Courser in English | ADVANCED HUMAN ANATOMY AND PHISIOLOGY |
Program | Pendidikan Biologi |
SKS | 3 SKS |
RPS | 14 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mengkaji tentang pokok-pokok anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang meliputi tubuh manusia sebagai satu kesatuan terbangun dari berbagai sistem, struktur anatomi dan mekanisme fungsi sistem respirasi, digesti, hormon, urinaria, reproduksi pria dan wanita, imunitas, serta indera.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Lulusan :
Ranah Sikap:
S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S10 Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik
S11 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S12 Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
Ranah Pengetahuan:
P1. Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dalam bidang sains dan teknologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah
Ranah Keterampilan Umum:
KU1.Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
KU3.Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
Ranah Keterampilan Khusus:
KK1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local
KK2. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy)
KK5. Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan berbasis potensi lokal
KK10. Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :
- Menganalisis konsep dan teori dalam materi anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang sesuai dengan perkembangan keilmuan dan pembelajaran dengan sungguh-sungguh (S10, P1, KK1)
- Menganalisis keterkaitan struktur organ, mekanisme faal, dan kelainan-kelainan organ pada sistem manusia secara logis, kritis, sistematis dan inovatif sesuai dengan kemajuan ipteks dan perkembangan jaman dengan sungguh-sungguh (S10, P1, KK1, KK10, KU1)
- Menerapkan prosedur kerja dalam mengkaji keterkaitan antara struktur, mekanisme faal dan kelainan-kelainan organ pada sistem manusia dengan menggunakan teknologi informasi yang sesuai dengan perkembangan jaman secara ilmiah, mandiri dan bertanggungjawab (S9, S12, P1, KK1, KU3, KK5)
Referensi:
- Saladin, Kenneth., S. 2010. Anatomy and Physiology, The Unity of Form and Function. Fifth Edition. Mc. Graww Hill International Edition
- Metter, Frank., H. 2011. Atlas of Human Anatomy. Fifth Edition. Saunders Elsevier
- Horrow, B., Mazur. A. 1962. Textbook of Biochemistry. Eighth Edition. Saunders Company Philadelpia. London
- Sloane, Ethel. 2004. Anatomi dan Fisiologi untuk Pemula. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta
- Silverrthorn, D.U. 2013. Fisiologi Manusia, Sebuah Pendekatan Terintegrasi. Edisi ke 6. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta
- Sherwood, L. 2009. Fisiologi Manusia dari Sel ke Sistem. Edisi ke 6. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang pokok-pokok anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang meliputi tubuh manusia sebagai satu kesatuan terbangun dari berbagai sistem, struktur anatomi dan mekanisme fungsi sistem respirasi, digesti, hormon, urinaria, reproduksi pria dan wanita, imunitas, serta indera.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Lulusan :
Ranah Sikap:
S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S10 Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik
S11 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S12 Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
Ranah Pengetahuan:
P1. Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dalam bidang sains dan teknologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah
Ranah Keterampilan Umum:
KU1.Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
KU3.Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
Ranah Keterampilan Khusus:
KK1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local
KK2. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy)
KK5. Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan berbasis potensi lokal
KK10. Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :
- Menganalisis konsep dan teori dalam materi anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang sesuai dengan perkembangan keilmuan dan pembelajaran dengan sungguh-sungguh (S10, P1, KK1)
- Menganalisis keterkaitan struktur organ, mekanisme faal, dan kelainan-kelainan organ pada sistem manusia secara logis, kritis, sistematis dan inovatif sesuai dengan kemajuan ipteks dan perkembangan jaman dengan sungguh-sungguh (S10, P1, KK1, KK10, KU1)
- Menerapkan prosedur kerja dalam mengkaji keterkaitan antara struktur, mekanisme faal dan kelainan-kelainan organ pada sistem manusia dengan menggunakan teknologi informasi yang sesuai dengan perkembangan jaman secara ilmiah, mandiri dan bertanggungjawab (S9, S12, P1, KK1, KU3, KK5)
Referensi:
- Saladin, Kenneth., S. 2010. Anatomy and Physiology, The Unity of Form and Function. Fifth Edition. Mc. Graww Hill International Edition
