Courser in English | TRAINING MANAGEMENT |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 20 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Dosen : 1. Agus Setiawan S.Pd., M.Pd , 2. Dra Wiwik Kusdaryani M.Pd
Menejemen pelatihan merupakan mata kuliah pilihan yang mendukung profil lulusan Prodi BK, mata kuliah ini dapat ditempuh pada semester VI.Mata kuliah ini mendorong mahasiswa agar memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menyusun sebuah modul pelatihan pengembangan SDM, dengan mengintegrasikan berbagai mata kuliah yang telah dipelajari pada semester-semester sebelumnya. Dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahan, terbagi dalam beberapa tahap; (1) memperkuat pemahaman tentang menejemen pelatihan pengembangan SDM, (2) menyusun modul pelatihan pengembangan SDM, (3) mengimplementasikan modul pelatihan menejemen pengembangan SDM, dan (4) merevisi modul sesuai dengan pengalaman lapangan serta saran dan masukan saat presentasi laporan akhir.
Learning Outcomes1.Mahasiswa mampu memahami pengertian, tujuan, dan manfaat pelatihan dan pengembangan SDM.
2.Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan analisa kebutuhan pelatihan.
3.Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan desain program pelatihan dan pengembangan SDM.
4.Mahasiswa mampu mengimplementasikan modul dalam praktik pelatihan pengembangan SDM.
5.Mahasiswa mampu menyusun pedoman eavluasi pelaksanaan kegiatan pelatihan pengembangan SDM
MINGGU | KEMAMPUAN AKHIR | BAHAN KAJIAN | METODE PEMBELAJARAN | PENGALAMAN BELAJAR | KRITERIA PENILAIAN | BOBOT NILAI |
1 | a. Memiliki pemahaman tentang kontrak perkuliahan b. Memiliki pemahaman pengantar perkuliahan manajemen pelatihan |
a. Berkas kontrak perkuliahan b.Pengantar perkuliahan manajemen pelatihan |
ceramah, diskusi dan tanya jawab |
a. Mahasiswa memiliki pemahaman tentang kontrak perkuliahan yang telah disepakati b. Mahasiswa memiliki pemahaman terkait pengantar umum perkuliahan manajemen pelatihan |
||
2 | Memiliki memahami konsep pelatihan |
Pengertian, tujuan dan manfaat pelatihan dan pengembangan SDM |
ceramah, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa memiliki pemahaman tentang pengertian, tujuan, dan manfaat pelatihan dan pengembangan SDM |
Keaktifan mahasiswa selama perkuliahan berlangsung |
30% |
3 | Memiliki kemampuan dalam memahami dan menjelaskan hubungan Pelatihan Pengembangan SDM dalam manajemen SDM |
Hubungan PPSDM dengan manajemen SDM |
ceramah, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa mampu memahami hubungan antara PPSDM dengan manajemen SDM |
Keaktifan mahasiswa selama perkuliahan berlangsung |
30% |
4 | Memiliki kemampuan dalam memahami aspek-aspek manajemen; perencanaan dan pengorganisasian |
Fungsi dan langkah perencanaan serta langkah pengorganisasian |
ceramah, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa mampu menjelaskan aspek-aspek manajemen; perencanaan dan pengorganisasian |
Keaktifan mahasiswa selama perkuliahan berlangsung |
30% |
5 | Memiliki kemampuan dalam memahami aspek-aspek manajemen; perencanaan dan pengorganisasian |
Fungsi dan langkah bertindak dan pengendalian |
ceramah, diskusi dan tanyajawab | Mahasiswa mampu menjelaskan aspek-aspek manajemen; pengkoordinasian dan pengendalian |
Keaktifan mahasiswa selama perkuliahan berlangsung |
30% |
6 | Memiliki kemampuan dalam mempresentasikan rancangan modul pelaksanaan pelatihan |
Ragam rancangan aktivitas dalam pelatihan |
ceramah, diskusi, dan tanya jawab | Mahasiswa mampu mempresentasikan modul rancangan pelaksanaan pelatihan |
Keterampilan komunikasi penyaji serta tampilan bahan presentasi |
30% |
7 | Memiliki kemampuan dalam mempresentasikan rancangan modul pelaksanaan pelatihan |
Ragam rancangan aktivitas dalam pelatihan |
ceramah, diskusi, dan tanyajawab | Mahasiswa mampu mempresentasikan modul rancangan pelaksanaan pelatihan |
Keterampilan komunikasi penyaji serta tampilan bahan presentasi |
30% |
