Courser in English | LINGUISTIC THEORIES |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 20 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk Linguistik, dari sejarah dan perkembangan konsep & teori sebelum abad 20 hingga sekarang, serta penerapannya dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada saat ini.
Learning OutcomesCAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:
- Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari teori-teori Linguistik.
- Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi teori-teori Linguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
- Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan Linguistik.
- Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan Linguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
References1. Soeparno. 2002. Dasar-Dasar linguistik Umum. Yogyakarta: Tiara Wacana.
2. Alwasilah, A. Chaedar. 2011. Beberapa Mazhab dan Dikotomi Teori Linguistik. Bandung: Angkasa.
3. Parera, J.D. 1986. Linguistik Edukasional. Jakarta: Penerbit Erlangga.
4. Pateda, Mansoer. 2011. Linguistik: Sebuah Pengantar. Bandung: Angkasa.
5. Kushartanti, dkk. 2005. Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
6. Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
7. Samsuri. 1988. Berbagai Aliran Linguistik Abad XX. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
8. Halliday, M.A.K. dan Matthiesen, Christian. 2004. An Introdution to Functional Grammar. London: Hodder Arnold.
9. Halliday, M.A.K. 2007. Language Education. London: Continuum.
10. Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
11. Samsuri. 1991. Analisis Bahasa: Memahami Bahasa secara Ilmiah. Jakarta: Erlangga.
12. Mackey, W. F. 1984. Analisis Bahasa untuk Pengajaran Bahasa. Surabaya: Usaha Nasional.
13. Corder, S. Pit. 1973. Introducing Applied Linguistics. Canada: Penguin Books.
14. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk Linguistik, dari sejarah dan perkembangan konsep & teori sebelum abad 20 hingga sekarang, serta penerapannya dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada saat ini.
Learning OutcomesCAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:
- Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari teori-teori Linguistik.
- Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi teori-teori Linguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
- Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan Linguistik.
- Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan Linguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
References1. Soeparno. 2002. Dasar-Dasar linguistik Umum. Yogyakarta: Tiara Wacana.
2. Alwasilah, A. Chaedar. 2011. Beberapa Mazhab dan Dikotomi Teori Linguistik. Bandung: Angkasa.
3. Parera, J.D. 1986. Linguistik Edukasional. Jakarta: Penerbit Erlangga.
4. Pateda, Mansoer. 2011. Linguistik: Sebuah Pengantar. Bandung: Angkasa.
5. Kushartanti, dkk. 2005. Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
6. Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
7. Samsuri. 1988. Berbagai Aliran Linguistik Abad XX. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
8. Halliday, M.A.K. dan Matthiesen, Christian. 2004. An Introdution to Functional Grammar. London: Hodder Arnold.
9. Halliday, M.A.K. 2007. Language Education. London: Continuum.
10. Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
11. Samsuri. 1991. Analisis Bahasa: Memahami Bahasa secara Ilmiah. Jakarta: Erlangga.
12. Mackey, W. F. 1984. Analisis Bahasa untuk Pengajaran Bahasa. Surabaya: Usaha Nasional.
13. Corder, S. Pit. 1973. Introducing Applied Linguistics. Canada: Penguin Books.
14. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk Linguistik, dari sejarah dan perkembangan konsep & teori sebelum abad 20 hingga sekarang, serta penerapannya dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada saat ini.
Learning OutcomesCAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:
- Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari teori-teori Linguistik.
- Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi teori-teori Linguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
- Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan Linguistik.
- Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan Linguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
References1. Soeparno. 2002. Dasar-Dasar linguistik Umum. Yogyakarta: Tiara Wacana.
2. Alwasilah, A. Chaedar. 2011. Beberapa Mazhab dan Dikotomi Teori Linguistik. Bandung: Angkasa.
3. Parera, J.D. 1986. Linguistik Edukasional. Jakarta: Penerbit Erlangga.
4. Pateda, Mansoer. 2011. Linguistik: Sebuah Pengantar. Bandung: Angkasa.
5. Kushartanti, dkk. 2005. Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
6. Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
7. Samsuri. 1988. Berbagai Aliran Linguistik Abad XX. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
8. Halliday, M.A.K. dan Matthiesen, Christian. 2004. An Introdution to Functional Grammar. London: Hodder Arnold.
9. Halliday, M.A.K. 2007. Language Education. London: Continuum.
10. Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
11. Samsuri. 1991. Analisis Bahasa: Memahami Bahasa secara Ilmiah. Jakarta: Erlangga.
12. Mackey, W. F. 1984. Analisis Bahasa untuk Pengajaran Bahasa. Surabaya: Usaha Nasional.
13. Corder, S. Pit. 1973. Introducing Applied Linguistics. Canada: Penguin Books.
14. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk Linguistik, dari sejarah dan perkembangan konsep & teori sebelum abad 20 hingga sekarang, serta penerapannya dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada saat ini.
