Courser in English | Educational Foundation |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 19 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep dasar ilmu pendidikan, hakikat pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional, guru sebagai profesi, permasalahan pendidikan di indonesia dan inovasi pendidikan di indonesia, serta memiliki kemampuan mengaplikasikan dalam PAUD.
Learning OutcomesMahasiswa dapat memahami dan mampu mengaplikasikan tentang konsep dasar ilmu pendidikan, hakikat pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional, guru sebagai profesi, permasalahan pendidikan di indonesia dan inovasi pendidikan di indonesia, pada lembagfa Penidikan Anak Usia Dini
References
Sudharto, dkk, 2009, Pengantar Ilmu Pendidikan, Semarang: IKIP PGRI Press.
Sugiono, dkk, Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Tim fakultas Ilmu Pendidikan.
Tilaar, A, 2004, Paradigma Pendidikan Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalim, Mochamad, dkk, 2008, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Grasindo.
Details ...
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep dasar ilmu pendidikan, hakikat pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional, guru sebagai profesi, permasalahan pendidikan di indonesia dan inovasi pendidikan di indonesia, serta memiliki kemampuan mengaplikasikan dalam PAUD.
Learning Outcomes1. Mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep dasar ilmu pendidikan
2. Mahasiswa memahami tentang hakekat pendidikan
3. Mahasiswa dapat menjabarkan tujuan pendidikan
4. Mahasiswa dapat menjelaskan tentang isi pendidikan
5. Mahasiswa dapat menjelaskan tentang lingkungan pendidikan
6. Mahasiswa dapat mengimplementasikan pendidikan khususnya pada PAUD
References1. Sudharto, dkk, 2009, Pengantar Ilmu Pendidikan, Semarang: IKIP PGRI Press.
2. Sugiono, dkk, Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Tim fakultas Ilmu Pendidikan.
3. Tilaar, A, 2004, Paradigma Pendidikan Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta.
4. Nursalim, Mochamad, dkk, 2008, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Grasindo
Details ...
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep dasar dan ilmu pendidikan, hakekat pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional, guru sebagai profesi, permasalahan pendidikan dan inovasi pendidikan di Indonesia, serta memiliki kemampuan mengaplikasikan dalam pembelajaran pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Learning OutcomesMenguasai Landasan kependidikan untuk diaplikasikan daaml pembelajaran pada Pendidikan Anak Udia Dini
References1. Sudharto, dkk, 2009 PengantarIlmu Pendidikan, Semarang : IKIP PGRI Press
2. Sugiono, dkk, PengantarIlmu Pendidikan, Surabaya : Tim Fakultas Ilmu Pendidikan
3. Tilaar, A, 2004, Paradikma Pendidikan Indonesia, Jakarta : Rineka Cipta
4. Nursalim, Muchammad ,dkk, Psikologi Pendidikan, Jakarta : PT Grasindo
Details ...
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep dasar dan ilmu pendidikan, hakekat pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional, guru sebagai profesi, permasalahan pendidikan dan inovasi pendidikan di Indonesia, serta memiliki kemampuan mengaplikasikan dalam pembelajaran pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Learning OutcomesMenguasai Landasan kependidikan untuk diaplikasikan daaml pembelajaran pada Pendidikan Anak Udia Dini
References1. Sudharto, dkk, 2009 PengantarIlmu Pendidikan, Semarang : IKIP PGRI Press
2. Sugiono, dkk, PengantarIlmu Pendidikan, Surabaya : Tim Fakultas Ilmu Pendidikan
3. Tilaar, A, 2004, Paradikma Pendidikan Indonesia, Jakarta : Rineka Cipta
4. Nursalim, Muchammad ,dkk, Psikologi Pendidikan, Jakarta : PT Grasindo
Details ...
