Penelitian Tindakan Kelas, Curriculum : 2010


Courser in EnglishCLASSROOM ACTION RESEARCH
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS20 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

-

Learning Outcomes

Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK.

References

Kunandar, 2013 Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta, Raja Grafindo Persada

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara

Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.

Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan,  Yogyakarta, Aditya Media

Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.

Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset

Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.

Wiriaatmadja, 2012, Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen, Bandung, Remaja Rosdakarya


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK.

References

Kunandar, 2013 Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta, Raja Grafindo Persada

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara

Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.

Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan,  Yogyakarta, Aditya Media

Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.

Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset

Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.

Wiriaatmadja, 2012, Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen, Bandung, Remaja Rosdakarya


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK.

References

Kunandar, 2013 Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta, Raja Grafindo Persada

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara

Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.

Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan,  Yogyakarta, Aditya Media

Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.

Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset

Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.

Wiriaatmadja, 2012, Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen, Bandung, Remaja Rosdakarya


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK.

References

Kunandar, 2013 Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta, Raja Grafindo Persada

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara

Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.

Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan,  Yogyakarta, Aditya Media

Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.

Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset

Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.

Wiriaatmadja, 2012, Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen, Bandung, Remaja Rosdakarya


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK.

References

Kunandar, 2013 Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta, Raja Grafindo Persada

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara

Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.

Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan,  Yogyakarta, Aditya Media

Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.

Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset

Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.

Wiriaatmadja, 2012, Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen, Bandung, Remaja Rosdakarya


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK.

References

Kunandar, 2013 Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta, Raja Grafindo Persada

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara

Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.

Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan,  Yogyakarta, Aditya Media

Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.

Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset

Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.

Wiriaatmadja, 2012, Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen, Bandung, Remaja Rosdakarya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat melakukan PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi Guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun proposal, pelaksanaan, sistematika dan komponen  penyusunan laporan dan menyusun laporan.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal dengan baik sesuai sistematika PTK

References

Kunandar, 2013 Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta, Raja Grafindo Persada

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara

Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.

Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan,  Yogyakarta, Aditya Media

Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.

Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset

Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.

Wiriaatmadja, 2012, Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen, Bandung, Remaja Rosdakarya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat melakukan PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi Guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun proposal, pelaksanaan, sistematika dan komponen  penyusunan laporan dan menyusun laporan.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal dengan baik sesuai sistematika PTK

References

Kunandar, 2013 Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta, Raja Grafindo Persada

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara

Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.

Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan,  Yogyakarta, Aditya Media

Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.

Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset

Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.

Wiriaatmadja, 2012, Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen, Bandung, Remaja Rosdakarya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat melakukan PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi Guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun proposal, pelaksanaan, sistematika dan komponen  penyusunan laporan dan menyusun laporan.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal dengan baik sesuai sistematika PTK

References

Kunandar, 2013 Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta, Raja Grafindo Persada

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara

Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.

Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan,  Yogyakarta, Aditya Media

Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.

Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset

Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.

Wiriaatmadja, 2012, Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen, Bandung, Remaja Rosdakarya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat melakukan PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi Guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun proposal, pelaksanaan, sistematika dan komponen  penyusunan laporan dan menyusun laporan.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal dengan baik sesuai sistematika PTK

References

Kunandar, 2013 Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta, Raja Grafindo Persada

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara

Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.

Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan,  Yogyakarta, Aditya Media

Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.

Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset

Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.

Wiriaatmadja, 2012, Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen, Bandung, Remaja Rosdakarya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK.

References

  1. Buku wajib.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara

Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.

  1. Buku anjuran

Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan,  Yogyakarta, Aditya Media

Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.

Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset

Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK.

References

  1. Buku wajib.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara

Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.

  1. Buku anjuran

Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan,  Yogyakarta, Aditya Media

Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.

Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset

Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.


Details ...