8 | UTS | Konsep dasar manajemen pelatihan dan aspek-aspek manajemen |
Ujian tertulis | UTS | Ketepatan dalam memberikan jawaban |
30% |
9 | Memiliki kemahiran dalam menerapkan modul pelatihan |
Implementasi ragam aktivisitas modul di lapangan |
Praktik lapangan | Mahasiswa memiliki kemahiran dalam melaksanakan dan mengatur pelatihan |
Kontribusi mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan |
40% |
10 | Memiliki kemahiran dalam menerapkan modul pelatihan |
Implementasi ragam aktivisitas modul di lapangan |
Praktik lapangan | Mahasiswa memiliki kemahiran dalam melaksanakan dan mengatur pelatihan |
Kontribusi mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan |
40% |
11 | Memiliki kemahiran dalam menerapkan modul pelatihan |
Implementasi ragam aktivisitas modul di lapangan |
Praktik lapangan | Mahasiswa memiliki kemahiran dalam melaksanakan dan mengatur pelatihan |
Kontribusi mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan |
40% |
12 | Memiliki kemahiran dalam menerapkan modul pelatihan |
Laporan kegiatan dan perbaikan | Presentasi, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa mahir merancang modul pelaksanaan pelatihan |
Keterampilan komunikasi penyaji serta tampilan bahan presentasi |
30% |
13 | Memiliki kemampuan dalam mempresentasikan laporan hasil pelaksanaan pelatihan |
Laporan kegiatan dan perbaikan | Presentasi, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa mahir merancang modul pelaksanaan pelatihan |
Keterampilan komunikasi penyaji serta tampilan bahan presentasi |
30% |
14 | Memiliki kemahiran dalam merancang modul pelaksanaan pelatihan |
Laporan kegiatan dan perbaikan | Presentasi, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa mahir merancang modul pelaksanaan pelatihan |
Keterampilan komunikasi penyaji serta tampilan bahan presentasi |
30% |
15 | Memiliki kemahiran dalam merancang modul pelaksanaan pelatihan |
Laporan kegiatan dan perbaikan | Presentasi, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa mahir merancang modul pelaksanaan pelatihan |
Keterampilan komunikasi penyaji serta tampilan bahan presentasi |
30% |
16 | Memiliki kemampuan dalam menyusun Modul Manajemen Pelatihan |
Modul hasil revisi | Modul jadi | Mahasiswa mahir merancang modul pelaksanaan pelatihan tahap akhir |
Kesesuaian modul dengan tujuan pelatihan |
40% |
References
1. Komalasari, G., Wahyuni, E., dan Karsih. (2011). Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Indeks.
2. Supratiknya, A. (2014). Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
3. Sutoyo, A. (2009). Pemahaman Individu. Observasi, Checlist, Kuesioner & Sosiometri. Semarang: Widya Karya.
4. Referensi lain bisa ditambahkan sesuai dengan permasalahan yang ditemukan di lapangan
Details ...
Dosen : 1. Agus Setiawan S.Pd., M.Pd , 2. Dra Wiwik Kusdaryani M.Pd
Menejemen pelatihan merupakan mata kuliah pilihan yang mendukung profil lulusan Prodi BK, mata kuliah ini dapat ditempuh pada semester VI.Mata kuliah ini mendorong mahasiswa agar memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menyusun sebuah modul pelatihan pengembangan SDM, dengan mengintegrasikan berbagai mata kuliah yang telah dipelajari pada semester-semester sebelumnya. Dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahan, terbagi dalam beberapa tahap; (1) memperkuat pemahaman tentang menejemen pelatihan pengembangan SDM, (2) menyusun modul pelatihan pengembangan SDM, (3) mengimplementasikan modul pelatihan menejemen pengembangan SDM, dan (4) merevisi modul sesuai dengan pengalaman lapangan serta saran dan masukan saat presentasi laporan akhir.
Learning Outcomes1.Mahasiswa mampu memahami pengertian, tujuan, dan manfaat pelatihan dan pengembangan SDM.
2.Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan analisa kebutuhan pelatihan.
3.Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan desain program pelatihan dan pengembangan SDM.
4.Mahasiswa mampu mengimplementasikan modul dalam praktik pelatihan pengembangan SDM.
