Telaah Kurikulum Bahasa Indonesia, Curriculum : 2015


Courser in EnglishIndonesian Curriculum Review
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS16 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Matakuliah ini secara garis besar berisi bagaimana deskripsi kurikulum secara umum serta bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan  tentang telaah kurikulum, menguasai konsep-konsep dasar telaah kurikulum dan  mampu menelaah atau menganalisis kurikulum  bahasa Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang telaah kurikulum Bahasa Indonesia secara mandiri  maupun berkelompok.
  2. Keterampilan umum: memiliki keterampilan mengamati dan  menganalisis kurikulum bahasa Indonesia sesuai PP yang berlaku maupun pernah digunakan mengenai kurikulum pendidikan.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang telaah kurikulum bahasa Indonesia secara mandiri, berkualitas, dan   terukur
  4. Pengetahuan: Memiliki pengetahuan  tentang telaah kurikulum, menguasai konsep-konsep dasar telaah kurikulum dan  menganalisis kurikulum  bahasa Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

 

References

Arend, R.I. (2008). Learning to Teach . Buku I. Edisi Ketujuh. Cetakan  Pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (1990). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.

-----           . (2008). Dasar -dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

PP No. 19 TH 2005 SNP

permendikbud 67-69  tahun 2013

Permendikbud No 32 Tahun 2013 ttg Perubahan SNP

Permendikbud No 54 Tahun 2013 ttg SKL

Permendikbud No 65 Tahun 2013 ttg Standar Proses

UU NO.20-2003 SISDIKNAS


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini secara garis besar berisi bagaimana deskripsi kurikulum secara umum serta bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan  tentang telaah kurikulum, menguasai konsep-konsep dasar telaah kurikulum dan  mampu menelaah atau menganalisis kurikulum  bahasa Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang telaah kurikulum Bahasa Indonesia secara mandiri  maupun berkelompok.
  2. Keterampilan umum: memiliki keterampilan mengamati dan  menganalisis kurikulum bahasa Indonesia sesuai PP yang berlaku maupun pernah digunakan mengenai kurikulum pendidikan.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang telaah kurikulum bahasa Indonesia secara mandiri, berkualitas, dan   terukur
  4. Pengetahuan: Memiliki pengetahuan  tentang telaah kurikulum, menguasai konsep-konsep dasar telaah kurikulum dan  menganalisis kurikulum  bahasa Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

 

References

Arend, R.I. (2008). Learning to Teach . Buku I. Edisi Ketujuh. Cetakan  Pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (1990). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.

-----           . (2008). Dasar -dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

PP No. 19 TH 2005 SNP

permendikbud 67-69  tahun 2013

Permendikbud No 32 Tahun 2013 ttg Perubahan SNP

Permendikbud No 54 Tahun 2013 ttg SKL

Permendikbud No 65 Tahun 2013 ttg Standar Proses

UU NO.20-2003 SISDIKNAS


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini secara garis besar berisi bagaimana deskripsi kurikulum secara umum serta bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan  tentang telaah kurikulum, menguasai konsep-konsep dasar telaah kurikulum dan  mampu menelaah atau menganalisis kurikulum  bahasa Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang telaah kurikulum Bahasa Indonesia secara mandiri  maupun berkelompok.
  2. Keterampilan umum: memiliki keterampilan mengamati dan  menganalisis kurikulum bahasa Indonesia sesuai PP yang berlaku maupun pernah digunakan mengenai kurikulum pendidikan.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang telaah kurikulum bahasa Indonesia secara mandiri, berkualitas, dan   terukur
  4. Pengetahuan: Memiliki pengetahuan  tentang telaah kurikulum, menguasai konsep-konsep dasar telaah kurikulum dan  menganalisis kurikulum  bahasa Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

 

References

Arend, R.I. (2008). Learning to Teach . Buku I. Edisi Ketujuh. Cetakan  Pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (1990). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.

-----           . (2008). Dasar -dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

PP No. 19 TH 2005 SNP

permendikbud 67-69  tahun 2013

Permendikbud No 32 Tahun 2013 ttg Perubahan SNP

Permendikbud No 54 Tahun 2013 ttg SKL

Permendikbud No 65 Tahun 2013 ttg Standar Proses

UU NO.20-2003 SISDIKNAS


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini secara garis besar berisi bagaimana deskripsi kurikulum secara umum serta bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan  tentang telaah kurikulum, menguasai konsep-konsep dasar telaah kurikulum dan  mampu menelaah atau menganalisis kurikulum  bahasa Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang telaah kurikulum Bahasa Indonesia secara mandiri  maupun berkelompok.
  2. Keterampilan umum: memiliki keterampilan mengamati dan  menganalisis kurikulum bahasa Indonesia sesuai PP yang berlaku maupun pernah digunakan mengenai kurikulum pendidikan.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang telaah kurikulum bahasa Indonesia secara mandiri, berkualitas, dan   terukur
  4. Pengetahuan: Memiliki pengetahuan  tentang telaah kurikulum, menguasai konsep-konsep dasar telaah kurikulum dan  menganalisis kurikulum  bahasa Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

 

References

Arend, R.I. (2008). Learning to Teach . Buku I. Edisi Ketujuh. Cetakan  Pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (1990). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.

