Penyuntingan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishEditing
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS26 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan penyuntingan bahasa. Dalam mata kuliah ini dibahas teori mendasar mengenai penyuntingan. Materi pokok mata kuliah ini meliputi konsep penyuntingan, ruang lingkup penyuntingan, logika kebahasaan, tanda/ lambang  penyuntingan, penyuntingan huruf, penyuntingan kata, penyuntingan frasa, penyuntingan kalimat, penyuntingan  wacana, pengorganisasian dan teknik penyuntingan. Materi dalam bidang praktis meliputi cara penyuntingan berbagai naskah dengan berbagai kepentingan, serta praktik penyuntingan bahasa yang mencakup penyuntingan naskah buku, penyuntingan naskah media massa, serta penyuntingan naskah jurnal ilmiah.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, berani dan percaya diri dalam mempraktikan keterampilan menyunting naskah secara mandiri.
  2. Menunjukkan kinarja mandiri, bermutu dan terukur dalam melakukan penyuntingan naskah.
  3. Menguasai konsep dasar, pendekatan, teori, teknik, dan perencanaan dalam pengembangan keterampilan penyuntingan naskah.
  4. Mahasiswa mampu mempraktikkan keterampilan menyunting naskah.

References

DAFTAR PUSTAKA

Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Endarmoko, Eko. 2006. Tesaurus Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Eneste, Pamusuk. 2005. Buku Pintar Penyuntingan Naskah. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Kasman, S. 2004. Jurnalisme Universal. Jakarta: Penerbit Teraju.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2009. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan & Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Depdikbud.

Siregar, R. 1992 . Bahasa Indonesia Jurnalistik. Jakarta: PT Grafikatama.

Sugihastuti. 2006. Editor Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Penyusun Kamus. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan penyuntingan bahasa. Dalam mata kuliah ini dibahas teori mendasar mengenai penyuntingan. Materi pokok mata kuliah ini meliputi konsep penyuntingan, ruang lingkup penyuntingan, logika kebahasaan, tanda/ lambang  penyuntingan, penyuntingan huruf, penyuntingan kata, penyuntingan frasa, penyuntingan kalimat, penyuntingan  wacana, pengorganisasian dan teknik penyuntingan. Materi dalam bidang praktis meliputi cara penyuntingan berbagai naskah dengan berbagai kepentingan, serta praktik penyuntingan bahasa yang mencakup penyuntingan naskah buku, penyuntingan naskah media massa, serta penyuntingan naskah jurnal ilmiah.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, berani dan percaya diri dalam mempraktikan keterampilan menyunting naskah secara mandiri.
  2. Menunjukkan kinarja mandiri, bermutu dan terukur dalam melakukan penyuntingan naskah.
  3. Menguasai konsep dasar, pendekatan, teori, teknik, dan perencanaan dalam pengembangan keterampilan penyuntingan naskah.
  4. Mahasiswa mampu mempraktikkan keterampilan menyunting naskah.

References

DAFTAR PUSTAKA

Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Endarmoko, Eko. 2006. Tesaurus Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Eneste, Pamusuk. 2005. Buku Pintar Penyuntingan Naskah. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Kasman, S. 2004. Jurnalisme Universal. Jakarta: Penerbit Teraju.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2009. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan & Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Depdikbud.

Siregar, R. 1992 . Bahasa Indonesia Jurnalistik. Jakarta: PT Grafikatama.

Sugihastuti. 2006. Editor Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Penyusun Kamus. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan penyuntingan bahasa. Dalam mata kuliah ini dibahas teori mendasar mengenai penyuntingan. Materi pokok mata kuliah ini meliputi konsep penyuntingan, ruang lingkup penyuntingan, logika kebahasaan, tanda/ lambang  penyuntingan, penyuntingan huruf, penyuntingan kata, penyuntingan frasa, penyuntingan kalimat, penyuntingan  wacana, pengorganisasian dan teknik penyuntingan. Materi dalam bidang praktis meliputi cara penyuntingan berbagai naskah dengan berbagai kepentingan, serta praktik penyuntingan bahasa yang mencakup penyuntingan naskah buku, penyuntingan naskah media massa, serta penyuntingan naskah jurnal ilmiah.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, berani dan percaya diri dalam mempraktikan keterampilan menyunting naskah secara mandiri.
  2. Menunjukkan kinarja mandiri, bermutu dan terukur dalam melakukan penyuntingan naskah.
  3. Menguasai konsep dasar, pendekatan, teori, teknik, dan perencanaan dalam pengembangan keterampilan penyuntingan naskah.
  4. Mahasiswa mampu mempraktikkan keterampilan menyunting naskah.

