Courser in English | Communication Studies |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 23 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Perubahan teknologi komunikasi dan industri media telah menciptakan berbagai lahan karir baru yang semakin berkembang dibandingkan tahun sebelumnya. Meskipun teknologi menciptakan kebutuhan bagi industri media, akan tetapi juga menuntut adanya perhatian terhadap pendidikan yang mencakup proses dan efek dari media komunikasi. Mata kuliah kajian media, dirancang untuk memberikan nilai intelektual lebih agar lulusan nantinya dapat berkembang di dinamika perubahan teknologi dan lingkungan organisasi. Media di sini tidak hanya meliputi media sebagai suatu kendaraan tapi juga media dalam lingkup yang lebih luas lagi, meliputi media cetak, print, pertunjukan, penyiaran, sampai dengan praktek dan bentuk perubahan sebagai akibat dari pergerakan media. Mata kuliah ini mempelajari isi media komunikasi, fungsi media, sejarah transformasi media, ideologi, institusi yang menjelaskan porsi media di masyarakat, audiens media serta isi media sendiri. Penggunaan internet sebagai salah satu media baru juga akan menjadi fokus dari kuliah ini.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, menguasai, dan mengaplikasikan teori dan konsep Kajian Media. Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan mempunyai kemampuan untuk memahami media, meliputi cara media berkomunikasi kepada audiens, cara kerja media dan pihak-pihak yang mendukung kerja media. Mahasiswa diharapkan memiliki perilaku adaptif terhadap perkembangan dunia media, menjadi konsumen yang aktif serta memiliki bekal sebagai produsen media yang kreatif.
References-
Details ...
Perubahan teknologi komunikasi dan industri media telah menciptakan berbagai lahan karir baru yang semakin berkembang dibandingkan tahun sebelumnya. Meskipun teknologi menciptakan kebutuhan bagi industri media, akan tetapi juga menuntut adanya perhatian terhadap pendidikan yang mencakup proses dan efek dari media komunikasi. Mata kuliah kajian media, dirancang untuk memberikan nilai intelektual lebih agar lulusan nantinya dapat berkembang di dinamika perubahan teknologi dan lingkungan organisasi. Media di sini tidak hanya meliputi media sebagai suatu kendaraan tapi juga media dalam lingkup yang lebih luas lagi, meliputi media cetak, print, pertunjukan, penyiaran, sampai dengan praktek dan bentuk perubahan sebagai akibat dari pergerakan media. Mata kuliah ini mempelajari isi media komunikasi, fungsi media, sejarah transformasi media, ideologi, institusi yang menjelaskan porsi media di masyarakat, audiens media serta isi media sendiri. Penggunaan internet sebagai salah satu media baru juga akan menjadi fokus dari kuliah ini.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, menguasai, dan mengaplikasikan teori dan konsep Kajian Media. Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan mempunyai kemampuan untuk memahami media, meliputi cara media berkomunikasi kepada audiens, cara kerja media dan pihak-pihak yang mendukung kerja media. Mahasiswa diharapkan memiliki perilaku adaptif terhadap perkembangan dunia media, menjadi konsumen yang aktif serta memiliki bekal sebagai produsen media yang kreatif.
References-
Details ...
Perubahan teknologi komunikasi dan industri media telah menciptakan berbagai lahan karir baru yang semakin berkembang dibandingkan tahun sebelumnya. Meskipun teknologi menciptakan kebutuhan bagi industri media, akan tetapi juga menuntut adanya perhatian terhadap pendidikan yang mencakup proses dan efek dari media komunikasi. Mata kuliah kajian media, dirancang untuk memberikan nilai intelektual lebih agar lulusan nantinya dapat berkembang di dinamika perubahan teknologi dan lingkungan organisasi. Media di sini tidak hanya meliputi media sebagai suatu kendaraan tapi juga media dalam lingkup yang lebih luas lagi, meliputi media cetak, print, pertunjukan, penyiaran, sampai dengan praktek dan bentuk perubahan sebagai akibat dari pergerakan media. Mata kuliah ini mempelajari isi media komunikasi, fungsi media, sejarah transformasi media, ideologi, institusi yang menjelaskan porsi media di masyarakat, audiens media serta isi media sendiri. Penggunaan internet sebagai salah satu media baru juga akan menjadi fokus dari kuliah ini.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, menguasai, dan mengaplikasikan teori dan konsep Kajian Media. Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan mempunyai kemampuan untuk memahami media, meliputi cara media berkomunikasi kepada audiens, cara kerja media dan pihak-pihak yang mendukung kerja media. Mahasiswa diharapkan memiliki perilaku adaptif terhadap perkembangan dunia media, menjadi konsumen yang aktif serta memiliki bekal sebagai produsen media yang kreatif.
