Pembelajaran Bahasa AUD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishEarly Childhood Language Learning
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS16 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran

Learning Outcomes

Dapat mengembangkan kegiatan bermain yang menyenangkan untuk anak usia dini

References

Depdiknas, 2003, Standar Kompetensi Anak usia dini, Jakarta: Depdiknas. Universitas terbuka

Dhieni, dkk, 2008, Metode Pengembangan bahasa, Jakarta.

Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Zaman, Badru. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Depdiknas: Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran

Learning Outcomes

  1. 9. Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri;

 

Menguasai konsep dan metode keilmuan  yang menanungi substansi bidang kajian pendidikan anak usia diniMengembangkan pembelajaran pembelajaran bahasa anak usia dini untuk anak usia dini P.5) Mampu merancang/merencanakan program pembelajaran dengan pendekatan tematik (terpadu) sesuai kebutuhan dan perkembangan anak (P.13.)

Mampu mengembangkan model pembelajaran inovatif sesuai dengan kondisi sosial budaya dan kebutuhan masyarakat (P.14)

 

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan  atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. (KU.1)

Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU.4)

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam proses penyelesaian masalah dibidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU 5)

 

Mampu mengembangkan program kegiatan bermain anak usia dini (KK.6)

Mampu mendesain lingkungan belajar PAUD yang relevan dengan prinsip-prinsip pembelajaran anak usia dini (KK.16)

 

 

References

  1. Mila karmila, Pembelajaran Bahasa AUD. 2019. upgrispress. Semarang
  2. Depdiknas, 2003, Standar Kompetensi Anak usia dini, Jakarta: Depdiknas. Universitas terbuka
  3. Dhieni, dkk, 2008, Metode Pengembangan bahasa, Jakarta.
  4. Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
  5. Zaman, Badru. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Depdiknas: Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran

Learning Outcomes

  1. 9. Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri;

 

Menguasai konsep dan metode keilmuan  yang menanungi substansi bidang kajian pendidikan anak usia diniMengembangkan pembelajaran pembelajaran bahasa anak usia dini untuk anak usia dini P.5) Mampu merancang/merencanakan program pembelajaran dengan pendekatan tematik (terpadu) sesuai kebutuhan dan perkembangan anak (P.13.)

Mampu mengembangkan model pembelajaran inovatif sesuai dengan kondisi sosial budaya dan kebutuhan masyarakat (P.14)

 

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan  atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. (KU.1)

Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU.4)

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam proses penyelesaian masalah dibidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU 5)

 

Mampu mengembangkan program kegiatan bermain anak usia dini (KK.6)

Mampu mendesain lingkungan belajar PAUD yang relevan dengan prinsip-prinsip pembelajaran anak usia dini (KK.16)

 

 

References

  1. Mila karmila, Pembelajaran Bahasa AUD. 2019. upgrispress. Semarang
  2. Depdiknas, 2003, Standar Kompetensi Anak usia dini, Jakarta: Depdiknas. Universitas terbuka
  3. Dhieni, dkk, 2008, Metode Pengembangan bahasa, Jakarta.
  4. Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
  5. Zaman, Badru. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Depdiknas: Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran

Learning Outcomes

  1. 9. Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri;

 

Menguasai konsep dan metode keilmuan  yang menanungi substansi bidang kajian pendidikan anak usia diniMengembangkan pembelajaran pembelajaran bahasa anak usia dini untuk anak usia dini P.5) Mampu merancang/merencanakan program pembelajaran dengan pendekatan tematik (terpadu) sesuai kebutuhan dan perkembangan anak (P.13.)

Mampu mengembangkan model pembelajaran inovatif sesuai dengan kondisi sosial budaya dan kebutuhan masyarakat (P.14)

 

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan  atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. (KU.1)

Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU.4)

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam proses penyelesaian masalah dibidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU 5)

 

Mampu mengembangkan program kegiatan bermain anak usia dini (KK.6)

Mampu mendesain lingkungan belajar PAUD yang relevan dengan prinsip-prinsip pembelajaran anak usia dini (KK.16)

 

 

References

  1. Mila karmila, Pembelajaran Bahasa AUD. 2019. upgrispress. Semarang
  2. Depdiknas, 2003, Standar Kompetensi Anak usia dini, Jakarta: Depdiknas. Universitas terbuka
  3. Dhieni, dkk, 2008, Metode Pengembangan bahasa, Jakarta.
  4. Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
  5. Zaman, Badru. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Depdiknas: Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran

Learning Outcomes

  1. 9. Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri;

 

Menguasai konsep dan metode keilmuan  yang menanungi substansi bidang kajian pendidikan anak usia diniMengembangkan pembelajaran pembelajaran bahasa anak usia dini untuk anak usia dini P.5) Mampu merancang/merencanakan program pembelajaran dengan pendekatan tematik (terpadu) sesuai kebutuhan dan perkembangan anak (P.13.)

