Perencanaan Pembelajaran AUD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishLearning Plans of Early Childhood Education
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS3 SKS
RPS16 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek menyusun dan mengembangkan perencanaan pembelajaran yang kreatif  inovatif sesuai perkembangan jaman.

Learning Outcomes

1. S.6.Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

2. S.10. Menginternalisasi semangat kemandirian dan kewirausahaan.

3. P.6.  Menguasai Wawasan sosio kultural; (6.1, 6.2)

4. P.7. Menguasai wawasan ilmu pengetahuan dan tekhnologi (7.1, 7.2) 

5. KU.1. Mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; (1.1, 1.2, 1.3)

6. KK 7. mengembangkan lingkungan belajar yang aman, menyenangkan, dan menantang peserta didik untuk berkreasi(7.1, 7.2, 7.3)

References

  1. 1. Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
  2. 2. Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  3. 3. Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
  4. 4. Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
  5. 5. R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
  6. 6. Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan  Mengajar. Jakarta.Rajawali
  7. 7. Pedoman Kurikulum 2013 PAUD


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek menyusun dan mengembangkan perencanaan pembelajaran yang kreatif  inovatif sesuai perkembangan jaman.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah perencanaan pembelajaran mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengetahui  hakikat, dan prinsip  rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan (S9, P13,KU5, KK5)

CPMK2

Mengimplementasikan webbing tema, memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian. (S9, P13,KU5, KK5,KK6)

CPMK3

Mengembangkan perencanaan, menyusun webbing tema dan langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab . (S9, P13,KU5, KK5,KK6)

CPMK4

Menganalisa rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, webbing tema dan langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian serta komponen dalam RPPH, dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab . (S9, P13,KU5, KK5,KK6)

CPMK5

Mengevaluasi   program semester, mingguan, sampai harian serta komponen dalam RPPH, dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab . (S9, P13,KU5, KK5,KK6)

CPMK6

Menciptakan program semester, mingguan, sampai harian dengan kreatif  inovatif, melalui pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis . (S9, P13,KU5, KK5,KK6)

References

    1. Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
    2. Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
    3. Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
    4. Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
    5. R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
    6. Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.
    7. Pedoman Kurikulum 2013 PAUD


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek menyusun dan mengembangkan perencanaan pembelajaran yang kreatif  inovatif sesuai perkembangan jaman.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah perencanaan pembelajaran mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengetahui  hakikat, dan prinsip  rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan (S9, P13,KU5, KK5)

CPMK2

Mengimplementasikan webbing tema, memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian. (S9, P13,KU5, KK5,KK6)

CPMK3

Mengembangkan perencanaan, menyusun webbing tema dan langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab . (S9, P13,KU5, KK5,KK6)

CPMK4

Menganalisa rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, webbing tema dan langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian serta komponen dalam RPPH, dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab . (S9, P13,KU5, KK5,KK6)

CPMK5

Mengevaluasi   program semester, mingguan, sampai harian serta komponen dalam RPPH, dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab . (S9, P13,KU5, KK5,KK6)

CPMK6

Menciptakan program semester, mingguan, sampai harian dengan kreatif  inovatif, melalui pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis . (S9, P13,KU5, KK5,KK6)

References

    1. Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
    2. Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
    3. Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
    4. Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
    5. R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
    6. Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.
    7. Pedoman Kurikulum 2013 PAUD


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek menyusun dan mengembangkan perencanaan pembelajaran yang kreatif  inovatif sesuai perkembangan jaman.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah perencanaan pembelajaran mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengetahui  hakikat, dan prinsip  rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan (S9, P13,KU5, KK5)

CPMK2

Mengimplementasikan webbing tema, memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian. (S9, P13,KU5, KK5,KK6)

CPMK3

Mengembangkan perencanaan, menyusun webbing tema dan langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab . (S9, P13,KU5, KK5,KK6)

CPMK4

Menganalisa rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, webbing tema dan langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian serta komponen dalam RPPH, dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab . (S9, P13,KU5, KK5,KK6)

CPMK5

Mengevaluasi   program semester, mingguan, sampai harian serta komponen dalam RPPH, dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab . (S9, P13,KU5, KK5,KK6)

CPMK6

Menciptakan program semester, mingguan, sampai harian dengan kreatif  inovatif, melalui pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis . (S9, P13,KU5, KK5,KK6)

References

    1. Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
    2. Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
    3. Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
    4. Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
    5. R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
    6. Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.
    7. Pedoman Kurikulum 2013 PAUD


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek menyusun dan mengembangkan perencanaan pembelajaran yang kreatif  inovatif sesuai perkembangan jaman.