- Metter, Frank., H. 2011. Atlas of Human Anatomy. Fifth Edition. Saunders Elsevier
- Horrow, B., Mazur. A. 1962. Textbook of Biochemistry. Eighth Edition. Saunders Company Philadelpia. London
- Sloane, Ethel. 2004. Anatomi dan Fisiologi untuk Pemula. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta
- Silverrthorn, D.U. 2013. Fisiologi Manusia, Sebuah Pendekatan Terintegrasi. Edisi ke 6. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta
- Sherwood, L. 2009. Fisiologi Manusia dari Sel ke Sistem. Edisi ke 6. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang pokok-pokok anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang meliputi tubuh manusia sebagai satu kesatuan terbangun dari berbagai sistem, struktur anatomi dan mekanisme fungsi sistem respirasi, digesti, hormon, urinaria, reproduksi pria dan wanita, imunitas, serta indera.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Lulusan :
Ranah Sikap:
S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S10 Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik
S11 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S12 Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri
Ranah Pengetahuan:
P1. Menguasai konsep, prinsip dan prosedur dalam bidang sains dan teknologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah
Ranah Keterampilan Umum:
KU1.Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
KU3.Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang pendidikan Biologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
Ranah Keterampilan Khusus:
KK1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah dengan mengakomodasi potensi dan kearifan local
KK2. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, dan teori pedagogi, andragogi, dan didaktikal Biologi (terkait dengan TPCK/Technological Pedagogical Content Knowledge dan SSP/Subject Specific Pedagogy)
KK5. Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan berbasis potensi lokal
KK10. Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :
- Menganalisis konsep dan teori dalam materi anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang sesuai dengan perkembangan keilmuan dan pembelajaran dengan sungguh-sungguh (S10, P1, KK1)
- Menganalisis keterkaitan struktur organ, mekanisme faal, dan kelainan-kelainan organ pada sistem manusia secara logis, kritis, sistematis dan inovatif sesuai dengan kemajuan ipteks dan perkembangan jaman dengan sungguh-sungguh (S10, P1, KK1, KK10, KU1)
- Menerapkan prosedur kerja dalam mengkaji keterkaitan antara struktur, mekanisme faal dan kelainan-kelainan organ pada sistem manusia dengan menggunakan teknologi informasi yang sesuai dengan perkembangan jaman secara ilmiah, mandiri dan bertanggungjawab (S9, S12, P1, KK1, KU3, KK5)
Referensi:
- Saladin, Kenneth., S. 2010. Anatomy and Physiology, The Unity of Form and Function. Fifth Edition. Mc. Graww Hill International Edition
- Metter, Frank., H. 2011. Atlas of Human Anatomy. Fifth Edition. Saunders Elsevier
- Horrow, B., Mazur. A. 1962. Textbook of Biochemistry. Eighth Edition. Saunders Company Philadelpia. London
- Sloane, Ethel. 2004. Anatomi dan Fisiologi untuk Pemula. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta
- Silverrthorn, D.U. 2013. Fisiologi Manusia, Sebuah Pendekatan Terintegrasi. Edisi ke 6. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta
- Sherwood, L. 2009. Fisiologi Manusia dari Sel ke Sistem. Edisi ke 6. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang pokok-pokok anatomi fisiologi tubuh manusia yang meliputi tubuh manusia sebagai satu kesatuan terbangun dari berbagai system, struktur anatomi dan mekanisme fungsi sistem respirasi, pencernaan, reproduksi pria dan wanita, , urinaria, imun dan indera.
Learning Outcomes
|
||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
|
|
|
|
: |
|
|
: |
|
|
: |
|
|
: |
|
Guyton , A,C, 1964, The Function of Human Body, London; WB Sauders Co.
Guyton, A,C.1976, Buku teks Fisiologi Kedokrteran,Alih bahasa Adji Dharma & P Lukmanto, Jakarta : EGC
Ganong,W,F. 1980, Fisiologi Kedokteran, Alih bahasa Adji Dharma, Jakarta : EGC
MartinO.W, 1983, Biokimia, alih bahasa Adji Dharma & Adras S.K, Jakarta : EGC
Noback C R,& Demarest R.J,1982, Anatomi Susunan Syaraf, Alih Bahasa Munandar, Jakarta, EGC
Pearc, E.C., 2002, Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis, Alih Bahasa Sri Yulianto, Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang pokok-pokok anatomi fisiologi tubuh manusia yang meliputi tubuh manusia sebagai satu kesatuan terbangun dari berbagai system, struktur anatomi dan mekanisme fungsi sistem respirasi, pencernaan, reproduksi pria dan wanita, , urinaria, imun dan indera.
Learning Outcomes
|
||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
|
|
|
|
: |
|
|
: |
|
|
: |
|
|
: |
|
Guyton , A,C, 1964, The Function of Human Body, London; WB Sauders Co.