References-
Details ...
Perubahan teknologi komunikasi dan industri media telah menciptakan berbagai lahan karir baru yang semakin berkembang dibandingkan tahun sebelumnya. Meskipun teknologi menciptakan kebutuhan bagi industri media, akan tetapi juga menuntut adanya perhatian terhadap pendidikan yang mencakup proses dan efek dari media komunikasi. Mata kuliah kajian media, dirancang untuk memberikan nilai intelektual lebih agar lulusan nantinya dapat berkembang di dinamika perubahan teknologi dan lingkungan organisasi. Media di sini tidak hanya meliputi media sebagai suatu kendaraan tapi juga media dalam lingkup yang lebih luas lagi, meliputi media cetak, print, pertunjukan, penyiaran, sampai dengan praktek dan bentuk perubahan sebagai akibat dari pergerakan media. Mata kuliah ini mempelajari isi media komunikasi, fungsi media, sejarah transformasi media, ideologi, institusi yang menjelaskan porsi media di masyarakat, audiens media serta isi media sendiri. Penggunaan internet sebagai salah satu media baru juga akan menjadi fokus dari kuliah ini.
Learning OutcomesMahasiswa dapat mengetahui, menguasai, dan mengaplikasikan teori dan konsep Kajian Media. Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan mempunyai kemampuan untuk memahami media, meliputi cara media berkomunikasi kepada audiens, cara kerja media dan pihak-pihak yang mendukung kerja media. Mahasiswa diharapkan memiliki perilaku adaptif terhadap perkembangan dunia media, menjadi konsumen yang aktif serta memiliki bekal sebagai produsen media yang kreatif.
References-
Details ...
Mata kuliah ini berisi pengajaran tentang pengenalan Ilmu Komunikasi secara komprehensif atau mengenalkan “bangunan Ilmu Komunikasi” secara utuh yaitu : Konsep komunikasi, ruang lingkup, sejarah, serta model-model yang mendasar dari ilmu komunikasi.
Learning OutcomesBerperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
References- Blake, Reed.H & Haroldsen, Edwin.O, 1979,A Taxonomy Of Concept in Communication, Hasting House Publisher, New York
- Mulyana, Deddy, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya,Bandung
- Effendy, Onong Ucjana. 2000. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
- Cangara, Hafied.H, 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
- John Fiske, 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
- Littlejohn, Stephen W. 2001. Theories of Human Communication (7th ed.). USA: Wadsworth Publishing.
- Nina W.Syam, 2010, Filsafat Sebagai Akar Komunikasi, Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
- Nina W.Syam, 2011, Psikologi Sebagai Akar Komunikasi, Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
- Rakhmat, Jalaluddin. 1991. Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosda.
Details ...
Mata kuliah ini berisi pengajaran tentang pengenalan Ilmu Komunikasi secara komprehensif atau mengenalkan “bangunan Ilmu Komunikasi” secara utuh yaitu : Konsep komunikasi, ruang lingkup, sejarah, serta model-model yang mendasar dari ilmu komunikasi.
Learning OutcomesBerperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
References- Blake, Reed.H & Haroldsen, Edwin.O, 1979,A Taxonomy Of Concept in Communication, Hasting House Publisher, New York
- Mulyana, Deddy, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya,Bandung
- Effendy, Onong Ucjana. 2000. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
- Cangara, Hafied.H, 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
- John Fiske, 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
- Littlejohn, Stephen W. 2001. Theories of Human Communication (7th ed.). USA: Wadsworth Publishing.
- Nina W.Syam, 2010, Filsafat Sebagai Akar Komunikasi, Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
- Nina W.Syam, 2011, Psikologi Sebagai Akar Komunikasi, Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
- Rakhmat, Jalaluddin. 1991. Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosda.
Details ...
Mata kuliah ini berisi pengajaran tentang pengenalan Ilmu Komunikasi secara komprehensif atau mengenalkan “bangunan Ilmu Komunikasi” secara utuh yaitu : Konsep komunikasi, ruang lingkup, sejarah, serta model-model yang mendasar dari ilmu komunikasi.
