Courser in English | ADVANCED HUMAN ANATOMY AND PHISIOLOGY |
Program | Pendidikan Biologi |
SKS | 3 SKS |
RPS | 14 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mengkaji tentang pokok-pokok anatomi fisiologi tubuh manusia yang meliputi tubuh manusia sebagai satu kesatuan terbangun dari berbagai system, struktur anatomi dan mekanisma fungsi sistem respirasi, digesti, hormone, sistem urinaria, sistem reproduksi pria dan wanita, sistem imunitas, serta sistem indera.
Learning OutcomesA. Sikap :
1.Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
2. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri.
B.Pengetahuan:
1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.
C. Keterampilan Umum:
1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi atau gagasan.
D.Keterampilan Khusus:
1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :
A. Sikap :
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius dalam mempelajari materi anatomi fisiologi tubuh manusia.
2. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi tubuh manusia.
3. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang unggul dan berjati diri dalam mempelajari materi anatomi dan fisiologi tubuh manusia.
B. Pengetahuan:
1. Menguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang anatomi dan fisiologi tubuh manusia sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.
C. Keterampilan Umum:
1. Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang berdasarkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi atau gagasan.
D. Keterampilan Khusus:
1. Menerapkan penguasaan konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia sesuai perkembangan keilmuan serta pembelajarannya di sekolah.
ReferencesGuyton , A,C, 1964, The Function of Human Body, London; WB Sauders Co.
Guyton, A,C.1976, Buku teks Fisiologi Kedokrteran,Alih bahasa Adji Dharma & P Lukmanto, Jakarta : EGC
Ganong,W,F. 1980, Fisiologi Kedokteran, Alih bahasa Adji Dharma, Jakarta : EGC
MartinO.W, 1983, Biokimia, alih bahasa Adji Dharma & Adras S.K, Jakarta : EGC
Noback C R,& Demarest R.J,1982, Anatomi Susunan Syaraf, Alih Bahasa Munandar, Jakarta, EGC
Pearc, E.C., 2002, Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis, Alih Bahasa Sri Yulianto, Jakarta: Gramedia.
Details ...
Matakuliah ini mengkaji tentang pengorganisasian tubuh manusia, istilah-istilah yang digunakan pada tubuh manusia, hubungan faal tingkat sel, dengan fungsi faal tingkat jaringan, organ, dan sistem organ, mekanisme komunikasi antar sel, dinamika membrane sel, prinsip-prinsip homeostasis, struktur dan fungsi system integument, struktur anatomi skeleton, mekanisme ossifikasi, macam-macam dan fungsi sendi, struktur dan fungsi sistem otot, struktur dan fungsi system saraf, struktur dan fungsi system hormone, serta struktur dan fungsi sitem sirkulasi.
Learning OutcomesMenguasai konsep, prinsip, teori dan prosedur dasar dalam bidang keilmuan Biologi sesuai perkembangan keilmuan anatomi dan fisiologi manusia serta pembelajarannya di sekolah dengan memperhatikan potensi dan kearifan local.
Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan nilai humaniora dan memperhatikan potensi lokal yang sesuai dengan bidang anatomi dan fisiologi manusia.
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni atas dasar nasionalisme dalam bidang anatomi dan fisiologi manusia yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
ReferencesUtama :
- Silverthorn, Dee Unglaub. 2013. Fisiologi Manusia Sebuah Pendekatan Terintegrasi. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta
- Sherwood, Lauralee. 2011. Fisiologi Manusia Dari Sel ke Sistem. Edisi 6. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta
- McMutrie, Hogin. 2006. Human Anatomy Coloring Book. 2 nd Edition. Sterling Publishing Co., Inc. New York
Details ...