-----           . (2008). Dasar -dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

PP No. 19 TH 2005 SNP

permendikbud 67-69  tahun 2013

Permendikbud No 32 Tahun 2013 ttg Perubahan SNP

Permendikbud No 54 Tahun 2013 ttg SKL

Permendikbud No 65 Tahun 2013 ttg Standar Proses

UU NO.20-2003 SISDIKNAS


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini secara garis besar berisi bagaimana deskripsi kurikulum secara umum serta bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan  tentang telaah kurikulum, menguasai konsep-konsep dasar telaah kurikulum dan  mampu menelaah atau menganalisis kurikulum  bahasa Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang telaah kurikulum Bahasa Indonesia secara mandiri  maupun berkelompok.
  2. Keterampilan umum: memiliki keterampilan mengamati dan  menganalisis kurikulum bahasa Indonesia sesuai PP yang berlaku maupun pernah digunakan mengenai kurikulum pendidikan.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang telaah kurikulum bahasa Indonesia secara mandiri, berkualitas, dan   terukur
  4. Pengetahuan: Memiliki pengetahuan  tentang telaah kurikulum, menguasai konsep-konsep dasar telaah kurikulum dan  menganalisis kurikulum  bahasa Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

 

References

Arend, R.I. (2008). Learning to Teach . Buku I. Edisi Ketujuh. Cetakan  Pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (1990). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.

-----           . (2008). Dasar -dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

PP No. 19 TH 2005 SNP

permendikbud 67-69  tahun 2013

Permendikbud No 32 Tahun 2013 ttg Perubahan SNP

Permendikbud No 54 Tahun 2013 ttg SKL

Permendikbud No 65 Tahun 2013 ttg Standar Proses

UU NO.20-2003 SISDIKNAS


Details ...
Course Descriptions

matakuliah ini untuk membekali mahasiswa tentang perihal kurikulum, manfaat mempelajari kurikulum, perkembangan kurikulum dari awal diberlakukannya hingga kurikulum terbaru, serta membekali mahasiswa dalam menelaah kurikulum dalam berbagai aspek telaah.  

Learning Outcomes

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang telaah kurikulum Bahasa Indonesia secara mandiri  maupun berkelompok.
  2. Keterampilan umum: memiliki keterampilan mengamati dan  menganalisis kurikulum bahasa Indonesia sesuai PP yang berlaku maupun pernah digunakan mengenai kurikulum pendidikan.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang telaah kurikulum bahasa Indonesia secara mandiri, berkualitas, dan   terukur
  4. Pengetahuan: Memiliki pengetahuan  tentang telaah kurikulum, menguasai konsep-konsep dasar telaah kurikulum dan  menganalisis kurikulum  bahasa Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

Arend, R.I. (2008). Learning to Teach . Buku I. Edisi Ketujuh. Cetakan  Pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (1990). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.

-----           . (2008). Dasar -dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

PP No. 19 TH 2005 SNP

permendikbud 67-69  tahun 2013

Permendikbud No 32 Tahun 2013 ttg Perubahan SNP

Permendikbud No 54 Tahun 2013 ttg SKL

Permendikbud No 65 Tahun 2013 ttg Standar Proses

UU NO.20-2003 SISDIKNAS


Details ...
Course Descriptions

matakuliah ini untuk membekali mahasiswa tentang perihal kurikulum, manfaat mempelajari kurikulum, perkembangan kurikulum dari awal diberlakukannya hingga kurikulum terbaru, serta membekali mahasiswa dalam menelaah kurikulum dalam berbagai aspek telaah.  

Learning Outcomes

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang telaah kurikulum Bahasa Indonesia secara mandiri  maupun berkelompok.
  2. Keterampilan umum: memiliki keterampilan mengamati dan  menganalisis kurikulum bahasa Indonesia sesuai PP yang berlaku maupun pernah digunakan mengenai kurikulum pendidikan.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang telaah kurikulum bahasa Indonesia secara mandiri, berkualitas, dan   terukur
  4. Pengetahuan: Memiliki pengetahuan  tentang telaah kurikulum, menguasai konsep-konsep dasar telaah kurikulum dan  menganalisis kurikulum  bahasa Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

Arend, R.I. (2008). Learning to Teach . Buku I. Edisi Ketujuh. Cetakan  Pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (1990). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.

