Courser in English | Psycholinguistics |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 23 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pengertian dan kedudukan psikolinguistik dalam kajian bahasa, sejarah perkembangan, objek, dan cakupan bidang kajian psikolinguistik, pemrosesan bahasa (model Garman dan Chomsky), pemerolehan bahasa pertama, perkembangan bahasa: bidang Fonologi, Leksikon, Semantik, Sintaksis, dan Pragmatik, bahasa dan otak: struktur dan fungsi serta perkembangannya pada otak laki-laki dan perempuan, memori, pikiran, dan bahasa, gangguan berbahasa, kesalahan berbahasa, teori pembelajaran bahasa (Psikolinguistik Edukasional), dan permasalahan dalam pembelajaran bahasa
Learning Outcomes
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
CPMK1 |
Menelaah hakikat pengertian dan kedudukan Psikolinguistik dalam kajian bahasa, sejarah perkembangan, objek, dan cakupan bidang kajian Psikolinguistik dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (KU1, P1, S1, S8) |
CPMK2 |
Menganalisis pemrosesan bahasa (Model Garman dan Chomsky), bahasa dan otak: struktur dan fungsi, perkembangan otak laki-laki dan perempuan, serta memori, pikiran, dan bahasa dengan penuh tanggung jawab (KU1, KU8, P1, S1, S5, S9) |
CPMK3 |
Menganalisis pemerolehan bahasa pertama dan membandingkan teori dengan situasi nyata serta perkembangannya pada bidang Fonologi, Leksikon, Semantik, Sintaksis dan Pragmatik dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU4, KU5, KU6, P1, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S6) |
CPMK4 |
Menelaah gangguan dan kesalahan berbahasa serta menganalisis kasus-kasus tersebut dalam kehidupan nyata dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU2, KU4, KU5, KU6, P1, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S5, S6) |
CPMK5 |
Menelaah teori pembelajaran bahasa dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dan menganalisis permasalahannya dalam pembelajaran bahasa sesuai situasi nyata dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU2, KU5, KU6, P1, P2, P4 KK1, KK3, KK5, KK7, S1, S5, S6, S8) |
- Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
- Dardjowidjojo, Soenjono. 2000. Echa: Kisah Pemerolehan Bahasa Anak. Edisi Pertama. Jakarta: Grasindo.
- Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional: Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.
- Samsunuwiyati. 2009. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Jakarta: Rineka Cipta.
- Ahmadi, Anas dan Jauhar. 2015. Dasar-dasar Psikolinguistik. Jakarta: Prestasi Pustaka karya
- Indriati, Etty. 2011. Kesulitan Bicara Dan Berbahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Media Group
- Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.
- Tarigan, Henry Guntur. 1986. Psikolinguistik. Bandung:Angkasa.
- Santrock, Jhon W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
- Steinberg, Danny & Sciarini. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.
- Gass, Susan & Selinker. 2008. Second Language Acquisition: an Introductory Course. New York: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
- Sedivy, Julie. 2020. Language in Mind. New York: Oxford University Press.
- Cowles, Wind. 2011. Psycholinguistics 101. New York: Springer.
- Traxler, Mattew & Gernsbacher (Ed). 2006. Handbook Of Psycholinguistics. London: Elsevier Inc.
