Pembelajaran Tematik, Curriculum : 2015


Courser in EnglishTHEMATIC LEARNING
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS21 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar yang pembelajaran tematik, prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas rendah , penyusunan media dan bahan ajar tematik, penyusunan rencana pembelajaran tematik, mempraktekkan pembelajaran tematik di sekolah dasar khususnya kelas rendah

Learning Outcomes

1. Menguasai secara komprehensif konsep dasar pembelajaran tematik

2. mengimplementasikan pembelajaran tematik di sekolah dasar khususnya kelas rendah

3. memiliki sikap percaya diri dan optimis dalam mengembangkan pembelajaran tematik sesuai kurikulum 2013

References

  1. Fajriyah, Khusnul dan wawan Priyanto dan Muhamad Yusuf. 2018. Pembelajaran Tematik. Semarang. UPGRIS Press
  2. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  3. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  5. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.Ed. (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  6. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  7. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  8. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  9. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  10. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar yang pembelajaran tematik, prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas rendah , penyusunan media dan bahan ajar tematik, penyusunan rencana pembelajaran tematik, mempraktekkan pembelajaran tematik di sekolah dasar khususnya kelas rendah

Learning Outcomes

1. Menguasai secara komprehensif konsep dasar pembelajaran tematik

2. mengimplementasikan pembelajaran tematik di sekolah dasar khususnya kelas rendah

3. memiliki sikap percaya diri dan optimis dalam mengembangkan pembelajaran tematik sesuai kurikulum 2013

References

  1. Fajriyah, Khusnul dan wawan Priyanto dan Muhamad Yusuf. 2018. Pembelajaran Tematik. Semarang. UPGRIS Press
  2. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  3. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  5. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.Ed. (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  6. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  7. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  8. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  9. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  10. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar yang pembelajaran tematik, prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas rendah , penyusunan media dan bahan ajar tematik, penyusunan rencana pembelajaran tematik, mempraktekkan pembelajaran tematik di sekolah dasar khususnya kelas rendah

Learning Outcomes

1. Menguasai secara komprehensif konsep dasar pembelajaran tematik

2. mengimplementasikan pembelajaran tematik di sekolah dasar khususnya kelas rendah

3. memiliki sikap percaya diri dan optimis dalam mengembangkan pembelajaran tematik sesuai kurikulum 2013

References

  1. Fajriyah, Khusnul dan wawan Priyanto dan Muhamad Yusuf. 2018. Pembelajaran Tematik. Semarang. UPGRIS Press
  2. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  3. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  5. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.Ed. (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  6. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  7. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  8. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  9. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  10. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar yang pembelajaran tematik, prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas rendah , penyusunan media dan bahan ajar tematik, penyusunan rencana pembelajaran tematik, mempraktekkan pembelajaran tematik di sekolah dasar khususnya kelas rendah

Learning Outcomes

1. Menguasai secara komprehensif konsep dasar pembelajaran tematik

2. mengimplementasikan pembelajaran tematik di sekolah dasar khususnya kelas rendah

3. memiliki sikap percaya diri dan optimis dalam mengembangkan pembelajaran tematik sesuai kurikulum 2013

References

  1. Fajriyah, Khusnul dan wawan Priyanto dan Muhamad Yusuf. 2018. Pembelajaran Tematik. Semarang. UPGRIS Press
  2. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  3. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  5. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.Ed. (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  6. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  7. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  8. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  9. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  10. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar yang pembelajaran tematik, prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas rendah , penyusunan media dan bahan ajar tematik, penyusunan rencana pembelajaran tematik, mempraktekkan pembelajaran tematik di sekolah dasar khususnya kelas rendah

Learning Outcomes

1. Menguasai secara komprehensif konsep dasar pembelajaran tematik

2. mengimplementasikan pembelajaran tematik di sekolah dasar khususnya kelas rendah

3. memiliki sikap percaya diri dan optimis dalam mengembangkan pembelajaran tematik sesuai kurikulum 2013

References

  1. Fajriyah, Khusnul dan wawan Priyanto dan Muhamad Yusuf. 2018. Pembelajaran Tematik. Semarang. UPGRIS Press
  2. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  3. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  5. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.Ed. (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  6. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  7. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  8. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  9. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  10. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Details ...
Course Descriptions

: Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, analisis tema-tema kelas rendah, model-model pembelajaran tematik di kelas rendah, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas rendah, mempraktekkan pembelajaran tematik SD di kelas rendah

Learning Outcomes

1. menguasai konsep dasar pembelajaran tematik secara komprehensif

2. mengembangkan pembelajaran tematik di SD kelas rendah (kelas 1,2,3)

3. memiliki sikap ilmiah dalam mengembangkan pembelajaran tematik SD kelas rendah 