5.Mahasiswa mampu menyusun pedoman eavluasi pelaksanaan kegiatan pelatihan pengembangan SDM
MINGGU | KEMAMPUAN AKHIR | BAHAN KAJIAN | METODE PEMBELAJARAN | PENGALAMAN BELAJAR | KRITERIA PENILAIAN | BOBOT NILAI |
1 | a. Memiliki pemahaman tentang kontrak perkuliahan b. Memiliki pemahaman pengantar perkuliahan manajemen pelatihan |
a. Berkas kontrak perkuliahan b.Pengantar perkuliahan manajemen pelatihan |
ceramah, diskusi dan tanya jawab |
a. Mahasiswa memiliki pemahaman tentang kontrak perkuliahan yang telah disepakati b. Mahasiswa memiliki pemahaman terkait pengantar umum perkuliahan manajemen pelatihan |
||
2 | Memiliki memahami konsep pelatihan |
Pengertian, tujuan dan manfaat pelatihan dan pengembangan SDM |
ceramah, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa memiliki pemahaman tentang pengertian, tujuan, dan manfaat pelatihan dan pengembangan SDM |
Keaktifan mahasiswa selama perkuliahan berlangsung |
30% |
3 | Memiliki kemampuan dalam memahami dan menjelaskan hubungan Pelatihan Pengembangan SDM dalam manajemen SDM |
Hubungan PPSDM dengan manajemen SDM |
ceramah, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa mampu memahami hubungan antara PPSDM dengan manajemen SDM |
Keaktifan mahasiswa selama perkuliahan berlangsung |
30% |
4 | Memiliki kemampuan dalam memahami aspek-aspek manajemen; perencanaan dan pengorganisasian |
Fungsi dan langkah perencanaan serta langkah pengorganisasian |
ceramah, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa mampu menjelaskan aspek-aspek manajemen; perencanaan dan pengorganisasian |
Keaktifan mahasiswa selama perkuliahan berlangsung |
30% |
5 | Memiliki kemampuan dalam memahami aspek-aspek manajemen; perencanaan dan pengorganisasian |
Fungsi dan langkah bertindak dan pengendalian |
ceramah, diskusi dan tanyajawab | Mahasiswa mampu menjelaskan aspek-aspek manajemen; pengkoordinasian dan pengendalian |
Keaktifan mahasiswa selama perkuliahan berlangsung |
30% |
6 | Memiliki kemampuan dalam mempresentasikan rancangan modul pelaksanaan pelatihan |
Ragam rancangan aktivitas dalam pelatihan |
ceramah, diskusi, dan tanya jawab | Mahasiswa mampu mempresentasikan modul rancangan pelaksanaan pelatihan |
Keterampilan komunikasi penyaji serta tampilan bahan presentasi |
30% |
7 | Memiliki kemampuan dalam mempresentasikan rancangan modul pelaksanaan pelatihan |
Ragam rancangan aktivitas dalam pelatihan |
ceramah, diskusi, dan tanyajawab | Mahasiswa mampu mempresentasikan modul rancangan pelaksanaan pelatihan |
Keterampilan komunikasi penyaji serta tampilan bahan presentasi |
30% |
8 | UTS | Konsep dasar manajemen pelatihan dan aspek-aspek manajemen |
Ujian tertulis | UTS | Ketepatan dalam memberikan jawaban |
30% |
9 | Memiliki kemahiran dalam menerapkan modul pelatihan |
Implementasi ragam aktivisitas modul di lapangan |
Praktik lapangan | Mahasiswa memiliki kemahiran dalam melaksanakan dan mengatur pelatihan |
Kontribusi mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan |
40% |
10 | Memiliki kemahiran dalam menerapkan modul pelatihan |
Implementasi ragam aktivisitas modul di lapangan |
Praktik lapangan | Mahasiswa memiliki kemahiran dalam melaksanakan dan mengatur pelatihan |
Kontribusi mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan |
40% |
11 | Memiliki kemahiran dalam menerapkan modul pelatihan |
Implementasi ragam aktivisitas modul di lapangan |
Praktik lapangan | Mahasiswa memiliki kemahiran dalam melaksanakan dan mengatur pelatihan |
Kontribusi mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan |
40% |
12 | Memiliki kemahiran dalam menerapkan modul pelatihan |
Laporan kegiatan dan perbaikan | Presentasi, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa mahir merancang modul pelaksanaan pelatihan |
Keterampilan komunikasi penyaji serta tampilan bahan presentasi |
30% |
13 | Memiliki kemampuan dalam mempresentasikan laporan hasil pelaksanaan pelatihan |
Laporan kegiatan dan perbaikan | Presentasi, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa mahir merancang modul pelaksanaan pelatihan |
Keterampilan komunikasi penyaji serta tampilan bahan presentasi |
30% |
14 | Memiliki kemahiran dalam merancang modul pelaksanaan pelatihan |
Laporan kegiatan dan perbaikan | Presentasi, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa mahir merancang modul pelaksanaan pelatihan |
Keterampilan komunikasi penyaji serta tampilan bahan presentasi |
30% |
15 | Memiliki kemahiran dalam merancang modul pelaksanaan pelatihan |
Laporan kegiatan dan perbaikan | Presentasi, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa mahir merancang modul pelaksanaan pelatihan |
Keterampilan komunikasi penyaji serta tampilan bahan presentasi |
30% |
16 | Memiliki kemampuan dalam menyusun Modul Manajemen Pelatihan |
Modul hasil revisi | Modul jadi | Mahasiswa mahir merancang modul pelaksanaan pelatihan tahap akhir |