Learning OutcomesCAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:
- Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari teori-teori Linguistik.
- Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi teori-teori Linguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
- Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan Linguistik.
- Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan Linguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
References1. Soeparno. 2002. Dasar-Dasar linguistik Umum. Yogyakarta: Tiara Wacana.
2. Alwasilah, A. Chaedar. 2011. Beberapa Mazhab dan Dikotomi Teori Linguistik. Bandung: Angkasa.
3. Parera, J.D. 1986. Linguistik Edukasional. Jakarta: Penerbit Erlangga.
4. Pateda, Mansoer. 2011. Linguistik: Sebuah Pengantar. Bandung: Angkasa.
5. Kushartanti, dkk. 2005. Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
6. Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
7. Samsuri. 1988. Berbagai Aliran Linguistik Abad XX. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
8. Halliday, M.A.K. dan Matthiesen, Christian. 2004. An Introdution to Functional Grammar. London: Hodder Arnold.
9. Halliday, M.A.K. 2007. Language Education. London: Continuum.
10. Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
11. Samsuri. 1991. Analisis Bahasa: Memahami Bahasa secara Ilmiah. Jakarta: Erlangga.
12. Mackey, W. F. 1984. Analisis Bahasa untuk Pengajaran Bahasa. Surabaya: Usaha Nasional.
13. Corder, S. Pit. 1973. Introducing Applied Linguistics. Canada: Penguin Books.
14. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk Linguistik, dari sejarah dan perkembangan konsep & teori sebelum abad 20 hingga sekarang, serta penerapannya dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada saat ini.
Learning OutcomesCAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:
- Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari teori-teori Linguistik.
- Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi teori-teori Linguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
- Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan Linguistik.
- Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan Linguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
References1. Soeparno. 2002. Dasar-Dasar linguistik Umum. Yogyakarta: Tiara Wacana.
2. Alwasilah, A. Chaedar. 2011. Beberapa Mazhab dan Dikotomi Teori Linguistik. Bandung: Angkasa.
3. Parera, J.D. 1986. Linguistik Edukasional. Jakarta: Penerbit Erlangga.
4. Pateda, Mansoer. 2011. Linguistik: Sebuah Pengantar. Bandung: Angkasa.
5. Kushartanti, dkk. 2005. Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
6. Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
7. Samsuri. 1988. Berbagai Aliran Linguistik Abad XX. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
8. Halliday, M.A.K. dan Matthiesen, Christian. 2004. An Introdution to Functional Grammar. London: Hodder Arnold.
9. Halliday, M.A.K. 2007. Language Education. London: Continuum.
10. Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
11. Samsuri. 1991. Analisis Bahasa: Memahami Bahasa secara Ilmiah. Jakarta: Erlangga.
12. Mackey, W. F. 1984. Analisis Bahasa untuk Pengajaran Bahasa. Surabaya: Usaha Nasional.
13. Corder, S. Pit. 1973. Introducing Applied Linguistics. Canada: Penguin Books.
14. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk Linguistik, dari sejarah dan perkembangan konsep & teori sebelum abad 20 hingga sekarang, serta penerapannya dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari teori-teori Linguistik.
2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi teori-teori Linguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan Linguistik.
4. Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan Linguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
References1. Kushartanti, dkk. 2005. Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
2. Soeparno. 2002. Dasar-Dasar linguistik Umum. Yogyakarta: Tiara Wacana.
3. Parera, J.D. 1986. Linguistik Edukasional. Jakarta: Penerbit Erlangga.
4. Pateda, Mansoer. 2011. Linguistik: Sebuah Pengantar. Bandung: Angkasa.
5. Alwasilah, A. Chaedar. 2011. Beberapa Mazhab dan Dikotomi Teori Linguistik. Bandung: Angkasa.
6. Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
7. Samsuri. 1988. Berbagai Aliran Linguistik Abad XX. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
8. Halliday, M.A.K. dan Matthiesen, Christian. 2004. An Introdution to Functional Grammar. London: Hodder Arnold.
9. Halliday, M.A.K. 2007. Language Education. London: Continuum.
10. Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
11. Samsuri. 1991. Analisis Bahasa: Memahami Bahasa secara Ilmiah. Jakarta: Erlangga.
12. Mackey, W. F. 1984. Analisis Bahasa untuk Pengajaran Bahasa. Surabaya: Usaha Nasional.
13. Corder, S. Pit. 1973. Introducing Applied Linguistics. Canada: Penguin Books.
14. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk Linguistik, dari sejarah dan perkembangan konsep & teori sebelum abad 20 hingga sekarang, serta penerapannya dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari teori-teori Linguistik.
