Anatomi dan Fisiologi Manusia Lanjut, Curriculum : 2015


Courser in EnglishADVANCED HUMAN ANATOMY AND PHISIOLOGY
ProgramPendidikan Biologi
SKS3 SKS
RPS14 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang  pokok-pokok  anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang meliputi tubuh manusia sebagai satu kesatuan terbangun  dari berbagai sistem, struktur anatomi dan mekanisme fungsi sistem respirasi, digesti, hormon, urinaria, reproduksi pria dan wanita, imunitas, serta indera.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan      :

Ranah Sikap:

S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

S10 Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik

S11 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

S12 Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri

 

Ranah Pengetahuan:

P1. Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dalam bidang sains dan teknologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah

 

Ranah Keterampilan Umum:

KU1.Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya

KU3.Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni

 

 

Ranah Keterampilan Khusus:

KK1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local

KK2. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy)

KK5. Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan berbasis potensi lokal

KK10. Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :

  1. Menganalisis konsep dan teori dalam materi anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang sesuai dengan perkembangan keilmuan dan pembelajaran dengan sungguh-sungguh (S10, P1, KK1)
  2. Menganalisis keterkaitan struktur organ, mekanisme faal, dan kelainan-kelainan organ pada sistem manusia secara logis, kritis, sistematis dan inovatif sesuai dengan kemajuan ipteks dan perkembangan jaman dengan sungguh-sungguh (S10, P1, KK1, KK10, KU1)
  3. Menerapkan prosedur kerja dalam mengkaji keterkaitan antara struktur, mekanisme faal dan kelainan-kelainan organ pada sistem manusia dengan menggunakan teknologi informasi yang sesuai dengan perkembangan jaman secara ilmiah, mandiri dan bertanggungjawab (S9, S12, P1, KK1, KU3, KK5)

References

Referensi:

  1. Saladin, Kenneth., S. 2010. Anatomy and Physiology, The Unity of Form and Function. Fifth Edition. Mc. Graww Hill International Edition
  2. Metter, Frank., H. 2011. Atlas of Human Anatomy. Fifth Edition. Saunders Elsevier
  3. Horrow, B., Mazur. A. 1962. Textbook of Biochemistry. Eighth Edition. Saunders Company Philadelpia. London
  4. Sloane, Ethel. 2004. Anatomi dan Fisiologi untuk Pemula. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta
  5. Silverrthorn, D.U. 2013. Fisiologi Manusia, Sebuah Pendekatan Terintegrasi. Edisi ke 6. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta
  6. Sherwood, L. 2009. Fisiologi Manusia dari Sel ke Sistem. Edisi ke 6. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang  pokok-pokok  anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang meliputi tubuh manusia sebagai satu kesatuan terbangun  dari berbagai sistem, struktur anatomi dan mekanisme fungsi sistem respirasi, digesti, hormon, urinaria, reproduksi pria dan wanita, imunitas, serta indera.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan      :

Ranah Sikap:

S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

S10 Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik

S11 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

S12 Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri

 

Ranah Pengetahuan:

P1. Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dalam bidang sains dan teknologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah

 

Ranah Keterampilan Umum:

KU1.Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya

KU3.Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni

 

 

Ranah Keterampilan Khusus:

KK1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local

KK2. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy)

KK5. Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan berbasis potensi lokal

KK10. Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :

  1. Menganalisis konsep dan teori dalam materi anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang sesuai dengan perkembangan keilmuan dan pembelajaran dengan sungguh-sungguh (S10, P1, KK1)
  2. Menganalisis keterkaitan struktur organ, mekanisme faal, dan kelainan-kelainan organ pada sistem manusia secara logis, kritis, sistematis dan inovatif sesuai dengan kemajuan ipteks dan perkembangan jaman dengan sungguh-sungguh (S10, P1, KK1, KK10, KU1)
  3. Menerapkan prosedur kerja dalam mengkaji keterkaitan antara struktur, mekanisme faal dan kelainan-kelainan organ pada sistem manusia dengan menggunakan teknologi informasi yang sesuai dengan perkembangan jaman secara ilmiah, mandiri dan bertanggungjawab (S9, S12, P1, KK1, KU3, KK5)

