Psikolinguistik, Curriculum : 2015


Courser in EnglishPsycholinguistics
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS23 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Penguasaan tentang bahasa yang mencerminkan gejala jiwa, alat pemerolehan bahasa, sistem bahasa, bahasa dan penalaran, bahasa dan ingatan bahasa dan pikiran serta bahasa dan pandangan keduniaan Indonesia dalam masyarakat multilingual.

Learning Outcomes

Setelah perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat mendeskripsikan  proses mental yang dialami manusia dalam menghasilkan dan memahami bahasa. Pemahaman bagaimana pemeroleh bahasa, baik bahasa pertama maupun bahasa kedua atau bahasa asing. 

References

  1. Dahar, Ratna Wilis 1988. Teori-teori Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  2. Dardjowidjojo, Soenjono 2003. Psiko-Linguistik. Jakarta: Unika Atma Jaya; Yayasan Obor Indonesia,
  3. Hamied, Fuad Abdul. 1987: Proses Belajar Mengajar Bahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan, Direktorat Pendidikan Tinggi,
  4. Lyons, J., 1981. Language dan Linguistics. Cambridge.
  5. Pateda, M., 1990. Aspek-aspek Psikolinguistik.  Nusa Indah: Flores.
  6. Simanjuntak. M. 1990. Teori Linguistik Chomsky dan Teori Neurolinguistik. Gaya Media Pratama.
  7. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rieneka Cipta

  8. Marat, Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung: Refika Aditama

  9. Simin, Azhar M.1990. Psikolinguistik: Bahasa Akal Budi dan Dunia. Kuala Lumpur: Azwa Niaga

  10. Yulianto,, Bambang. 2008. Pengantar Teori Belajar Bahasa. Surabaya: Unesa University Press

  11. Slobin, D.I. 1979. Psykolinguistics.
  12. Soenjono Ed. 1991. Peliba 4. Kanisius.
  13. Steinberg. D.D. 1984.
  14. Utari, Sri. S.N. 1984. Psikolinguistik. Jakarta: Depdikbud 


Details ...
Course Descriptions

Penguasaan tentang bahasa yang mencerminkan gejala jiwa, alat pemerolehan bahasa, sistem bahasa, bahasa dan penalaran, bahasa dan ingatan bahasa dan pikiran serta bahasa dan pandangan keduniaan Indonesia dalam masyarakat multilingual.

Learning Outcomes

Setelah perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat mendeskripsikan  proses mental yang dialami manusia dalam menghasilkan dan memahami bahasa. Pemahaman bagaimana pemeroleh bahasa, baik bahasa pertama maupun bahasa kedua atau bahasa asing. 

References

  1. Dahar, Ratna Wilis 1988. Teori-teori Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  2. Dardjowidjojo, Soenjono 2003. Psiko-Linguistik. Jakarta: Unika Atma Jaya; Yayasan Obor Indonesia,
  3. Hamied, Fuad Abdul. 1987: Proses Belajar Mengajar Bahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan, Direktorat Pendidikan Tinggi,
  4. Lyons, J., 1981. Language dan Linguistics. Cambridge.
  5. Pateda, M., 1990. Aspek-aspek Psikolinguistik.  Nusa Indah: Flores.
  6. Simanjuntak. M. 1990. Teori Linguistik Chomsky dan Teori Neurolinguistik. Gaya Media Pratama.
  7. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rieneka Cipta

  8. Marat, Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung: Refika Aditama

  9. Simin, Azhar M.1990. Psikolinguistik: Bahasa Akal Budi dan Dunia. Kuala Lumpur: Azwa Niaga

  10. Yulianto,, Bambang. 2008. Pengantar Teori Belajar Bahasa. Surabaya: Unesa University Press

  11. Slobin, D.I. 1979. Psykolinguistics.
  12. Soenjono Ed. 1991. Peliba 4. Kanisius.
  13. Steinberg. D.D. 1984.
  14. Utari, Sri. S.N. 1984. Psikolinguistik. Jakarta: Depdikbud 


Details ...
Course Descriptions

Penguasaan tentang bahasa yang mencerminkan gejala jiwa, alat pemerolehan bahasa, sistem bahasa, bahasa dan penalaran, bahasa dan ingatan bahasa dan pikiran serta bahasa dan pandangan keduniaan Indonesia dalam masyarakat multilingual.

Learning Outcomes

Setelah perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat mendeskripsikan  proses mental yang dialami manusia dalam menghasilkan dan memahami bahasa. Pemahaman bagaimana pemeroleh bahasa, baik bahasa pertama maupun bahasa kedua atau bahasa asing. 

References

  1. Dahar, Ratna Wilis 1988. Teori-teori Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  2. Dardjowidjojo, Soenjono 2003. Psiko-Linguistik. Jakarta: Unika Atma Jaya; Yayasan Obor Indonesia,
  3. Hamied, Fuad Abdul. 1987: Proses Belajar Mengajar Bahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan, Direktorat Pendidikan Tinggi,
  4. Lyons, J., 1981. Language dan Linguistics. Cambridge.
  5. Pateda, M., 1990. Aspek-aspek Psikolinguistik.  Nusa Indah: Flores.
  6. Simanjuntak. M. 1990. Teori Linguistik Chomsky dan Teori Neurolinguistik. Gaya Media Pratama.
  7. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rieneka Cipta

  8. Marat, Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung: Refika Aditama

  9. Simin, Azhar M.1990. Psikolinguistik: Bahasa Akal Budi dan Dunia. Kuala Lumpur: Azwa Niaga

  10. Yulianto,, Bambang. 2008. Pengantar Teori Belajar Bahasa. Surabaya: Unesa University Press

  11. Slobin, D.I. 1979. Psykolinguistics.
  12. Soenjono Ed. 1991. Peliba 4. Kanisius.
  13. Steinberg. D.D. 1984.
  14. Utari, Sri. S.N. 1984. Psikolinguistik. Jakarta: Depdikbud 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.