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah perencanaan pembelajaran mahasiswa mampu:

CPMK1

Mengetahui  hakikat, dan prinsip  rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan (S9, P13,KU5, KK5)

CPMK2

Mengimplementasikan webbing tema, memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian. (S9, P13,KU5, KK5,KK6)

CPMK3

Mengembangkan perencanaan, menyusun webbing tema dan langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab . (S9, P13,KU5, KK5,KK6)

CPMK4

Menganalisa rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, webbing tema dan langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian serta komponen dalam RPPH, dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab . (S9, P13,KU5, KK5,KK6)

CPMK5

Mengevaluasi   program semester, mingguan, sampai harian serta komponen dalam RPPH, dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab . (S9, P13,KU5, KK5,KK6)

CPMK6

Menciptakan program semester, mingguan, sampai harian dengan kreatif  inovatif, melalui pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis . (S9, P13,KU5, KK5,KK6)

References

    1. Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
    2. Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
    3. Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
    4. Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
    5. R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
    6. Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.
    7. Pedoman Kurikulum 2013 PAUD


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang teori, prinsip, dan prosedur perencanaan pembelajaran sesuai model pembelajaran inovatif untuk anak usia dini. Mahasiswa mengidentifikasi komponen perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, semester, bulanan, mingguan, dan harian. Selanjutnya mahasiswa juga menyusun perangkat bahan ajar.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah Perencanaan Pembelajaran, mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek memnyusun perencaan pembelajaran

References

    1. Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
    2. Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
    3. Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
    4. Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
    5. R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
    6. Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.
    7. Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang teori, prinsip, dan prosedur perencanaan pembelajaran sesuai model pembelajaran inovatif untuk anak usia dini. Mahasiswa mengidentifikasi komponen perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, semester, bulanan, mingguan, dan harian. Selanjutnya mahasiswa juga menyusun perangkat bahan ajar.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah Perencanaan Pembelajaran, mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek memnyusun perencaan pembelajaran

References

    1. Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
    2. Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
    3. Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
    4. Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
    5. R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
    6. Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.
    7. Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang teori, prinsip, dan prosedur perencanaan pembelajaran sesuai model pembelajaran inovatif untuk anak usia dini. Mahasiswa mengidentifikasi komponen perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, semester, bulanan, mingguan, dan harian. Selanjutnya mahasiswa juga menyusun perangkat bahan ajar.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah Perencanaan Pembelajaran, mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek memnyusun perencaan pembelajaran

References

    1. Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
    2. Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
    3. Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
    4. Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
    5. R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
    6. Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.
    7. Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang teori, prinsip, dan prosedur perencanaan pembelajaran sesuai model pembelajaran inovatif untuk anak usia dini. Mahasiswa mengidentifikasi komponen perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, semester, bulanan, mingguan, dan harian. Selanjutnya mahasiswa juga menyusun perangkat bahan ajar.

Learning Outcomes

CPL PRODI

 

  1. Memilih pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran;
  2. menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam perencanaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran;
  3.  menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan;
  4. melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkugan dan perkembangan jaman;
  5. mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas

CP-MK

 

Setelah mengikuti mata kuliah Perencanaan Pembelajaran, mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek memnyusun perencaan pembelajaran

References

    1. Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
    2. Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
    3. Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
    4. Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
    5. R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
    6. Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.

Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang teori, prinsip, dan prosedur perencanaan pembelajaran sesuai model pembelajaran inovatif untuk anak usia dini. Mahasiswa mengidentifikasi komponen perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, semester, bulanan, mingguan, dan harian. Selanjutnya mahasiswa juga menyusun perangkat bahan ajar.

Learning Outcomes

CPL PRODI

 

  1. Memilih pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran;
  2. menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam perencanaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran;
  3.  menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan;
  4. melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkugan dan perkembangan jaman;
  5. mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas

CP-MK

 

Setelah mengikuti mata kuliah Perencanaan Pembelajaran, mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek memnyusun perencaan pembelajaran

References

    1. Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
    2. Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
    3. Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
    4. Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
    5. R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
    6. Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.

Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang teori, prinsip, dan prosedur perencanaan pembelajaran sesuai model pembelajaran inovatif untuk anak usia dini. Mahasiswa mengidentifikasi komponen perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, semester, bulanan, mingguan, dan harian. Selanjutnya mahasiswa juga menyusun perangkat bahan ajar.

Learning Outcomes

CPL PRODI

 

  1. Memilih pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran;
  2. menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam perencanaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran;
  3.  menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan;
  4. melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkugan dan perkembangan jaman;
  5. mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas

CP-MK

 

Setelah mengikuti mata kuliah Perencanaan Pembelajaran, mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek memnyusun perencaan pembelajaran

References

    1. Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
    2. Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
    3. Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
    4. Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
    5. R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
    6. Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.

Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang teori, prinsip, dan prosedur perencanaan pembelajaran sesuai model pembelajaran inovatif untuk anak usia dini. Mahasiswa mengidentifikasi komponen perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, semester, bulanan, mingguan, dan harian. Selanjutnya mahasiswa juga menyusun perangkat bahan ajar.

Learning Outcomes

CPL PRODI

 

  1. Memilih pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran;
  2. menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam perencanaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran;
  3.  menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan;
  4. melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkugan dan perkembangan jaman;
  5. mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas

CP-MK

 

Setelah mengikuti mata kuliah Perencanaan Pembelajaran, mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek memnyusun perencaan pembelajaran

References

    1. Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
    2. Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
    3. Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
    4. Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
    5. R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
    6. Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.

Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga


Details ...