Courser in English | Indonesian Curriculum Review |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 16 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Matakuliah ini secara garis besar berisi bagaimana deskripsi kurikulum secara umum serta bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan tentang telaah kurikulum, menguasai konsep-konsep dasar telaah kurikulum dan mampu menelaah atau menganalisis kurikulum bahasa Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN:
|
Arend, R.I. (2008). Learning to Teach . Buku I. Edisi Ketujuh. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (1990). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.
----- . (2008). Dasar -dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
PP No. 19 TH 2005 SNP
permendikbud 67-69 tahun 2013
Permendikbud No 32 Tahun 2013 ttg Perubahan SNP
Permendikbud No 54 Tahun 2013 ttg SKL
Permendikbud No 65 Tahun 2013 ttg Standar Proses
UU NO.20-2003 SISDIKNAS
Details ...
Matakuliah ini secara garis besar berisi bagaimana deskripsi kurikulum secara umum serta bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan tentang telaah kurikulum, menguasai konsep-konsep dasar telaah kurikulum dan mampu menelaah atau menganalisis kurikulum bahasa Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN:
|
Arend, R.I. (2008). Learning to Teach . Buku I. Edisi Ketujuh. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (1990). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.
----- . (2008). Dasar -dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
PP No. 19 TH 2005 SNP
permendikbud 67-69 tahun 2013
Permendikbud No 32 Tahun 2013 ttg Perubahan SNP
Permendikbud No 54 Tahun 2013 ttg SKL
Permendikbud No 65 Tahun 2013 ttg Standar Proses
UU NO.20-2003 SISDIKNAS
Details ...
Matakuliah ini secara garis besar berisi bagaimana deskripsi kurikulum secara umum serta bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan tentang telaah kurikulum, menguasai konsep-konsep dasar telaah kurikulum dan mampu menelaah atau menganalisis kurikulum bahasa Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN:
|
Arend, R.I. (2008). Learning to Teach . Buku I. Edisi Ketujuh. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (1990). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.
----- . (2008). Dasar -dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
PP No. 19 TH 2005 SNP
permendikbud 67-69 tahun 2013
Permendikbud No 32 Tahun 2013 ttg Perubahan SNP
Permendikbud No 54 Tahun 2013 ttg SKL
Permendikbud No 65 Tahun 2013 ttg Standar Proses
UU NO.20-2003 SISDIKNAS
Details ...
Matakuliah ini secara garis besar berisi bagaimana deskripsi kurikulum secara umum serta bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan tentang telaah kurikulum, menguasai konsep-konsep dasar telaah kurikulum dan mampu menelaah atau menganalisis kurikulum bahasa Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN:
|
Arend, R.I. (2008). Learning to Teach . Buku I. Edisi Ketujuh. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (1990). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.
----- . (2008). Dasar -dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
PP No. 19 TH 2005 SNP
permendikbud 67-69 tahun 2013
Permendikbud No 32 Tahun 2013 ttg Perubahan SNP
Permendikbud No 54 Tahun 2013 ttg SKL
Permendikbud No 65 Tahun 2013 ttg Standar Proses
UU NO.20-2003 SISDIKNAS
Details ...
Matakuliah ini secara garis besar berisi bagaimana deskripsi kurikulum secara umum serta bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan tentang telaah kurikulum, menguasai konsep-konsep dasar telaah kurikulum dan mampu menelaah atau menganalisis kurikulum bahasa Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN:
|
Arend, R.I. (2008). Learning to Teach . Buku I. Edisi Ketujuh. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (1990). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.
----- . (2008). Dasar -dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
PP No. 19 TH 2005 SNP
permendikbud 67-69 tahun 2013
Permendikbud No 32 Tahun 2013 ttg Perubahan SNP
Permendikbud No 54 Tahun 2013 ttg SKL
Permendikbud No 65 Tahun 2013 ttg Standar Proses
UU NO.20-2003 SISDIKNAS
Details ...
matakuliah ini untuk membekali mahasiswa tentang perihal kurikulum, manfaat mempelajari kurikulum, perkembangan kurikulum dari awal diberlakukannya hingga kurikulum terbaru, serta membekali mahasiswa dalam menelaah kurikulum dalam berbagai aspek telaah.
Learning Outcomes- Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang telaah kurikulum Bahasa Indonesia secara mandiri maupun berkelompok.
- Keterampilan umum: memiliki keterampilan mengamati dan menganalisis kurikulum bahasa Indonesia sesuai PP yang berlaku maupun pernah digunakan mengenai kurikulum pendidikan.
- Keterampilan Khusus: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang telaah kurikulum bahasa Indonesia secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Pengetahuan: Memiliki pengetahuan tentang telaah kurikulum, menguasai konsep-konsep dasar telaah kurikulum dan menganalisis kurikulum bahasa Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis
Arend, R.I. (2008). Learning to Teach . Buku I. Edisi Ketujuh. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (1990). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.
----- . (2008). Dasar -dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
PP No. 19 TH 2005 SNP
permendikbud 67-69 tahun 2013
Permendikbud No 32 Tahun 2013 ttg Perubahan SNP
Permendikbud No 54 Tahun 2013 ttg SKL
Permendikbud No 65 Tahun 2013 ttg Standar Proses
UU NO.20-2003 SISDIKNAS
Details ...
matakuliah ini untuk membekali mahasiswa tentang perihal kurikulum, manfaat mempelajari kurikulum, perkembangan kurikulum dari awal diberlakukannya hingga kurikulum terbaru, serta membekali mahasiswa dalam menelaah kurikulum dalam berbagai aspek telaah.
