Courser in English | Learning Plans of Early Childhood Education |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 16 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek menyusun dan mengembangkan perencanaan pembelajaran yang kreatif inovatif sesuai perkembangan jaman.
Learning Outcomes1. S.6.Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
2. S.10. Menginternalisasi semangat kemandirian dan kewirausahaan.
3. P.6. Menguasai Wawasan sosio kultural; (6.1, 6.2)
4. P.7. Menguasai wawasan ilmu pengetahuan dan tekhnologi (7.1, 7.2)
5. KU.1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; (1.1, 1.2, 1.3)
6. KK 7. mengembangkan lingkungan belajar yang aman, menyenangkan, dan menantang peserta didik untuk berkreasi(7.1, 7.2, 7.3)
References- 1. Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
- 2. Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
- 3. Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
- 4. Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
- 5. R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
- 6. Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali
- 7. Pedoman Kurikulum 2013 PAUD
Details ...
Mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek menyusun dan mengembangkan perencanaan pembelajaran yang kreatif inovatif sesuai perkembangan jaman.
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah perencanaan pembelajaran mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Mengetahui hakikat, dan prinsip rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan (S9, P13,KU5, KK5) |
CPMK2 |
Mengimplementasikan webbing tema, memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian. (S9, P13,KU5, KK5,KK6) |
CPMK3 |
Mengembangkan perencanaan, menyusun webbing tema dan langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab . (S9, P13,KU5, KK5,KK6) |
CPMK4 |
Menganalisa rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, webbing tema dan langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian serta komponen dalam RPPH, dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab . (S9, P13,KU5, KK5,KK6) |
CPMK5 |
Mengevaluasi program semester, mingguan, sampai harian serta komponen dalam RPPH, dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab . (S9, P13,KU5, KK5,KK6) |
CPMK6 |
Menciptakan program semester, mingguan, sampai harian dengan kreatif inovatif, melalui pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis . (S9, P13,KU5, KK5,KK6) |
-
- Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
- Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
- Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
- Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
- R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
- Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.
- Pedoman Kurikulum 2013 PAUD
Details ...
Mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek menyusun dan mengembangkan perencanaan pembelajaran yang kreatif inovatif sesuai perkembangan jaman.
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah perencanaan pembelajaran mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Mengetahui hakikat, dan prinsip rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan (S9, P13,KU5, KK5) |
CPMK2 |
Mengimplementasikan webbing tema, memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian. (S9, P13,KU5, KK5,KK6) |
CPMK3 |
Mengembangkan perencanaan, menyusun webbing tema dan langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab . (S9, P13,KU5, KK5,KK6) |
CPMK4 |
Menganalisa rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, webbing tema dan langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian serta komponen dalam RPPH, dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab . (S9, P13,KU5, KK5,KK6) |
CPMK5 |
Mengevaluasi program semester, mingguan, sampai harian serta komponen dalam RPPH, dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab . (S9, P13,KU5, KK5,KK6) |
CPMK6 |
Menciptakan program semester, mingguan, sampai harian dengan kreatif inovatif, melalui pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis . (S9, P13,KU5, KK5,KK6) |
-
- Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
- Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
- Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
- Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
- R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
- Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.
- Pedoman Kurikulum 2013 PAUD
Details ...
Mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek menyusun dan mengembangkan perencanaan pembelajaran yang kreatif inovatif sesuai perkembangan jaman.
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah perencanaan pembelajaran mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Mengetahui hakikat, dan prinsip rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan (S9, P13,KU5, KK5) |
CPMK2 |
Mengimplementasikan webbing tema, memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian. (S9, P13,KU5, KK5,KK6) |
CPMK3 |
Mengembangkan perencanaan, menyusun webbing tema dan langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab . (S9, P13,KU5, KK5,KK6) |
CPMK4 |
Menganalisa rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, webbing tema dan langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian serta komponen dalam RPPH, dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab . (S9, P13,KU5, KK5,KK6) |
CPMK5 |
Mengevaluasi program semester, mingguan, sampai harian serta komponen dalam RPPH, dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab . (S9, P13,KU5, KK5,KK6) |
CPMK6 |
Menciptakan program semester, mingguan, sampai harian dengan kreatif inovatif, melalui pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis . (S9, P13,KU5, KK5,KK6) |
-
- Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
- Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
- Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
- Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
- R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
- Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.
- Pedoman Kurikulum 2013 PAUD
Details ...
Mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek menyusun dan mengembangkan perencanaan pembelajaran yang kreatif inovatif sesuai perkembangan jaman.