Kesesuaian modul dengan tujuan pelatihan |
40% |
References
1. Komalasari, G., Wahyuni, E., dan Karsih. (2011). Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Indeks.
2. Supratiknya, A. (2014). Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
3. Sutoyo, A. (2009). Pemahaman Individu. Observasi, Checlist, Kuesioner & Sosiometri. Semarang: Widya Karya.
4. Referensi lain bisa ditambahkan sesuai dengan permasalahan yang ditemukan di lapangan
Details ...
Dosen : 1. Dra Wiwik Kusdaryani M.Pd , 2. Agus Setiawan S.Pd., M.Pd
Menejemen pelatihan merupakan mata kuliah pilihan yang mendukung profil lulusan Prodi BK, mata kuliah ini dapat ditempuh pada semester VI.Mata kuliah ini mendorong mahasiswa agar memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menyusun sebuah modul pelatihan pengembangan SDM, dengan mengintegrasikan berbagai mata kuliah yang telah dipelajari pada semester-semester sebelumnya. Dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahan, terbagi dalam beberapa tahap; (1) memperkuat pemahaman tentang menejemen pelatihan pengembangan SDM, (2) menyusun modul pelatihan pengembangan SDM, (3) mengimplementasikan modul pelatihan menejemen pengembangan SDM, dan (4) merevisi modul sesuai dengan pengalaman lapangan serta saran dan masukan saat presentasi laporan akhir.
Learning Outcomes1.Mahasiswa mampu memahami pengertian, tujuan, dan manfaat pelatihan dan pengembangan SDM.
2.Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan analisa kebutuhan pelatihan.
3.Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan desain program pelatihan dan pengembangan SDM.
4.Mahasiswa mampu mengimplementasikan modul dalam praktik pelatihan pengembangan SDM.
5.Mahasiswa mampu menyusun pedoman eavluasi pelaksanaan kegiatan pelatihan pengembangan SDM
MINGGU | KEMAMPUAN AKHIR | BAHAN KAJIAN | METODE PEMBELAJARAN | PENGALAMAN BELAJAR | KRITERIA PENILAIAN | BOBOT NILAI |
1 | a. Memiliki pemahaman tentang kontrak perkuliahan b. Memiliki pemahaman pengantar perkuliahan manajemen pelatihan |
a. Berkas kontrak perkuliahan b.Pengantar perkuliahan manajemen pelatihan |
ceramah, diskusi dan tanya jawab |
a. Mahasiswa memiliki pemahaman tentang kontrak perkuliahan yang telah disepakati b. Mahasiswa memiliki pemahaman terkait pengantar umum perkuliahan manajemen pelatihan |
||
2 | Memiliki memahami konsep pelatihan |
Pengertian, tujuan dan manfaat pelatihan dan pengembangan SDM |
ceramah, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa memiliki pemahaman tentang pengertian, tujuan, dan manfaat pelatihan dan pengembangan SDM |
Keaktifan mahasiswa selama perkuliahan berlangsung |
30% |
3 | Memiliki kemampuan dalam memahami dan menjelaskan hubungan Pelatihan Pengembangan SDM dalam manajemen SDM |
Hubungan PPSDM dengan manajemen SDM |
ceramah, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa mampu memahami hubungan antara PPSDM dengan manajemen SDM |
Keaktifan mahasiswa selama perkuliahan berlangsung |
30% |
4 | Memiliki kemampuan dalam memahami aspek-aspek manajemen; perencanaan dan pengorganisasian |
Fungsi dan langkah perencanaan serta langkah pengorganisasian |
ceramah, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa mampu menjelaskan aspek-aspek manajemen; perencanaan dan pengorganisasian |
Keaktifan mahasiswa selama perkuliahan berlangsung |
30% |
5 | Memiliki kemampuan dalam memahami aspek-aspek manajemen; perencanaan dan pengorganisasian |
Fungsi dan langkah bertindak dan pengendalian |
ceramah, diskusi dan tanyajawab | Mahasiswa mampu menjelaskan aspek-aspek manajemen; pengkoordinasian dan pengendalian |
Keaktifan mahasiswa selama perkuliahan berlangsung |
30% |
6 | Memiliki kemampuan dalam mempresentasikan rancangan modul pelaksanaan pelatihan |
Ragam rancangan aktivitas dalam pelatihan |
ceramah, diskusi, dan tanya jawab | Mahasiswa mampu mempresentasikan modul rancangan pelaksanaan pelatihan |
Keterampilan komunikasi penyaji serta tampilan bahan presentasi |
