Courser in English | Psycholinguistics |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 23 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Penguasaan tentang bahasa yang mencerminkan gejala jiwa, alat pemerolehan bahasa, sistem bahasa, bahasa dan penalaran, bahasa dan ingatan bahasa dan pikiran serta bahasa dan pandangan keduniaan Indonesia dalam masyarakat multilingual.
Learning OutcomesSetelah perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat mendeskripsikan proses mental yang dialami manusia dalam menghasilkan dan memahami bahasa. Pemahaman bagaimana pemeroleh bahasa, baik bahasa pertama maupun bahasa kedua atau bahasa asing.
References- Dahar, Ratna Wilis 1988. Teori-teori Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
- Dardjowidjojo, Soenjono 2003. Psiko-Linguistik. Jakarta: Unika Atma Jaya; Yayasan Obor Indonesia,
- Hamied, Fuad Abdul. 1987: Proses Belajar Mengajar Bahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan, Direktorat Pendidikan Tinggi,
- Lyons, J., 1981. Language dan Linguistics. Cambridge.
- Pateda, M., 1990. Aspek-aspek Psikolinguistik. Nusa Indah: Flores.
- Simanjuntak. M. 1990. Teori Linguistik Chomsky dan Teori Neurolinguistik. Gaya Media Pratama.
-
Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rieneka Cipta
-
Marat, Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung: Refika Aditama
-
Simin, Azhar M.1990. Psikolinguistik: Bahasa Akal Budi dan Dunia. Kuala Lumpur: Azwa Niaga
-
Yulianto,, Bambang. 2008. Pengantar Teori Belajar Bahasa. Surabaya: Unesa University Press
- Slobin, D.I. 1979. Psykolinguistics.
- Soenjono Ed. 1991. Peliba 4. Kanisius.
- Steinberg. D.D. 1984.
- Utari, Sri. S.N. 1984. Psikolinguistik. Jakarta: Depdikbud
Details ...
Penguasaan tentang bahasa yang mencerminkan gejala jiwa, alat pemerolehan bahasa, sistem bahasa, bahasa dan penalaran, bahasa dan ingatan bahasa dan pikiran serta bahasa dan pandangan keduniaan Indonesia dalam masyarakat multilingual.
Learning OutcomesSetelah perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat mendeskripsikan proses mental yang dialami manusia dalam menghasilkan dan memahami bahasa. Pemahaman bagaimana pemeroleh bahasa, baik bahasa pertama maupun bahasa kedua atau bahasa asing.
References- Dahar, Ratna Wilis 1988. Teori-teori Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
- Dardjowidjojo, Soenjono 2003. Psiko-Linguistik. Jakarta: Unika Atma Jaya; Yayasan Obor Indonesia,
- Hamied, Fuad Abdul. 1987: Proses Belajar Mengajar Bahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan, Direktorat Pendidikan Tinggi,
- Lyons, J., 1981. Language dan Linguistics. Cambridge.
- Pateda, M., 1990. Aspek-aspek Psikolinguistik. Nusa Indah: Flores.
- Simanjuntak. M. 1990. Teori Linguistik Chomsky dan Teori Neurolinguistik. Gaya Media Pratama.
-
Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rieneka Cipta
-
Marat, Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung: Refika Aditama
-
Simin, Azhar M.1990. Psikolinguistik: Bahasa Akal Budi dan Dunia. Kuala Lumpur: Azwa Niaga
-
Yulianto,, Bambang. 2008. Pengantar Teori Belajar Bahasa. Surabaya: Unesa University Press
- Slobin, D.I. 1979. Psykolinguistics.
- Soenjono Ed. 1991. Peliba 4. Kanisius.
- Steinberg. D.D. 1984.
- Utari, Sri. S.N. 1984. Psikolinguistik. Jakarta: Depdikbud
Details ...
Penguasaan tentang bahasa yang mencerminkan gejala jiwa, alat pemerolehan bahasa, sistem bahasa, bahasa dan penalaran, bahasa dan ingatan bahasa dan pikiran serta bahasa dan pandangan keduniaan Indonesia dalam masyarakat multilingual.
Learning OutcomesSetelah perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat mendeskripsikan proses mental yang dialami manusia dalam menghasilkan dan memahami bahasa. Pemahaman bagaimana pemeroleh bahasa, baik bahasa pertama maupun bahasa kedua atau bahasa asing.
References- Dahar, Ratna Wilis 1988. Teori-teori Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
- Dardjowidjojo, Soenjono 2003. Psiko-Linguistik. Jakarta: Unika Atma Jaya; Yayasan Obor Indonesia,
- Hamied, Fuad Abdul. 1987: Proses Belajar Mengajar Bahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan, Direktorat Pendidikan Tinggi,
- Lyons, J., 1981. Language dan Linguistics. Cambridge.
