Courser in English | Learning Innovation of Mathematics Learning |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 3 SKS |
RPS | 24 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.
Learning OutcomesSikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal, Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya
Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.
Yogyakarta :Pustaka Pelajar
Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
Bandung :Universitas Pendidikan Indonesia
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.
Learning OutcomesSikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal, Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya
Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.
Yogyakarta :Pustaka Pelajar
Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
Bandung :Universitas Pendidikan Indonesia
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.
Learning OutcomesSikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal, Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya
Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.
Learning OutcomesSikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal, Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya
Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.
Learning OutcomesSikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal, Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya
Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.
Learning OutcomesSikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal, Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya
Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
|
Details ...
Dalam perkuliahan inovasi pembelajaran matematika menyajikan konsep dasar inovasi pendidikan, memberikan gambaran proses inovasi pendidikan, karakteristik inovasi pendidikan, strategi inovasi pendidikan, inovasi dalam pembelajaran, dan inovasi teknologi pembelajaran.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep inovasi, model-model pembelajaran yang inovatif, serta dapat menerapkannya dalam pembelajaran
References¡Dahlan, M. 1990. Model-model Mengajar. Bandung: Diponegoro.
¡Joice, B, & Weil, M. 1980. Models of Teaching. New Jersey: Englewood Cliffs, Publ.
¡Nurhadi dan Senduk, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang.
¡Slavin, Robert E, 1995. Cooperative Learning Theory and Practice, Boston: Alyn Bacon.
¡Suherman E, dkk, 2003.Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
¡Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: KENCANA.
¡Buku-buku SMP/SMA/ sederajat & Buku-buku yang relevan
¡Artikel/Jurnal(nasional/internasional)
Details ...
Dalam perkuliahan inovasi pembelajaran matematika menyajikan konsep dasar inovasi pendidikan, memberikan gambaran proses inovasi pendidikan, karakteristik inovasi pendidikan, strategi inovasi pendidikan, inovasi dalam pembelajaran, dan inovasi teknologi pembelajaran.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep inovasi, model-model pembelajaran yang inovatif, serta dapat menerapkannya dalam pembelajaran
References¡Dahlan, M. 1990. Model-model Mengajar. Bandung: Diponegoro.
¡Joice, B, & Weil, M. 1980. Models of Teaching. New Jersey: Englewood Cliffs, Publ.
¡Nurhadi dan Senduk, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang.
¡Slavin, Robert E, 1995. Cooperative Learning Theory and Practice, Boston: Alyn Bacon.
¡Suherman E, dkk, 2003.Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
¡Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: KENCANA.
¡Buku-buku SMP/SMA/ sederajat & Buku-buku yang relevan
¡Artikel/Jurnal(nasional/internasional)
Details ...
Dalam perkuliahan inovasi pembelajaran matematika menyajikan konsep dasar inovasi pendidikan, memberikan gambaran proses inovasi pendidikan, karakteristik inovasi pendidikan, strategi inovasi pendidikan, inovasi dalam pembelajaran, dan inovasi teknologi pembelajaran.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan konsep-konsep inovasi, model-model pembelajaran yang inovatif, serta dapat menerapkannya dalam pembelajaran
References¡Dahlan, M. 1990. Model-model Mengajar. Bandung: Diponegoro.
¡Joice, B, & Weil, M. 1980. Models of Teaching. New Jersey: Englewood Cliffs, Publ.
¡Nurhadi dan Senduk, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang.
¡Slavin, Robert E, 1995. Cooperative Learning Theory and Practice, Boston: Alyn Bacon.
¡Suherman E, dkk, 2003.Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
¡Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: KENCANA.
¡Buku-buku SMP/SMA/ sederajat & Buku-buku yang relevan
¡Artikel/Jurnal(nasional/internasional)
Details ...