References

DAFTAR PUSTAKA

Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Endarmoko, Eko. 2006. Tesaurus Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Eneste, Pamusuk. 2005. Buku Pintar Penyuntingan Naskah. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Kasman, S. 2004. Jurnalisme Universal. Jakarta: Penerbit Teraju.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2009. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan & Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Depdikbud.

Siregar, R. 1992 . Bahasa Indonesia Jurnalistik. Jakarta: PT Grafikatama.

Sugihastuti. 2006. Editor Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Penyusun Kamus. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan penyuntingan bahasa. Dalam mata kuliah ini dibahas teori mendasar mengenai penyuntingan. Materi pokok mata kuliah ini meliputi konsep penyuntingan, ruang lingkup penyuntingan, logika kebahasaan, tanda/ lambang  penyuntingan, penyuntingan huruf, penyuntingan kata, penyuntingan frasa, penyuntingan kalimat, penyuntingan  wacana, pengorganisasian dan teknik penyuntingan. Materi dalam bidang praktis meliputi cara penyuntingan berbagai naskah dengan berbagai kepentingan, serta praktik penyuntingan bahasa yang mencakup penyuntingan naskah buku, penyuntingan naskah media massa, serta penyuntingan naskah jurnal ilmiah.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, berani dan percaya diri dalam mempraktikan keterampilan menyunting naskah secara mandiri.
  2. Menunjukkan kinarja mandiri, bermutu dan terukur dalam melakukan penyuntingan naskah.
  3. Menguasai konsep dasar, pendekatan, teori, teknik, dan perencanaan dalam pengembangan keterampilan penyuntingan naskah.

Mahasiswa mampu mempraktikkan keterampilan menyunting naskah.

References

Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Endarmoko, Eko. 2006. Tesaurus Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Eneste, Pamusuk. 2005. Buku Pintar Penyuntingan Naskah. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Kasman, S. 2004. Jurnalisme Universal. Jakarta: Penerbit Teraju.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2009. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan & Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Depdikbud.

Siregar, R. 1992 . Bahasa Indonesia Jurnalistik. Jakarta: PT Grafikatama.

Sugihastuti. 2006. Editor Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Penyusun Kamus. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan penyuntingan bahasa. Dalam mata kuliah ini dibahas teori mendasar mengenai penyuntingan. Materi pokok mata kuliah ini meliputi konsep penyuntingan, ruang lingkup penyuntingan, logika kebahasaan, tanda/ lambang  penyuntingan, penyuntingan huruf, penyuntingan kata, penyuntingan frasa, penyuntingan kalimat, penyuntingan  wacana, pengorganisasian dan teknik penyuntingan. Materi dalam bidang praktis meliputi cara penyuntingan berbagai naskah dengan berbagai kepentingan, serta praktik penyuntingan bahasa yang mencakup penyuntingan naskah buku, penyuntingan naskah media massa, serta penyuntingan naskah jurnal ilmiah.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, berani dan percaya diri dalam mempraktikan keterampilan menyunting naskah secara mandiri.
  2. Menunjukkan kinarja mandiri, bermutu dan terukur dalam melakukan penyuntingan naskah.
  3. Menguasai konsep dasar, pendekatan, teori, teknik, dan perencanaan dalam pengembangan keterampilan penyuntingan naskah.

Mahasiswa mampu mempraktikkan keterampilan menyunting naskah.

References

Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Endarmoko, Eko. 2006. Tesaurus Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Eneste, Pamusuk. 2005. Buku Pintar Penyuntingan Naskah. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Kasman, S. 2004. Jurnalisme Universal. Jakarta: Penerbit Teraju.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2009. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan & Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Depdikbud.

Siregar, R. 1992 . Bahasa Indonesia Jurnalistik. Jakarta: PT Grafikatama.