Learning Outcomes- Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang telaah kurikulum Bahasa Indonesia secara mandiri maupun berkelompok.
- Keterampilan umum: memiliki keterampilan mengamati dan menganalisis kurikulum bahasa Indonesia sesuai PP yang berlaku maupun pernah digunakan mengenai kurikulum pendidikan.
- Keterampilan Khusus: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang telaah kurikulum bahasa Indonesia secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Pengetahuan: Memiliki pengetahuan tentang telaah kurikulum, menguasai konsep-konsep dasar telaah kurikulum dan menganalisis kurikulum bahasa Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis
Arend, R.I. (2008). Learning to Teach . Buku I. Edisi Ketujuh. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (1990). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.
----- . (2008). Dasar -dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
PP No. 19 TH 2005 SNP
permendikbud 67-69 tahun 2013
Permendikbud No 32 Tahun 2013 ttg Perubahan SNP
Permendikbud No 54 Tahun 2013 ttg SKL
Permendikbud No 65 Tahun 2013 ttg Standar Proses
UU NO.20-2003 SISDIKNAS
Details ...
matakuliah ini untuk membekali mahasiswa tentang perihal kurikulum, manfaat mempelajari kurikulum, perkembangan kurikulum dari awal diberlakukannya hingga kurikulum terbaru, serta membekali mahasiswa dalam menelaah kurikulum dalam berbagai aspek telaah.
Learning Outcomes- Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang telaah kurikulum Bahasa Indonesia secara mandiri maupun berkelompok.
- Keterampilan umum: memiliki keterampilan mengamati dan menganalisis kurikulum bahasa Indonesia sesuai PP yang berlaku maupun pernah digunakan mengenai kurikulum pendidikan.
- Keterampilan Khusus: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang telaah kurikulum bahasa Indonesia secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Pengetahuan: Memiliki pengetahuan tentang telaah kurikulum, menguasai konsep-konsep dasar telaah kurikulum dan menganalisis kurikulum bahasa Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis
Arend, R.I. (2008). Learning to Teach . Buku I. Edisi Ketujuh. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (1990). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.
----- . (2008). Dasar -dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
PP No. 19 TH 2005 SNP
permendikbud 67-69 tahun 2013
Permendikbud No 32 Tahun 2013 ttg Perubahan SNP
Permendikbud No 54 Tahun 2013 ttg SKL
Permendikbud No 65 Tahun 2013 ttg Standar Proses
UU NO.20-2003 SISDIKNAS
Details ...
matakuliah ini untuk membekali mahasiswa tentang perihal kurikulum, manfaat mempelajari kurikulum, perkembangan kurikulum dari awal diberlakukannya hingga kurikulum terbaru, serta membekali mahasiswa dalam menelaah kurikulum dalam berbagai aspek telaah.
Learning Outcomes- Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang telaah kurikulum Bahasa Indonesia secara mandiri maupun berkelompok.
- Keterampilan umum: memiliki keterampilan mengamati dan menganalisis kurikulum bahasa Indonesia sesuai PP yang berlaku maupun pernah digunakan mengenai kurikulum pendidikan.
- Keterampilan Khusus: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang telaah kurikulum bahasa Indonesia secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Pengetahuan: Memiliki pengetahuan tentang telaah kurikulum, menguasai konsep-konsep dasar telaah kurikulum dan menganalisis kurikulum bahasa Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis
Arend, R.I. (2008). Learning to Teach . Buku I. Edisi Ketujuh. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (1990). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.
----- . (2008). Dasar -dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
PP No. 19 TH 2005 SNP
permendikbud 67-69 tahun 2013
Permendikbud No 32 Tahun 2013 ttg Perubahan SNP
Permendikbud No 54 Tahun 2013 ttg SKL
Permendikbud No 65 Tahun 2013 ttg Standar Proses
UU NO.20-2003 SISDIKNAS
Details ...
matakuliah ini untuk membekali mahasiswa tentang perihal kurikulum, manfaat mempelajari kurikulum, perkembangan kurikulum dari awal diberlakukannya hingga kurikulum terbaru, serta membekali mahasiswa dalam menelaah kurikulum dalam berbagai aspek telaah.
Learning Outcomes- Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang telaah kurikulum Bahasa Indonesia secara mandiri maupun berkelompok.
- Keterampilan umum: memiliki keterampilan mengamati dan menganalisis kurikulum bahasa Indonesia sesuai PP yang berlaku maupun pernah digunakan mengenai kurikulum pendidikan.
- Keterampilan Khusus: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang telaah kurikulum bahasa Indonesia secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Pengetahuan: Memiliki pengetahuan tentang telaah kurikulum, menguasai konsep-konsep dasar telaah kurikulum dan menganalisis kurikulum bahasa Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis
Arend, R.I. (2008). Learning to Teach . Buku I. Edisi Ketujuh. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (1990). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.
----- . (2008). Dasar -dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
PP No. 19 TH 2005 SNP
permendikbud 67-69 tahun 2013
Permendikbud No 32 Tahun 2013 ttg Perubahan SNP
Permendikbud No 54 Tahun 2013 ttg SKL
Permendikbud No 65 Tahun 2013 ttg Standar Proses
UU NO.20-2003 SISDIKNAS
Details ...