30% |
7 | Memiliki kemampuan dalam mempresentasikan rancangan modul pelaksanaan pelatihan |
Ragam rancangan aktivitas dalam pelatihan |
ceramah, diskusi, dan tanyajawab | Mahasiswa mampu mempresentasikan modul rancangan pelaksanaan pelatihan |
Keterampilan komunikasi penyaji serta tampilan bahan presentasi |
30% |
8 | UTS | Konsep dasar manajemen pelatihan dan aspek-aspek manajemen |
Ujian tertulis | UTS | Ketepatan dalam memberikan jawaban |
30% |
9 | Memiliki kemahiran dalam menerapkan modul pelatihan |
Implementasi ragam aktivisitas modul di lapangan |
Praktik lapangan | Mahasiswa memiliki kemahiran dalam melaksanakan dan mengatur pelatihan |
Kontribusi mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan |
40% |
10 | Memiliki kemahiran dalam menerapkan modul pelatihan |
Implementasi ragam aktivisitas modul di lapangan |
Praktik lapangan | Mahasiswa memiliki kemahiran dalam melaksanakan dan mengatur pelatihan |
Kontribusi mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan |
40% |
11 | Memiliki kemahiran dalam menerapkan modul pelatihan |
Implementasi ragam aktivisitas modul di lapangan |
Praktik lapangan | Mahasiswa memiliki kemahiran dalam melaksanakan dan mengatur pelatihan |
Kontribusi mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan |
40% |
12 | Memiliki kemahiran dalam menerapkan modul pelatihan |
Laporan kegiatan dan perbaikan | Presentasi, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa mahir merancang modul pelaksanaan pelatihan |
Keterampilan komunikasi penyaji serta tampilan bahan presentasi |
30% |
13 | Memiliki kemampuan dalam mempresentasikan laporan hasil pelaksanaan pelatihan |
Laporan kegiatan dan perbaikan | Presentasi, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa mahir merancang modul pelaksanaan pelatihan |
Keterampilan komunikasi penyaji serta tampilan bahan presentasi |
30% |
14 | Memiliki kemahiran dalam merancang modul pelaksanaan pelatihan |
Laporan kegiatan dan perbaikan | Presentasi, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa mahir merancang modul pelaksanaan pelatihan |
Keterampilan komunikasi penyaji serta tampilan bahan presentasi |
30% |
15 | Memiliki kemahiran dalam merancang modul pelaksanaan pelatihan |
Laporan kegiatan dan perbaikan | Presentasi, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa mahir merancang modul pelaksanaan pelatihan |
Keterampilan komunikasi penyaji serta tampilan bahan presentasi |
30% |
16 | Memiliki kemampuan dalam menyusun Modul Manajemen Pelatihan |
Modul hasil revisi | Modul jadi | Mahasiswa mahir merancang modul pelaksanaan pelatihan tahap akhir |
Kesesuaian modul dengan tujuan pelatihan |
40% |
References
1. Komalasari, G., Wahyuni, E., dan Karsih. (2011). Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Indeks.
2. Supratiknya, A. (2014). Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
3. Sutoyo, A. (2009). Pemahaman Individu. Observasi, Checlist, Kuesioner & Sosiometri. Semarang: Widya Karya.
4. Referensi lain bisa ditambahkan sesuai dengan permasalahan yang ditemukan di lapangan
Details ...
Dosen : 1. Dra Wiwik Kusdaryani M.Pd , 2. Agus Setiawan S.Pd., M.Pd
Menejemen pelatihan merupakan mata kuliah pilihan yang mendukung profil lulusan Prodi BK, mata kuliah ini dapat ditempuh pada semester VI.Mata kuliah ini mendorong mahasiswa agar memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menyusun sebuah modul pelatihan pengembangan SDM, dengan mengintegrasikan berbagai mata kuliah yang telah dipelajari pada semester-semester sebelumnya. Dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahan, terbagi dalam beberapa tahap; (1) memperkuat pemahaman tentang menejemen pelatihan pengembangan SDM, (2) menyusun modul pelatihan pengembangan SDM, (3) mengimplementasikan modul pelatihan menejemen pengembangan SDM, dan (4) merevisi modul sesuai dengan pengalaman lapangan serta saran dan masukan saat presentasi laporan akhir.