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah perencanaan pembelajaran mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Mengetahui hakikat, dan prinsip rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan (S9, P13,KU5, KK5) |
CPMK2 |
Mengimplementasikan webbing tema, memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian. (S9, P13,KU5, KK5,KK6) |
CPMK3 |
Mengembangkan perencanaan, menyusun webbing tema dan langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab . (S9, P13,KU5, KK5,KK6) |
CPMK4 |
Menganalisa rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, webbing tema dan langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian serta komponen dalam RPPH, dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab . (S9, P13,KU5, KK5,KK6) |
CPMK5 |
Mengevaluasi program semester, mingguan, sampai harian serta komponen dalam RPPH, dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab . (S9, P13,KU5, KK5,KK6) |
CPMK6 |
Menciptakan program semester, mingguan, sampai harian dengan kreatif inovatif, melalui pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis . (S9, P13,KU5, KK5,KK6) |
-
- Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
- Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
- Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
- Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
- R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
- Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.
- Pedoman Kurikulum 2013 PAUD
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang teori, prinsip, dan prosedur perencanaan pembelajaran sesuai model pembelajaran inovatif untuk anak usia dini. Mahasiswa mengidentifikasi komponen perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, semester, bulanan, mingguan, dan harian. Selanjutnya mahasiswa juga menyusun perangkat bahan ajar.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah Perencanaan Pembelajaran, mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek memnyusun perencaan pembelajaran
References-
- Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
- Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
- Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
- Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
- R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
- Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.
- Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang teori, prinsip, dan prosedur perencanaan pembelajaran sesuai model pembelajaran inovatif untuk anak usia dini. Mahasiswa mengidentifikasi komponen perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, semester, bulanan, mingguan, dan harian. Selanjutnya mahasiswa juga menyusun perangkat bahan ajar.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah Perencanaan Pembelajaran, mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek memnyusun perencaan pembelajaran
References-
- Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
- Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
- Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
- Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
- R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
- Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.
- Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang teori, prinsip, dan prosedur perencanaan pembelajaran sesuai model pembelajaran inovatif untuk anak usia dini. Mahasiswa mengidentifikasi komponen perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, semester, bulanan, mingguan, dan harian. Selanjutnya mahasiswa juga menyusun perangkat bahan ajar.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah Perencanaan Pembelajaran, mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek memnyusun perencaan pembelajaran
References-
- Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
- Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
- Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
- Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
- R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
- Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.
- Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang teori, prinsip, dan prosedur perencanaan pembelajaran sesuai model pembelajaran inovatif untuk anak usia dini. Mahasiswa mengidentifikasi komponen perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, semester, bulanan, mingguan, dan harian. Selanjutnya mahasiswa juga menyusun perangkat bahan ajar.
Learning Outcomes
CPL PRODI |
|
|
|
CP-MK |
|
Setelah mengikuti mata kuliah Perencanaan Pembelajaran, mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek memnyusun perencaan pembelajaran |
-
- Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
- Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
- Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
- Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
- R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
- Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.
Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang teori, prinsip, dan prosedur perencanaan pembelajaran sesuai model pembelajaran inovatif untuk anak usia dini. Mahasiswa mengidentifikasi komponen perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, semester, bulanan, mingguan, dan harian. Selanjutnya mahasiswa juga menyusun perangkat bahan ajar.
Learning Outcomes
CPL PRODI |
|
|
|
CP-MK |
|
Setelah mengikuti mata kuliah Perencanaan Pembelajaran, mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek memnyusun perencaan pembelajaran |
-
- Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
- Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
- Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
- Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
- R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
- Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.
Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang teori, prinsip, dan prosedur perencanaan pembelajaran sesuai model pembelajaran inovatif untuk anak usia dini. Mahasiswa mengidentifikasi komponen perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, semester, bulanan, mingguan, dan harian. Selanjutnya mahasiswa juga menyusun perangkat bahan ajar.
Learning Outcomes
CPL PRODI |
|
|
|
CP-MK |
|
Setelah mengikuti mata kuliah Perencanaan Pembelajaran, mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek memnyusun perencaan pembelajaran |
-
- Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
- Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
- Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
- Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
- R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
- Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.
Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang teori, prinsip, dan prosedur perencanaan pembelajaran sesuai model pembelajaran inovatif untuk anak usia dini. Mahasiswa mengidentifikasi komponen perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, semester, bulanan, mingguan, dan harian. Selanjutnya mahasiswa juga menyusun perangkat bahan ajar.
Learning Outcomes
CPL PRODI |
|
|
|
CP-MK |
|
Setelah mengikuti mata kuliah Perencanaan Pembelajaran, mahasiswa mampu memahami Pengertian rencana pembelajaran, rambu-rambu dalam menyusun perencanaan, fungsi dan jenis perencanaan, menyusun webbing tema dan memahami langkah-langkah penyusunan program semester, mingguan, sampai harian dan komponen dalam RPPH, dan praktek memnyusun perencaan pembelajaran |
-
- Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
- Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
- Permendikbud No 137, tahun 2014, Standar PAUD
- Permendikbud No 146, tahun 2014, Kurikulum 2013 PAUD
- R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
- Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.
Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga
Details ...