Inovasi Pembelajaran Matematika, Curriculum : 2015


Courser in EnglishLearning Innovation of Mathematics Learning
ProgramPendidikan Matematika
SKS3 SKS
RPS24 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.

Learning Outcomes

Sikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal, Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan  dapat mendesain rencana solusinya

References

Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.
Yogyakarta :Pustaka Pelajar

Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
Bandung :Universitas Pendidikan Indonesia

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.

Learning Outcomes

Sikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal, Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan  dapat mendesain rencana solusinya

References

Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.
Yogyakarta :Pustaka Pelajar

Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
Bandung :Universitas Pendidikan Indonesia

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.

Learning Outcomes

Sikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal, Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan  dapat mendesain rencana solusinya

References

Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
Bandung :Universitas Pendidikan Indonesia

Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.
Yogyakarta :Pustaka Pelajar


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.

Learning Outcomes

Sikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal, Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan  dapat mendesain rencana solusinya

References

Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
Bandung :Universitas Pendidikan Indonesia

Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.
Yogyakarta :Pustaka Pelajar


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.

Learning Outcomes

Sikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal, Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan  dapat mendesain rencana solusinya

References

Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
Bandung :Universitas Pendidikan Indonesia

Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.
Yogyakarta :Pustaka Pelajar


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.

Learning Outcomes

Sikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal, Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan  dapat mendesain rencana solusinya

References

Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
Bandung :Universitas Pendidikan Indonesia

Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.
Yogyakarta :Pustaka Pelajar


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan inovasi pembelajaran matematika menyajikan konsep dasar inovasi pendidikan, memberikan gambaran proses inovasi pendidikan, karakteristik inovasi pendidikan, strategi inovasi pendidikan, inovasi dalam pembelajaran, dan inovasi teknologi pembelajaran.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep inovasi, model-model pembelajaran yang inovatif, serta dapat menerapkannya dalam pembelajaran

References

¡Dahlan, M. 1990. Model-model Mengajar. Bandung: Diponegoro.

¡Joice, B, & Weil, M. 1980. Models of Teaching. New Jersey: Englewood Cliffs, Publ.

¡Nurhadi dan Senduk, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang.

¡Slavin, Robert E, 1995. Cooperative Learning Theory and Practice, Boston: Alyn Bacon.

¡Suherman E, dkk, 2003.Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

¡Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: KENCANA.

¡Buku-buku SMP/SMA/ sederajat & Buku-buku yang relevan

¡Artikel/Jurnal(nasional/internasional)


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan inovasi pembelajaran matematika menyajikan konsep dasar inovasi pendidikan, memberikan gambaran proses inovasi pendidikan, karakteristik inovasi pendidikan, strategi inovasi pendidikan, inovasi dalam pembelajaran, dan inovasi teknologi pembelajaran.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep inovasi, model-model pembelajaran yang inovatif, serta dapat menerapkannya dalam pembelajaran

References

¡Dahlan, M. 1990. Model-model Mengajar. Bandung: Diponegoro.

¡Joice, B, & Weil, M. 1980. Models of Teaching. New Jersey: Englewood Cliffs, Publ.

¡Nurhadi dan Senduk, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang.

¡Slavin, Robert E, 1995. Cooperative Learning Theory and Practice, Boston: Alyn Bacon.

¡Suherman E, dkk, 2003.Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

¡Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: KENCANA.

¡Buku-buku SMP/SMA/ sederajat & Buku-buku yang relevan

¡Artikel/Jurnal(nasional/internasional)


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan inovasi pembelajaran matematika menyajikan konsep dasar inovasi pendidikan, memberikan gambaran proses inovasi pendidikan, karakteristik inovasi pendidikan, strategi inovasi pendidikan, inovasi dalam pembelajaran, dan inovasi teknologi pembelajaran.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep inovasi, model-model pembelajaran yang inovatif, serta dapat menerapkannya dalam pembelajaran

References

¡Dahlan, M. 1990. Model-model Mengajar. Bandung: Diponegoro.

¡Joice, B, & Weil, M. 1980. Models of Teaching. New Jersey: Englewood Cliffs, Publ.

¡Nurhadi dan Senduk, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang.

¡Slavin, Robert E, 1995. Cooperative Learning Theory and Practice, Boston: Alyn Bacon.

¡Suherman E, dkk, 2003.Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

¡Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: KENCANA.

¡Buku-buku SMP/SMA/ sederajat & Buku-buku yang relevan

¡Artikel/Jurnal(nasional/internasional)


Details ...