- Pateda, M., 1990. Aspek-aspek Psikolinguistik. Nusa Indah: Flores.
- Simanjuntak. M. 1990. Teori Linguistik Chomsky dan Teori Neurolinguistik. Gaya Media Pratama.
-
Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rieneka Cipta
-
Marat, Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung: Refika Aditama
-
Simin, Azhar M.1990. Psikolinguistik: Bahasa Akal Budi dan Dunia. Kuala Lumpur: Azwa Niaga
-
Yulianto,, Bambang. 2008. Pengantar Teori Belajar Bahasa. Surabaya: Unesa University Press
- Slobin, D.I. 1979. Psykolinguistics.
- Soenjono Ed. 1991. Peliba 4. Kanisius.
- Steinberg. D.D. 1984.
- Utari, Sri. S.N. 1984. Psikolinguistik. Jakarta: Depdikbud
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari psikolinguistik.
2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi psikolinguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan psikologi.
4. Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan psikolinguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan hal-hal yang berkaitan dengan psikologi bahasa.
References1. Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
2. Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional: Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.
3. Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.
4. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.
5. Steinberg, Danny. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.
6. Mattew dan Traxler. 2013. Introducing Psycholinguistics. New York: Cambridge University Press.
7. Warren, Paul. 2012. Introduction to Psycholinguistics (Understanding Language Science). Oxford: Blackman Publishing.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari psikolinguistik.
2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi psikolinguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan psikologi.
4. Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan psikolinguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan hal-hal yang berkaitan dengan psikologi bahasa.
References1. Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
2. Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional: Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.
3. Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.
4. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.
5. Steinberg, Danny. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.
6. Mattew dan Traxler. 2013. Introducing Psycholinguistics. New York: Cambridge University Press.
7. Warren, Paul. 2012. Introduction to Psycholinguistics (Understanding Language Science). Oxford: Blackman Publishing.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari psikolinguistik.
2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi psikolinguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan psikologi.
4. Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan psikolinguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan hal-hal yang berkaitan dengan psikologi bahasa.
References1. Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
2. Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional: Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.
3. Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.
4. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.
5. Steinberg, Danny. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.
6. Mattew dan Traxler. 2013. Introducing Psycholinguistics. New York: Cambridge University Press.
7. Warren, Paul. 2012. Introduction to Psycholinguistics (Understanding Language Science). Oxford: Blackman Publishing.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.
Learning OutcomesCAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:
- Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari psikolinguistik.
- Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi psikolinguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
- Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan psikologi.
- Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan psikolinguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan hal-hal yang berkaitan dengan psikologi bahasa.
References1. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.
2. Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
3. Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.
4. Steinberg, Danny. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.
5. Mattew dan Traxler. 2013. Introducing Psycholinguistics. New York: Cambridge University Press.
6. Warren, Paul. 2012. Introduction to Psycholinguistics (Understanding Language Science). Oxford: Blackman Publishing.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.
Learning OutcomesCAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:
- Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari psikolinguistik.
- Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi psikolinguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
- Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan psikologi.
- Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan psikolinguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan hal-hal yang berkaitan dengan psikologi bahasa.
References1. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.
2. Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
3. Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.
4. Steinberg, Danny. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.
5. Mattew dan Traxler. 2013. Introducing Psycholinguistics. New York: Cambridge University Press.
6. Warren, Paul. 2012. Introduction to Psycholinguistics (Understanding Language Science). Oxford: Blackman Publishing.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.
Learning OutcomesCAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:
- Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari psikolinguistik.
- Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi psikolinguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
- Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan psikologi.
- Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan psikolinguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan hal-hal yang berkaitan dengan psikologi bahasa.
References1. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.
2. Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
3. Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.
4. Steinberg, Danny. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.
5. Mattew dan Traxler. 2013. Introducing Psycholinguistics. New York: Cambridge University Press.
6. Warren, Paul. 2012. Introduction to Psycholinguistics (Understanding Language Science). Oxford: Blackman Publishing.
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman tentang kajian psikolinguistik, aspek neurologi bahasa, pemerolehan bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.
Learning Outcomes- Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang psikolinguistik secara mandiri.
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang psikolinguistik berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Terampil berbahasa dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
- Menguasai konsep=konsep dasar piskolinguistik dan pengertian psikolinguistik bahasa Indonesia.
Buku-buku Psikolinguistik.
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman tentang kajian psikolinguistik, aspek neurologi bahasa, pemerolehan bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.
Learning Outcomes- Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang psikolinguistik secara mandiri.
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang psikolinguistik berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Terampil berbahasa dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis.
- Menguasai konsep=konsep dasar piskolinguistik dan pengertian psikolinguistik bahasa Indonesia.
Buku-buku Psikolinguistik.
Details ...