Konsep Dasar Bahasa dan sastra Indonesia, Curriculum : 2020


Courser in EnglishBASIC CONCEPTS OF INDONESIAN LANGUAGE AND LITERATURE
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS19 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang berbagai teori bahasa. Perkuliahan diawali dengan membahas berbagai cabang ilmu bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, semantic, wacana). Topik berikutnya adalah sastra secara umum dan sastra anak secara khusus.

Setelah mahasiswa memahami berbagai teori, mahasiswa diajak menciptakan karya sastra anak. Pada akhirnya Luaran dari mata kuliah ini adalah makalah teori berbahasa, karya sastra (puisi anak, cerpen, drama).

Learning Outcomes

a

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

 

 

Sikap (S)

S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam

Pengetahuan (P)

P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;

P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

P10: Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;

Ketrampilan Umum (KU)

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni;

Ketrampilan Khusus (KK)

KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;

KK7: Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

b

CPMK

 

Setelah menempuh mata kuliah Strategi Pembelajaran Matematika, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK1

Menganalisis konsep berbahasa yang baik dan benar dengan penuh tanggungjawab dan mandiri (S9, P5, KU5, KK6)

CPMK2

Menguasai konsep fonologi dan mempraktekkannya dengan penuh tanggungjawab (S9, P6, KU5, KK7)

CPMK3

Menguasai konsep morfologi dan mempraktekkannya dengan penuh tanggungjawab (S9, P6, KU5, KK7)

CPMK4

Menguasai konsep sintaksis dan mempraktekkannya dengan penuh tanggungjawab (S9, P6, KU5, KK7)

CPMK5

Menguasai konsep semantik dan mempraktekkannya dengan penuh tanggungjawab (S9, P6, KU5, KK7)

CPMK6

Menguasai konsep wacana dan mempraktekkannya dengan penuh tanggungjawab (S9, P6, KU5, KK7)

CPMK7

Mengidentifikasi konsep sastra dan sastra anak dengan menunjukkan sikap keteladanan (S11, P10, KU10, KK7)

 

 

 

 

References

Utama

 

Untari, Mei Fita Asri. Budiman, Muhammad Arief. Listyarini, Ikha. Putri, Anggun Dwi Setya. 2019. KOnsep Dasar Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRISPress

Pendukung

 

1. Aminuddin. (2003). Semantik Pengantar tentang Makna. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
2. Cook S.J. & Wlter A (1971). Introduction to Tagmemic Analysis. London New York: Toronto
3. Depdikbud (1992). Tata Bahasa Buku Bahasa Indonesia. Balai Pustaka
4. Marsono. (1999). Fonetik. Yasbit: Gajah Mada University Press.
5. Jakob Sumardjo & Saini. KM. (1991). Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.
6. Parera. JD. (2004). Teori Semantik. Jakarta: Erlangga
7. Ramlan. (1983) Morfologi Suatu Tinjauan Deskreptif. Yogyakarta: CV Karyono.
8. Tarigan HG. (1993). Prinsip – Prinsip Sintaksis. Bandung: Angkasa
9. Yuwono & Tata Iryanto. (1987). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Surabaya: Indah
10. Zainudin. (1992). Materi Pokok Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang berbagai teori bahasa. Perkuliahan diawali dengan membahas berbagai cabang ilmu bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, semantic, wacana). Topik berikutnya adalah sastra secara umum dan sastra anak secara khusus.

Setelah mahasiswa memahami berbagai teori, mahasiswa diajak menciptakan karya sastra anak. Pada akhirnya Luaran dari mata kuliah ini adalah makalah teori berbahasa, karya sastra (puisi anak, cerpen, drama).

Learning Outcomes

a

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

 

 

Sikap (S)

S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam

Pengetahuan (P)

P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;

P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

P10: Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;

Ketrampilan Umum (KU)

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni;

Ketrampilan Khusus (KK)

KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;

KK7: Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

b

CPMK

 

Setelah menempuh mata kuliah Strategi Pembelajaran Matematika, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK1

Menganalisis konsep berbahasa yang baik dan benar dengan penuh tanggungjawab dan mandiri (S9, P5, KU5, KK6)

CPMK2

Menguasai konsep fonologi dan mempraktekkannya dengan penuh tanggungjawab (S9, P6, KU5, KK7)

CPMK3

Menguasai konsep morfologi dan mempraktekkannya dengan penuh tanggungjawab (S9, P6, KU5, KK7)

CPMK4

Menguasai konsep sintaksis dan mempraktekkannya dengan penuh tanggungjawab (S9, P6, KU5, KK7)

CPMK5

Menguasai konsep semantik dan mempraktekkannya dengan penuh tanggungjawab (S9, P6, KU5, KK7)

CPMK6

Menguasai konsep wacana dan mempraktekkannya dengan penuh tanggungjawab (S9, P6, KU5, KK7)