Guyton, A,C.1976, Buku teks Fisiologi Kedokrteran,Alih bahasa Adji Dharma & P Lukmanto, Jakarta : EGC
Ganong,W,F. 1980, Fisiologi Kedokteran, Alih bahasa Adji Dharma, Jakarta : EGC
MartinO.W, 1983, Biokimia, alih bahasa Adji Dharma & Adras S.K, Jakarta : EGC
Noback C R,& Demarest R.J,1982, Anatomi Susunan Syaraf, Alih Bahasa Munandar, Jakarta, EGC
Pearc, E.C., 2002, Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis, Alih Bahasa Sri Yulianto, Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang pokok-pokok anatomi fisiologi tubuh manusia yang meliputi tubuh manusia sebagai satu kesatuan terbangun dari berbagai system, struktur anatomi dan mekanisme fungsi sistem respirasi, pencernaan, reproduksi pria dan wanita, , urinaria, imun dan indera.
Learning Outcomes
|
||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
|
|
|
|
: |
|
|
: |
|
|
: |
|
|
: |
|
Guyton , A,C, 1964, The Function of Human Body, London; WB Sauders Co.
Guyton, A,C.1976, Buku teks Fisiologi Kedokrteran,Alih bahasa Adji Dharma & P Lukmanto, Jakarta : EGC
Ganong,W,F. 1980, Fisiologi Kedokteran, Alih bahasa Adji Dharma, Jakarta : EGC
MartinO.W, 1983, Biokimia, alih bahasa Adji Dharma & Adras S.K, Jakarta : EGC
Noback C R,& Demarest R.J,1982, Anatomi Susunan Syaraf, Alih Bahasa Munandar, Jakarta, EGC
Pearc, E.C., 2002, Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis, Alih Bahasa Sri Yulianto, Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang pokok-pokok anatomi fisiologi tubuh manusia yang meliputi tubuh manusia sebagai satu kesatuan terbangun dari berbagai system, struktur anatomi dan mekanisme fungsi sistem hormone, reproduksi pria dan wanita, respirasi, pencernaan, urinaria, imun dan indera.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
|
|
|
|
: |
|
|
: |
|
|
: |
|
|
: |
|
Guyton , A,C, 1964, The Function of Human Body, London; WB Sauders Co.
Guyton, A,C.1976, Buku teks Fisiologi Kedokrteran,Alih bahasa Adji Dharma & P Lukmanto, Jakarta : EGC
Ganong,W,F. 1980, Fisiologi Kedokteran, Alih bahasa Adji Dharma, Jakarta : EGC
MartinO.W, 1983, Biokimia, alih bahasa Adji Dharma & Adras S.K, Jakarta : EGC
Noback C R,& Demarest R.J,1982, Anatomi Susunan Syaraf, Alih Bahasa Munandar, Jakarta, EGC
Pearc, E.C., 2002, Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis, Alih Bahasa Sri Yulianto, Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang pokok-pokok anatomi fisiologi tubuh manusia yang meliputi tubuh manusia sebagai satu kesatuan terbangun dari berbagai system, struktur anatomi dan mekanisme fungsi sistem hormone, reproduksi pria dan wanita, respirasi, pencernaan, urinaria, imun dan indera.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
|
|
|
|
: |
|
|
: |
|
|
: |
|
|
: |
|
Referensi
Guyton , A,C, 1964, The Function of Human Body, London; WB Sauders Co.
Guyton, A,C.1976, Buku teks Fisiologi Kedokrteran,Alih bahasa Adji Dharma & P Lukmanto, Jakarta : EGC
Ganong,W,F. 1980, Fisiologi Kedokteran, Alih bahasa Adji Dharma, Jakarta : EGC
MartinO.W, 1983, Biokimia, alih bahasa Adji Dharma & Adras S.K, Jakarta : EGC
Noback C R,& Demarest R.J,1982, Anatomi Susunan Syaraf, Alih Bahasa Munandar, Jakarta, EGC
Pearc, E.C., 2002, Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis, Alih Bahasa Sri Yulianto, Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang pokok-pokok anatomi fisiologi tubuh manusia yang meliputi tubuh manusia sebagai satu kesatuan terbangun dari berbagai system, struktur anatomi dan mekanisme fungsi sistem hormone, reproduksi pria dan wanita, respirasi, pencernaan, urinaria, imun dan indera.
Learning Outcomes
|
: |
|
|||||||||||||||
|
: |
|
|||||||||||||||
|
: |
|
|||||||||||||||
|
: |
|
RUJUKAN :
Guyton , A,C, 1964, The Function of Human Body, London; WB Sauders Co.