References

Referensi:

  1. Saladin, Kenneth., S. 2010. Anatomy and Physiology, The Unity of Form and Function. Fifth Edition. Mc. Graww Hill International Edition
  2. Metter, Frank., H. 2011. Atlas of Human Anatomy. Fifth Edition. Saunders Elsevier
  3. Horrow, B., Mazur. A. 1962. Textbook of Biochemistry. Eighth Edition. Saunders Company Philadelpia. London
  4. Sloane, Ethel. 2004. Anatomi dan Fisiologi untuk Pemula. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta
  5. Silverrthorn, D.U. 2013. Fisiologi Manusia, Sebuah Pendekatan Terintegrasi. Edisi ke 6. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta
  6. Sherwood, L. 2009. Fisiologi Manusia dari Sel ke Sistem. Edisi ke 6. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang  pokok-pokok  anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang meliputi tubuh manusia sebagai satu kesatuan terbangun  dari berbagai sistem, struktur anatomi dan mekanisme fungsi sistem respirasi, digesti, hormon, urinaria, reproduksi pria dan wanita, imunitas, serta indera.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan      :

Ranah Sikap:

S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

S10 Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik

S11 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

S12 Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri

 

Ranah Pengetahuan:

P1. Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dalam bidang sains dan teknologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah

 

Ranah Keterampilan Umum:

KU1.Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya

KU3.Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni

 

 

Ranah Keterampilan Khusus:

KK1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local

KK2. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy)

KK5. Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan berbasis potensi lokal

KK10. Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :

  1. Menganalisis konsep dan teori dalam materi anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang sesuai dengan perkembangan keilmuan dan pembelajaran dengan sungguh-sungguh (S10, P1, KK1)
  2. Menganalisis keterkaitan struktur organ, mekanisme faal, dan kelainan-kelainan organ pada sistem manusia secara logis, kritis, sistematis dan inovatif sesuai dengan kemajuan ipteks dan perkembangan jaman dengan sungguh-sungguh (S10, P1, KK1, KK10, KU1)
  3. Menerapkan prosedur kerja dalam mengkaji keterkaitan antara struktur, mekanisme faal dan kelainan-kelainan organ pada sistem manusia dengan menggunakan teknologi informasi yang sesuai dengan perkembangan jaman secara ilmiah, mandiri dan bertanggungjawab (S9, S12, P1, KK1, KU3, KK5)

References

Referensi:

  1. Saladin, Kenneth., S. 2010. Anatomy and Physiology, The Unity of Form and Function. Fifth Edition. Mc. Graww Hill International Edition
  2. Metter, Frank., H. 2011. Atlas of Human Anatomy. Fifth Edition. Saunders Elsevier
  3. Horrow, B., Mazur. A. 1962. Textbook of Biochemistry. Eighth Edition. Saunders Company Philadelpia. London
  4. Sloane, Ethel. 2004. Anatomi dan Fisiologi untuk Pemula. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta
  5. Silverrthorn, D.U. 2013. Fisiologi Manusia, Sebuah Pendekatan Terintegrasi. Edisi ke 6. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta
  6. Sherwood, L. 2009. Fisiologi Manusia dari Sel ke Sistem. Edisi ke 6. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang  pokok-pokok  anatomi fisiologi tubuh manusia yang meliputi tubuh manusia sebagai satu kesatuan terbangun  dari berbagai system, struktur anatomi dan mekanisme fungsi sistem respirasi, pencernaan, reproduksi pria dan wanita, , urinaria, imun dan indera.

Learning Outcomes

 

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi manusia
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi manusia
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi manusia

 

  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang anatomi dan fisiologi tubuh manusia sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.

 

  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang berdasarkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi atau gagasan.

 

  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.

References

Guyton , A,C, 1964, The Function of Human Body, London; WB Sauders Co.