Sugihastuti. 2006. Editor Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Penyusun Kamus. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan penyuntingan bahasa. Dalam mata kuliah ini dibahas teori mendasar mengenai penyuntingan. Materi pokok mata kuliah ini meliputi konsep penyuntingan, ruang lingkup penyuntingan, logika kebahasaan, tanda/ lambang  penyuntingan, penyuntingan huruf, penyuntingan kata, penyuntingan frasa, penyuntingan kalimat, penyuntingan  wacana, pengorganisasian dan teknik penyuntingan. Materi dalam bidang praktis meliputi cara penyuntingan berbagai naskah dengan berbagai kepentingan, serta praktik penyuntingan bahasa yang mencakup penyuntingan naskah buku, penyuntingan naskah media massa, serta penyuntingan naskah jurnal ilmiah.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, berani dan percaya diri dalam mempraktikan keterampilan menyunting naskah secara mandiri.
  2. Menunjukkan kinarja mandiri, bermutu dan terukur dalam melakukan penyuntingan naskah.
  3. Menguasai konsep dasar, pendekatan, teori, teknik, dan perencanaan dalam pengembangan keterampilan penyuntingan naskah.

Mahasiswa mampu mempraktikkan keterampilan menyunting naskah.

References

Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Endarmoko, Eko. 2006. Tesaurus Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Eneste, Pamusuk. 2005. Buku Pintar Penyuntingan Naskah. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Kasman, S. 2004. Jurnalisme Universal. Jakarta: Penerbit Teraju.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2009. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan & Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Depdikbud.

Siregar, R. 1992 . Bahasa Indonesia Jurnalistik. Jakarta: PT Grafikatama.

Sugihastuti. 2006. Editor Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Penyusun Kamus. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan penyuntingan bahasa. Dalam mata kuliah ini dibahas teori mendasar mengenai penyuntingan. Materi pokok mata kuliah ini meliputi konsep penyuntingan, ruang lingkup penyuntingan, logika kebahasaan, tanda/ lambang  penyuntingan, penyuntingan huruf, penyuntingan kata, penyuntingan frasa, penyuntingan kalimat, penyuntingan  wacana, pengorganisasian dan teknik penyuntingan. Materi dalam bidang praktis meliputi cara penyuntingan berbagai naskah dengan berbagai kepentingan, serta praktik penyuntingan bahasa yang mencakup penyuntingan naskah buku, penyuntingan naskah media massa, serta penyuntingan naskah jurnal ilmiah.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, berani dan percaya diri dalam mempraktikan keterampilan menyunting naskah secara mandiri.
  2. Menunjukkan kinarja mandiri, bermutu dan terukur dalam melakukan penyuntingan naskah.
  3. Menguasai konsep dasar, pendekatan, teori, teknik, dan perencanaan dalam pengembangan keterampilan penyuntingan naskah.

Mahasiswa mampu mempraktikkan keterampilan menyunting naskah.

References

Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Endarmoko, Eko. 2006. Tesaurus Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Eneste, Pamusuk. 2005. Buku Pintar Penyuntingan Naskah. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Kasman, S. 2004. Jurnalisme Universal. Jakarta: Penerbit Teraju.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2009. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan & Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Depdikbud.

Siregar, R. 1992 . Bahasa Indonesia Jurnalistik. Jakarta: PT Grafikatama.

Sugihastuti. 2006. Editor Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Penyusun Kamus. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Penyuntingan ini merupakan mata kuliah keterampilan pada program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi
S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini bertujuan memperdalam pengetahuan kebahasaan dan
menerampilkan diri menyunting tulisan bagi calon pendidik bahasa Indonesia yang akan berhadapan dengan banyak tulisan peserta didik serta
profesi penyuntingan secara umum dalam jurnalistik dan perbukuan.

Learning Outcomes

Memahami hakikat, kedudukan, estetika, dan kemartabatan bahasa Indonesia serta peran sentralnya urgensinya dalam menghela ilmu pengetahuan
dan kehidupan manusia dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
�Menguasai pengetahuan tentang ruang lingkup penyuntingan dan hubungannya dengan komersialisasi tulisan di berbagai media cetak dan
elektronik, termasuk internet, serta ruang lingkup pekerjaan yang berhubungan dengan media massa tersebut.
�Memahami kode etik penyuntingan, tanggung jawab penyunting, kompetensi yang harus dikuasai penyunting, serta larangan dalam penyuntingan.
�Menguasai pengetahuan mengenai plagiasi, copy-master, penerjemahan dan pengadaptasian naskah, serta pencurian hak cipta.
�Mampu menerapkan teori-teori bahasa dan pengetahuan bahasa Indonesia pada penggunaan nyata dalam permasalahan bahasa pada media
massa.
�Memiliki pengetahuan dan terampil dalam menggunakan perangkat lunak ataupun tanpa perangkat lunak, untuk menyunting naskah.