Learning OutcomesBerperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
References- Blake, Reed.H & Haroldsen, Edwin.O, 1979,A Taxonomy Of Concept in Communication, Hasting House Publisher, New York
- Mulyana, Deddy, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya,Bandung
- Effendy, Onong Ucjana. 2000. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
- Cangara, Hafied.H, 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
- John Fiske, 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
- Littlejohn, Stephen W. 2001. Theories of Human Communication (7th ed.). USA: Wadsworth Publishing.
- Nina W.Syam, 2010, Filsafat Sebagai Akar Komunikasi, Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
- Nina W.Syam, 2011, Psikologi Sebagai Akar Komunikasi, Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
- Rakhmat, Jalaluddin. 1991. Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosda.
Details ...
Mata kuliah ini berisi pengajaran tentang pengenalan Ilmu Komunikasi secara komprehensif atau mengenalkan “bangunan Ilmu Komunikasi” secara utuh yaitu : Konsep komunikasi, ruang lingkup, sejarah, serta model-model yang mendasar dari ilmu komunikasi.
Learning OutcomesBerperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
References- Blake, Reed.H & Haroldsen, Edwin.O, 1979,A Taxonomy Of Concept in Communication, Hasting House Publisher, New York
- Mulyana, Deddy, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya,Bandung
- Effendy, Onong Ucjana. 2000. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
- Cangara, Hafied.H, 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
- John Fiske, 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
- Littlejohn, Stephen W. 2001. Theories of Human Communication (7th ed.). USA: Wadsworth Publishing.
- Nina W.Syam, 2010, Filsafat Sebagai Akar Komunikasi, Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
- Nina W.Syam, 2011, Psikologi Sebagai Akar Komunikasi, Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
- Rakhmat, Jalaluddin. 1991. Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosda.
Details ...
Mata kuliah ini berisi pengajaran tentang pengenalan Ilmu Komunikasi secara komprehensif atau mengenalkan “bangunan Ilmu Komunikasi” secara utuh yaitu : Konsep komunikasi, ruang lingkup, sejarah, serta model-model yang mendasar dari ilmu komunikasi.
Learning OutcomesBerperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
References- Blake, Reed.H & Haroldsen, Edwin.O, 1979,A Taxonomy Of Concept in Communication, Hasting House Publisher, New York
- Mulyana, Deddy, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya,Bandung
- Effendy, Onong Ucjana. 2000. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
- Cangara, Hafied.H, 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
- John Fiske, 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
- Littlejohn, Stephen W. 2001. Theories of Human Communication (7th ed.). USA: Wadsworth Publishing.
- Nina W.Syam, 2010, Filsafat Sebagai Akar Komunikasi, Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
- Nina W.Syam, 2011, Psikologi Sebagai Akar Komunikasi, Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
- Rakhmat, Jalaluddin. 1991. Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosda.
Details ...
Kajian terhadap komponen-komponen dasar Ilmu komunikasi
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dasar-dasar ilmu komunikasi yang selanjutnya dapat teraplikasikan dalam masyarakat baik melalui komunikasi intra, antar personal, kelompok maupun komunikasi masa
References
Alwi, H. et al. 1993. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta. Depdikbud.
Depdikbud. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia-Edisi Kedua. Jakarta. Balai Pustaka.
Denis McQuail. 1991 Teori Komunikasi Massa-suatu pengantar. Jakarta. Penerbit Erlangga
Effendy, Onong Uchjana. 1984. Ilmu Komunikasi-teori dan praktek. Bandung. Rosdakarya.
Moekijat. 1993. Teori Komunikasi. Bandung. Mandar Maju.
Muhtadi, Asep Saeful. 1999. Jurnalistik Pendekatan Teori dan Praktek. Jakarta : Logos.
Rifai, Mien A. 1995. Pegangan Gaya Penulisan, Penyuntingan, dan Penerbitan. Yogyakarta. Gajah Mada University Press
Soehoet,AM Hoeta.2002. Seleksi, Penyuntingan, dan Penataan Isi Suratkabar dan Majalah. Jakarta. Yayasan Kampus Tercinta-IISIP
Subrata. 1997. “Penggunaan Bahasa Jurnalistik pada Media Massa : Pendekatan Empiris dalam Sudaryanto dan Sulistiyo (eds) Ragam Bahasa Jurnalistik dan Pengajaran Bahasa Indonesia. Semarang : Citra Almamater.
Sudaryanto dan Sulistiyo (eds). 1997. Ragam Bahasa Jurnalistik dan Pengajaran Bahasa Indonesia. Semarang: Citra Almamater.
Sumanang. 1952. Beberapa Soal tentang Pers dan Jurnalistik. Jakarta : Balai Pustaka.
