Landasan Kependidikan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishEducational Foundation
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS19 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon guru/pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru/pendidik profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang: (1) Pendidikan dan Kebudayaan, (2) Pendidikan sebagai Ilmu dan Landasan Ilmu Pendidikan, (3) Tujuan dan Harapan Pendidikan, (4) Subyek dan Obyek, Lingkungan dan Lembaga Pendidikan, (5) Alat dan Isi serta Metode Pendidikan, (6) Pendidikan sebagai Sistem, dan (7) Pendidikan dalam Praksis dan Masalah-masalahnya.

Materi perkuliahan ini terhimpun dalam buku Landasan Kependidikan Jilid 1, diberikan dalam satu semester dengan bobot 2 sks, yang dapat dikembangkan menjadi 4 sks dengan materi yang terhimpun dalam buku Landasan Kependidikan Jilid 2. Karena Landasan Kependidikan Jilid 1 ini tidak langsung berbicara tentang nilai-nilai (yang ada pada Jilid 2), maka pembentukan karakter diintegrasikan dalam  pembahasan setiap bab, fungsi dari guru/pendidik sebagai agen moral.

Learning Outcomes

  1. Mampu menerapkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktik prefesionalnya melalui kegiatan pembelajaran.
  2. Mampu mengembangkan pembelajaran di sekolah dasar melalui riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat pendidikan.
  3. Mampu memecahkan permasalahan pembelajaran melalui kegiatan riset dalam bidang pembelajaran yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

References

Daftar Buku Wajib:

Soegeng Ysh., A.Y. – Abdullah, Ghufron. 2016. Landasan Kependidikan Jilid 1. Semarang: UPGRIS.

 

Daftar Buku Anjuran

  1. Drijarkara.  1980.  Drijarkara Tentang Pendidikan.  Yogyakarta:  Yayasan Kanisius.
  2. Tanlain, Wens dkk.  1989.  Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa.  Jakarta:  APTIK – Penerbit PT Gramedia.
  3. Ahmadi, H. Abu & Uhbiyati, Nur.  2001.  Ilmu Pendidikan.  Jakarta:  Rineka Cipta.
  4. Barnadib, Sutari Imam.  1986.  Pengantar Ilmu Pendiidikan Sistematis.  Yogyakarta:  FIP-IKIP.
  5. _______________.  2002.  Filsafat Pendidikan.  Yogyakarta: Adi Cita.
  6. Komar,  H. Oong.  2006.  Filsafat Pendidikan Nonformal.  Bandung:  Pustaka Setia.
  7. Morin, Edgar.  2005.  Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan.  Yogyakrta:  Kanisius.
  8. Mudyahardjo, Redja.  2002.  Filsafat Ilmu Pendidikan:  Suatu Pengantar.  Bandung:  PT Remaja Risdakarya.
  9. Muhadjir, H. Noeng.  2003.  Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif.  Yogyakarta: Rake Sarasin.


Details ...
Course Descriptions

Mempelajari  tentang konsep dasar ilmu pendidikan, hakikat pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional, guru sebagai profesi, permasalahan pendidikan di indonesia dan inovasi pendidikan di indonesia, serta memiliki kemampuan mengaplikasikan dalam PAUD.

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman tentang konsep dasar ilmu pendidikan, hakikat pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional, guru sebagai profesi, permasalahan pendidikan di indonesia dan inovasi pendidikan di indonesia, serta memiliki kemampuan mengaplikasikan dalam PAUD.

References

Sudharto, dkk, 2009, Pengantar Ilmu Pendidikan, Semarang: IKIP PGRI Press.

Sugiono, dkk, Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Tim fakultas Ilmu Pendidikan.

Tilaar, A, 2004, Paradigma Pendidikan Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalim, Mochamad, dkk, 2008, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Grasindo


Details ...
Course Descriptions

Mempelajari  tentang konsep dasar ilmu pendidikan, hakikat pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional, guru sebagai profesi, permasalahan pendidikan di indonesia dan inovasi pendidikan di indonesia, serta memiliki kemampuan mengaplikasikan dalam PAUD.