-----           . (2008). Dasar -dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

PP No. 19 TH 2005 SNP

permendikbud 67-69  tahun 2013

Permendikbud No 32 Tahun 2013 ttg Perubahan SNP

Permendikbud No 54 Tahun 2013 ttg SKL

Permendikbud No 65 Tahun 2013 ttg Standar Proses

UU NO.20-2003 SISDIKNAS


Details ...
Course Descriptions

matakuliah ini untuk membekali mahasiswa tentang perihal kurikulum, manfaat mempelajari kurikulum, perkembangan kurikulum dari awal diberlakukannya hingga kurikulum terbaru, serta membekali mahasiswa dalam menelaah kurikulum dalam berbagai aspek telaah.  

Learning Outcomes

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang telaah kurikulum Bahasa Indonesia secara mandiri  maupun berkelompok.
  2. Keterampilan umum: memiliki keterampilan mengamati dan  menganalisis kurikulum bahasa Indonesia sesuai PP yang berlaku maupun pernah digunakan mengenai kurikulum pendidikan.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang telaah kurikulum bahasa Indonesia secara mandiri, berkualitas, dan   terukur
  4. Pengetahuan: Memiliki pengetahuan  tentang telaah kurikulum, menguasai konsep-konsep dasar telaah kurikulum dan  menganalisis kurikulum  bahasa Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

Arend, R.I. (2008). Learning to Teach . Buku I. Edisi Ketujuh. Cetakan  Pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (1990). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.

-----           . (2008). Dasar -dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

PP No. 19 TH 2005 SNP

permendikbud 67-69  tahun 2013

Permendikbud No 32 Tahun 2013 ttg Perubahan SNP

Permendikbud No 54 Tahun 2013 ttg SKL

Permendikbud No 65 Tahun 2013 ttg Standar Proses

UU NO.20-2003 SISDIKNAS


Details ...
Course Descriptions

matakuliah ini untuk membekali mahasiswa tentang perihal kurikulum, manfaat mempelajari kurikulum, perkembangan kurikulum dari awal diberlakukannya hingga kurikulum terbaru, serta membekali mahasiswa dalam menelaah kurikulum dalam berbagai aspek telaah.  

Learning Outcomes

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang telaah kurikulum Bahasa Indonesia secara mandiri  maupun berkelompok.
  2. Keterampilan umum: memiliki keterampilan mengamati dan  menganalisis kurikulum bahasa Indonesia sesuai PP yang berlaku maupun pernah digunakan mengenai kurikulum pendidikan.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang telaah kurikulum bahasa Indonesia secara mandiri, berkualitas, dan   terukur
  4. Pengetahuan: Memiliki pengetahuan  tentang telaah kurikulum, menguasai konsep-konsep dasar telaah kurikulum dan  menganalisis kurikulum  bahasa Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

Arend, R.I. (2008). Learning to Teach . Buku I. Edisi Ketujuh. Cetakan  Pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (1990). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.

-----           . (2008). Dasar -dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

PP No. 19 TH 2005 SNP

permendikbud 67-69  tahun 2013

Permendikbud No 32 Tahun 2013 ttg Perubahan SNP

Permendikbud No 54 Tahun 2013 ttg SKL

Permendikbud No 65 Tahun 2013 ttg Standar Proses

UU NO.20-2003 SISDIKNAS


Details ...
Course Descriptions

matakuliah ini untuk membekali mahasiswa tentang perihal kurikulum, manfaat mempelajari kurikulum, perkembangan kurikulum dari awal diberlakukannya hingga kurikulum terbaru, serta membekali mahasiswa dalam menelaah kurikulum dalam berbagai aspek telaah.  

Learning Outcomes

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang telaah kurikulum Bahasa Indonesia secara mandiri  maupun berkelompok.
  2. Keterampilan umum: memiliki keterampilan mengamati dan  menganalisis kurikulum bahasa Indonesia sesuai PP yang berlaku maupun pernah digunakan mengenai kurikulum pendidikan.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang telaah kurikulum bahasa Indonesia secara mandiri, berkualitas, dan   terukur
  4. Pengetahuan: Memiliki pengetahuan  tentang telaah kurikulum, menguasai konsep-konsep dasar telaah kurikulum dan  menganalisis kurikulum  bahasa Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

Arend, R.I. (2008). Learning to Teach . Buku I. Edisi Ketujuh. Cetakan  Pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (1990). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.

-----           . (2008). Dasar -dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

PP No. 19 TH 2005 SNP

permendikbud 67-69  tahun 2013

Permendikbud No 32 Tahun 2013 ttg Perubahan SNP

Permendikbud No 54 Tahun 2013 ttg SKL

Permendikbud No 65 Tahun 2013 ttg Standar Proses

UU NO.20-2003 SISDIKNAS


Details ...