References

KBBI

EYD
TBBBI
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Penyuntingan ini merupakan mata kuliah keterampilan pada program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi
S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini bertujuan memperdalam pengetahuan kebahasaan dan
menerampilkan diri menyunting tulisan bagi calon pendidik bahasa Indonesia yang akan berhadapan dengan banyak tulisan peserta didik serta
profesi penyuntingan secara umum dalam jurnalistik dan perbukuan.

Learning Outcomes

Memahami hakikat, kedudukan, estetika, dan kemartabatan bahasa Indonesia serta peran sentralnya urgensinya dalam menghela ilmu pengetahuan
dan kehidupan manusia dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
�Menguasai pengetahuan tentang ruang lingkup penyuntingan dan hubungannya dengan komersialisasi tulisan di berbagai media cetak dan
elektronik, termasuk internet, serta ruang lingkup pekerjaan yang berhubungan dengan media massa tersebut.
�Memahami kode etik penyuntingan, tanggung jawab penyunting, kompetensi yang harus dikuasai penyunting, serta larangan dalam penyuntingan.
�Menguasai pengetahuan mengenai plagiasi, copy-master, penerjemahan dan pengadaptasian naskah, serta pencurian hak cipta.
�Mampu menerapkan teori-teori bahasa dan pengetahuan bahasa Indonesia pada penggunaan nyata dalam permasalahan bahasa pada media
massa.
�Memiliki pengetahuan dan terampil dalam menggunakan perangkat lunak ataupun tanpa perangkat lunak, untuk menyunting naskah.

References

KBBI

EYD
TBBBI
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Penyuntingan ini merupakan mata kuliah keterampilan pada program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi
S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini bertujuan memperdalam pengetahuan kebahasaan dan
menerampilkan diri menyunting tulisan bagi calon pendidik bahasa Indonesia yang akan berhadapan dengan banyak tulisan peserta didik serta
profesi penyuntingan secara umum dalam jurnalistik dan perbukuan.

Learning Outcomes

Memahami hakikat, kedudukan, estetika, dan kemartabatan bahasa Indonesia serta peran sentralnya urgensinya dalam menghela ilmu pengetahuan
dan kehidupan manusia dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
�Menguasai pengetahuan tentang ruang lingkup penyuntingan dan hubungannya dengan komersialisasi tulisan di berbagai media cetak dan
elektronik, termasuk internet, serta ruang lingkup pekerjaan yang berhubungan dengan media massa tersebut.
�Memahami kode etik penyuntingan, tanggung jawab penyunting, kompetensi yang harus dikuasai penyunting, serta larangan dalam penyuntingan.
�Menguasai pengetahuan mengenai plagiasi, copy-master, penerjemahan dan pengadaptasian naskah, serta pencurian hak cipta.
�Mampu menerapkan teori-teori bahasa dan pengetahuan bahasa Indonesia pada penggunaan nyata dalam permasalahan bahasa pada media
massa.
�Memiliki pengetahuan dan terampil dalam menggunakan perangkat lunak ataupun tanpa perangkat lunak, untuk menyunting naskah.

References

KBBI

EYD
TBBBI
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Fonologi Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah teoretis pada program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi  mahasiswa  program studi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini menjadi dasar pondasi pengetahuan kebahasaan utamanya pada segmen-segmen bunyi bahasa manusia secara mendetail dan presisi, terutama dalam pentranskripsian yang sangat berguna dalam penelitian bahasa secara empiris. Mata kuliah ini penting bagi calon pendidik bahasa Indonesia agar dapat menjadi pijakan fundamental dalam menguasai ilmu bahasa secara keseluruhan serta guna menjelaskan kepada para peserta didik mereka kelak secara komprehensif dan teoretis terkait bunyi bahasa dan kaitannya dengan aksara.

