Courser in English | Early Childhood Language Learning |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 16 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran
Learning OutcomesDapat mengembangkan kegiatan bermain yang menyenangkan untuk anak usia dini
ReferencesDepdiknas, 2003, Standar Kompetensi Anak usia dini, Jakarta: Depdiknas. Universitas terbuka
Dhieni, dkk, 2008, Metode Pengembangan bahasa, Jakarta.
Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Zaman, Badru. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Depdiknas: Universitas Terbuka
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran
Learning Outcomes
|
Menguasai konsep dan metode keilmuan yang menanungi substansi bidang kajian pendidikan anak usia diniMengembangkan pembelajaran pembelajaran bahasa anak usia dini untuk anak usia dini P.5) Mampu merancang/merencanakan program pembelajaran dengan pendekatan tematik (terpadu) sesuai kebutuhan dan perkembangan anak (P.13.) Mampu mengembangkan model pembelajaran inovatif sesuai dengan kondisi sosial budaya dan kebutuhan masyarakat (P.14)
|
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. (KU.1) Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU.4) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam proses penyelesaian masalah dibidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU 5)
|
Mampu mengembangkan program kegiatan bermain anak usia dini (KK.6) Mampu mendesain lingkungan belajar PAUD yang relevan dengan prinsip-prinsip pembelajaran anak usia dini (KK.16)
|
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran
Learning Outcomes
|
Menguasai konsep dan metode keilmuan yang menanungi substansi bidang kajian pendidikan anak usia diniMengembangkan pembelajaran pembelajaran bahasa anak usia dini untuk anak usia dini P.5) Mampu merancang/merencanakan program pembelajaran dengan pendekatan tematik (terpadu) sesuai kebutuhan dan perkembangan anak (P.13.) Mampu mengembangkan model pembelajaran inovatif sesuai dengan kondisi sosial budaya dan kebutuhan masyarakat (P.14)
|
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. (KU.1) Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU.4) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam proses penyelesaian masalah dibidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU 5)
|
Mampu mengembangkan program kegiatan bermain anak usia dini (KK.6) Mampu mendesain lingkungan belajar PAUD yang relevan dengan prinsip-prinsip pembelajaran anak usia dini (KK.16)
|
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran
Learning Outcomes
|
Menguasai konsep dan metode keilmuan yang menanungi substansi bidang kajian pendidikan anak usia diniMengembangkan pembelajaran pembelajaran bahasa anak usia dini untuk anak usia dini P.5) Mampu merancang/merencanakan program pembelajaran dengan pendekatan tematik (terpadu) sesuai kebutuhan dan perkembangan anak (P.13.) Mampu mengembangkan model pembelajaran inovatif sesuai dengan kondisi sosial budaya dan kebutuhan masyarakat (P.14)
|
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. (KU.1) Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU.4) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam proses penyelesaian masalah dibidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU 5)
|
Mampu mengembangkan program kegiatan bermain anak usia dini (KK.6) Mampu mendesain lingkungan belajar PAUD yang relevan dengan prinsip-prinsip pembelajaran anak usia dini (KK.16)
|
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran
Learning Outcomes
|
Menguasai konsep dan metode keilmuan yang menanungi substansi bidang kajian pendidikan anak usia diniMengembangkan pembelajaran pembelajaran bahasa anak usia dini untuk anak usia dini P.5) Mampu merancang/merencanakan program pembelajaran dengan pendekatan tematik (terpadu) sesuai kebutuhan dan perkembangan anak (P.13.) Mampu mengembangkan model pembelajaran inovatif sesuai dengan kondisi sosial budaya dan kebutuhan masyarakat (P.14)
|
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. (KU.1) Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU.4) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam proses penyelesaian masalah dibidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU 5)
|
Mampu mengembangkan program kegiatan bermain anak usia dini (KK.6) Mampu mendesain lingkungan belajar PAUD yang relevan dengan prinsip-prinsip pembelajaran anak usia dini (KK.16)
|
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran
Learning Outcomes
|
Menguasai konsep dan metode keilmuan yang menanungi substansi bidang kajian pendidikan anak usia diniMengembangkan pembelajaran pembelajaran bahasa anak usia dini untuk anak usia dini P.5) Mampu merancang/merencanakan program pembelajaran dengan pendekatan tematik (terpadu) sesuai kebutuhan dan perkembangan anak (P.13.) Mampu mengembangkan model pembelajaran inovatif sesuai dengan kondisi sosial budaya dan kebutuhan masyarakat (P.14)
|
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. (KU.1) Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU.4) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam proses penyelesaian masalah dibidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU 5)
|
Mampu mengembangkan program kegiatan bermain anak usia dini (KK.6) Mampu mendesain lingkungan belajar PAUD yang relevan dengan prinsip-prinsip pembelajaran anak usia dini (KK.16)
|
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran
|
Mampu mengembangkan program kegiatan bermain anak usia dini |
Memperlakukan anak secara tepat dan penuh kasih sayang (passionate) |
Mengembangkan kurikulum berbasis bermain |
- Otto, Baverly. 2010. Language Development In Early Childhood Education.third Edition. Merill Prentice Hill. Ohio
- Depdiknas, 2003, Standar Kompetensi Anak usia dini, Jakarta: Depdiknas. Universitas terbuka
- Santrock, 2008, Life Span Development 1, Jakarta: Erlangga.
- Dhieni, dkk, 2008, Metode Pengembangan Bahasa: Jakarta
- Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
- Zaman, Badru. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Depdiknas: Universitas Terbuka
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dan menerapkan konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran
ReferencesUtama
Depdiknas, 2003, Standar Kompetensi Anak usia dini, Jakarta: Depdiknas. Universitas terbuka
Dhieni, dkk, 2008, Metode Pengembangan bahasa, Jakarta.
Pendukung
Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Zaman, Badru. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Depdiknas: Universitas Terbuka
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dan menerapkan konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran
ReferencesUtama
Depdiknas, 2003, Standar Kompetensi Anak usia dini, Jakarta: Depdiknas. Universitas terbuka
Dhieni, dkk, 2008, Metode Pengembangan bahasa, Jakarta.
Pendukung
Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Zaman, Badru. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Depdiknas: Universitas Terbuka
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dan menerapkan konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran
ReferencesUtama
Depdiknas, 2003, Standar Kompetensi Anak usia dini, Jakarta: Depdiknas. Universitas terbuka
Dhieni, dkk, 2008, Metode Pengembangan bahasa, Jakarta.
Pendukung
Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Zaman, Badru. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Depdiknas: Universitas Terbuka
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dan menerapkan konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran
ReferencesUtama
Depdiknas, 2003, Standar Kompetensi Anak usia dini, Jakarta: Depdiknas. Universitas terbuka
Dhieni, dkk, 2008, Metode Pengembangan bahasa, Jakarta.
Pendukung
Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Zaman, Badru. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Depdiknas: Universitas Terbuka
Details ...