Sunaryo. Djoenaesih. Pengantar Ilmu Komunikasi-jilid I. Yogyakarta: Liberty
Agus Wismanto dan Arisul Ulumudin. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Semarang, UPGRIS Press.
Details ...
Kajian terhadap komponen-komponen dasar Ilmu komunikasi
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dasar-dasar ilmu komunikasi yang selanjutnya dapat teraplikasikan dalam masyarakat baik melalui komunikasi intra, antar personal, kelompok maupun komunikasi masa
References
Alwi, H. et al. 1993. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta. Depdikbud.
Depdikbud. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia-Edisi Kedua. Jakarta. Balai Pustaka.
Denis McQuail. 1991 Teori Komunikasi Massa-suatu pengantar. Jakarta. Penerbit Erlangga
Effendy, Onong Uchjana. 1984. Ilmu Komunikasi-teori dan praktek. Bandung. Rosdakarya.
Moekijat. 1993. Teori Komunikasi. Bandung. Mandar Maju.
Muhtadi, Asep Saeful. 1999. Jurnalistik Pendekatan Teori dan Praktek. Jakarta : Logos.
Rifai, Mien A. 1995. Pegangan Gaya Penulisan, Penyuntingan, dan Penerbitan. Yogyakarta. Gajah Mada University Press
Soehoet,AM Hoeta.2002. Seleksi, Penyuntingan, dan Penataan Isi Suratkabar dan Majalah. Jakarta. Yayasan Kampus Tercinta-IISIP
Subrata. 1997. “Penggunaan Bahasa Jurnalistik pada Media Massa : Pendekatan Empiris dalam Sudaryanto dan Sulistiyo (eds) Ragam Bahasa Jurnalistik dan Pengajaran Bahasa Indonesia. Semarang : Citra Almamater.
Sudaryanto dan Sulistiyo (eds). 1997. Ragam Bahasa Jurnalistik dan Pengajaran Bahasa Indonesia. Semarang: Citra Almamater.
Sumanang. 1952. Beberapa Soal tentang Pers dan Jurnalistik. Jakarta : Balai Pustaka.
Sunaryo. Djoenaesih. Pengantar Ilmu Komunikasi-jilid I. Yogyakarta: Liberty
Agus Wismanto dan Arisul Ulumudin. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Semarang, UPGRIS Press.
Details ...
Pemahaman seputar Ilmu komunikasi tidaklah lengkap bila tak disertai dengan pemahaman unsur-unsur mendasar dalam komunikasi. Mata kuliah ini berisi pengajaran tentang pengenalan Ilmu Komunikasi secara komprehensif atau mengenalkan “bangunan Ilmu Komunikasi” secara utuh yaitu : Konsep komunikasi, ruang lingkup, sejarah, serta model-model yang mendasar dari ilmu komunikasi. salah satu tuntutan bagi seorang sarjana komunikasi sebelum mampu melakukan tugas-tugas berbasis kompetensi teknis dan kemampuan analisis terhadap isu-isu komunikasi, diperlukan pengantar ilmu komunikasi agar sarjana komunikasi dapat mencermati isu-isu komunikasi secara kritis, logis, dan mampu menganalisa serta menginterpretasikan setiap gejala komunikasi yang terjadi dilingkungannya. Mata kuliah ini lebih banyak memberikan kompetensi kognitif dan afektif. Namun pembekalan dengan konsep-konsep awal komunikasi diharapkan dapat membantu mahasiswa melakukan tugas-tugas pada aspek psikomotorik kedepan dengan lebih matang.
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Mampu mempublikasikan dan memasarkannya melalui berbagai media.
Menguasai teknik publikasi dan pemasaran karya tulis melalui berbagai media.
Learning OutcomesBerperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
References
- Blake, Reed.H & Haroldsen, Edwin.O, 1979,A Taxonomy Of Concept in Communication, Hasting House Publisher, New York
- Mulyana, Deddy, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya,Bandung
- Effendy, Onong Ucjana. 2000. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
- Cangara, Hafied.H, 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
- John Fiske, 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
- Littlejohn, Stephen W. 2001. Theories of Human Communication (7th ed.). USA: Wadsworth Publishing.
- Nina W.Syam, 2010, Filsafat Sebagai Akar Komunikasi, Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
- Nina W.Syam, 2011, Psikologi Sebagai Akar Komunikasi, Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
- Rakhmat, Jalaluddin. 1991. Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosda.
Details ...