Courser in English | LINGUISTIC THEORIES |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 20 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk Linguistik, dari sejarah dan perkembangan konsep & teori sebelum abad 20 hingga sekarang, serta penerapannya dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari teori-teori Linguistik.
2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi teori-teori Linguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan Linguistik.
4. Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan Linguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
References1. Soeparno. 2002. Dasar-Dasar linguistik Umum. Yogyakarta: Tiara Wacana.
2. Alwasilah, A. Chaedar. 2011. Beberapa Mazhab dan Dikotomi Teori Linguistik. Bandung: Angkasa.
3. Parera, J.D. 1986. Linguistik Edukasional. Jakarta: Penerbit Erlangga.
4. Pateda, Mansoer. 2011. Linguistik: Sebuah Pengantar. Bandung: Angkasa.
5. Kushartanti, dkk. 2005. Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
6. Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
7. Samsuri. 1988. Berbagai Aliran Linguistik Abad XX. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
8. Halliday, M.A.K. dan Matthiesen, Christian. 2004. An Introdution to Functional Grammar. London: Hodder Arnold.
9. Halliday, M.A.K. 2007. Language Education. London: Continuum.
10. Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
11. Samsuri. 1991. Analisis Bahasa: Memahami Bahasa secara Ilmiah. Jakarta: Erlangga.
12. Mackey, W. F. 1984. Analisis Bahasa untuk Pengajaran Bahasa. Surabaya: Usaha Nasional.
13. Corder, S. Pit. 1973. Introducing Applied Linguistics. Canada: Penguin Books.
14. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk Linguistik, dari sejarah dan perkembangan konsep & teori sebelum abad 20 hingga sekarang, serta penerapannya dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari teori-teori Linguistik.
2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi teori-teori Linguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan Linguistik.
4. Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan Linguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
References1. Soeparno. 2002. Dasar-Dasar linguistik Umum. Yogyakarta: Tiara Wacana.
2. Alwasilah, A. Chaedar. 2011. Beberapa Mazhab dan Dikotomi Teori Linguistik. Bandung: Angkasa.
3. Parera, J.D. 1986. Linguistik Edukasional. Jakarta: Penerbit Erlangga.
4. Pateda, Mansoer. 2011. Linguistik: Sebuah Pengantar. Bandung: Angkasa.
5. Kushartanti, dkk. 2005. Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
6. Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
7. Samsuri. 1988. Berbagai Aliran Linguistik Abad XX. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
8. Halliday, M.A.K. dan Matthiesen, Christian. 2004. An Introdution to Functional Grammar. London: Hodder Arnold.
9. Halliday, M.A.K. 2007. Language Education. London: Continuum.
10. Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
11. Samsuri. 1991. Analisis Bahasa: Memahami Bahasa secara Ilmiah. Jakarta: Erlangga.
12. Mackey, W. F. 1984. Analisis Bahasa untuk Pengajaran Bahasa. Surabaya: Usaha Nasional.
13. Corder, S. Pit. 1973. Introducing Applied Linguistics. Canada: Penguin Books.
14. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk Linguistik, dari sejarah dan perkembangan konsep & teori sebelum abad 20 hingga sekarang, serta penerapannya dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
Learning OutcomesCAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:
- Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari teori-teori Linguistik.
- Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi teori-teori Linguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
- Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan Linguistik.
- Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan Linguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
References1. Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
2. Samsuri. 1991. Analisis Bahasa: Memahami Bahasa secara Ilmiah. Jakarta: Erlangga.
3. Mackey, W. F. 1984. Analisis Bahasa untuk Pengajaran Bahasa. Surabaya: Usaha Nasional.
4. Corder, S. Pit. 1973. Introducing Applied Linguistics. Canada: Penguin Books.
5. Halliday, M.A.K. 2007. Language Education. London: Continuum.
6. Soeparno. 2002. Dasar-Dasar linguistik Umum. Yogyakarta: Tiara Wacana.
7. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.
8. Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
9. Samsuri. 1988. Berbagai Aliran Linguistik Abad XX. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
10. Purwo, Bambang Kaswanti (ed.). 1985. Untaian Teori Sintaksis 1970—1980-an. Jakarta: Arcan.
11. Halliday, M.A.K. dan Matthiesen, Christian. 2004. An Introdution to Functional Grammar. London: Hodder Arnold.
12. Crystal, David. 2005. How Language Works: How Babies Babble, Words Change Meaning, and Languages Live or Die. New York: Penguin Books Inc.