Learning Outcomes1.Mahasiswa mampu memahami pengertian, tujuan, dan manfaat pelatihan dan pengembangan SDM.
2.Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan analisa kebutuhan pelatihan.
3.Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan desain program pelatihan dan pengembangan SDM.
4.Mahasiswa mampu mengimplementasikan modul dalam praktik pelatihan pengembangan SDM.
5.Mahasiswa mampu menyusun pedoman eavluasi pelaksanaan kegiatan pelatihan pengembangan SDM
MINGGU | KEMAMPUAN AKHIR | BAHAN KAJIAN | METODE PEMBELAJARAN | PENGALAMAN BELAJAR | KRITERIA PENILAIAN | BOBOT NILAI |
1 | a. Memiliki pemahaman tentang kontrak perkuliahan b. Memiliki pemahaman pengantar perkuliahan manajemen pelatihan |
a. Berkas kontrak perkuliahan b.Pengantar perkuliahan manajemen pelatihan |
ceramah, diskusi dan tanya jawab |
a. Mahasiswa memiliki pemahaman tentang kontrak perkuliahan yang telah disepakati b. Mahasiswa memiliki pemahaman terkait pengantar umum perkuliahan manajemen pelatihan |
||
2 | Memiliki memahami konsep pelatihan |
Pengertian, tujuan dan manfaat pelatihan dan pengembangan SDM |
ceramah, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa memiliki pemahaman tentang pengertian, tujuan, dan manfaat pelatihan dan pengembangan SDM |
Keaktifan mahasiswa selama perkuliahan berlangsung |
30% |
3 | Memiliki kemampuan dalam memahami dan menjelaskan hubungan Pelatihan Pengembangan SDM dalam manajemen SDM |
Hubungan PPSDM dengan manajemen SDM |
ceramah, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa mampu memahami hubungan antara PPSDM dengan manajemen SDM |
Keaktifan mahasiswa selama perkuliahan berlangsung |
30% |
4 | Memiliki kemampuan dalam memahami aspek-aspek manajemen; perencanaan dan pengorganisasian |
Fungsi dan langkah perencanaan serta langkah pengorganisasian |
ceramah, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa mampu menjelaskan aspek-aspek manajemen; perencanaan dan pengorganisasian |
Keaktifan mahasiswa selama perkuliahan berlangsung |
30% |
5 | Memiliki kemampuan dalam memahami aspek-aspek manajemen; perencanaan dan pengorganisasian |
Fungsi dan langkah bertindak dan pengendalian |
ceramah, diskusi dan tanyajawab | Mahasiswa mampu menjelaskan aspek-aspek manajemen; pengkoordinasian dan pengendalian |
Keaktifan mahasiswa selama perkuliahan berlangsung |
30% |
6 | Memiliki kemampuan dalam mempresentasikan rancangan modul pelaksanaan pelatihan |
Ragam rancangan aktivitas dalam pelatihan |
ceramah, diskusi, dan tanya jawab | Mahasiswa mampu mempresentasikan modul rancangan pelaksanaan pelatihan |
Keterampilan komunikasi penyaji serta tampilan bahan presentasi |
30% |
7 | Memiliki kemampuan dalam mempresentasikan rancangan modul pelaksanaan pelatihan |
Ragam rancangan aktivitas dalam pelatihan |
ceramah, diskusi, dan tanyajawab | Mahasiswa mampu mempresentasikan modul rancangan pelaksanaan pelatihan |
Keterampilan komunikasi penyaji serta tampilan bahan presentasi |
30% |
8 | UTS | Konsep dasar manajemen pelatihan dan aspek-aspek manajemen |
Ujian tertulis | UTS | Ketepatan dalam memberikan jawaban |
30% |
9 | Memiliki kemahiran dalam menerapkan modul pelatihan |
Implementasi ragam aktivisitas modul di lapangan |
Praktik lapangan | Mahasiswa memiliki kemahiran dalam melaksanakan dan mengatur pelatihan |
Kontribusi mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan |
40% |
10 | Memiliki kemahiran dalam menerapkan modul pelatihan |
Implementasi ragam aktivisitas modul di lapangan |
Praktik lapangan | Mahasiswa memiliki kemahiran dalam melaksanakan dan mengatur pelatihan |
Kontribusi mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan |
40% |
11 | Memiliki kemahiran dalam menerapkan modul pelatihan |
Implementasi ragam aktivisitas modul di lapangan |
Praktik lapangan | Mahasiswa memiliki kemahiran dalam melaksanakan dan mengatur pelatihan |
Kontribusi mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan |
40% |
12 | Memiliki kemahiran dalam menerapkan modul pelatihan |
Laporan kegiatan dan perbaikan | Presentasi, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa mahir merancang modul pelaksanaan pelatihan |
