Bimbingan dan Konseling Belajar, Curriculum : 2015


Courser in EnglishLearning Guidance and Counseling
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS19 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar dalam memberikan layanan BK belajar dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan di sekolah.Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar dalam memberikan layanan BK belajar dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan di sekolah.

Learning Outcomes

CPMK-1

Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari Bimbingan dan Konseling Belajar (S8,KU1,KU2,KK8,P21)

CPMK-2

Mengetahui pentingnya Bimbingan dan Konseling Belajar (S1,S2,KU1,KK48,P21)

CPMK-3

Memahami konsep Bimbingan dan Konseling Belajar dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) (S3,KU1,KU3,KK47,P21)

CPMK-4

Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan mengembangkan ketrampilan untuk memberikan Bimbingan dan Konseling Belajar dengan baik sesuai kebutuhan siswa (S8,KU2,KK46,P22)

References

Utama

  1. Hamzah B, Uno. 2006. OrientasiBaruDalamPsikologiPembelajaran. Jakarta: BumiAksara
  2. Novitasari,Yuni. 2016, Bimbingan dan Konseling Belajar. Bandung: Alfabeta
  3. Sugihartono, dkk. 2007. PsikologiPendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Pendukung

  1. Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta:  PT Asdi Mahasatya.
  2. Bahri Djamarah, Syaiful, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya. 2010
  3. Eko Purwana, Agung, dkk., Pembelajaran IPS MI Edisi Pertama. Surabaya: LAPIS-PGMI. 2009
  4. Irawan, Prasetya, dkk. Teori Belajar, Motivasi dan Keterampilan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka. 1996
  5. Sapriya, Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI Press. 2006.
  6. Sapriya, Pendidikan IPS. Bandung: Laboratorium PKn Press. 2008.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar dalam memberikan layanan BK belajar dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan di sekolah.Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar dalam memberikan layanan BK belajar dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan di sekolah.

Learning Outcomes

CPMK-1

Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari Bimbingan dan Konseling Belajar (S8,KU1,KU2,KK8,P21)

CPMK-2

Mengetahui pentingnya Bimbingan dan Konseling Belajar (S1,S2,KU1,KK48,P21)

CPMK-3

Memahami konsep Bimbingan dan Konseling Belajar dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) (S3,KU1,KU3,KK47,P21)

CPMK-4

Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan mengembangkan ketrampilan untuk memberikan Bimbingan dan Konseling Belajar dengan baik sesuai kebutuhan siswa (S8,KU2,KK46,P22)

References

Utama

  1. Hamzah B, Uno. 2006. OrientasiBaruDalamPsikologiPembelajaran. Jakarta: BumiAksara
  2. Novitasari,Yuni. 2016, Bimbingan dan Konseling Belajar. Bandung: Alfabeta
  3. Sugihartono, dkk. 2007. PsikologiPendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Pendukung

  1. Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta:  PT Asdi Mahasatya.
  2. Bahri Djamarah, Syaiful, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya. 2010
  3. Eko Purwana, Agung, dkk., Pembelajaran IPS MI Edisi Pertama. Surabaya: LAPIS-PGMI. 2009
  4. Irawan, Prasetya, dkk. Teori Belajar, Motivasi dan Keterampilan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka. 1996
  5. Sapriya, Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI Press. 2006.
  6. Sapriya, Pendidikan IPS. Bandung: Laboratorium PKn Press. 2008.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar dalam memberikan layanan BK belajar dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan di sekolah.Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar dalam memberikan layanan BK belajar dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan di sekolah.