13. Parera, J.D. 1986. Linguistik Edukasional. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk Linguistik, dari sejarah dan perkembangan konsep & teori sebelum abad 20 hingga sekarang, serta penerapannya dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
Learning OutcomesCAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:
- Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari teori-teori Linguistik.
- Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi teori-teori Linguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
- Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan Linguistik.
- Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan Linguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
References1. Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
2. Samsuri. 1991. Analisis Bahasa: Memahami Bahasa secara Ilmiah. Jakarta: Erlangga.
3. Mackey, W. F. 1984. Analisis Bahasa untuk Pengajaran Bahasa. Surabaya: Usaha Nasional.
4. Corder, S. Pit. 1973. Introducing Applied Linguistics. Canada: Penguin Books.
5. Halliday, M.A.K. 2007. Language Education. London: Continuum.
6. Soeparno. 2002. Dasar-Dasar linguistik Umum. Yogyakarta: Tiara Wacana.
7. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.
8. Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
9. Samsuri. 1988. Berbagai Aliran Linguistik Abad XX. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
10. Purwo, Bambang Kaswanti (ed.). 1985. Untaian Teori Sintaksis 1970—1980-an. Jakarta: Arcan.
11. Halliday, M.A.K. dan Matthiesen, Christian. 2004. An Introdution to Functional Grammar. London: Hodder Arnold.
12. Crystal, David. 2005. How Language Works: How Babies Babble, Words Change Meaning, and Languages Live or Die. New York: Penguin Books Inc.
13. Parera, J.D. 1986. Linguistik Edukasional. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk Linguistik, dari sejarah dan perkembangan konsep & teori sebelum abad 20 hingga sekarang, serta penerapannya dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
Learning OutcomesCAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:
- Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari teori-teori Linguistik.
- Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi teori-teori Linguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
- Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan Linguistik.
- Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan Linguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
References1. Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
2. Samsuri. 1991. Analisis Bahasa: Memahami Bahasa secara Ilmiah. Jakarta: Erlangga.
3. Mackey, W. F. 1984. Analisis Bahasa untuk Pengajaran Bahasa. Surabaya: Usaha Nasional.
4. Corder, S. Pit. 1973. Introducing Applied Linguistics. Canada: Penguin Books.
5. Halliday, M.A.K. 2007. Language Education. London: Continuum.
6. Soeparno. 2002. Dasar-Dasar linguistik Umum. Yogyakarta: Tiara Wacana.
7. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.
8. Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
9. Samsuri. 1988. Berbagai Aliran Linguistik Abad XX. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
10. Purwo, Bambang Kaswanti (ed.). 1985. Untaian Teori Sintaksis 1970—1980-an. Jakarta: Arcan.
11. Halliday, M.A.K. dan Matthiesen, Christian. 2004. An Introdution to Functional Grammar. London: Hodder Arnold.
12. Crystal, David. 2005. How Language Works: How Babies Babble, Words Change Meaning, and Languages Live or Die. New York: Penguin Books Inc.
13. Parera, J.D. 1986. Linguistik Edukasional. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Details ...
Teori-teori Linguistik adalah matakuliah yang mempelajari linguistik dalam lingkup pengajaran bahasa. Dengan mempelajari teori-teori linguistik, mahasiswa dapat memperluas cakrawala pengetahuan kebahasaan secara lebih luas dan mendalam.
Learning Outcomes- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari teori-teori linguistik.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi teori-teori linguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
- Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan linguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
- Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan linguistik.
Crystal, David. 2008. A Dictionary of Linguistics and Phonetics. Blackwell: Blackwell Publishing Ltd.
Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Samsuri. 1988. Berbagai Aliran Linguistik Abad XX. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Purwo, Bambang Kaswanti (ed.). 1985. Untaian Teori Sintaksis 1970—1980-an. Jakarta: Arcan.
Halliday, M.A.K. dan Matthiesen, Christian. 2004. An Introdution to Functional Grammar. London: Hodder Arnold.
Crystal, David. 2005. How Language Works: How Babies Babble, Words Change Meaning, and Languages Live or Die. New York: Penguin Books Inc.
Parera, J.D. 1986. Linguistik Edukasional. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Verhaar, J.W.M. 2004. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Alwasilah, A. Chaedar. 2005. Pengantar Penelitian Linguistik Terapan. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Crystal, David. 2008. A Dictionary of Linguistics and Phonetics. Blackwell: Blackwell Publishing Ltd.
Crystal, David. 2005. How Language Works: How Babies Babble, Words Change Meaning, and Languages Live or Die. New York: Penguin Books Inc.