References

1. Khusnul fajriyah, wawan priyanto, Yusuf setia Wardana. 2017. Pembelajaran Tematik. Universitas PGRI Semarang

2. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

3. Hajar, Ibnu. 2013. Panduan Lengkap Kurikulum Tematik. Jogjakarta: Diva Press

4. Permendikbud No 22 tahun 2016 tentang standar proses


Details ...
Course Descriptions

: Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, analisis tema-tema kelas rendah, model-model pembelajaran tematik di kelas rendah, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas rendah, mempraktekkan pembelajaran tematik SD di kelas rendah

Learning Outcomes

1. menguasai konsep dasar pembelajaran tematik secara komprehensif

2. mengembangkan pembelajaran tematik di SD kelas rendah (kelas 1,2,3)

3. memiliki sikap ilmiah dalam mengembangkan pembelajaran tematik SD kelas rendah 

References

1. Khusnul fajriyah, wawan priyanto, Yusuf setia Wardana. 2017. Pembelajaran Tematik. Universitas PGRI Semarang

2. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

3. Hajar, Ibnu. 2013. Panduan Lengkap Kurikulum Tematik. Jogjakarta: Diva Press

4. Permendikbud No 22 tahun 2016 tentang standar proses


Details ...
Course Descriptions

: Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, analisis tema-tema kelas rendah, model-model pembelajaran tematik di kelas rendah, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas rendah, mempraktekkan pembelajaran tematik SD di kelas rendah

Learning Outcomes

1. menguasai konsep dasar pembelajaran tematik secara komprehensif

2. mengembangkan pembelajaran tematik di SD kelas rendah (kelas 1,2,3)

3. memiliki sikap ilmiah dalam mengembangkan pembelajaran tematik SD kelas rendah 

References

1. Khusnul fajriyah, wawan priyanto, Yusuf setia Wardana. 2017. Pembelajaran Tematik. Universitas PGRI Semarang

2. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

3. Hajar, Ibnu. 2013. Panduan Lengkap Kurikulum Tematik. Jogjakarta: Diva Press

4. Permendikbud No 22 tahun 2016 tentang standar proses


Details ...
Course Descriptions

: Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, analisis tema-tema kelas rendah, model-model pembelajaran tematik di kelas rendah, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas rendah, mempraktekkan pembelajaran tematik SD di kelas rendah

Learning Outcomes

1. menguasai konsep dasar pembelajaran tematik secara komprehensif

2. mengembangkan pembelajaran tematik di SD kelas rendah (kelas 1,2,3)

3. memiliki sikap ilmiah dalam mengembangkan pembelajaran tematik SD kelas rendah 

References

1. Khusnul fajriyah, wawan priyanto, Yusuf setia Wardana. 2017. Pembelajaran Tematik. Universitas PGRI Semarang

2. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

3. Hajar, Ibnu. 2013. Panduan Lengkap Kurikulum Tematik. Jogjakarta: Diva Press

4. Permendikbud No 22 tahun 2016 tentang standar proses


Details ...
Course Descriptions

: Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, analisis tema-tema kelas rendah, model-model pembelajaran tematik di kelas rendah, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas rendah, mempraktekkan pembelajaran tematik SD di kelas rendah

Learning Outcomes

1. menguasai konsep dasar pembelajaran tematik secara komprehensif

2. mengembangkan pembelajaran tematik di SD kelas rendah (kelas 1,2,3)

3. memiliki sikap ilmiah dalam mengembangkan pembelajaran tematik SD kelas rendah 

References

1. Khusnul fajriyah, wawan priyanto, Yusuf setia Wardana. 2017. Pembelajaran Tematik. Universitas PGRI Semarang

2. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

3. Hajar, Ibnu. 2013. Panduan Lengkap Kurikulum Tematik. Jogjakarta: Diva Press

4. Permendikbud No 22 tahun 2016 tentang standar proses


Details ...
Course Descriptions

: Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, analisis tema-tema kelas rendah, model-model pembelajaran tematik di kelas rendah, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas rendah, mempraktekkan pembelajaran tematik SD di kelas rendah

Learning Outcomes

1. menguasai konsep dasar pembelajaran tematik secara komprehensif

2. mengembangkan pembelajaran tematik di SD kelas rendah (kelas 1,2,3)

3. memiliki sikap ilmiah dalam mengembangkan pembelajaran tematik SD kelas rendah 

References

1. Khusnul fajriyah, wawan priyanto, Yusuf setia Wardana. 2017. Pembelajaran Tematik. Universitas PGRI Semarang

2. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

3. Hajar, Ibnu. 2013. Panduan Lengkap Kurikulum Tematik. Jogjakarta: Diva Press

4. Permendikbud No 22 tahun 2016 tentang standar proses


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.

Learning Outcomes

Menguasai konsep dasar pembelajaran tematik dan mengimplementasikannya di sekolah dasar khususnya pada kelas tinggi.

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.Ed. (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2010. Implementasi KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  7. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  8. Permen No. 61 Tahun 2014 tentang KTSP
  9. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  10. Permendikbud No. 111 Tahun 2014 tentang  Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  11. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  12. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  13. Suroso, Hadi. 2009. Telaah Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP. Semarang: FIP IKIP  PGRI.
  14. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

 


Details ...