Guyton, A,C.1976, Buku teks Fisiologi Kedokrteran,Alih bahasa Adji Dharma & P Lukmanto, Jakarta : EGC
Ganong,W,F. 1980, Fisiologi Kedokteran, Alih bahasa Adji Dharma, Jakarta : EGC
MartinO.W, 1983, Biokimia, alih bahasa Adji Dharma & Adras S.K, Jakarta : EGC
Noback C R,& Demarest R.J,1982, Anatomi Susunan Syaraf, Alih Bahasa Munandar, Jakarta, EGC
Pearc, E.C., 2002, Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis, Alih Bahasa Sri Yulianto, Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang pokok-pokok anatomi fisiologi tubuh manusia yang meliputi tubuh manusia sebagai satu kesatuan terbangun dari berbagai system, struktur anatomi dan mekanisme fungsi sistem hormone, reproduksi pria dan wanita, respirasi, pencernaan, urinaria, imun dan indera.
Learning Outcomes
|
: |
|
|||||||||||||||
|
: |
|
|||||||||||||||
|
: |
|
|||||||||||||||
|
: |
|
RUJUKAN :
Guyton , A,C, 1964, The Function of Human Body, London; WB Sauders Co.
Guyton, A,C.1976, Buku teks Fisiologi Kedokrteran,Alih bahasa Adji Dharma & P Lukmanto, Jakarta : EGC
Ganong,W,F. 1980, Fisiologi Kedokteran, Alih bahasa Adji Dharma, Jakarta : EGC
MartinO.W, 1983, Biokimia, alih bahasa Adji Dharma & Adras S.K, Jakarta : EGC
Noback C R,& Demarest R.J,1982, Anatomi Susunan Syaraf, Alih Bahasa Munandar, Jakarta, EGC
Pearc, E.C., 2002, Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis, Alih Bahasa Sri Yulianto, Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang pokok-pokok anatomi fisiologi tubuh manusia yang meliputi tubuh manusia sebagai satu kesatuan terbangun dari berbagai system, struktur anatomi dan mekanisma fungsi sistem respirasi, digesti, hormone, sistem urinaria, sistem reproduksi pria dan wanita, sistem imunitas, serta sistem indera.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran :
- Sikap : 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
- Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri.
- Pengetahuan: 1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.
- Keterampilan Umum: 1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi atau gagasan.
- Keterampilan Khusus: 1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :
- Sikap : 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius dalam mempelajari materi anatomi fisiologi tubuh manusia.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi tubuh manusia.
3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi tubuh manusia.
- Pengetahuan: 1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang anatomi dan fisiologi tubuh manusia sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.
- Keterampilan Umum: 1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang berdasarkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi atau gagasan.
- Keterampilan Khusus: 1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.
Guyton , A,C, 1964, The Function of Human Body, London; WB Sauders Co.
Guyton, A,C.1976, Buku teks Fisiologi Kedokrteran,Alih bahasa Adji Dharma & P Lukmanto, Jakarta : EGC
Ganong,W,F. 1980, Fisiologi Kedokteran, Alih bahasa Adji Dharma, Jakarta : EGC
MartinO.W, 1983, Biokimia, alih bahasa Adji Dharma & Adras S.K, Jakarta : EGC
Noback C R,& Demarest R.J,1982, Anatomi Susunan Syaraf, Alih Bahasa Munandar, Jakarta, EGC
Pearc, E.C., 2002, Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis, Alih Bahasa Sri Yulianto, Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang pokok-pokok anatomi fisiologi tubuh manusia yang meliputi tubuh manusia sebagai satu kesatuan terbangun dari berbagai system, struktur anatomi dan mekanisma fungsi sistem respirasi, digesti, hormone, sistem urinaria, sistem reproduksi pria dan wanita, sistem imunitas, serta sistem indera.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran :
- Sikap : 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
- Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri.
- Pengetahuan: 1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.
- Keterampilan Umum: 1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi atau gagasan.
- Keterampilan Khusus: 1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :
- Sikap : 1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius dalam mempelajari materi anatomi fisiologi tubuh manusia.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi tubuh manusia.
3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi tubuh manusia.
- Pengetahuan: 1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang anatomi dan fisiologi tubuh manusia sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.
- Keterampilan Umum: 1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang berdasarkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi atau gagasan.
- Keterampilan Khusus: 1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.
Guyton , A,C, 1964, The Function of Human Body, London; WB Sauders Co.
Guyton, A,C.1976, Buku teks Fisiologi Kedokrteran,Alih bahasa Adji Dharma & P Lukmanto, Jakarta : EGC
Ganong,W,F. 1980, Fisiologi Kedokteran, Alih bahasa Adji Dharma, Jakarta : EGC
MartinO.W, 1983, Biokimia, alih bahasa Adji Dharma & Adras S.K, Jakarta : EGC
Noback C R,& Demarest R.J,1982, Anatomi Susunan Syaraf, Alih Bahasa Munandar, Jakarta, EGC
Pearc, E.C., 2002, Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis, Alih Bahasa Sri Yulianto, Jakarta: Gramedia.
Details ...