Courser in English | CLASSROOM ACTION RESEARCH |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 20 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK.
References- Buku wajib.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara
Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.
- Buku anjuran
Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan, Yogyakarta, Aditya Media
Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.
Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset
Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.
Details ...
Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK.
References- Buku wajib.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara
Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.
- Buku anjuran
Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan, Yogyakarta, Aditya Media
Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.
Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset
Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.
Details ...
Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK.
References- Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara
- Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.
- Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan, Yogyakarta, Aditya Media
- Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.
- Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset
- Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.
Details ...
Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK.
References- Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara
- Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.
- Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan, Yogyakarta, Aditya Media
- Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.
- Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset
- Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.
Details ...
Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun rancangan proposal PTK.
Learning OutcomesSetelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menyusun rancangan proposal PTK.
References- Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara
- Supardi, 2012, Startegi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.
- Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan, Yogyakarta, Aditya Media
- Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.
- Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset
- Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.
Details ...
Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat melakukan PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi Guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun proposal, pelaksanaan, sistematika dan komponen penyusunan laporannya.
Learning OutcomesMahasiswa mampu membuat, memiliki ketrampilan dan bersikap mandiri dan terukur dalam merancang proposal dan laporan penelitian tindakan kelas.
ReferencesSuharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara
Supardi, 2012, Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.
Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan, Yogyakarta, Aditya Media
Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.
Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset
Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.
Details ...
Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat melakukan PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi Guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun proposal, pelaksanaan, sistematika dan komponen penyusunan laporannya.
Learning OutcomesMahasiswa mampu membuat, memiliki ketrampilan dan bersikap mandiri dan terukur dalam merancang proposal dan laporan penelitian tindakan kelas.
ReferencesSuharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara
Supardi, 2012, Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.
Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan, Yogyakarta, Aditya Media
Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.
Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset
Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.
Details ...
Mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu dari mata kuliah kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) di Universitas PGRI Semarang. PTK merupakan salah satu bentuk Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian, yang merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat melakukan PTK, yakni sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru yang berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Adapun yang dipelajari adalah jenis-jenis penelitian pendidikan, pengertian PTK dan kaitannya dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), manfaatnya bagi Guru, prinsip dan karakteristik, permasalahan, rumusan masalah dan tujuan penelitian, siklus dan tahapan siklus, kajian teori dan temuan yang relevan, instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data, menyusun proposal, pelaksanaan, sistematika dan komponen penyusunan laporannya.
Learning OutcomesMahasiswa mampu membuat, memiliki ketrampilan dan bersikap mandiri dan terukur dalam merancang proposal dan laporan penelitian tindakan kelas.
ReferencesSuharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara
Supardi, 2012, Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, Penerbit Andi Ofset.
Suharsimi Arikunto, 2010, Penelitian Tindakan, Yogyakarta, Aditya Media
Suhardjono, dkk, 2011, Publikasi Ilmiah, dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, berdasarkan Permennegpan dan RB no. 16/2009 tentang jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Batu Malang, Jakrawala Indonesia.
Supardi, 2012, Publikasi Ilmiah Non Penelitian, Yogyakarta, Penerbit Andi Offset
Wardani, Igak, DKK, 2007; Penelitian Tindakan Kelas, buku materi pokok IDIK 4008/2sks/Modul 1-6 Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.
Details ...