Learning Outcomes

CPMK-1

Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari Bimbingan dan Konseling Belajar (S8,KU1,KU2,KK8,P21)

CPMK-2

Mengetahui pentingnya Bimbingan dan Konseling Belajar (S1,S2,KU1,KK48,P21)

CPMK-3

Memahami konsep Bimbingan dan Konseling Belajar dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) (S3,KU1,KU3,KK47,P21)

CPMK-4

Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan mengembangkan ketrampilan untuk memberikan Bimbingan dan Konseling Belajar dengan baik sesuai kebutuhan siswa (S8,KU2,KK46,P22)

References

Utama

  1. Hamzah B, Uno. 2006. OrientasiBaruDalamPsikologiPembelajaran. Jakarta: BumiAksara
  2. Novitasari,Yuni. 2016, Bimbingan dan Konseling Belajar. Bandung: Alfabeta
  3. Sugihartono, dkk. 2007. PsikologiPendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Pendukung

  1. Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta:  PT Asdi Mahasatya.
  2. Bahri Djamarah, Syaiful, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya. 2010
  3. Eko Purwana, Agung, dkk., Pembelajaran IPS MI Edisi Pertama. Surabaya: LAPIS-PGMI. 2009
  4. Irawan, Prasetya, dkk. Teori Belajar, Motivasi dan Keterampilan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka. 1996
  5. Sapriya, Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI Press. 2006.
  6. Sapriya, Pendidikan IPS. Bandung: Laboratorium PKn Press. 2008.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar dalam memberikan layanan BK belajar dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan di sekolah.Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar dalam memberikan layanan BK belajar dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan di sekolah.

Learning Outcomes

CPMK-1

Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari Bimbingan dan Konseling Belajar (S8,KU1,KU2,KK8,P21)

CPMK-2

Mengetahui pentingnya Bimbingan dan Konseling Belajar (S1,S2,KU1,KK48,P21)

CPMK-3

Memahami konsep Bimbingan dan Konseling Belajar dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) (S3,KU1,KU3,KK47,P21)

CPMK-4

Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan mengembangkan ketrampilan untuk memberikan Bimbingan dan Konseling Belajar dengan baik sesuai kebutuhan siswa (S8,KU2,KK46,P22)

References

Utama

  1. Hamzah B, Uno. 2006. OrientasiBaruDalamPsikologiPembelajaran. Jakarta: BumiAksara
  2. Novitasari,Yuni. 2016, Bimbingan dan Konseling Belajar. Bandung: Alfabeta
  3. Sugihartono, dkk. 2007. PsikologiPendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Pendukung

  1. Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta:  PT Asdi Mahasatya.
  2. Bahri Djamarah, Syaiful, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya. 2010
  3. Eko Purwana, Agung, dkk., Pembelajaran IPS MI Edisi Pertama. Surabaya: LAPIS-PGMI. 2009
  4. Irawan, Prasetya, dkk. Teori Belajar, Motivasi dan Keterampilan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka. 1996
  5. Sapriya, Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI Press. 2006.
  6. Sapriya, Pendidikan IPS. Bandung: Laboratorium PKn Press. 2008.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar dalam memberikan layanan BK belajar dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan di sekolah.Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar dalam memberikan layanan BK belajar dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan di sekolah.

Learning Outcomes

CPMK-1

Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari Bimbingan dan Konseling Belajar (S8,KU1,KU2,KK8,P21)

CPMK-2

Mengetahui pentingnya Bimbingan dan Konseling Belajar (S1,S2,KU1,KK48,P21)

CPMK-3

Memahami konsep Bimbingan dan Konseling Belajar dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) (S3,KU1,KU3,KK47,P21)

CPMK-4

Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan mengembangkan ketrampilan untuk memberikan Bimbingan dan Konseling Belajar dengan baik sesuai kebutuhan siswa (S8,KU2,KK46,P22)

References

Utama

  1. Hamzah B, Uno. 2006. OrientasiBaruDalamPsikologiPembelajaran. Jakarta: BumiAksara
  2. Novitasari,Yuni. 2016, Bimbingan dan Konseling Belajar. Bandung: Alfabeta
  3. Sugihartono, dkk. 2007. PsikologiPendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Pendukung