2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi teori-teori Linguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan Linguistik.
4. Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan Linguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
References1. Kushartanti, dkk. 2005. Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
2. Soeparno. 2002. Dasar-Dasar linguistik Umum. Yogyakarta: Tiara Wacana.
3. Parera, J.D. 1986. Linguistik Edukasional. Jakarta: Penerbit Erlangga.
4. Pateda, Mansoer. 2011. Linguistik: Sebuah Pengantar. Bandung: Angkasa.
5. Alwasilah, A. Chaedar. 2011. Beberapa Mazhab dan Dikotomi Teori Linguistik. Bandung: Angkasa.
6. Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
7. Samsuri. 1988. Berbagai Aliran Linguistik Abad XX. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
8. Halliday, M.A.K. dan Matthiesen, Christian. 2004. An Introdution to Functional Grammar. London: Hodder Arnold.
9. Halliday, M.A.K. 2007. Language Education. London: Continuum.
10. Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
11. Samsuri. 1991. Analisis Bahasa: Memahami Bahasa secara Ilmiah. Jakarta: Erlangga.
12. Mackey, W. F. 1984. Analisis Bahasa untuk Pengajaran Bahasa. Surabaya: Usaha Nasional.
13. Corder, S. Pit. 1973. Introducing Applied Linguistics. Canada: Penguin Books.
14. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk Linguistik, dari sejarah dan perkembangan konsep & teori sebelum abad 20 hingga sekarang, serta penerapannya dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari teori-teori Linguistik.
2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi teori-teori Linguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan Linguistik.
4. Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan Linguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
References1. Kushartanti, dkk. 2005. Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
2. Soeparno. 2002. Dasar-Dasar linguistik Umum. Yogyakarta: Tiara Wacana.
3. Parera, J.D. 1986. Linguistik Edukasional. Jakarta: Penerbit Erlangga.
4. Pateda, Mansoer. 2011. Linguistik: Sebuah Pengantar. Bandung: Angkasa.
5. Alwasilah, A. Chaedar. 2011. Beberapa Mazhab dan Dikotomi Teori Linguistik. Bandung: Angkasa.
6. Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
7. Samsuri. 1988. Berbagai Aliran Linguistik Abad XX. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
8. Halliday, M.A.K. dan Matthiesen, Christian. 2004. An Introdution to Functional Grammar. London: Hodder Arnold.
9. Halliday, M.A.K. 2007. Language Education. London: Continuum.
10. Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
11. Samsuri. 1991. Analisis Bahasa: Memahami Bahasa secara Ilmiah. Jakarta: Erlangga.
12. Mackey, W. F. 1984. Analisis Bahasa untuk Pengajaran Bahasa. Surabaya: Usaha Nasional.
13. Corder, S. Pit. 1973. Introducing Applied Linguistics. Canada: Penguin Books.
14. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk Linguistik, dari sejarah dan perkembangan konsep & teori sebelum abad 20 hingga sekarang, serta penerapannya dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari teori-teori Linguistik.
2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi teori-teori Linguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan Linguistik.
4. Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan Linguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
References1. Kushartanti, dkk. 2005. Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
2. Soeparno. 2002. Dasar-Dasar linguistik Umum. Yogyakarta: Tiara Wacana.
3. Parera, J.D. 1986. Linguistik Edukasional. Jakarta: Penerbit Erlangga.
4. Pateda, Mansoer. 2011. Linguistik: Sebuah Pengantar. Bandung: Angkasa.
5. Alwasilah, A. Chaedar. 2011. Beberapa Mazhab dan Dikotomi Teori Linguistik. Bandung: Angkasa.
6. Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
7. Samsuri. 1988. Berbagai Aliran Linguistik Abad XX. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
8. Halliday, M.A.K. dan Matthiesen, Christian. 2004. An Introdution to Functional Grammar. London: Hodder Arnold.
9. Halliday, M.A.K. 2007. Language Education. London: Continuum.
10. Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
11. Samsuri. 1991. Analisis Bahasa: Memahami Bahasa secara Ilmiah. Jakarta: Erlangga.
12. Mackey, W. F. 1984. Analisis Bahasa untuk Pengajaran Bahasa. Surabaya: Usaha Nasional.
13. Corder, S. Pit. 1973. Introducing Applied Linguistics. Canada: Penguin Books.
14. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk Linguistik, dari sejarah dan perkembangan konsep & teori sebelum abad 20 hingga sekarang, serta penerapannya dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari teori-teori Linguistik.