Learning Outcomes

    CPMK1    Memahami hakikat, kedudukan, estetika, dan kemartabatan bahasa Indonesia serta peran sentralnya urgensinya dalam menghela ilmu pengetahuan dan kehidupan manusia dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S2, S2, S4, S10, KU5, P2, P4, KK15).
    CPMK2    Menguasai pengetahuan tentang ruang lingkup penyuntingan dan hubungannya dengan komersialisasi tulisan di berbagai media cetak dan elektronik, termasuk internet, serta ruang lingkup pekerjaan yang berhubungan dengan media massa tersebut (S9, S10, KU6, P6, KK13).
    CPMK3    Memahami kode etik penyuntingan, tanggung jawab penyunting, kompetensi yang harus dikuasai penyunting, serta larangan dalam penyuntingan (S2, S3, S10. S12, S13, KU1, KU7, P2 ).
    CPMK4    Menguasai pengetahuan mengenai plagiasi, copy-master, penerjemahan dan pengadaptasian naskah, serta pencurian hak cipta (S2, S3 KU5, KU8, P2, P4, KK15).
    CPMK5    Mampu menerapkan teori-teori bahasa dan pengetahuan bahasa Indonesia pada penggunaan nyata dalam permasalahan bahasa pada media massa. (S2, S8, KU1, KU5, P1, P2, P6, KK1, KK12)
    CPMK6    Memiliki pengetahuan dan terampil dalam menggunakan perangkat lunak ataupun tanpa perangkat lunak, untuk menyunting naskah. (S3, S4, S8, S9, S10, KU1, KU8, P2, KK1, KK13, P6, KK15)

References

  1. Alwi, Hasan, Dkk. 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
  2. Pamusuk Eneste. 2017. Buku Pintar Penyuntingan Naskah: Edisi Ketiga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  3. Rifai, Mien A. 2005. Pegangan Gaya Penulisan, Penyuntingan, dan Penerbitan Karya Ilmiah Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  4. Sugihastuti. 2020. Praktik Penyuntingan Kalimat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. https://kbbi.kemdikbud.go.id/
  6. https://puebi.readthedocs.io/en/latest/
  7. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/content/pedoman-umum-pembentukan-istilah

Sumber lainnya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Fonologi Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah teoretis pada program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi  mahasiswa  program studi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan  bobot 2 sks. Mata kuliah ini menjadi dasar pondasi pengetahuan kebahasaan utamanya pada segmen-segmen bunyi bahasa manusia secara mendetail dan presisi, terutama dalam pentranskripsian yang sangat berguna dalam penelitian bahasa secara empiris. Mata kuliah ini penting bagi calon pendidik bahasa Indonesia agar dapat menjadi pijakan fundamental dalam menguasai ilmu bahasa secara keseluruhan serta guna menjelaskan kepada para peserta didik mereka kelak secara komprehensif dan teoretis terkait bunyi bahasa dan kaitannya dengan aksara.

Learning Outcomes

    CPMK1    Memahami hakikat, kedudukan, estetika, dan kemartabatan bahasa Indonesia serta peran sentralnya urgensinya dalam menghela ilmu pengetahuan dan kehidupan manusia dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S2, S2, S4, S10, KU5, P2, P4, KK15).
    CPMK2    Menguasai pengetahuan tentang ruang lingkup penyuntingan dan hubungannya dengan komersialisasi tulisan di berbagai media cetak dan elektronik, termasuk internet, serta ruang lingkup pekerjaan yang berhubungan dengan media massa tersebut (S9, S10, KU6, P6, KK13).
    CPMK3    Memahami kode etik penyuntingan, tanggung jawab penyunting, kompetensi yang harus dikuasai penyunting, serta larangan dalam penyuntingan (S2, S3, S10. S12, S13, KU1, KU7, P2 ).
    CPMK4    Menguasai pengetahuan mengenai plagiasi, copy-master, penerjemahan dan pengadaptasian naskah, serta pencurian hak cipta (S2, S3 KU5, KU8, P2, P4, KK15).
    CPMK5    Mampu menerapkan teori-teori bahasa dan pengetahuan bahasa Indonesia pada penggunaan nyata dalam permasalahan bahasa pada media massa. (S2, S8, KU1, KU5, P1, P2, P6, KK1, KK12)
    CPMK6    Memiliki pengetahuan dan terampil dalam menggunakan perangkat lunak ataupun tanpa perangkat lunak, untuk menyunting naskah. (S3, S4, S8, S9, S10, KU1, KU8, P2, KK1, KK13, P6, KK15)

References

  1. Alwi, Hasan, Dkk. 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
  2. Pamusuk Eneste. 2017. Buku Pintar Penyuntingan Naskah: Edisi Ketiga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  3. Rifai, Mien A. 2005. Pegangan Gaya Penulisan, Penyuntingan, dan Penerbitan Karya Ilmiah Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  4. Sugihastuti. 2020. Praktik Penyuntingan Kalimat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. https://kbbi.kemdikbud.go.id/
  6. https://puebi.readthedocs.io/en/latest/
  7. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/content/pedoman-umum-pembentukan-istilah

Sumber lainnya


Details ...