  1. Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta:  PT Asdi Mahasatya.
  2. Bahri Djamarah, Syaiful, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya. 2010
  3. Eko Purwana, Agung, dkk., Pembelajaran IPS MI Edisi Pertama. Surabaya: LAPIS-PGMI. 2009
  4. Irawan, Prasetya, dkk. Teori Belajar, Motivasi dan Keterampilan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka. 1996
  5. Sapriya, Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI Press. 2006.
  6. Sapriya, Pendidikan IPS. Bandung: Laboratorium PKn Press. 2008.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar dalam memberikan layanan BK belajar dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan di sekolah.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikapdan Tata Nilai
  1. Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari Bimbingan dan Konseling Belajar
  2. Mahasiswa mampu untuk menjalin kerjasama dan saling akrab untukmenyelesaikan tugas kelompok.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mengetahui pentingnya Bimbingan dan Konseling Belajar
  2. Mampu bekerja bersama kelompok untuk mengerjakan tugas Bimbigan dan Konseling Belajar
  1. Penguasaan Pengetahuan

Memahami konsep Bimbingan dan Konseling Belajar dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK)

  1. Keterampilan Khusus
  1. Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan mengembangkan ketrampilan untuk memberikan Bimbingan dan Konseling Belajar dengan baik sesuai kebutuhan siswa
  2. Mengenal dan mengembangkan metode dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Belajar

References

Utama:

  1. Hamzah B, Uno. 2006. OrientasiBaruDalamPsikologiPembelajaran. Jakarta: BumiAksara
  2. Novitasari,Yuni. 2016, Bimbingan dan Konseling Belajar. Bandung: Alfabeta
  3. Sugihartono, dkk. 2007. PsikologiPendidikan. Yogyakarta: UNY Press

 

Pendukung:

  1. Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta:  PT Asdi Mahasatya.
  2. Bahri Djamarah, Syaiful, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya. 2010
  3. Eko Purwana, Agung, dkk., Pembelajaran IPS MI Edisi Pertama. Surabaya: LAPIS-PGMI. 2009
  4. Irawan, Prasetya, dkk. Teori Belajar, Motivasi dan Keterampilan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka. 1996
  5. Sapriya, Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI Press. 2006.
  6. Sapriya, Pendidikan IPS. Bandung: Laboratorium PKn Press. 2008.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar dalam memberikan layanan BK belajar dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan di sekolah.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikapdan Tata Nilai
  1. Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari Bimbingan dan Konseling Belajar
  2. Mahasiswa mampu untuk menjalin kerjasama dan saling akrab untukmenyelesaikan tugas kelompok.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mengetahui pentingnya Bimbingan dan Konseling Belajar
  2. Mampu bekerja bersama kelompok untuk mengerjakan tugas Bimbigan dan Konseling Belajar
  1. Penguasaan Pengetahuan

Memahami konsep Bimbingan dan Konseling Belajar dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK)

  1. Keterampilan Khusus
  1. Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan mengembangkan ketrampilan untuk memberikan Bimbingan dan Konseling Belajar dengan baik sesuai kebutuhan siswa
  2. Mengenal dan mengembangkan metode dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Belajar

References

Utama:

  1. Hamzah B, Uno. 2006. OrientasiBaruDalamPsikologiPembelajaran. Jakarta: BumiAksara
  2. Novitasari,Yuni. 2016, Bimbingan dan Konseling Belajar. Bandung: Alfabeta
  3. Sugihartono, dkk. 2007. PsikologiPendidikan. Yogyakarta: UNY Press

 

Pendukung:

  1. Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta:  PT Asdi Mahasatya.
  2. Bahri Djamarah, Syaiful, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya. 2010
  3. Eko Purwana, Agung, dkk., Pembelajaran IPS MI Edisi Pertama. Surabaya: LAPIS-PGMI. 2009
  4. Irawan, Prasetya, dkk. Teori Belajar, Motivasi dan Keterampilan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka. 1996
  5. Sapriya, Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI Press. 2006.
  6. Sapriya, Pendidikan IPS. Bandung: Laboratorium PKn Press. 2008.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar dalam memberikan layanan BK belajar dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan di sekolah.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikapdan Tata Nilai
  1. Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari Bimbingan dan Konseling Belajar
  2. Mahasiswa mampu untuk menjalin kerjasama dan saling akrab untukmenyelesaikan tugas kelompok.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mengetahui pentingnya Bimbingan dan Konseling Belajar
  2. Mampu bekerja bersama kelompok untuk mengerjakan tugas Bimbigan dan Konseling Belajar
  1. Penguasaan Pengetahuan