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep dasar dan ilmu pendidikan, hakekat pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional, guru sebagai profesi, permasalahan pendidikan dan inovasi pendidikan di Indonesia, serta memiliki kemampuan mengaplikasikan dalam pembelajaran pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Learning OutcomesMenguasai Landasan kependidikan untuk diaplikasikan daaml pembelajaran pada Pendidikan Anak Udia Dini
References1. Sudharto, dkk, 2009 PengantarIlmu Pendidikan, Semarang : IKIP PGRI Press
2. Sugiono, dkk, PengantarIlmu Pendidikan, Surabaya : Tim Fakultas Ilmu Pendidikan
3. Tilaar, A, 2004, Paradikma Pendidikan Indonesia, Jakarta : Rineka Cipta
4. Nursalim, Muchammad ,dkk, Psikologi Pendidikan, Jakarta : PT Grasindo
Details ...
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep dasar dan ilmu pendidikan, hakekat pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional, guru sebagai profesi, permasalahan pendidikan dan inovasi pendidikan di Indonesia, serta memiliki kemampuan mengaplikasikan dalam pembelajaran pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Learning OutcomesMenguasai Landasan kependidikan untuk diaplikasikan daaml pembelajaran pada Pendidikan Anak Udia Dini
References1. Sudharto, dkk, 2009 PengantarIlmu Pendidikan, Semarang : IKIP PGRI Press
2. Sugiono, dkk, PengantarIlmu Pendidikan, Surabaya : Tim Fakultas Ilmu Pendidikan
3. Tilaar, A, 2004, Paradikma Pendidikan Indonesia, Jakarta : Rineka Cipta
4. Nursalim, Muchammad ,dkk, Psikologi Pendidikan, Jakarta : PT Grasindo
Details ...
Mahasisiwa mampu memahami batasan arti pendidikan, tokoh-tokoh pendidikan, konsep pedagogik, batasan pendidikan, unsur-unsur pendidikan, pengertian proses pendidikan
Learning Outcomes1. arti kata pedidikan
2. Batasan tentang pendidikan dari tokoh-tokoh pendidik
3. Konsep pedagogik dan education
4. batasan pendidikan secara fisiologis, psikologis, sosiologis, ekonomis dan politis
5. Unsur-unsur pendidikan'
6. Pengertian bantuan dalam proses pendidikan
7. Pengertian dewasa dalam proses pendidikan
8. Pengertian alat pendidiikan
9. Pendidikan informal dan nonformal
10. Alat Penilaian pendidikan
ReferencesSudharto, Tri Suyati, Suharno, dkk, Pengantar Ilmu Pendidikan, Semarang : IKIPPGRI Semarang Press,2002
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Pendidikan dan Kebudayaan, (2) Pendidikan sebagai Ilmu dan Landasan Ilmu Pendidikan, (3) Tujuan dan Harapan Pendidikan, (4) Subyek dan Obyek, Lingkungan dan Lembaga Pendidikan, (5) Alat dan Isi serta Metode Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, dan (7) Pendidikan dalam Praksis dan Masalah-masalahnya. Materi perkuliahan ini terhimpun dalam buku Landasan Kependidikan Jilid 1, diberikan dalam satu semester dengan bobot 2 sks, yang dapat dikembangkan menjadi 4 sks dengan materi yang terhimpun dalam buku Landasan Kependidikan Jilid 2. Karena Landasan Kependidikan Jilid 1 ini tidak langsung berbicara tentang nilai-nilai (yang ada pada Jilid 2), maka pembentukan karakter diintegrasikan dalam pembahasan setiap bab, fungsi dari guru/pendidik sebagai agen moral.