Learning Outcomes

1. Sikap dan Tata Nilai

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari psikolinguistik.

2. Keterampilan Umum

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi psikolinguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora

3. Penguasaan Pengetahuan

Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan psikologi.

4. Keterampilan Khusus

Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan psikolinguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan hal-hal yang berkaitan dengan psikologi bahasa.

References

1. Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

2. Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional: Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.

3. Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.

4. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.

5. Steinberg, Danny. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.

6. Mattew dan Traxler. 2013. Introducing Psycholinguistics. New York: Cambridge University Press.

7.  Warren, Paul. 2012. Introduction to Psycholinguistics (Understanding Language Science). Oxford: Blackman Publishing.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.

Learning Outcomes

1. Sikap dan Tata Nilai

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari psikolinguistik.

2. Keterampilan Umum

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi psikolinguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora

3. Penguasaan Pengetahuan

Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan psikologi.

4. Keterampilan Khusus

Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan psikolinguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan hal-hal yang berkaitan dengan psikologi bahasa.

References

1. Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

2. Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional: Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.

3. Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.

4. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.

5. Steinberg, Danny. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.

6. Mattew dan Traxler. 2013. Introducing Psycholinguistics. New York: Cambridge University Press.

7.  Warren, Paul. 2012. Introduction to Psycholinguistics (Understanding Language Science). Oxford: Blackman Publishing.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.

Learning Outcomes

1. Sikap dan Tata Nilai

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari psikolinguistik.

2. Keterampilan Umum

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi psikolinguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora

3. Penguasaan Pengetahuan

Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan psikologi.

4. Keterampilan Khusus

Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan psikolinguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan hal-hal yang berkaitan dengan psikologi bahasa.

References

1. Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

2. Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional: Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.

3. Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.

4. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.

5. Steinberg, Danny. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.

6. Mattew dan Traxler. 2013. Introducing Psycholinguistics. New York: Cambridge University Press.

7.  Warren, Paul. 2012. Introduction to Psycholinguistics (Understanding Language Science). Oxford: Blackman Publishing.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikap dan Tata Nilai

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari psikolinguistik.

 

  1. Keterampilan Umum

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi psikolinguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora

 

  1. Penguasaan Pengetahuan

Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan psikologi.

 

  1. Keterampilan Khusus

Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan psikolinguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan hal-hal yang berkaitan dengan psikologi bahasa.

References

1. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.

2. Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

3. Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.

4. Steinberg, Danny. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.

5. Mattew dan Traxler. 2013. Introducing Psycholinguistics. New York: Cambridge University Press.

6.  Warren, Paul. 2012. Introduction to Psycholinguistics (Understanding Language Science). Oxford: Blackman Publishing.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikap dan Tata Nilai

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari psikolinguistik.

 

  1. Keterampilan Umum

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi psikolinguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora

 

  1. Penguasaan Pengetahuan

Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan psikologi.

 

  1. Keterampilan Khusus

Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan psikolinguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan hal-hal yang berkaitan dengan psikologi bahasa.

References

1. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.

2. Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

3. Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.

4. Steinberg, Danny. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.

5. Mattew dan Traxler. 2013. Introducing Psycholinguistics. New York: Cambridge University Press.

6.  Warren, Paul. 2012. Introduction to Psycholinguistics (Understanding Language Science). Oxford: Blackman Publishing.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikap dan Tata Nilai

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari psikolinguistik.

 

  1. Keterampilan Umum

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi psikolinguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora

 

  1. Penguasaan Pengetahuan

Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan psikologi.

 

  1. Keterampilan Khusus

Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan psikolinguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan hal-hal yang berkaitan dengan psikologi bahasa.

References

1. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.

2. Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

3. Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.

4. Steinberg, Danny. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.

5. Mattew dan Traxler. 2013. Introducing Psycholinguistics. New York: Cambridge University Press.

6.  Warren, Paul. 2012. Introduction to Psycholinguistics (Understanding Language Science). Oxford: Blackman Publishing.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman tentang kajian psikolinguistik, aspek neurologi bahasa, pemerolehan bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.

Learning Outcomes

- Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang psikolinguistik secara mandiri.
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang psikolinguistik berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Terampil berbahasa dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
- Menguasai konsep=konsep dasar piskolinguistik dan pengertian psikolinguistik bahasa Indonesia.

References

Buku-buku Psikolinguistik.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman tentang kajian psikolinguistik, aspek neurologi bahasa, pemerolehan bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.

Learning Outcomes

- Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang psikolinguistik secara mandiri.
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang psikolinguistik berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Terampil berbahasa dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
- Menguasai konsep=konsep dasar piskolinguistik dan pengertian psikolinguistik bahasa Indonesia.

References

Buku-buku Psikolinguistik.

 


Details ...