Memahami konsep Bimbingan dan Konseling Belajar dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK)

  1. Keterampilan Khusus
  1. Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan mengembangkan ketrampilan untuk memberikan Bimbingan dan Konseling Belajar dengan baik sesuai kebutuhan siswa
  2. Mengenal dan mengembangkan metode dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Belajar

References

Utama:

  1. Hamzah B, Uno. 2006. OrientasiBaruDalamPsikologiPembelajaran. Jakarta: BumiAksara
  2. Novitasari,Yuni. 2016, Bimbingan dan Konseling Belajar. Bandung: Alfabeta
  3. Sugihartono, dkk. 2007. PsikologiPendidikan. Yogyakarta: UNY Press

 

Pendukung:

  1. Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta:  PT Asdi Mahasatya.
  2. Bahri Djamarah, Syaiful, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya. 2010
  3. Eko Purwana, Agung, dkk., Pembelajaran IPS MI Edisi Pertama. Surabaya: LAPIS-PGMI. 2009
  4. Irawan, Prasetya, dkk. Teori Belajar, Motivasi dan Keterampilan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka. 1996
  5. Sapriya, Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI Press. 2006.
  6. Sapriya, Pendidikan IPS. Bandung: Laboratorium PKn Press. 2008.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar dalam memberikan layanan BK belajar dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan di sekolah.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikapdan Tata Nilai
  1. Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari Bimbingan dan Konseling Belajar
  2. Mahasiswa mampu untuk menjalin kerjasama dan saling akrab untukmenyelesaikan tugas kelompok.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mengetahui pentingnya Bimbingan dan Konseling Belajar
  2. Mampu bekerja bersama kelompok untuk mengerjakan tugas Bimbigan dan Konseling Belajar
  1. Penguasaan Pengetahuan

Memahami konsep Bimbingan dan Konseling Belajar dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK)

  1. Keterampilan Khusus
  1. Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan mengembangkan ketrampilan untuk memberikan Bimbingan dan Konseling Belajar dengan baik sesuai kebutuhan siswa
  2. Mengenal dan mengembangkan metode dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Belajar

References

Utama:

  1. Hamzah B, Uno. 2006. OrientasiBaruDalamPsikologiPembelajaran. Jakarta: BumiAksara
  2. Novitasari,Yuni. 2016, Bimbingan dan Konseling Belajar. Bandung: Alfabeta
  3. Sugihartono, dkk. 2007. PsikologiPendidikan. Yogyakarta: UNY Press

 

Pendukung:

  1. Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta:  PT Asdi Mahasatya.
  2. Bahri Djamarah, Syaiful, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya. 2010
  3. Eko Purwana, Agung, dkk., Pembelajaran IPS MI Edisi Pertama. Surabaya: LAPIS-PGMI. 2009
  4. Irawan, Prasetya, dkk. Teori Belajar, Motivasi dan Keterampilan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka. 1996
  5. Sapriya, Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI Press. 2006.
  6. Sapriya, Pendidikan IPS. Bandung: Laboratorium PKn Press. 2008.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar dalam memberikan layanan BK belajar dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan di sekolah.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikapdan Tata Nilai
  1. Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari Bimbingan dan Konseling Belajar
  2. Mahasiswa mampu untuk menjalin kerjasama dan saling akrab untuk menyelesaikan tugas kelompok.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mengetahui pentingnya Bimbingan dan Konseling Belajar
  2. Mampu bekerja bersama kelompok untuk mengerjakan tugas Bimbigan dan Konseling Belajar
  1. Penguasaan Pengetahuan

Memahami konsep Bimbingan dan Konseling Belajar dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK)

