Courser in English | Learning Innovation of Mathematics Learning |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 3 SKS |
RPS | 24 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Inovasi Pembelajaran Matematika membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai model pembelajaran matematika yang inovatif. Materi Perkuliahan ini meliputi konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model pembelajaran matematika dan menerapkan model-model pembelajaran matematika berdasarkan teori belajar yang relevan.
Learning OutcomesCPMK1 | mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila, Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dengan mengaplikasikan perangkat pembelajaran secara mandiri dalam proses pembelajaran (S3, S8, S9, KKa4) | |||||
CPMK2 | Mampu menguasai konsep inovasi pembelajaran (Pa5) | |||||
CPMK3 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; (KU1) | |||||
CPMK4 | Mampu mengaplikasikan perangkat pembelajaran secara mandiri dalam proses pembelajaran (KKa4) |
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2003). Models of teaching.
Details ...
Mata kuliah Inovasi Pembelajaran Matematika membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai model pembelajaran matematika yang inovatif. Materi Perkuliahan ini meliputi konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model pembelajaran matematika dan menerapkan model-model pembelajaran matematika berdasarkan teori belajar yang relevan.
Learning OutcomesCPMK1 | mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila, Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dengan mengaplikasikan perangkat pembelajaran secara mandiri dalam proses pembelajaran (S3, S8, S9, KKa4) | |||||
CPMK2 | Mampu menguasai konsep inovasi pembelajaran (Pa5) | |||||
CPMK3 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; (KU1) | |||||
CPMK4 | Mampu mengaplikasikan perangkat pembelajaran secara mandiri dalam proses pembelajaran (KKa4) |
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2003). Models of teaching.
Details ...
Mata kuliah Inovasi Pembelajaran Matematika membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai model pembelajaran matematika yang inovatif. Materi Perkuliahan ini meliputi konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model pembelajaran matematika dan menerapkan model-model pembelajaran matematika berdasarkan teori belajar yang relevan.
Learning OutcomesCPMK1 | mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila, Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dengan mengaplikasikan perangkat pembelajaran secara mandiri dalam proses pembelajaran (S3, S8, S9, KKa4) | |||||
CPMK2 | Mampu menguasai konsep inovasi pembelajaran (Pa5) | |||||
CPMK3 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; (KU1) | |||||
CPMK4 | Mampu mengaplikasikan perangkat pembelajaran secara mandiri dalam proses pembelajaran (KKa4) |
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2003). Models of teaching.
Details ...
Mata kuliah Inovasi Pembelajaran Matematika membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai model pembelajaran matematika yang inovatif. Materi Perkuliahan ini meliputi konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model pembelajaran matematika dan menerapkan model-model pembelajaran matematika berdasarkan teori belajar yang relevan.
Learning OutcomesCPMK1 | mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila, Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dengan mengaplikasikan perangkat pembelajaran secara mandiri dalam proses pembelajaran (S3, S8, S9, KKa4) | |||||
CPMK2 | Mampu menguasai konsep inovasi pembelajaran (Pa5) | |||||
CPMK3 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; (KU1) | |||||
CPMK4 | Mampu mengaplikasikan perangkat pembelajaran secara mandiri dalam proses pembelajaran (KKa4) |
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2003). Models of teaching.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.
Sikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal,
Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya
- Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
- Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.
Yogyakarta :Pustaka Pelajar
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.
Sikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal,
Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya
- Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
- Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.
Yogyakarta :Pustaka Pelajar
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.
Sikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal,
Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya
- Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
- Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.
Yogyakarta :Pustaka Pelajar
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.
Learning OutcomesSikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal,
Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya
References- Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
- Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.
Yogyakarta :Pustaka Pelajar
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.
Learning OutcomesSikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal,
Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya
References- Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
- Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.
Yogyakarta :Pustaka Pelajar
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.
Learning OutcomesSikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal,
Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya
References- Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
- Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.
Yogyakarta :Pustaka Pelajar
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.
Learning OutcomesSikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal,
Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya
References- Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
- Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.
Yogyakarta :Pustaka Pelajar
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prosedur penggunaan berbagai pendekatan/metode pembelajaran matematika sekolah yang inovatif atau kontemporer. Materi Perkuliahan ini melipuiti konsep inovasi pembelajaran matematika, model-model Pembelajaran dan menerapkan model-model pembelajaran berdasarkan teori belajar yang relevan.
Learning OutcomesSikap: (1) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri, Pengetahuan:(1)Memahami konsep Inovasi pembelajaran matematika, (2) Memahamii konsep, prinsip, dan sintax berbagai model pembelajaran
Keterampilan umum:(1) Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal,
Keterampilan khusus: (1)Mengaplikasikan Model pembelajaran berdasarkan teori-teori belajar relevan;(2) Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan dapat mendesain rencana solusinya
References- Suherman,Erman dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.
- Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.
Yogyakarta :Pustaka Pelajar
Details ...