Workshop Matematika, Curriculum : 2015


Courser in EnglishMATHEMATICS WORKSHOP
ProgramPendidikan Matematika
SKS2 SKS
RPS32 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Worshop pembelajaran matematika membahas identifikasi, pemilihan, dan pembuatan alat peraga matematika. Sebagian besar orang setuju bahwa alat peraga matematika memainkan peranan penting dalam pembelajaran matematika yang setiap materinya selalu dianggap sulit, bahkan alat peraga dapat mempermudah pemahaman konsep materi ajar matematika yang abstrak. Workshop pembelajaran matematika terkait erat dengan berbagai mata kuliah lain yang berhubungan dengan pembelajaran matematika, misalnya SPM matematika, Matematika sekolah, Magang 2 atau Magang 3, dan Perencanaan Pembelajaran Matematika. Materi workshop pembelajaran matematika digunakan untuk mengidentifikasi materi matematika yang sulit dan mencari dan mengembangkan alternatif alat peraganya dari matematika SD, SMP, SMA, dan SMK, proposal pembuatan alat peraga, dan pembuatan alat peraga.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu mengembangkan berbagai macam alat peraga matematika sebagai alternatif pada pembelajaran matematika di sekolah.

References

Hukum Singh. 2013. A Handbook for Designing Mathematics Laboratory in Schools. NCER: India
 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Workshop memiliki ruang lingkup materi untuk mendukung proses pembelajaran yang terkait dengan penyiapan alat peraga/media pembelajaran. Alat peraga/media pembelajaran yang dibahas meliputi: Mediapembelajaran berbantu IT dan Media pembelajaran manual/ alat peraga.

Media pembelajaran berbantu IT, antara lain : Pembuatan Power point hyperlink yang bervariasi, pembuatan video pembelajaran, penggunaan software matematika, seperti Geogebra, Mapel, Macros, Wondern share, dsb.

Materi yang di eksplorasi, seperti: Inovasi operasi hitung, pembuktian luas daerah dalam geometri, pembuktian rumus phytagoras,baik menggunakan origami maupun dengan software.

Learning Outcomes

1. Mahasiswa mampu mebuat PPT dan inovasinya

2. Mahasiswa mampu melakukan inovasi  materi pembelajaran yang didukung alat peraga/media pembelajaran

3. Mahasiswa mampu menggunakan software yang dapat membantu pembelajaran matematika, seperti; Geogebra, macros, woder share dsb

4. Mahasiswa dapat mebuat video pembelajaran berbatu software  camtasia, movie maker, photo album.

References

1


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Workshop memiliki ruang lingkup materi untuk mendukung proses pembelajaran yang terkait dengan penyiapan alat peraga/media pembelajaran. Alat peraga/media pembelajaran yang dibahas meliputi: Mediapembelajaran berbantu IT dan Media pembelajaran manual/ alat peraga.

Media pembelajaran berbantu IT, antara lain : Pembuatan Power point hyperlink yang bervariasi, pembuatan video pembelajaran, penggunaan software matematika, seperti Geogebra, Mapel, Macros, Wondern share, dsb.

Materi yang di eksplorasi, seperti: Inovasi operasi hitung, pembuktian luas daerah dalam geometri, pembuktian rumus phytagoras,baik menggunakan origami maupun dengan software.

Learning Outcomes

1. Mahasiswa mampu mebuat PPT dan inovasinya

2. Mahasiswa mampu melakukan inovasi  materi pembelajaran yang didukung alat peraga/media pembelajaran

3. Mahasiswa mampu menggunakan software yang dapat membantu pembelajaran matematika, seperti; Geogebra, macros, woder share dsb

4. Mahasiswa dapat mebuat video pembelajaran berbatu software  camtasia, movie maker, photo album.

References

1


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Workshop memiliki ruang lingkup materi untuk mendukung proses pembelajaran yang terkait dengan penyiapan alat peraga/media pembelajaran. Alat peraga/media pembelajaran yang dibahas meliputi: Mediapembelajaran berbantu IT dan Media pembelajaran manual/ alat peraga.

Media pembelajaran berbantu IT, antara lain : Pembuatan Power point hyperlink yang bervariasi, pembuatan video pembelajaran, penggunaan software matematika, seperti Geogebra, Mapel, Macros, Wondern share, dsb.

Materi yang di eksplorasi, seperti: Inovasi operasi hitung, pembuktian luas daerah dalam geometri, pembuktian rumus phytagoras,baik menggunakan origami maupun dengan software.

Learning Outcomes

1. Mahasiswa mampu mebuat PPT dan inovasinya

2. Mahasiswa mampu melakukan inovasi  materi pembelajaran yang didukung alat peraga/media pembelajaran

3. Mahasiswa mampu menggunakan software yang dapat membantu pembelajaran matematika, seperti; Geogebra, macros, woder share dsb

4. Mahasiswa dapat mebuat video pembelajaran berbatu software  camtasia, movie maker, photo album.

References

1


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Workshop memiliki ruang lingkup materi untuk mendukung proses pembelajaran yang terkait dengan penyiapan alat peraga/media pembelajaran. Alat peraga/media pembelajaran yang dibahas meliputi: Mediapembelajaran berbantu IT dan Media pembelajaran manual/ alat peraga.

Media pembelajaran berbantu IT, antara lain : Pembuatan Power point hyperlink yang bervariasi, pembuatan video pembelajaran, penggunaan software matematika, seperti Geogebra, Mapel, Macros, Wondern share, dsb.

