Perencanaan Pembelajaran AUD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishLearning Plans of Early Childhood Education
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS3 SKS
RPS16 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang teori, prinsip, dan prosedur perencanaan pembelajaran sesuai model pembelajaran inovatif untuk anak usia dini. Mahasiswa mengidentifikasi komponen perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, semester, bulanan, mingguan, dan harian. Selanjutnya mahasiswa juga menyusun perangkat bahan ajar.

Learning Outcomes

CPL PRODI

 

  1. Memilih pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran;
  2. menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam perencanaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran;
  3.  menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan;
  4. melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkugan dan perkembangan jaman;
  5. mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas

CP-MK

 

Setelah mengikuti mata kuliah Perencanaan Pembelajaran, mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek memnyusun perencaan pembelajaran

References

    1. Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
    2. Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
    3. Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
    4. Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
    5. R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
    6. Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.

Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang teori, prinsip, dan prosedur perencanaan pembelajaran sesuai model pembelajaran inovatif untuk anak usia dini. Mahasiswa mengidentifikasi komponen perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, semester, bulanan, mingguan, dan harian. Selanjutnya mahasiswa juga menyusun perangkat bahan ajar.

Learning Outcomes

CPL PRODI

 

  1. Memilih pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran;
  2. menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam perencanaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran;
  3.  menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan;
  4. melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkugan dan perkembangan jaman;
  5. mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas

CP-MK

 

Setelah mengikuti mata kuliah Perencanaan Pembelajaran, mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek memnyusun perencaan pembelajaran

References

    1. Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
    2. Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
    3. Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
    4. Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
    5. R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
    6. Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.

Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang teori, prinsip, dan prosedur perencanaan pembelajaran sesuai model pembelajaran inovatif untuk anak usia dini. Mahasiswa mengidentifikasi komponen perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, semester, bulanan, mingguan, dan harian. Selanjutnya mahasiswa juga menyusun perangkat bahan ajar.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah Perencanaan Pembelajaran, mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek memnyusun perencaan pembelajaran

References

  1. Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  3. Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
  4. Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
  5. R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
  6. Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.
  7. Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang teori, prinsip, dan prosedur perencanaan pembelajaran sesuai model pembelajaran inovatif untuk anak usia dini. Mahasiswa mengidentifikasi komponen perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, semester, bulanan, mingguan, dan harian. Selanjutnya mahasiswa juga menyusun perangkat bahan ajar.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah Perencanaan Pembelajaran, mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek memnyusun perencaan pembelajaran

References

  1. Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  3. Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
  4. Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
  5. R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
  6. Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.
  7. Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang teori, prinsip, dan prosedur perencanaan pembelajaran sesuai model pembelajaran inovatif untuk anak usia dini. Mahasiswa mengidentifikasi komponen perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, semester, bulanan, mingguan, dan harian. Selanjutnya mahasiswa juga menyusun perangkat bahan ajar.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah Perencanaan Pembelajaran, mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek memnyusun perencaan pembelajaran

References

  1. Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  3. Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
  4. Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
  5. Pedoman Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 PAUD.
  6. R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
  7. Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang teori, prinsip, dan prosedur perencanaan pembelajaran sesuai model pembelajaran inovatif untuk anak usia dini. Mahasiswa mengidentifikasi komponen perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, semester, bulanan, mingguan, dan harian. Selanjutnya mahasiswa juga menyusun perangkat bahan ajar.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah Perencanaan Pembelajaran, mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek memnyusun perencaan pembelajaran

References

  1. Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  3. Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
  4. Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
  5. Pedoman Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 PAUD.
  6. R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
  7. Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga


Details ...