Guyton, A,C.1976, Buku teks Fisiologi Kedokrteran,Alih bahasa Adji Dharma & P Lukmanto, Jakarta : EGC

Ganong,W,F. 1980, Fisiologi Kedokteran,  Alih bahasa Adji Dharma, Jakarta : EGC

MartinO.W, 1983, Biokimia, alih bahasa Adji Dharma & Adras S.K, Jakarta : EGC

Noback  C R,& Demarest R.J,1982,  Anatomi Susunan Syaraf, Alih Bahasa Munandar, Jakarta, EGC

Pearc, E.C., 2002,  Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis, Alih Bahasa Sri Yulianto, Jakarta: Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang  pokok-pokok  anatomi fisiologi tubuh manusia yang meliputi tubuh manusia sebagai satu kesatuan terbangun  dari berbagai system, struktur anatomi dan mekanisme fungsi sistem respirasi, pencernaan, reproduksi pria dan wanita, , urinaria, imun dan indera.

Learning Outcomes

 

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi manusia
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi manusia
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi manusia

 

  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang anatomi dan fisiologi tubuh manusia sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.

 

  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang berdasarkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi atau gagasan.

 

  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.

References

Guyton , A,C, 1964, The Function of Human Body, London; WB Sauders Co.

Guyton, A,C.1976, Buku teks Fisiologi Kedokrteran,Alih bahasa Adji Dharma & P Lukmanto, Jakarta : EGC

Ganong,W,F. 1980, Fisiologi Kedokteran,  Alih bahasa Adji Dharma, Jakarta : EGC

MartinO.W, 1983, Biokimia, alih bahasa Adji Dharma & Adras S.K, Jakarta : EGC

Noback  C R,& Demarest R.J,1982,  Anatomi Susunan Syaraf, Alih Bahasa Munandar, Jakarta, EGC

Pearc, E.C., 2002,  Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis, Alih Bahasa Sri Yulianto, Jakarta: Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang  pokok-pokok  anatomi fisiologi tubuh manusia yang meliputi tubuh manusia sebagai satu kesatuan terbangun  dari berbagai system, struktur anatomi dan mekanisme fungsi sistem respirasi, pencernaan, reproduksi pria dan wanita, , urinaria, imun dan indera.

Learning Outcomes

 

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi manusia
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi manusia
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi manusia

 

  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang anatomi dan fisiologi tubuh manusia sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.

 

  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang berdasarkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi atau gagasan.

 

  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.

References

Guyton , A,C, 1964, The Function of Human Body, London; WB Sauders Co.

Guyton, A,C.1976, Buku teks Fisiologi Kedokrteran,Alih bahasa Adji Dharma & P Lukmanto, Jakarta : EGC

Ganong,W,F. 1980, Fisiologi Kedokteran,  Alih bahasa Adji Dharma, Jakarta : EGC

MartinO.W, 1983, Biokimia, alih bahasa Adji Dharma & Adras S.K, Jakarta : EGC

Noback  C R,& Demarest R.J,1982,  Anatomi Susunan Syaraf, Alih Bahasa Munandar, Jakarta, EGC

Pearc, E.C., 2002,  Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis, Alih Bahasa Sri Yulianto, Jakarta: Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang  pokok-pokok  anatomi fisiologi tubuh manusia yang meliputi tubuh manusia sebagai satu kesatuan terbangun  dari berbagai system, struktur anatomi dan mekanisme fungsi sistem hormone, reproduksi pria dan wanita, respirasi, pencernaan, urinaria, imun dan indera.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi manusia
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi manusia
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi manusia

 

  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang anatomi dan fisiologi tubuh manusia sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.

 

  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang berdasarkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi atau gagasan.

 

  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.

 

References

Guyton , A,C, 1964, The Function of Human Body, London; WB Sauders Co.

