Courser in English | Early Childhood Language Learning |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 16 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran
Learning OutcomesMengembangkan program kegiatan bermain AUD
References
Depdiknas, 2003, Standar Kompetensi Anak usia dini, Jakarta: Depdiknas. Universitas terbuka Dhieni, dkk, 2008, Metode Pengembangan bahasa, Jakarta. |
|
Pendukung |
|
Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia Zaman, Badru. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Depdiknas: Universitas Terbuka |
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran
Learning OutcomesMengembangkan program kegiatan bermain AUD
References
Depdiknas, 2003, Standar Kompetensi Anak usia dini, Jakarta: Depdiknas. Universitas terbuka Dhieni, dkk, 2008, Metode Pengembangan bahasa, Jakarta. |
|
Pendukung |
|
Tedjasaputra, Mayke. 2001. Bermain mainan dan permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia Zaman, Badru. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Depdiknas: Universitas Terbuka |
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran
Learning OutcomesMengembangkan program kegiatan bermain AUD
ReferencesDepdiknas, 2003, Standar Kompetensi Anak usia dini, Jakarta: Depdiknas. Universitas terbuka
Santrock, 2008, Life Span Development 1, Jakarta: Erlangga.
Dhieni, dkk, 2008, Metode Pengembangan bahasa, Jakarta.
Otto, Baverly. 2010. Language Development In Early Childhood Education.third Edition. Merill Prentice Hill. Ohio
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar bahasa, pentingnya stimulasi pembelajaran bahasa untuk anak usia dini, tugas perkembangan bahasa dan fisik motorik anak usia dini, karakateristik kecerdasan linguistik. Tahapan perkembangan bahasa, bentuk bentuk bahasa yang dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini meliputi menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak usia dini. Mengkaji Merancang kegiatan bermain dan alat permainan untuk mengembangkan kemampuan bahasa, membuat rencana pembelajAran simulasi pembelajaran dan membuat evaluasi pembelajaran
Learning OutcomesMengembangkan program kegiatan bermain AUD
ReferencesDepdiknas, 2003, Standar Kompetensi Anak usia dini, Jakarta: Depdiknas. Universitas terbuka
Santrock, 2008, Life Span Development 1, Jakarta: Erlangga.
Dhieni, dkk, 2008, Metode Pengembangan bahasa, Jakarta.
Otto, Baverly. 2010. Language Development In Early Childhood Education.third Edition. Merill Prentice Hill. Ohio
Details ...