Mampu mengembangkan model pembelajaran inovatif sesuai dengan kondisi sosial budaya dan kebutuhan masyarakat (P.14)

 

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan  atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. (KU.1)

Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU.4)

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam proses penyelesaian masalah dibidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU 5)

 

Mampu mengembangkan program kegiatan bermain anak usia dini (KK.6)

Mampu mendesain lingkungan belajar PAUD yang relevan dengan prinsip-prinsip pembelajaran anak usia dini (KK.16)

 

 

References

  1. Mila karmila, Pembelajaran Bahasa AUD. 2019. upgrispress. Semarang
  2. Depdiknas, 2003, Standar Kompetensi Anak usia dini, Jakarta: Depdiknas. Universitas terbuka
  3. Dhieni, dkk, 2008, Metode Pengembangan bahasa, Jakarta.
  4. Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
  5. Zaman, Badru. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Depdiknas: Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran

Learning Outcomes

  1. 9. Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri;

 

Menguasai konsep dan metode keilmuan  yang menanungi substansi bidang kajian pendidikan anak usia diniMengembangkan pembelajaran pembelajaran bahasa anak usia dini untuk anak usia dini P.5) Mampu merancang/merencanakan program pembelajaran dengan pendekatan tematik (terpadu) sesuai kebutuhan dan perkembangan anak (P.13.)

Mampu mengembangkan model pembelajaran inovatif sesuai dengan kondisi sosial budaya dan kebutuhan masyarakat (P.14)

 

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan  atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. (KU.1)

Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU.4)

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam proses penyelesaian masalah dibidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU 5)

 

Mampu mengembangkan program kegiatan bermain anak usia dini (KK.6)

Mampu mendesain lingkungan belajar PAUD yang relevan dengan prinsip-prinsip pembelajaran anak usia dini (KK.16)

 

 

References

  1. Mila karmila, Pembelajaran Bahasa AUD. 2019. upgrispress. Semarang
  2. Depdiknas, 2003, Standar Kompetensi Anak usia dini, Jakarta: Depdiknas. Universitas terbuka
  3. Dhieni, dkk, 2008, Metode Pengembangan bahasa, Jakarta.
  4. Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
  5. Zaman, Badru. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Depdiknas: Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran

 

Learning Outcomes

Mampu mengembangkan program kegiatan bermain anak usia dini

Memperlakukan anak secara tepat dan penuh kasih sayang (passionate)

Mengembangkan kurikulum berbasis bermain

References

  1. Otto, Baverly. 2010.  Language Development In Early Childhood Education.third Edition. Merill Prentice Hill. Ohio
  2. Depdiknas, 2003, Standar Kompetensi Anak usia dini, Jakarta: Depdiknas. Universitas terbuka
  3. Santrock, 2008, Life Span Development 1, Jakarta: Erlangga.
  4. Dhieni, dkk, 2008, Metode Pengembangan Bahasa: Jakarta
  5. Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
  6. Zaman, Badru. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Depdiknas: Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran

References

Utama

Depdiknas, 2003, Standar Kompetensi Anak usia dini, Jakarta: Depdiknas. Universitas terbuka

Dhieni, dkk, 2008, Metode Pengembangan bahasa, Jakarta.

Pendukung

Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Zaman, Badru. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Depdiknas: Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran

References

Utama

Depdiknas, 2003, Standar Kompetensi Anak usia dini, Jakarta: Depdiknas. Universitas terbuka

Dhieni, dkk, 2008, Metode Pengembangan bahasa, Jakarta.

Pendukung

Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Zaman, Badru. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Depdiknas: Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran

References

Utama

Depdiknas, 2003, Standar Kompetensi Anak usia dini, Jakarta: Depdiknas. Universitas terbuka

Dhieni, dkk, 2008, Metode Pengembangan bahasa, Jakarta.

Pendukung

Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Zaman, Badru. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Depdiknas: Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran

References

Utama

Depdiknas, 2003, Standar Kompetensi Anak usia dini, Jakarta: Depdiknas. Universitas terbuka

Dhieni, dkk, 2008, Metode Pengembangan bahasa, Jakarta.

Pendukung

Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Zaman, Badru. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Depdiknas: Universitas Terbuka


Details ...