Guyton, A,C.1976, Buku teks Fisiologi Kedokrteran,Alih bahasa Adji Dharma & P Lukmanto, Jakarta : EGC

Ganong,W,F. 1980, Fisiologi Kedokteran,  Alih bahasa Adji Dharma, Jakarta : EGC

MartinO.W, 1983, Biokimia, alih bahasa Adji Dharma & Adras S.K, Jakarta : EGC

Noback  C R,& Demarest R.J,1982,  Anatomi Susunan Syaraf, Alih Bahasa Munandar, Jakarta, EGC

Pearc, E.C., 2002,  Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis, Alih Bahasa Sri Yulianto, Jakarta: Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang  pokok-pokok  anatomi fisiologi tubuh manusia yang meliputi tubuh manusia sebagai satu kesatuan terbangun  dari berbagai system, struktur anatomi dan mekanisme fungsi sistem hormone, reproduksi pria dan wanita, respirasi, pencernaan, urinaria, imun dan indera.

Learning Outcomes

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi manusia
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi manusia
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi manusia

 

  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang anatomi dan fisiologi tubuh manusia sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.

 

  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang berdasarkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi atau gagasan.

 

  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.
  2.  

References

Referensi

 

Guyton , A,C, 1964, The Function of Human Body, London; WB Sauders Co.

Guyton, A,C.1976, Buku teks Fisiologi Kedokrteran,Alih bahasa Adji Dharma & P Lukmanto, Jakarta : EGC

Ganong,W,F. 1980, Fisiologi Kedokteran,  Alih bahasa Adji Dharma, Jakarta : EGC

MartinO.W, 1983, Biokimia, alih bahasa Adji Dharma & Adras S.K, Jakarta : EGC

Noback  C R,& Demarest R.J,1982,  Anatomi Susunan Syaraf, Alih Bahasa Munandar, Jakarta, EGC

Pearc, E.C., 2002,  Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis, Alih Bahasa Sri Yulianto, Jakarta: Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang  pokok-pokok  anatomi fisiologi tubuh manusia yang meliputi tubuh manusia sebagai satu kesatuan terbangun  dari berbagai system, struktur anatomi dan mekanisme fungsi sistem hormone, reproduksi pria dan wanita, respirasi, pencernaan, urinaria, imun dan indera.

Learning Outcomes

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri

 

  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal

 

  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni

 

  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi manusia
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi manusia
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi manusia

 

  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang anatomi dan fisiologi tubuh manusia sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.

 

  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang berdasarkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi atau gagasan.

 

  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.

 

 

 

 

 

 

 

 

References

RUJUKAN :

Guyton , A,C, 1964, The Function of Human Body, London; WB Sauders Co.

Guyton, A,C.1976, Buku teks Fisiologi Kedokrteran,Alih bahasa Adji Dharma & P Lukmanto, Jakarta : EGC

Ganong,W,F. 1980, Fisiologi Kedokteran,  Alih bahasa Adji Dharma, Jakarta : EGC

MartinO.W, 1983, Biokimia, alih bahasa Adji Dharma & Adras S.K, Jakarta : EGC

Noback  C R,& Demarest R.J,1982,  Anatomi Susunan Syaraf, Alih Bahasa Munandar, Jakarta, EGC

Pearc, E.C., 2002,  Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis, Alih Bahasa Sri Yulianto, Jakarta: Gramedia.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang  pokok-pokok  anatomi fisiologi tubuh manusia yang meliputi tubuh manusia sebagai satu kesatuan terbangun  dari berbagai system, struktur anatomi dan mekanisme fungsi sistem hormone, reproduksi pria dan wanita, respirasi, pencernaan, urinaria, imun dan indera.

Learning Outcomes

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri

 

  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan lokal

 

  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni

 

  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan lokal

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

 

 

 

  1. Sikap

:

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religious dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi manusia
  2. Mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi manusia
  3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi manusia

 

  1. Pengetahuan

:

  1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang anatomi dan fisiologi tubuh manusia sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.

 

  1. Keterampilan Umum

:

  1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang berdasarkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi atau gagasan.

 

  1. Keterampilan Khusus

:

  1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.

 

 

 

 

 

 

 

 

References

RUJUKAN :

Guyton , A,C, 1964, The Function of Human Body, London; WB Sauders Co.