CPMK7

Mengidentifikasi konsep sastra dan sastra anak dengan menunjukkan sikap keteladanan (S11, P10, KU10, KK7)

 

 

 

 

References

Utama

 

Untari, Mei Fita Asri. Budiman, Muhammad Arief. Listyarini, Ikha. Putri, Anggun Dwi Setya. 2019. KOnsep Dasar Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRISPress

Pendukung

 

1. Aminuddin. (2003). Semantik Pengantar tentang Makna. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
2. Cook S.J. & Wlter A (1971). Introduction to Tagmemic Analysis. London New York: Toronto
3. Depdikbud (1992). Tata Bahasa Buku Bahasa Indonesia. Balai Pustaka
4. Marsono. (1999). Fonetik. Yasbit: Gajah Mada University Press.
5. Jakob Sumardjo & Saini. KM. (1991). Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.
6. Parera. JD. (2004). Teori Semantik. Jakarta: Erlangga
7. Ramlan. (1983) Morfologi Suatu Tinjauan Deskreptif. Yogyakarta: CV Karyono.
8. Tarigan HG. (1993). Prinsip – Prinsip Sintaksis. Bandung: Angkasa
9. Yuwono & Tata Iryanto. (1987). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Surabaya: Indah
10. Zainudin. (1992). Materi Pokok Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD merupakan mata kuliah program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mengkaji tentang berbagai teori bahasa. Perkuliahan diawali dengan membahas berbagai cabang ilmu bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, semantic, wacana). Topik berikutnya adalah sastra secara umum dan sastra anak secara khusus.

Setelah mahasiswa memahami berbagai teori, mahasiswa diajak menciptakan karya sastra anak. Pada akhirnya Luaran dari mata kuliah ini adalah makalah teori berbahasa, karya sastra (puisi anak, cerpen, drama).

Learning Outcomes

a

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

 

 

 

Sikap (S)

S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

S11: Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam

Pengetahuan (P)

P5: Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;

P6: Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.

P10: Menguasai prosedur penelitian untuk memecahkan permasalahan dan mengembangkan pembelajaran secara inter dan multi–disiplin setingkat sekolah dasar baik formal maupun nonformal, mengembangkan karya inovatif, serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara nasional dan/atau internasional;

Ketrampilan Umum (KU)

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam  konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU10: Mampu menjadi teladan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS. terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan pegiat olahraga dan seni;

Ketrampilan Khusus (KK)

KK6: Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;

KK7: Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;

b

CPMK

 

Setelah menempuh mata kuliah Strategi Pembelajaran Matematika, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK1

Menganalisis konsep berbahasa yang baik dan benar dengan penuh tanggungjawab dan mandiri (S9, P5, KU5, KK6)

CPMK2

Menguasai konsep fonologi dan mempraktekkannya dengan penuh tanggungjawab (S9, P6, KU5, KK7)

CPMK3

Menguasai konsep morfologi dan mempraktekkannya dengan penuh tanggungjawab (S9, P6, KU5, KK7)

CPMK4

Menguasai konsep sintaksis dan mempraktekkannya dengan penuh tanggungjawab (S9, P6, KU5, KK7)

CPMK5

Menguasai konsep semantik dan mempraktekkannya dengan penuh tanggungjawab (S9, P6, KU5, KK7)

CPMK6

Menguasai konsep wacana dan mempraktekkannya dengan penuh tanggungjawab (S9, P6, KU5, KK7)

CPMK7

Mengidentifikasi konsep sastra dan sastra anak dengan menunjukkan sikap keteladanan (S11, P10, KU10, KK7)

 

 

 

 

References

Utama

 

Untari, Mei Fita Asri. Budiman, Muhammad Arief. Listyarini, Ikha. Putri, Anggun Dwi Setya. 2019. KOnsep Dasar Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: UPGRISPress

Pendukung

 

1. Aminuddin. (2003). Semantik Pengantar tentang Makna. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
2. Cook S.J. & Wlter A (1971). Introduction to Tagmemic Analysis. London New York: Toronto
3. Depdikbud (1992). Tata Bahasa Buku Bahasa Indonesia. Balai Pustaka
4. Marsono. (1999). Fonetik. Yasbit: Gajah Mada University Press.
5. Jakob Sumardjo & Saini. KM. (1991). Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.
6. Parera. JD. (2004). Teori Semantik. Jakarta: Erlangga
7. Ramlan. (1983) Morfologi Suatu Tinjauan Deskreptif. Yogyakarta: CV Karyono.
8. Tarigan HG. (1993). Prinsip – Prinsip Sintaksis. Bandung: Angkasa
9. Yuwono & Tata Iryanto. (1987). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Surabaya: Indah
10. Zainudin. (1992). Materi Pokok Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

 


Details ...