Pembelajaran Tematik, Curriculum : 2015


Courser in EnglishTHEMATIC LEARNING
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS21 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.

Learning Outcomes

Menguasai konsep dasar pembelajaran tematik dan mengimplementasikannya di sekolah dasar khususnya pada kelas tinggi.

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.Ed. (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2010. Implementasi KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  7. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  8. Permen No. 61 Tahun 2014 tentang KTSP
  9. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  10. Permendikbud No. 111 Tahun 2014 tentang  Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  11. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  12. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  13. Suroso, Hadi. 2009. Telaah Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP. Semarang: FIP IKIP  PGRI.
  14. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.

Learning Outcomes

Menguasai konsep dasar pembelajaran tematik dan mengimplementasikannya di sekolah dasar khususnya pada kelas tinggi.

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.Ed. (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2010. Implementasi KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  7. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  8. Permen No. 61 Tahun 2014 tentang KTSP
  9. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  10. Permendikbud No. 111 Tahun 2014 tentang  Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  11. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  12. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  13. Suroso, Hadi. 2009. Telaah Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP. Semarang: FIP IKIP  PGRI.
  14. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.

Learning Outcomes

Menguasai konsep dasar pembelajaran tematik dan mengimplementasikannya di sekolah dasar khususnya pada kelas tinggi.

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.Ed. (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2010. Implementasi KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  7. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  8. Permen No. 61 Tahun 2014 tentang KTSP
  9. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  10. Permendikbud No. 111 Tahun 2014 tentang  Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  11. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  12. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  13. Suroso, Hadi. 2009. Telaah Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP. Semarang: FIP IKIP  PGRI.
  14. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.

Learning Outcomes

Menguasai konsep dasar pembelajaran tematik dan mengimplementasikannya di sekolah dasar khususnya pada kelas tinggi.

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.Ed. (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2010. Implementasi KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  7. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  8. Permen No. 61 Tahun 2014 tentang KTSP
  9. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  10. Permendikbud No. 111 Tahun 2014 tentang  Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  11. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  12. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  13. Suroso, Hadi. 2009. Telaah Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP. Semarang: FIP IKIP  PGRI.
  14. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.

Learning Outcomes

Menguasai konsep dasar pembelajaran tematik dan mengimplementasikannya di sekolah dasar khususnya pada kelas tinggi.

 

 

References

Prastowo. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Press

Kadir. 2015. Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Raja Grafindo


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.

Learning Outcomes

Menguasai konsep dasar pembelajaran tematik dan mengimplementasikannya di sekolah dasar khususnya pada kelas tinggi.

 

 

References

Prastowo. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Press

Kadir. 2015. Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Raja Grafindo


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.

Learning Outcomes

Menguasai konsep dasar pembelajaran tematik dan mengimplementasikannya di sekolah dasar khususnya pada kelas tinggi.

 

 

References

Prastowo. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Press

Kadir. 2015. Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Raja Grafindo


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.

Learning Outcomes

Menguasai konsep dasar pembelajaran tematik dan mengimplementasikannya di sekolah dasar khususnya pada kelas tinggi.

 

 

References

Prastowo. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Press

Kadir. 2015. Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Raja Grafindo


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.

Learning Outcomes

Menguasai konsep dasar pembelajaran tematik dan mengimplementasikannya di sekolah dasar khususnya pada kelas tinggi.

 

 

References

Prastowo. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Press

Kadir. 2015. Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Raja Grafindo


Details ...