Guyton, A,C.1976, Buku teks Fisiologi Kedokrteran,Alih bahasa Adji Dharma & P Lukmanto, Jakarta : EGC

Ganong,W,F. 1980, Fisiologi Kedokteran,  Alih bahasa Adji Dharma, Jakarta : EGC

MartinO.W, 1983, Biokimia, alih bahasa Adji Dharma & Adras S.K, Jakarta : EGC

Noback  C R,& Demarest R.J,1982,  Anatomi Susunan Syaraf, Alih Bahasa Munandar, Jakarta, EGC

Pearc, E.C., 2002,  Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis, Alih Bahasa Sri Yulianto, Jakarta: Gramedia.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang  pokok-pokok  anatomi fisiologi tubuh manusia yang meliputi tubuh manusia sebagai satu kesatuan terbangun  dari berbagai system, struktur anatomi dan mekanisma fungsi sistem respirasi, digesti, hormone, sistem urinaria, sistem reproduksi pria dan wanita, sistem imunitas, serta sistem indera. 

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran                    :

  1. Sikap : 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  2. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri.
  1. Pengetahuan: 1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.
  2. Keterampilan Umum: 1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi atau gagasan.

  1. Keterampilan Khusus: 1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah        :

  1. Sikap : 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius dalam mempelajari materi anatomi fisiologi tubuh manusia.
  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi tubuh manusia.

       3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi tubuh manusia.

  1. Pengetahuan: 1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang anatomi dan fisiologi tubuh manusia sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.
  2. Keterampilan Umum: 1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang berdasarkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi atau gagasan.

  1. Keterampilan Khusus: 1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.

References

Guyton , A,C, 1964, The Function of Human Body, London; WB Sauders Co.

Guyton, A,C.1976, Buku teks Fisiologi Kedokrteran,Alih bahasa Adji Dharma & P Lukmanto, Jakarta : EGC

Ganong,W,F. 1980, Fisiologi Kedokteran,  Alih bahasa Adji Dharma, Jakarta : EGC

MartinO.W, 1983, Biokimia, alih bahasa Adji Dharma & Adras S.K, Jakarta : EGC

Noback  C R,& Demarest R.J,1982,  Anatomi Susunan Syaraf, Alih Bahasa Munandar, Jakarta, EGC

Pearc, E.C., 2002,  Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis, Alih Bahasa Sri Yulianto, Jakarta: Gramedia. 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang  pokok-pokok  anatomi fisiologi tubuh manusia yang meliputi tubuh manusia sebagai satu kesatuan terbangun  dari berbagai system, struktur anatomi dan mekanisma fungsi sistem respirasi, digesti, hormone, sistem urinaria, sistem reproduksi pria dan wanita, sistem imunitas, serta sistem indera. 

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran                    :

  1. Sikap : 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  2. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri.
  1. Pengetahuan: 1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.
  2. Keterampilan Umum: 1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi atau gagasan.

  1. Keterampilan Khusus: 1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah        :

  1. Sikap : 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius dalam mempelajari materi anatomi fisiologi tubuh manusia.
  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi tubuh manusia.

       3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi tubuh manusia.

  1. Pengetahuan: 1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang anatomi dan fisiologi tubuh manusia sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.
  2. Keterampilan Umum: 1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang berdasarkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

  2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi atau gagasan.

  1. Keterampilan Khusus: 1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.

References

Guyton , A,C, 1964, The Function of Human Body, London; WB Sauders Co.

Guyton, A,C.1976, Buku teks Fisiologi Kedokrteran,Alih bahasa Adji Dharma & P Lukmanto, Jakarta : EGC

Ganong,W,F. 1980, Fisiologi Kedokteran,  Alih bahasa Adji Dharma, Jakarta : EGC

MartinO.W, 1983, Biokimia, alih bahasa Adji Dharma & Adras S.K, Jakarta : EGC

Noback  C R,& Demarest R.J,1982,  Anatomi Susunan Syaraf, Alih Bahasa Munandar, Jakarta, EGC

Pearc, E.C., 2002,  Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis, Alih Bahasa Sri Yulianto, Jakarta: Gramedia. 


Details ...