  1. Keterampilan Khusus
  1. Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan mengembangkan ketrampilan untuk memberikan Bimbingan dan Konseling Belajar dengan baik sesuai kebutuhan siswa
  2. Mengenal dan mengembangkan metode dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Belajar

References

Utama:

  1. Hamzah B, Uno. 2006. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
  2. Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

 

Pendukung:

  1. Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta:  PT Asdi Mahasatya.
  2. Bahri Djamarah, Syaiful, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya. 2010
  3. Eko Purwana, Agung, dkk., Pembelajaran IPS MI Edisi Pertama. Surabaya: LAPIS-PGMI. 2009
  4. Irawan, Prasetya, dkk. Teori Belajar, Motivasi dan Keterampilan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka. 1996
  5. Sapriya, Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI Press. 2006.
  6. Sapriya, Pendidikan IPS. Bandung: Laboratorium PKn Press. 2008.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar dalam memberikan layanan BK belajar dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan di sekolah.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikapdan Tata Nilai
  1. Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari Bimbingan dan Konseling Belajar
  2. Mahasiswa mampu untuk menjalin kerjasama dan saling akrab untuk menyelesaikan tugas kelompok.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mengetahui pentingnya Bimbingan dan Konseling Belajar
  2. Mampu bekerja bersama kelompok untuk mengerjakan tugas Bimbigan dan Konseling Belajar
  1. Penguasaan Pengetahuan

Memahami konsep Bimbingan dan Konseling Belajar dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK)

  1. Keterampilan Khusus
  1. Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan mengembangkan ketrampilan untuk memberikan Bimbingan dan Konseling Belajar dengan baik sesuai kebutuhan siswa
  2. Mengenal dan mengembangkan metode dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Belajar

References

Utama:

  1. Hamzah B, Uno. 2006. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
  2. Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

 

Pendukung:

  1. Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta:  PT Asdi Mahasatya.
  2. Bahri Djamarah, Syaiful, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya. 2010
  3. Eko Purwana, Agung, dkk., Pembelajaran IPS MI Edisi Pertama. Surabaya: LAPIS-PGMI. 2009
  4. Irawan, Prasetya, dkk. Teori Belajar, Motivasi dan Keterampilan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka. 1996
  5. Sapriya, Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI Press. 2006.
  6. Sapriya, Pendidikan IPS. Bandung: Laboratorium PKn Press. 2008.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini meliputi pengertian, tujuan, konsep dasar dalam memberikan layanan BK belajar dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang diselenggarakan di sekolah.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikapdan Tata Nilai
  1. Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari Bimbingan dan Konseling Belajar
  2. Mahasiswa mampu untuk menjalin kerjasama dan saling akrab untuk menyelesaikan tugas kelompok.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mengetahui pentingnya Bimbingan dan Konseling Belajar
  2. Mampu bekerja bersama kelompok untuk mengerjakan tugas Bimbigan dan Konseling Belajar
  1. Penguasaan Pengetahuan

Memahami konsep Bimbingan dan Konseling Belajar dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK)

  1. Keterampilan Khusus
  1. Sebagai calon konselor mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan mengembangkan ketrampilan untuk memberikan Bimbingan dan Konseling Belajar dengan baik sesuai kebutuhan siswa
  2. Mengenal dan mengembangkan metode dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Belajar

References

Utama:

  1. Hamzah B, Uno. 2006. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
  2. Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

 

Pendukung:

  1. Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta:  PT Asdi Mahasatya.
  2. Bahri Djamarah, Syaiful, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya. 2010
  3. Eko Purwana, Agung, dkk., Pembelajaran IPS MI Edisi Pertama. Surabaya: LAPIS-PGMI. 2009
  4. Irawan, Prasetya, dkk. Teori Belajar, Motivasi dan Keterampilan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka. 1996
  5. Sapriya, Konsep Dasar IPS. Bandung: UPI Press. 2006.
  6. Sapriya, Pendidikan IPS. Bandung: Laboratorium PKn Press. 2008.


Details ...