Courser in English | Learning Guidance and Counseling |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 19 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar dalam memberikan layanan BK belajar dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan di sekolah.
Learning OutcomesCAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:
- Sikapdan Tata Nilai
- Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari Bimbingan dan Konseling Belajar
- Mahasiswa mampu untuk menjalin kerjasama dan saling akrab untuk menyelesaikan tugas kelompok.
- Keterampilan Umum
- Mengetahui pentingnya Bimbingan dan Konseling Belajar
- Mampu bekerja bersama kelompok untuk mengerjakan tugas Bimbigan dan Konseling Belajar
- Penguasaan Pengetahuan
Memahami konsep Bimbingan dan Konseling Belajar dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK)
- Keterampilan Khusus
- Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan mengembangkan ketrampilan untuk memberikan Bimbingan dan Konseling Belajar dengan baik sesuai kebutuhan siswa
- Mengenal dan mengembangkan metode dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Belajar
Utama:
- Hamzah B, Uno. 2006. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
- Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Pendukung:
- Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
- Bahri Djamarah, Syaiful, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya. 2010
- Eko Purwana, Agung, dkk., Pembelajaran IPS MI Edisi Pertama. Surabaya: LAPIS-PGMI. 2009
- Irawan, Prasetya, dkk. Teori Belajar, Motivasi dan Keterampilan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka. 1996
- Sapriya, Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI Press. 2006.
- Sapriya, Pendidikan IPS. Bandung: Laboratorium PKn Press. 2008.
Details ...
Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar dalam memberikan layanan BK belajar dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan di sekolah.
Learning OutcomesSikap dan Tata Nilai
- Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari Bimbingan dan Konseling Belajar
- Mahasiswa mampu untuk menjalin kerjasama dan saling akrab untuk menyelesaikan tugas kelompok.
Keterampilan Umum
- Mengetahui pentingnya Bimbingan dan Konseling Belajar
- Mampu bekerja bersama kelompok untuk mengerjakan tugas Bimbigan dan Konseling Belajar
Penguasaan Pengetahuan
Memahami konsep Bimbingan dan Konseling Belajar dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK)
Keterampilan Khusus
- Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan mengembangkan ketrampilan untuk memberikan Bimbingan dan Konseling Belajar dengan baik sesuai kebutuhan siswa
- Mengenal dan mengembangkan metode dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Belajar
Utama:
Hamzah B, Uno. 2006. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Pendukung:
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Bahri Djamarah, Syaiful, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya. 2010
Eko Purwana, Agung, dkk., Pembelajaran IPS MI Edisi Pertama. Surabaya: LAPIS-PGMI. 2009
Irawan, Prasetya, dkk. Teori Belajar, Motivasi dan Keterampilan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka. 1996
Sapriya, Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI Press. 2006.
Sapriya, Pendidikan IPS. Bandung: Laboratorium PKn Press. 2008.
Details ...
Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar dalam memberikan layanan BK belajar dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan di sekolah.
Learning OutcomesSikap dan Tata Nilai
- Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari Bimbingan dan Konseling Belajar
- Mahasiswa mampu untuk menjalin kerjasama dan saling akrab untuk menyelesaikan tugas kelompok.
Keterampilan Umum
- Mengetahui pentingnya Bimbingan dan Konseling Belajar
- Mampu bekerja bersama kelompok untuk mengerjakan tugas Bimbigan dan Konseling Belajar
Penguasaan Pengetahuan
Memahami konsep Bimbingan dan Konseling Belajar dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK)
Keterampilan Khusus
- Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan mengembangkan ketrampilan untuk memberikan Bimbingan dan Konseling Belajar dengan baik sesuai kebutuhan siswa
- Mengenal dan mengembangkan metode dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Belajar
Utama:
Hamzah B, Uno. 2006. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Pendukung:
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Bahri Djamarah, Syaiful, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya. 2010
Eko Purwana, Agung, dkk., Pembelajaran IPS MI Edisi Pertama. Surabaya: LAPIS-PGMI. 2009
Irawan, Prasetya, dkk. Teori Belajar, Motivasi dan Keterampilan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka. 1996
Sapriya, Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI Press. 2006.
Sapriya, Pendidikan IPS. Bandung: Laboratorium PKn Press. 2008.
Details ...
Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar dalam memberikan layanan BK belajar dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan di sekolah.
Learning OutcomesMatakuliah ini mencakup pengertian, tujuan, konsep dasar dalam memberikan layanan BK belajar dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan di sekolah. Sehigga pelaksanaan kegiatan pembelajaran bias tercapai.
ReferencesUtama:
Hamzah B, Uno. 2006. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Pendukung:
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Bahri Djamarah, Syaiful, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya. 2010
Eko Purwana, Agung, dkk., Pembelajaran IPS MI Edisi Pertama. Surabaya: LAPIS-PGMI. 2009
Irawan, Prasetya, dkk. Teori Belajar, Motivasi dan Keterampilan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka. 1996
Sapriya, Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI Press. 2006.
Sapriya, Pendidikan IPS. Bandung: Laboratorium PKn Press. 2008.
Details ...
Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar dalam memberikan layanan BK belajar dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan di sekolah.
Learning OutcomesMatakuliah ini mencakup pengertian, tujuan, konsep dasar dalam memberikan layanan BK belajar dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan di sekolah. Sehigga pelaksanaan kegiatan pembelajaran bias tercapai.
ReferencesUtama:
Hamzah B, Uno. 2006. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Pendukung:
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Bahri Djamarah, Syaiful, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya. 2010
Eko Purwana, Agung, dkk., Pembelajaran IPS MI Edisi Pertama. Surabaya: LAPIS-PGMI. 2009
Irawan, Prasetya, dkk. Teori Belajar, Motivasi dan Keterampilan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka. 1996
Sapriya, Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI Press. 2006.
Sapriya, Pendidikan IPS. Bandung: Laboratorium PKn Press. 2008.
Details ...
Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar dalam memberikan layanan BK belajar dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan di sekolah.
Learning Outcomesmahasiswa mampu menguasai materi dalam perkuliahan BK Belajar dengan baik sebagai acuan untuk melaksanakan pelayanan BK Belajar dikemudian hari.
References- Hamzah B, Uno. 2006. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
- Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
- Sumber lain yang relefan
Details ...
Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar dalam memberikan layanan BK belajar dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan di sekolah.
Learning Outcomesmahasiswa mampu menguasai materi dalam perkuliahan BK Belajar dengan baik sebagai acuan untuk melaksanakan pelayanan BK Belajar dikemudian hari.
References- Hamzah B, Uno. 2006. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
- Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
- Sumber lain yang relefan
Details ...