Keterampilan komunikasi penyaji serta tampilan bahan presentasi |
30% |
13 | Memiliki kemampuan dalam mempresentasikan laporan hasil pelaksanaan pelatihan |
Laporan kegiatan dan perbaikan | Presentasi, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa mahir merancang modul pelaksanaan pelatihan |
Keterampilan komunikasi penyaji serta tampilan bahan presentasi |
30% |
14 | Memiliki kemahiran dalam merancang modul pelaksanaan pelatihan |
Laporan kegiatan dan perbaikan | Presentasi, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa mahir merancang modul pelaksanaan pelatihan |
Keterampilan komunikasi penyaji serta tampilan bahan presentasi |
30% |
15 | Memiliki kemahiran dalam merancang modul pelaksanaan pelatihan |
Laporan kegiatan dan perbaikan | Presentasi, diskusi dan tanya jawab | Mahasiswa mahir merancang modul pelaksanaan pelatihan |
Keterampilan komunikasi penyaji serta tampilan bahan presentasi |
30% |
16 | Memiliki kemampuan dalam menyusun Modul Manajemen Pelatihan |
Modul hasil revisi | Modul jadi | Mahasiswa mahir merancang modul pelaksanaan pelatihan tahap akhir |
Kesesuaian modul dengan tujuan pelatihan |
40% |
References
1. Komalasari, G., Wahyuni, E., dan Karsih. (2011). Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Indeks.
2. Supratiknya, A. (2014). Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
3. Sutoyo, A. (2009). Pemahaman Individu. Observasi, Checlist, Kuesioner & Sosiometri. Semarang: Widya Karya.
4. Referensi lain bisa ditambahkan sesuai dengan permasalahan yang ditemukan di lapangan
Details ...
Dosen : 1. Agus Setiawan S.Pd., M.Pd , 2. Dra Wiwik Kusdaryani M.Pd
Menejemen pelatihan merupakan mata kuliah pilihan yang mendukung profil lulusan Prodi BK, mata kuliah ini dapat ditempuh pada semester VI. Mata kuliah ini mendorong mahasiswa agar memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menyusun sebuah modul pelatihan pengembangan SDM, dengan mengintegrasikan berbagai mata kuliah yang telah dipelajari pada semester-semester sebelumnya. Dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahan, terbagi dalam beberapa tahap; (1) memperkuat pemahaman tentang menejemen pelatihan pengembangan SDM, (2) menyusun modul pelatihan pengembangan SDM, (3) mengimplementasikan modul pelatihan menejemen pengembangan SDM, dan (4) merevisi modul sesuai dengan pengalaman lapangan serta saran dan masukan saat presentasi laporan akhir.
Learning Outcomes1. Mahasiswa mampu memahami pengertian, tujuan, dan manfaat pelatihan dan pengembangan SDM.
2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan analisa kebutuhan pelatihan.
3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan desain program pelatihan dan pengembangan SDM.
4. Mahasiswa mampu mengimplementasikan modul dalam praktik pelatihan pengembangan SDM.
5. Mahasiswa mampu menyusun pedoman eavluasi pelaksanaan kegiatan pelatihan pengembangan SDM.
ReferencesKomalasari, G., Wahyuni, E., dan Karsih. (2011). Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Indeks.
Supratiknya, A. (2014). Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Sutoyo, A. (2009). Pemahaman Individu. Observasi, Checlist, Kuesioner & Sosiometri. Semarang: Widya Karya.
Referensi lain bisa ditambahkan sesuai dengan permasalahan yang ditemukan di lapangan
Details ...
Dosen : 1. Agus Setiawan S.Pd., M.Pd , 2. Dra Wiwik Kusdaryani M.Pd
Menejemen pelatihan merupakan mata kuliah pilihan yang mendukung profil lulusan Prodi BK, mata kuliah ini dapat ditempuh pada semester VI. Mata kuliah ini mendorong mahasiswa agar memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menyusun sebuah modul pelatihan pengembangan SDM, dengan mengintegrasikan berbagai mata kuliah yang telah dipelajari pada semester-semester sebelumnya. Dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahan, terbagi dalam beberapa tahap; (1) memperkuat pemahaman tentang menejemen pelatihan pengembangan SDM, (2) menyusun modul pelatihan pengembangan SDM, (3) mengimplementasikan modul pelatihan menejemen pengembangan SDM, dan (4) merevisi modul sesuai dengan pengalaman lapangan serta saran dan masukan saat presentasi laporan akhir.