Learning OutcomesMampu menerapkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktik prefesionalnya melalui kegiatan pembelajaran. Mampu mengembangkan pembelajaran di sekolah dasar melalui riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat pendidikan. Mampu memecahkan permasalahan pembelajaran melalui kegiatan riset dalam bidang pembelajaran yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
ReferencesDrijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius. Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia. Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis. Yogyakarta: FIP-IKIP. _______________. 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita. Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia. Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius. Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya. Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin. Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta. Saifullah H.A., Ali. 1977. Antara Filsafat dan Pendidikan: Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional. Soegeng Ysh. A.Y. 2013. Filsafat Pendidikan: Suatu Pengembangan. Semarang: IKIP PGRI Press. Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Press. Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Press.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Pendidikan dan Kebudayaan, (2) Pendidikan sebagai Ilmu dan Landasan Ilmu Pendidikan, (3) Tujuan dan Harapan Pendidikan, (4) Subyek dan Obyek, Lingkungan dan Lembaga Pendidikan, (5) Alat dan Isi serta Metode Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, dan (7) Pendidikan dalam Praksis dan Masalah-masalahnya. Materi perkuliahan ini terhimpun dalam buku Landasan Kependidikan Jilid 1, diberikan dalam satu semester dengan bobot 2 sks, yang dapat dikembangkan menjadi 4 sks dengan materi yang terhimpun dalam buku Landasan Kependidikan Jilid 2. Karena Landasan Kependidikan Jilid 1 ini tidak langsung berbicara tentang nilai-nilai (yang ada pada Jilid 2), maka pembentukan karakter diintegrasikan dalam pembahasan setiap bab, fungsi dari guru/pendidik sebagai agen moral.
Learning OutcomesMampu menerapkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktik prefesionalnya melalui kegiatan pembelajaran. Mampu mengembangkan pembelajaran di sekolah dasar melalui riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat pendidikan. Mampu memecahkan permasalahan pembelajaran melalui kegiatan riset dalam bidang pembelajaran yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
ReferencesDrijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius. Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia. Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis. Yogyakarta: FIP-IKIP. _______________. 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita. Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia. Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius. Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya. Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin. Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta. Saifullah H.A., Ali. 1977. Antara Filsafat dan Pendidikan: Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional. Soegeng Ysh. A.Y. 2013. Filsafat Pendidikan: Suatu Pengembangan. Semarang: IKIP PGRI Press. Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Press. Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Press.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Pendidikan dan Kebudayaan, (2) Pendidikan sebagai Ilmu dan Landasan Ilmu Pendidikan, (3) Tujuan dan Harapan Pendidikan, (4) Subyek dan Obyek, Lingkungan dan Lembaga Pendidikan, (5) Alat dan Isi serta Metode Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, dan (7) Pendidikan dalam Praksis dan Masalah-masalahnya.
Materi perkuliahan ini terhimpun dalam buku Landasan Kependidikan Jilid 1, diberikan dalam satu semester dengan bobot 2 sks, yang dapat dikembangkan menjadi 4 sks dengan materi yang terhimpun dalam buku Landasan Kependidikan Jilid 2. Karena Landasan Kependidikan Jilid 1 ini tidak langsung berbicara tentang nilai-nilai (yang ada pada Jilid 2), maka pembentukan karakter diintegrasikan dalam pembahasan setiap bab, fungsi dari guru/pendidik sebagai agen moral.
Learning Outcomes- Mampu menerapkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktik prefesionalnya melalui kegiatan pembelajaran.
- Mampu mengembangkan pembelajaran di sekolah dasar melalui riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat pendidikan.
- Mampu memecahkan permasalahan pembelajaran melalui kegiatan riset dalam bidang pembelajaran yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Daftar Buku Wajib:
Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron. 2016. Landasan Kependidikan Jilid 1. Semarang: UPGRIS.
Daftar Buku Anjuran
- Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
- Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia.
- Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis. Yogyakarta: FIP-IKIP.
- _______________. 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita.
- Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia.
- Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius.
- Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya.
- Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
- Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Saifullah H.A., Ali. 1977. Antara Filsafat dan Pendidikan: Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
- Soegeng Ysh. A.Y. 2013. Filsafat Pendidikan: Suatu Pengembangan. Semarang: IKIP PGRI Press.
- Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Press.
- Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Press.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Pendidikan dan Kebudayaan, (2) Pendidikan sebagai Ilmu dan Landasan Ilmu Pendidikan, (3) Tujuan dan Harapan Pendidikan, (4) Subyek dan Obyek, Lingkungan dan Lembaga Pendidikan, (5) Alat dan Isi serta Metode Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, dan (7) Pendidikan dalam Praksis dan Masalah-masalahnya.
Materi perkuliahan ini terhimpun dalam buku Landasan Kependidikan Jilid 1, diberikan dalam satu semester dengan bobot 2 sks, yang dapat dikembangkan menjadi 4 sks dengan materi yang terhimpun dalam buku Landasan Kependidikan Jilid 2. Karena Landasan Kependidikan Jilid 1 ini tidak langsung berbicara tentang nilai-nilai (yang ada pada Jilid 2), maka pembentukan karakter diintegrasikan dalam pembahasan setiap bab, fungsi dari guru/pendidik sebagai agen moral.
Learning Outcomes- Mampu menerapkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktik prefesionalnya melalui kegiatan pembelajaran.
- Mampu mengembangkan pembelajaran di sekolah dasar melalui riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat pendidikan.
- Mampu memecahkan permasalahan pembelajaran melalui kegiatan riset dalam bidang pembelajaran yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Daftar Buku Wajib:
Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron. 2016. Landasan Kependidikan Jilid 1. Semarang: UPGRIS.
Daftar Buku Anjuran
- Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
- Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia.
- Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis. Yogyakarta: FIP-IKIP.
- _______________. 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita.
- Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia.
- Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius.
- Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya.
- Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
- Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Saifullah H.A., Ali. 1977. Antara Filsafat dan Pendidikan: Pengantar Filsafat Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
- Soegeng Ysh. A.Y. 2013. Filsafat Pendidikan: Suatu Pengembangan. Semarang: IKIP PGRI Press.
- Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron. 2013. Landasan Pendidikan Karakter. Semarang: IKIP PGRI Press.
- Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI Press.
Details ...
Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Pendidikan dan Kebudayaan, (2) Pendidikan sebagai Ilmu dan Landasan Ilmu Pendidikan, (3) Tujuan dan Harapan Pendidikan, (4) Subyek dan Obyek, Lingkungan dan Lembaga Pendidikan, (5) Alat dan Isi serta Metode Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, dan (7) Pendidikan dalam Praksis dan Masalah-masalahnya.
Materi perkuliahan ini terhimpun dalam buku Landasan Kependidikan Jilid 1, diberikan dalam satu semester dengan bobot 2 sks, yang dapat dikembangkan menjadi 4 sks dengan materi yang terhimpun dalam buku Landasan Kependidikan Jilid 2. Karena Landasan Kependidikan Jilid 1 ini tidak langsung berbicara tentang nilai-nilai (yang ada pada Jilid 2), maka pembentukan karakter diintegrasikan dalam pembahasan setiap bab, fungsi dari guru/pendidik sebagai agen moral.
Learning Outcomes- Mampu menerapkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktik prefesionalnya melalui kegiatan pembelajaran.
- Mampu mengembangkan pembelajaran di sekolah dasar melalui riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat pendidikan.
- Mampu memecahkan permasalahan pembelajaran melalui kegiatan riset dalam bidang pembelajaran yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Daftar Buku Wajib:
Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron. 2016. Landasan Kependidikan Jilid 1. Semarang: UPGRIS.
Daftar Buku Anjuran
- Drijarkara. 1980. Drijarkara Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
- Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia.
- Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Barnadib, Sutari Imam. 1986. Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis. Yogyakarta: FIP-IKIP.
- _______________. 2002. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Adi Cita.
- Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia.
- Morin, Edgar. 2005. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakrta: Kanisius.
- Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya.
- Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Details ...