Sumber lainnya.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pengertian dan kedudukan psikolinguistik dalam kajian bahasa, sejarah perkembangan, objek, dan cakupan bidang kajian psikolinguistik, pemrosesan bahasa (model Garman dan Chomsky), pemerolehan bahasa pertama, perkembangan bahasa: bidang Fonologi, Leksikon, Semantik, Sintaksis, dan Pragmatik, bahasa dan otak: struktur dan fungsi serta perkembangannya pada otak laki-laki dan perempuan, memori, pikiran, dan bahasa, gangguan berbahasa, kesalahan berbahasa, teori pembelajaran bahasa (Psikolinguistik Edukasional), dan permasalahan dalam pembelajaran bahasa
Learning Outcomes
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
CPMK1 |
Menelaah hakikat pengertian dan kedudukan Psikolinguistik dalam kajian bahasa, sejarah perkembangan, objek, dan cakupan bidang kajian Psikolinguistik dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (KU1, P1, S1, S8) |
CPMK2 |
Menganalisis pemrosesan bahasa (Model Garman dan Chomsky), bahasa dan otak: struktur dan fungsi, perkembangan otak laki-laki dan perempuan, serta memori, pikiran, dan bahasa dengan penuh tanggung jawab (KU1, KU8, P1, S1, S5, S9) |
CPMK3 |
Menganalisis pemerolehan bahasa pertama dan membandingkan teori dengan situasi nyata serta perkembangannya pada bidang Fonologi, Leksikon, Semantik, Sintaksis dan Pragmatik dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU4, KU5, KU6, P1, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S6) |
CPMK4 |
Menelaah gangguan dan kesalahan berbahasa serta menganalisis kasus-kasus tersebut dalam kehidupan nyata dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU2, KU4, KU5, KU6, P1, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S5, S6) |
CPMK5 |
Menelaah teori pembelajaran bahasa dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dan menganalisis permasalahannya dalam pembelajaran bahasa sesuai situasi nyata dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU2, KU5, KU6, P1, P2, P4 KK1, KK3, KK5, KK7, S1, S5, S6, S8) |
- Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
- Dardjowidjojo, Soenjono. 2000. Echa: Kisah Pemerolehan Bahasa Anak. Edisi Pertama. Jakarta: Grasindo.
- Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional: Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.
- Samsunuwiyati. 2009. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Jakarta: Rineka Cipta.
- Ahmadi, Anas dan Jauhar. 2015. Dasar-dasar Psikolinguistik. Jakarta: Prestasi Pustaka karya
- Indriati, Etty. 2011. Kesulitan Bicara Dan Berbahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Media Group
- Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.
- Tarigan, Henry Guntur. 1986. Psikolinguistik. Bandung:Angkasa.
- Santrock, Jhon W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
- Steinberg, Danny & Sciarini. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.
- Gass, Susan & Selinker. 2008. Second Language Acquisition: an Introductory Course. New York: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
- Sedivy, Julie. 2020. Language in Mind. New York: Oxford University Press.
- Cowles, Wind. 2011. Psycholinguistics 101. New York: Springer.
- Traxler, Mattew & Gernsbacher (Ed). 2006. Handbook Of Psycholinguistics. London: Elsevier Inc.
Sumber lainnya.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari psikolinguistik.
2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi psikolinguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan psikologi.
4. Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan psikolinguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan hal-hal yang berkaitan dengan psikologi bahasa.
ReferencesDardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
2. Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional: Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.
3. Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.
4. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.
5. Steinberg, Danny. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.
6. Mattew dan Traxler. 2013. Introducing Psycholinguistics. New York: Cambridge University Press.
7. Warren, Paul. 2012. Introduction to Psycholinguistics (Understanding Language Science). Oxford: Blackman Publishing.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari psikolinguistik.
2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi psikolinguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan psikologi.
4. Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan psikolinguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan hal-hal yang berkaitan dengan psikologi bahasa.
ReferencesDardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
2. Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional: Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.
3. Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.
4. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.
5. Steinberg, Danny. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.
6. Mattew dan Traxler. 2013. Introducing Psycholinguistics. New York: Cambridge University Press.
7. Warren, Paul. 2012. Introduction to Psycholinguistics (Understanding Language Science). Oxford: Blackman Publishing.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari psikolinguistik.
2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi psikolinguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan psikologi.
4. Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan psikolinguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan hal-hal yang berkaitan dengan psikologi bahasa.
ReferencesDardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
2. Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional: Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.
3. Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.
4. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.
