Courser in English | BASIC COUNSELING SKILL |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 15 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini akan memberikan pengalaman konseling penerapan keterampilan-keterampilan dalam konseling. Dalam pelaksanaanya, mata kuliah ini didesain untuk memberikan pengetahuan dasar keterampilan-keterampilan konseling secara teoritis dan praktis dari yang meliputi keterampilan :
- Karakteristik konselor (motif-motif dan mind-skills dalam diri konselor).
- Model pertanyaan :
- Pertanyaan tertutup
- Pertanyaan terbuka
- Karakteristik konselor dalam konseling
- Teknik dasar konseling
Keterampilan Dasar Konseling (KDK) : (1) attending, (2) opening, (3) acceptance, (4) paraprashing, (5) restatement, (6) reflection of feeling, (7) clarification, (8) structuring, (9) lead, (10) silence, (11) reassurance, (12) rejection, (13) advice, (14) confrontation, (15) interpretation, (16) summary dan (17) termination.
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
b. Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
c. Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.
d. Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten); menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapistres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.
- Keterampilan Umum
a. Mahasiswa mampu menerapkan motif-motif mind skill
b. Mahasiswa dapat mengaplikasikan model-model pertanyaan
c. Mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan dasar konseling
- Penguasaan pengetahuan
Mahasiswa dapat menguasai secara umum semua keterampilan-keterampilan konseling
- Keterampilan Khusus
Mahasiswa dapat mempraktikan setiap keterampilan dasar komunikasi konseling dan menerapkannya dalam pelayanan bimbingan dan konseling.
References- Arintoko. 2011.Wawancara Konseling di Sekolah. Andi Offset. Yogyakarta
- Abimayu. Soli & Mandrihu Tayeb. 1996. Teknik dan Laboratorium Konseling. Dirjen Dikti. Jakarta
- Ricard Nelson. 2012. Pengantar Keterampilan Konseling. Pustaka Belajar. Yogyakarta.
- Nelson Ricard-Jones. 2004. Basic Counselling Skills. California
- Nelson Ricard-Jones. 2005. Counselling Skills. Thounsand. California
- Geldard K, David K. 2011. Keterampilan Praktik Konseling. Pendekatan Integratif. Yogyakarta. Pustaka Belajar
- Retno T & Eko Darminto. 2007. Keterampin-keterampilan Dasar dalam Konseling. UNNESA. Surabaya.
- Sugiharto. 2005. Pendekatan dalam Konseling . Jakarta : PPPG
Details ...
Mata kuliah ini akan memberikan pengalaman konseling penerapan keterampilan-keterampilan dalam konseling. Dalam pelaksanaanya, mata kuliah ini didesain untuk memberikan pengetahuan dasar keterampilan-keterampilan konseling secara teoritis dan praktis dari yang meliputi keterampilan :
- Karakteristik konselor (motif-motif dan mind-skills dalam diri konselor).
- Model pertanyaan :
- Pertanyaan tertutup
- Pertanyaan terbuka
- Karakteristik konselor dalam konseling
- Teknik dasar konseling
Keterampilan Dasar Konseling (KDK) : (1) attending, (2) opening, (3) acceptance, (4) paraprashing, (5) restatement, (6) reflection of feeling, (7) clarification, (8) structuring, (9) lead, (10) silence, (11) reassurance, (12) rejection, (13) advice, (14) confrontation, (15) interpretation, (16) summary dan (17) termination.
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
b. Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
c. Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.
d. Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten); menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapistres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.
- Keterampilan Umum
a. Mahasiswa mampu menerapkan motif-motif mind skill
b. Mahasiswa dapat mengaplikasikan model-model pertanyaan
c. Mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan dasar konseling
- Penguasaan pengetahuan
Mahasiswa dapat menguasai secara umum semua keterampilan-keterampilan konseling
- Keterampilan Khusus
Mahasiswa dapat mempraktikan setiap keterampilan dasar komunikasi konseling dan menerapkannya dalam pelayanan bimbingan dan konseling.
References- Arintoko. 2011.Wawancara Konseling di Sekolah. Andi Offset. Yogyakarta
- Abimayu. Soli & Mandrihu Tayeb. 1996. Teknik dan Laboratorium Konseling. Dirjen Dikti. Jakarta
- Ricard Nelson. 2012. Pengantar Keterampilan Konseling. Pustaka Belajar. Yogyakarta.
- Nelson Ricard-Jones. 2004. Basic Counselling Skills. California
- Nelson Ricard-Jones. 2005. Counselling Skills. Thounsand. California
- Geldard K, David K. 2011. Keterampilan Praktik Konseling. Pendekatan Integratif. Yogyakarta. Pustaka Belajar
- Retno T & Eko Darminto. 2007. Keterampin-keterampilan Dasar dalam Konseling. UNNESA. Surabaya.
- Sugiharto. 2005. Pendekatan dalam Konseling . Jakarta : PPPG
Details ...
Mata kuliah ini akan memberikan pengalaman konseling penerapan keterampilan-keterampilan dalam konseling. Dalam pelaksanaanya, matakuliah ini didesain untuk memberikan pengetahuan dasar keterampilan-keterampilan konseling secara teoritis dan praktisdari yang meliputi keterampilan :
- Karakteristik konselor (motif-motif danmind-skills dalam diri konselor).
- Model pertanyaan :
- Pertanyaan tertutup
- Pertanyaan terbuka
- Karakteristik konselor dalam konseling
- Teknik dasar konseling
Keterampilan Dasar Konseling (KDK):(1) attending, (2) opening, (3) acceptance, (4) paraprashing, (5) restatement, (6) reflection of feeling, (7) clarification, (8) structuring, (9) lead, (10) silence, (11) reassurance, (12) rejection, (13) advice, (14) confrontation, (15) interpretation, (16) summary dan (17) termination.
Learning Outcomes1. Sikapdan Tata Nilai
a. Beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha Esa
b. Menunjukan kepakaan dan kepedulian terhadap permasalahn pribadi, sosial remaja
c. Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.
d. Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten); menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapistres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.
2. Keterampilan Umum
a.Mahasiswa mampu menerapmotif-motif mind skill
b. Mahasiswadapatmengaplikasikan model-model pertanyaan dalam konseling
c. Mahasiswa mampu mengaplikasikan keterampilan dasar konseling
3. Penguasaan pengetahuan
Mahasiswadapatmenguasaisecaraumumsemuaketerampilan-keterampilankonseling
4. KeterampilanKhusus
Mahasiswadapatmempraktikansetiapketerampilandasarkomunikasikonseling
References- Arintoko. 2011.WawancaraKonseling di Sekolah. Andi Offset. Yogyakarta
- Abimayu. Soli &MandrihuTayeb. 1996. TeknikdanLaboratoriumKonseling. DirjenDikti. Jakarta
- Ricard Nelson. 2012. PengantarKeterampilanKonseling. PustakaBelajar. Yogyakarta.
- Nelson Ricard-Jones. 2004. Basic Counselling Skills. California
- Nelson Ricard-Jones. 2005. Counselling Skills. Thounsand. California
- Geldard K, David K. 2011. KeterampilanPraktikKonseling. PendekatanIntegratif. Yogyakarta. PustakaBelajar
- Retno T &EkoDarminto. 2007. Keterampin-keterampilanDasardalamKonseling. UNNESA. Surabaya.
- Sugiharto. 2005. PendekatandalamKonseling .Jakarta : PPPG
Details ...