Materi yang di eksplorasi, seperti: Inovasi operasi hitung, pembuktian luas daerah dalam geometri, pembuktian rumus phytagoras,baik menggunakan origami maupun dengan software.

Learning Outcomes

1. Mahasiswa mampu mebuat PPT dan inovasinya

2. Mahasiswa mampu melakukan inovasi  materi pembelajaran yang didukung alat peraga/media pembelajaran

3. Mahasiswa mampu menggunakan software yang dapat membantu pembelajaran matematika, seperti; Geogebra, macros, woder share dsb

4. Mahasiswa dapat mebuat video pembelajaran berbatu software  camtasia, movie maker, photo album.

References

1


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah workshop matematika adalah mata kuliah yang disajikan untuk mempermudah mahasiswa dalam memahami materi matematika yang sulit dimengerti siswa pada jenjang SMP dan SMA dengan berbagai pendekatan media yaitu media sederhana dan media berbasis ICT

Learning Outcomes

capaian pembelajarannya meliputi:

  1. mahasiswa mampu membuat desain media dan faham menggunakan kertas lipat atau origami dalam pemecahan masalah matematika jenjang SMP dan SMA
  2. mahasiswa mampu membuat desain media dan faham menggunakan alat peraga sederhana dari kayu, aluminium dll dalam pemecahan masalah matematika jenjang SMP dan SMA
  3. mahasiswa mampu membuat desain media dan faham menggunakan media komputer, handphone dan aplikasi software matematika dalam pemecahan masalah matematika jenjang SMP dan SMA
  4. mahasiswa mampu membuat produk meliputi e-modul, presentasi visual, multimedia interaktif, video pembelajaran, mobile learning dan blended learning

 

References

  1. Dwiyogo, Wasis D (2013). “ Media Pembelajaran” Penerbit Wineka Media,  Malang.

  2. Setyosari, Punaji. (2013). “Media Pembelajaran” edisi Kedua. Penerbit Elang Mas, Jakarta.

  3. Sundayan, Rostina. (2015). “Media Pembelajaran Matematika” edisi satu penerbit Alfabeta,  Bandung.

  4. Scharm. W. (1973). Big Media- Little Media, Washington, Academy Of Educational Development.


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah workshop matematika adalah mata kuliah yang disajikan untuk mempermudah mahasiswa dalam memahami materi matematika yang sulit dimengerti siswa pada jenjang SMP dan SMA dengan berbagai pendekatan media yaitu media sederhana dan media berbasis ICT

Learning Outcomes

capaian pembelajarannya meliputi:

  1. mahasiswa mampu membuat desain media dan faham menggunakan kertas lipat atau origami dalam pemecahan masalah matematika jenjang SMP dan SMA
  2. mahasiswa mampu membuat desain media dan faham menggunakan alat peraga sederhana dari kayu, aluminium dll dalam pemecahan masalah matematika jenjang SMP dan SMA
  3. mahasiswa mampu membuat desain media dan faham menggunakan media komputer, handphone dan aplikasi software matematika dalam pemecahan masalah matematika jenjang SMP dan SMA
  4. mahasiswa mampu membuat produk meliputi e-modul, presentasi visual, multimedia interaktif, video pembelajaran, mobile learning dan blended learning

 

References

  1. Dwiyogo, Wasis D (2013). “ Media Pembelajaran” Penerbit Wineka Media,  Malang.

  2. Setyosari, Punaji. (2013). “Media Pembelajaran” edisi Kedua. Penerbit Elang Mas, Jakarta.

  3. Sundayan, Rostina. (2015). “Media Pembelajaran Matematika” edisi satu penerbit Alfabeta,  Bandung.

  4. Scharm. W. (1973). Big Media- Little Media, Washington, Academy Of Educational Development.


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah workshop matematika adalah mata kuliah yang disajikan untuk mempermudah mahasiswa dalam memahami materi matematika yang sulit dimengerti siswa pada jenjang SMP dan SMA dengan berbagai pendekatan media yaitu media sederhana dan media berbasis ICT

Learning Outcomes

capaian pembelajarannya meliputi:

  1. mahasiswa mampu membuat desain media dan faham menggunakan kertas lipat atau origami dalam pemecahan masalah matematika jenjang SMP dan SMA
  2. mahasiswa mampu membuat desain media dan faham menggunakan alat peraga sederhana dari kayu, aluminium dll dalam pemecahan masalah matematika jenjang SMP dan SMA
  3. mahasiswa mampu membuat desain media dan faham menggunakan media komputer, handphone dan aplikasi software matematika dalam pemecahan masalah matematika jenjang SMP dan SMA
  4. mahasiswa mampu membuat produk meliputi e-modul, presentasi visual, multimedia interaktif, video pembelajaran, mobile learning dan blended learning

 

References

  1. Dwiyogo, Wasis D (2013). “ Media Pembelajaran” Penerbit Wineka Media,  Malang.

  2. Setyosari, Punaji. (2013). “Media Pembelajaran” edisi Kedua. Penerbit Elang Mas, Jakarta.

  3. Sundayan, Rostina. (2015). “Media Pembelajaran Matematika” edisi satu penerbit Alfabeta,  Bandung.

  4. Scharm. W. (1973). Big Media- Little Media, Washington, Academy Of Educational Development.


Details ...