2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi teori-teori Linguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep utama bahasa dan Linguistik.
4. Keterampilan Khusus
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan Linguistik mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
References1. Kushartanti, dkk. 2005. Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
2. Soeparno. 2002. Dasar-Dasar linguistik Umum. Yogyakarta: Tiara Wacana.
3. Parera, J.D. 1986. Linguistik Edukasional. Jakarta: Penerbit Erlangga.
4. Pateda, Mansoer. 2011. Linguistik: Sebuah Pengantar. Bandung: Angkasa.
5. Alwasilah, A. Chaedar. 2011. Beberapa Mazhab dan Dikotomi Teori Linguistik. Bandung: Angkasa.
6. Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
7. Samsuri. 1988. Berbagai Aliran Linguistik Abad XX. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
8. Halliday, M.A.K. dan Matthiesen, Christian. 2004. An Introdution to Functional Grammar. London: Hodder Arnold.
9. Halliday, M.A.K. 2007. Language Education. London: Continuum.
10. Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
11. Samsuri. 1991. Analisis Bahasa: Memahami Bahasa secara Ilmiah. Jakarta: Erlangga.
12. Mackey, W. F. 1984. Analisis Bahasa untuk Pengajaran Bahasa. Surabaya: Usaha Nasional.
13. Corder, S. Pit. 1973. Introducing Applied Linguistics. Canada: Penguin Books.
14. Verhaar, J.W.M. 2012. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press.
Details ...
Dalam perkuliahan ini mahasiswa dilatih untuk memahami cara kerja dan menerapkan berbagai teori linguistik yang digunakan dalam pengajaran bahasa di Indonesia, terutama bahasa Indonesia.
Learning OutcomesSetelah selesai mengikuti perkuliahan Teori-teori Linguistik ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami cara kerja dan menerapkan berbagai teori linguistik yang digunakan dalam pengajaran bahasa di Indonesia, terutama bahasa Indonesia.
ReferencesSampson, Geoffrey. 1980. School of Linguistics. Stanford: Stanford University Press.
Alwasilah, A. Chaedar. 2011. Beberapa Mahzab dan Dikotomi Teori Linguistik. Bandung: Angkasa.
Samsuri. 1988. Teori-Teori Linguistik Abad XX.
Harris, Randy Allen. 1995. Linguistics Wars. Oxford: Oxford University Press.
Eggins, Suzanne. 2004. An Introduction to Systemic Functional Linguistics. 2nd Edition. London: Continuum International Publishing Group.
Halliday, M.A.K. 1994. Introduction to Functional Grammar, 2nd ed. London: Edward Arnold.
Kridalaksana, Harimurti. 2006. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Details ...
Dalam perkuliahan ini mahasiswa dilatih untuk memahami cara kerja dan menerapkan berbagai teori linguistik yang digunakan dalam pengajaran bahasa di Indonesia, terutama bahasa Indonesia.
Learning OutcomesSetelah selesai mengikuti perkuliahan Teori-teori Linguistik ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami cara kerja dan menerapkan berbagai teori linguistik yang digunakan dalam pengajaran bahasa di Indonesia, terutama bahasa Indonesia.
ReferencesSampson, Geoffrey. 1980. School of Linguistics. Stanford: Stanford University Press.
Alwasilah, A. Chaedar. 2011. Beberapa Mahzab dan Dikotomi Teori Linguistik. Bandung: Angkasa.
Samsuri. 1988. Teori-Teori Linguistik Abad XX.
Harris, Randy Allen. 1995. Linguistics Wars. Oxford: Oxford University Press.
Eggins, Suzanne. 2004. An Introduction to Systemic Functional Linguistics. 2nd Edition. London: Continuum International Publishing Group.
Halliday, M.A.K. 1994. Introduction to Functional Grammar, 2nd ed. London: Edward Arnold.
Kridalaksana, Harimurti. 2006. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Details ...