Learning Outcomes1. Mahasiswa mampu memahami pengertian, tujuan, dan manfaat pelatihan dan pengembangan SDM.
2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan analisa kebutuhan pelatihan.
3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan desain program pelatihan dan pengembangan SDM.
4. Mahasiswa mampu mengimplementasikan modul dalam praktik pelatihan pengembangan SDM.
5. Mahasiswa mampu menyusun pedoman eavluasi pelaksanaan kegiatan pelatihan pengembangan SDM.
ReferencesKomalasari, G., Wahyuni, E., dan Karsih. (2011). Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Indeks.
Supratiknya, A. (2014). Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Sutoyo, A. (2009). Pemahaman Individu. Observasi, Checlist, Kuesioner & Sosiometri. Semarang: Widya Karya.
Referensi lain bisa ditambahkan sesuai dengan permasalahan yang ditemukan di lapangan
Details ...
Dosen : 1. Dra Wiwik Kusdaryani M.Pd , 2. Agus Setiawan S.Pd., M.Pd
Menejemen pelatihan merupakan mata kuliah pilihan yang mendukung profil lulusan Prodi BK, mata kuliah ini dapat ditempuh pada semester VI. Mata kuliah ini mendorong mahasiswa agar memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menyusun sebuah modul pelatihan pengembangan SDM, dengan mengintegrasikan berbagai mata kuliah yang telah dipelajari pada semester-semester sebelumnya. Dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahan, terbagi dalam beberapa tahap; (1) memperkuat pemahaman tentang menejemen pelatihan pengembangan SDM, (2) menyusun modul pelatihan pengembangan SDM, (3) mengimplementasikan modul pelatihan menejemen pengembangan SDM, dan (4) merevisi modul sesuai dengan pengalaman lapangan serta saran dan masukan saat presentasi laporan akhir.
Learning Outcomes1. Mahasiswa mampu memahami pengertian, tujuan, dan manfaat pelatihan dan pengembangan SDM.
2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan analisa kebutuhan pelatihan.
3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan desain program pelatihan dan pengembangan SDM.
4. Mahasiswa mampu mengimplementasikan modul dalam praktik pelatihan pengembangan SDM.
5. Mahasiswa mampu menyusun pedoman eavluasi pelaksanaan kegiatan pelatihan pengembangan SDM.
ReferencesKomalasari, G., Wahyuni, E., dan Karsih. (2011). Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Indeks.
Supratiknya, A. (2014). Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Sutoyo, A. (2009). Pemahaman Individu. Observasi, Checlist, Kuesioner & Sosiometri. Semarang: Widya Karya.
Referensi lain bisa ditambahkan sesuai dengan permasalahan yang ditemukan di lapangan
Details ...
Dosen : 1. Dra Wiwik Kusdaryani M.Pd , 2. Agus Setiawan S.Pd., M.Pd
Menejemen pelatihan merupakan mata kuliah pilihan yang mendukung profil lulusan Prodi BK, mata kuliah ini dapat ditempuh pada semester VI. Mata kuliah ini mendorong mahasiswa agar memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menyusun sebuah modul pelatihan pengembangan SDM, dengan mengintegrasikan berbagai mata kuliah yang telah dipelajari pada semester-semester sebelumnya. Dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahan, terbagi dalam beberapa tahap; (1) memperkuat pemahaman tentang menejemen pelatihan pengembangan SDM, (2) menyusun modul pelatihan pengembangan SDM, (3) mengimplementasikan modul pelatihan menejemen pengembangan SDM, dan (4) merevisi modul sesuai dengan pengalaman lapangan serta saran dan masukan saat presentasi laporan akhir.
Learning Outcomes1. Mahasiswa mampu memahami pengertian, tujuan, dan manfaat pelatihan dan pengembangan SDM.
2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan analisa kebutuhan pelatihan.
3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan desain program pelatihan dan pengembangan SDM.
4. Mahasiswa mampu mengimplementasikan modul dalam praktik pelatihan pengembangan SDM.
5. Mahasiswa mampu menyusun pedoman eavluasi pelaksanaan kegiatan pelatihan pengembangan SDM.
ReferencesKomalasari, G., Wahyuni, E., dan Karsih. (2011). Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Indeks.
Supratiknya, A. (2014). Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Sutoyo, A. (2009). Pemahaman Individu. Observasi, Checlist, Kuesioner & Sosiometri. Semarang: Widya Karya.
Referensi lain bisa ditambahkan sesuai dengan permasalahan yang ditemukan di lapangan
Details ...