5. Steinberg, Danny. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.
6. Mattew dan Traxler. 2013. Introducing Psycholinguistics. New York: Cambridge University Press.
7. Warren, Paul. 2012. Introduction to Psycholinguistics (Understanding Language Science). Oxford: Blackman Publishing.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari psikolinguistik.
2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi psikolinguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan psikologi.
4. Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan psikolinguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan hal-hal yang berkaitan dengan psikologi bahasa.
ReferencesDardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
2. Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional: Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.
3. Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.
4. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.
5. Steinberg, Danny. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.
6. Mattew dan Traxler. 2013. Introducing Psycholinguistics. New York: Cambridge University Press.
7. Warren, Paul. 2012. Introduction to Psycholinguistics (Understanding Language Science). Oxford: Blackman Publishing.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari psikolinguistik.
2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi psikolinguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan psikologi.
4. Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan psikolinguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan hal-hal yang berkaitan dengan psikologi bahasa.
ReferencesDardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
2. Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional: Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.
3. Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.
4. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.
5. Steinberg, Danny. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.
6. Mattew dan Traxler. 2013. Introducing Psycholinguistics. New York: Cambridge University Press.
7. Warren, Paul. 2012. Introduction to Psycholinguistics (Understanding Language Science). Oxford: Blackman Publishing.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari psikolinguistik.
2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi psikolinguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan psikologi.
4. Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan psikolinguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan hal-hal yang berkaitan dengan psikologi bahasa.
ReferencesDardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
2. Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional: Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.
3. Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.
4. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.
5. Steinberg, Danny. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.
6. Mattew dan Traxler. 2013. Introducing Psycholinguistics. New York: Cambridge University Press.
7. Warren, Paul. 2012. Introduction to Psycholinguistics (Understanding Language Science). Oxford: Blackman Publishing.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari psikolinguistik.
2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi psikolinguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan psikologi.
4. Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan psikolinguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan hal-hal yang berkaitan dengan psikologi bahasa.
References1. Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
2. Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional: Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.
3. Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.
4. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.
5. Steinberg, Danny. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.
6. Mattew dan Traxler. 2013. Introducing Psycholinguistics. New York: Cambridge University Press.
7. Warren, Paul. 2012. Introduction to Psycholinguistics (Understanding Language Science). Oxford: Blackman Publishing.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari psikolinguistik.
2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi psikolinguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan psikologi.
4. Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan psikolinguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan hal-hal yang berkaitan dengan psikologi bahasa.
References1. Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
2. Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional: Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.
3. Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.
4. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.
5. Steinberg, Danny. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.
6. Mattew dan Traxler. 2013. Introducing Psycholinguistics. New York: Cambridge University Press.
7. Warren, Paul. 2012. Introduction to Psycholinguistics (Understanding Language Science). Oxford: Blackman Publishing.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari psikolinguistik.
2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi psikolinguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan psikologi.
4. Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan psikolinguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan hal-hal yang berkaitan dengan psikologi bahasa.
References1. Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
2. Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional: Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.
3. Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.
4. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.
5. Steinberg, Danny. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.
6. Mattew dan Traxler. 2013. Introducing Psycholinguistics. New York: Cambridge University Press.
7. Warren, Paul. 2012. Introduction to Psycholinguistics (Understanding Language Science). Oxford: Blackman Publishing.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pemerolehan bahasa, aspek neurologi bahasa, pembelajaran bahasa, sumbangan psikolinguistik pada pembelajaran bahasa, gangguan bicara, peningkatan bahasa dan ingatan bahasa, bahasa dan penalaran, serta bahasa dan pikiran.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari psikolinguistik.
2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi psikolinguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan psikologi.
4. Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan psikolinguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan hal-hal yang berkaitan dengan psikologi bahasa.
References1. Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
2. Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional: Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.
3. Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.
4. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.
5. Steinberg, Danny. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.
6. Mattew dan Traxler. 2013. Introducing Psycholinguistics. New York: Cambridge University Press.
7. Warren, Paul. 2012. Introduction to Psycholinguistics (Understanding Language Science). Oxford: Blackman Publishing.
Details ...