketrampilan khusus)

References

  1. Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama..
  3. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  5. Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
  6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
  9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan dan tanggung jawab intelektual dalam mengenali masalah-masalah dan memberi solusi  berdasarkan nilai-nilai Pancasila. (CP Sikap)
  2. Memiliki kemampuan analisis, berpikir rasional, bersikap kritis dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (CP Pengetahuan)
  3. Memiliki karakter  ilmuwan dan profesional  Pancasilais yang memiliki komitmen atas kelangsungan hidup dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (CP Pengetahuan)
  4. Mampu menjelaskan dasar-dasar kebenaran bahwa Pancasila adalah ideologi yang sesuai bagi bangsa Indonesia yang majemuk (Bhinneka Tunggal Ika). (CP Ketrampilan khusus)
  5. Mampu mengimplementasikan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan (CP Ketrampilan khusus)

References

  1. Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama..
  3. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  5. Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
  6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
  9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan dan tanggung jawab intelektual dalam mengenali masalah-masalah dan memberi solusi  berdasarkan nilai-nilai Pancasila. (CP Sikap)
  2. Memiliki kemampuan analisis, berpikir rasional, bersikap kritis dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (CP Pengetahuan)
  3. Memiliki karakter  ilmuwan dan profesional  Pancasilais yang memiliki komitmen atas kelangsungan hidup dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (CP Pengetahuan)
  4. Mampu menjelaskan dasar-dasar kebenaran bahwa Pancasila adalah ideologi yang sesuai bagi bangsa Indonesia yang majemuk (Bhinneka Tunggal Ika). (CP Ketrampilan khusus)
  5. Mampu mengimplementasikan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan (CP Ketrampilan khusus)

References

  1. Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama..
  3. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  5. Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
  6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
  9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa semua program studi. Mata kuliah ini menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

Learning Outcomes

  1. Memiliki kemampuan dan tanggung jawab intelektual dalam mengenali masalah-masalah dan memberi solusi  berdasarkan nilai-nilai Pancasila. (CP Sikap)
  2. Memiliki kemampuan analisis, berpikir rasional, bersikap kritis dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (CP Pengetahuan)
  3. Memiliki karakter  ilmuwan dan profesional  Pancasilais yang memiliki komitmen atas kelangsungan hidup dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (CP Pengetahuan)
  4. Mampu menjelaskan dasar-dasar kebenaran bahwa Pancasila adalah ideologi yang sesuai bagi bangsa Indonesia yang majemuk (Bhinneka Tunggal Ika). (CP Ketrampilan khusus)
  5. Mampu mengimplementasikan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan (CP Ketrampilan khusus)

References

  1. Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma
  2. Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama..
  3. Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang
  4. Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
  5. Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI
  6. Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.
  7. Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni.
  8. Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press.
  9. Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta


Details ...