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman tentang konsep dasar ilmu pendidikan, hakikat pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional, guru sebagai profesi, permasalahan pendidikan di indonesia dan inovasi pendidikan di indonesia, serta memiliki kemampuan mengaplikasikan dalam PAUD.

References

Sudharto, dkk, 2009, Pengantar Ilmu Pendidikan, Semarang: IKIP PGRI Press.

Sugiono, dkk, Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Tim fakultas Ilmu Pendidikan.

Tilaar, A, 2004, Paradigma Pendidikan Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalim, Mochamad, dkk, 2008, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Grasindo


Details ...
Course Descriptions

Mempelajari  tentang konsep dasar ilmu pendidikan, hakikat pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional, guru sebagai profesi, permasalahan pendidikan di indonesia dan inovasi pendidikan di indonesia, serta memiliki kemampuan mengaplikasikan dalam PAUD.

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman tentang konsep dasar ilmu pendidikan, hakikat pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional, guru sebagai profesi, permasalahan pendidikan di indonesia dan inovasi pendidikan di indonesia, serta memiliki kemampuan mengaplikasikan dalam PAUD.

References

Sudharto, dkk, 2009, Pengantar Ilmu Pendidikan, Semarang: IKIP PGRI Press.

Sugiono, dkk, Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Tim fakultas Ilmu Pendidikan.

Tilaar, A, 2004, Paradigma Pendidikan Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalim, Mochamad, dkk, 2008, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Grasindo


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini akan membahas landasan kependidikan di Indonesia dari sisi yuridis, sosial-politik, psikologi, filsafat, dan budaya

Learning Outcomes

mahasiswa mampu memahami dan menganalisis secara teoritik mengenai landasan kependidikan di Indonesia

References

  1. Martono, Nanang. 2014. Sosiologi Pendidikan Michel Foucault. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.
  2. Islamuddin, Haryu. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Mahfud, Choirul. 2016. Pendidikan Muktikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Rosada, Admila dkk. 2019. Pendidikan Multikultural Strategi Mengelola Keberagaman di Sekolah. Yogyakarta: PT Kanisius
  5. Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Persatuan Tamansiswa.
  6. Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Kebudayaan. Yogyakarta: Yayasan Persatuan Tamansiswa.
  7. Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta.
  1. Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  1. Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  1. Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  1. Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
  1. Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
  1. Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
  1. Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia.
  1. Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish.
  1. Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  1. Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini akan membahas landasan kependidikan di Indonesia dari sisi yuridis, sosial-politik, psikologi, filsafat, dan budaya

Learning Outcomes

mahasiswa mampu memahami dan menganalisis secara teoritik mengenai landasan kependidikan di Indonesia

References

  1. Martono, Nanang. 2014. Sosiologi Pendidikan Michel Foucault. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.
  2. Islamuddin, Haryu. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Mahfud, Choirul. 2016. Pendidikan Muktikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Rosada, Admila dkk. 2019. Pendidikan Multikultural Strategi Mengelola Keberagaman di Sekolah. Yogyakarta: PT Kanisius
  5. Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Persatuan Tamansiswa.
  6. Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Kebudayaan. Yogyakarta: Yayasan Persatuan Tamansiswa.
  7. Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta.
  1. Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  1. Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  1. Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  1. Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
  1. Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
  1. Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
  1. Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia.
  1. Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish.
  1. Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  1. Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini akan membahas landasan kependidikan di Indonesia dari sisi yuridis, sosial-politik, psikologi, filsafat, dan budaya

Learning Outcomes

mahasiswa mampu memahami dan menganalisis secara teoritik mengenai landasan kependidikan di Indonesia

References

  1. Martono, Nanang. 2014. Sosiologi Pendidikan Michel Foucault. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.
  2. Islamuddin, Haryu. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Mahfud, Choirul. 2016. Pendidikan Muktikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Rosada, Admila dkk. 2019. Pendidikan Multikultural Strategi Mengelola Keberagaman di Sekolah. Yogyakarta: PT Kanisius
  5. Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: Yayasan Persatuan Tamansiswa.
  6. Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Kebudayaan. Yogyakarta: Yayasan Persatuan Tamansiswa.
  7. Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta.
  1. Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  1. Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  1. Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  1. Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
  1. Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
  1. Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
  1. Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia.
  1. Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish.
  1. Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  1. Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.


Details ...