Inovasi Pembelajaran Matematika, Curriculum : 2015


Courser in EnglishLearning Innovation of Mathematics Learning
ProgramPendidikan Matematika
SKS3 SKS
RPS24 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Inovasi Pembelajaran Matematika membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai model pembelajaran matematika yang inovatif. Materi Perkuliahan ini meliputi konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model pembelajaran matematika dan menerapkan model-model pembelajaran matematika berdasarkan teori belajar yang relevan.

Learning Outcomes

CPMK1 mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila, Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dengan mengaplikasikan perangkat pembelajaran secara mandiri dalam proses pembelajaran (S3, S8, S9, KKa4)
CPMK2 Mampu  menguasai konsep inovasi pembelajaran (Pa5)
CPMK3 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; (KU1)
CPMK4 Mampu mengaplikasikan perangkat pembelajaran secara mandiri dalam proses pembelajaran  (KKa4)

References

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2003). Models of teaching.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Inovasi Pembelajaran Matematika membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai model pembelajaran matematika yang inovatif. Materi Perkuliahan ini meliputi konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model pembelajaran matematika dan menerapkan model-model pembelajaran matematika berdasarkan teori belajar yang relevan.

Learning Outcomes

CPMK1 mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila, Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dengan mengaplikasikan perangkat pembelajaran secara mandiri dalam proses pembelajaran (S3, S8, S9, KKa4)
CPMK2 Mampu  menguasai konsep inovasi pembelajaran (Pa5)
CPMK3 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; (KU1)
CPMK4 Mampu mengaplikasikan perangkat pembelajaran secara mandiri dalam proses pembelajaran  (KKa4)

References

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2003). Models of teaching.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Inovasi Pembelajaran Matematika membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai model pembelajaran matematika yang inovatif. Materi Perkuliahan ini meliputi konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model pembelajaran matematika dan menerapkan model-model pembelajaran matematika berdasarkan teori belajar yang relevan.

Learning Outcomes

CPMK1 mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila, Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dengan mengaplikasikan perangkat pembelajaran secara mandiri dalam proses pembelajaran (S3, S8, S9, KKa4)
CPMK2 Mampu  menguasai konsep inovasi pembelajaran (Pa5)
CPMK3 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; (KU1)
CPMK4 Mampu mengaplikasikan perangkat pembelajaran secara mandiri dalam proses pembelajaran  (KKa4)

References

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2003). Models of teaching.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Inovasi Pembelajaran Matematika membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai model pembelajaran matematika yang inovatif. Materi Perkuliahan ini meliputi konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model pembelajaran matematika dan menerapkan model-model pembelajaran matematika berdasarkan teori belajar yang relevan.

Learning Outcomes

CPMK1 mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila, Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dengan mengaplikasikan perangkat pembelajaran secara mandiri dalam proses pembelajaran (S3, S8, S9, KKa4)
CPMK2 Mampu  menguasai konsep inovasi pembelajaran (Pa5)
CPMK3 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; (KU1)
CPMK4 Mampu mengaplikasikan perangkat pembelajaran secara mandiri dalam proses pembelajaran  (KKa4)

References

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2003). Models of teaching.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.

Learning Outcomes

Sikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran

Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal,

Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan  dapat mendesain rencana solusinya

References

  1. Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
  2. Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.

Yogyakarta :Pustaka Pelajar


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.

Learning Outcomes

Sikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran

Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal,

Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan  dapat mendesain rencana solusinya

References

  1. Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
  2. Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.

Yogyakarta :Pustaka Pelajar


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.

Learning Outcomes

Sikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran

Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal,

Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan  dapat mendesain rencana solusinya

References

  1. Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
  2. Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.

Yogyakarta :Pustaka Pelajar


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.

Learning Outcomes

Sikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran

Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal,

Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan  dapat mendesain rencana solusinya

References

  1. Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
  2. Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.

Yogyakarta :Pustaka Pelajar


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.

Learning Outcomes

Sikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran

Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal,

Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan  dapat mendesain rencana solusinya

References

  1. Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
  2. Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.

Yogyakarta :Pustaka Pelajar


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.

Learning Outcomes

Sikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran

Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal,

Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan  dapat mendesain rencana solusinya

References

  1. Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
  2. Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.

Yogyakarta :Pustaka Pelajar


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.

Learning Outcomes

Sikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran

Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal,

Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan  dapat mendesain rencana solusinya

References

  1. Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
  2. Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.

Yogyakarta :Pustaka Pelajar


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.

Learning Outcomes

Sikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran

Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal,

Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan  dapat mendesain rencana solusinya

References

  1. Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
  2. Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.

Yogyakarta :Pustaka Pelajar


Details ...