Kentjono, Djoko. 1997. Dasar-dasar Linguistik Umum. Fakultas Sastra Universitas Indonesia. (Mimeo)
Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Pengantar ke dalam Pengantar Linguistik Umum. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo)
Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo)
Sudaryanto. 1996. Linguistik: Identitasnya, Cara Penanganannya Objeknya, dan Hasil Kajiannya. Yogyakarta: Dutawacana University Press.
Verhaar, J.W.M. 2004. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Details ...
Teori-teori Linguistik adalah matakuliah yang mempelajari linguistik dalam lingkup pengajaran bahasa. Dengan mempelajari teori-teori linguistik, mahasiswa dapat memperluas cakrawala pengetahuan kebahasaan secara lebih luas dan mendalam.
Learning Outcomes- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari teori-teori linguistik.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi teori-teori linguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
- Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan linguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
- Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan linguistik.
Crystal, David. 2008. A Dictionary of Linguistics and Phonetics. Blackwell: Blackwell Publishing Ltd.
Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Samsuri. 1988. Berbagai Aliran Linguistik Abad XX. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Purwo, Bambang Kaswanti (ed.). 1985. Untaian Teori Sintaksis 1970—1980-an. Jakarta: Arcan.
Halliday, M.A.K. dan Matthiesen, Christian. 2004. An Introdution to Functional Grammar. London: Hodder Arnold.
Crystal, David. 2005. How Language Works: How Babies Babble, Words Change Meaning, and Languages Live or Die. New York: Penguin Books Inc.
Parera, J.D. 1986. Linguistik Edukasional. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Verhaar, J.W.M. 2004. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Alwasilah, A. Chaedar. 2005. Pengantar Penelitian Linguistik Terapan. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Crystal, David. 2008. A Dictionary of Linguistics and Phonetics. Blackwell: Blackwell Publishing Ltd.
Crystal, David. 2005. How Language Works: How Babies Babble, Words Change Meaning, and Languages Live or Die. New York: Penguin Books Inc.
Kentjono, Djoko. 1997. Dasar-dasar Linguistik Umum. Fakultas Sastra Universitas Indonesia. (Mimeo)
Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Pengantar ke dalam Pengantar Linguistik Umum. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo)
Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo)
Sudaryanto. 1996. Linguistik: Identitasnya, Cara Penanganannya Objeknya, dan Hasil Kajiannya. Yogyakarta: Dutawacana University Press.
Verhaar, J.W.M. 2004. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Details ...
Teori-teori Linguistik adalah matakuliah yang mempelajari linguistik dalam lingkup pengajaran bahasa. Dengan mempelajari teori-teori linguistik, mahasiswa dapat memperluas cakrawala pengetahuan kebahasaan secara lebih luas dan mendalam.
Learning Outcomes- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari teori-teori linguistik.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi teori-teori linguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
- Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan linguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
- Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan linguistik.
Crystal, David. 2008. A Dictionary of Linguistics and Phonetics. Blackwell: Blackwell Publishing Ltd.
Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Samsuri. 1988. Berbagai Aliran Linguistik Abad XX. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Purwo, Bambang Kaswanti (ed.). 1985. Untaian Teori Sintaksis 1970—1980-an. Jakarta: Arcan.
Halliday, M.A.K. dan Matthiesen, Christian. 2004. An Introdution to Functional Grammar. London: Hodder Arnold.
Crystal, David. 2005. How Language Works: How Babies Babble, Words Change Meaning, and Languages Live or Die. New York: Penguin Books Inc.
Parera, J.D. 1986. Linguistik Edukasional. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Verhaar, J.W.M. 2004. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Alwasilah, A. Chaedar. 2005. Pengantar Penelitian Linguistik Terapan. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Crystal, David. 2008. A Dictionary of Linguistics and Phonetics. Blackwell: Blackwell Publishing Ltd.
Crystal, David. 2005. How Language Works: How Babies Babble, Words Change Meaning, and Languages Live or Die. New York: Penguin Books Inc.
Kentjono, Djoko. 1997. Dasar-dasar Linguistik Umum. Fakultas Sastra Universitas Indonesia. (Mimeo)
Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Pengantar ke dalam Pengantar Linguistik Umum. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo)
Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo)
Sudaryanto. 1996. Linguistik: Identitasnya, Cara Penanganannya Objeknya, dan Hasil Kajiannya. Yogyakarta: Dutawacana University Press.
Verhaar, J.W.M. 2004. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Details ...