Manajemen Pelatihan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishTRAINING MANAGEMENT
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS20 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Menejemen pelatihan merupakan mata kuliah pilihan yang mendukung profil lulusan Prodi BK, mata kuliah ini dapat ditempuh pada semester VI.Mata kuliah ini mendorong mahasiswa agar memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menyusun sebuah modul pelatihan pengembangan SDM, dengan mengintegrasikan berbagai mata kuliah yang telah dipelajari pada semester-semester sebelumnya. Dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahan, terbagi dalam beberapa tahap; (1) memperkuat pemahaman tentang menejemen pelatihan pengembangan SDM, (2) menyusun modul pelatihan pengembangan SDM, (3) mengimplementasikan modul pelatihan menejemen pengembangan SDM, dan (4) merevisi modul sesuai dengan pengalaman lapangan serta saran dan masukan saat presentasi laporan akhir.

Learning Outcomes

1.Mahasiswa mampu memahami pengertian, tujuan, dan manfaat pelatihan dan pengembangan SDM.
2.Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan analisa kebutuhan pelatihan.
3.Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan desain program pelatihan dan pengembangan SDM.
4.Mahasiswa mampu mengimplementasikan modul dalam praktik pelatihan pengembangan SDM.
5.Mahasiswa mampu menyusun pedoman eavluasi pelaksanaan kegiatan pelatihan pengembangan SDM

MINGGU KEMAMPUAN AKHIR BAHAN KAJIAN METODE PEMBELAJARAN PENGALAMAN BELAJAR KRITERIA PENILAIAN BOBOT NILAI
1 a. Memiliki pemahaman tentang kontrak perkuliahan
b. Memiliki pemahaman pengantar
perkuliahan manajemen pelatihan
a. Berkas kontrak perkuliahan
b.Pengantar perkuliahan
manajemen pelatihan
ceramah,
diskusi dan tanya jawab
a. Mahasiswa memiliki pemahaman
tentang kontrak perkuliahan yang
telah disepakati
b. Mahasiswa memiliki pemahaman
terkait pengantar umum perkuliahan
manajemen pelatihan
   
2 Memiliki memahami konsep
pelatihan
Pengertian, tujuan dan manfaat
pelatihan dan pengembangan SDM
ceramah, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa memiliki pemahaman
tentang pengertian, tujuan, dan
manfaat pelatihan dan
pengembangan SDM
Keaktifan mahasiswa selama
perkuliahan berlangsung
30%
3 Memiliki kemampuan dalam
memahami dan menjelaskan
hubungan Pelatihan
Pengembangan SDM dalam
manajemen SDM
Hubungan PPSDM dengan
manajemen SDM
ceramah, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa mampu memahami
hubungan antara PPSDM dengan
manajemen SDM
Keaktifan mahasiswa selama
perkuliahan berlangsung
30%
4 Memiliki kemampuan dalam
memahami aspek-aspek
manajemen; perencanaan dan
pengorganisasian
Fungsi dan langkah perencanaan
serta langkah pengorganisasian 
ceramah, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa mampu menjelaskan
aspek-aspek manajemen;
perencanaan dan pengorganisasian
Keaktifan mahasiswa selama
perkuliahan berlangsung
30%
5 Memiliki kemampuan dalam
memahami aspek-aspek
manajemen; perencanaan dan
pengorganisasian
Fungsi dan langkah bertindak dan
pengendalian
ceramah, diskusi dan tanyajawab Mahasiswa mampu menjelaskan
aspek-aspek manajemen;
pengkoordinasian dan
pengendalian
Keaktifan mahasiswa selama
perkuliahan berlangsung
30%
6 Memiliki kemampuan dalam
mempresentasikan rancangan
modul pelaksanaan pelatihan
Ragam rancangan aktivitas dalam
pelatihan
ceramah, diskusi, dan tanya jawab Mahasiswa mampu
mempresentasikan modul
rancangan pelaksanaan pelatihan
Keterampilan komunikasi penyaji
serta tampilan bahan presentasi
30%
7 Memiliki kemampuan dalam
mempresentasikan rancangan
modul pelaksanaan pelatihan
Ragam rancangan aktivitas dalam
pelatihan
ceramah, diskusi, dan tanyajawab Mahasiswa mampu
mempresentasikan modul
rancangan pelaksanaan pelatihan
Keterampilan komunikasi penyaji
serta tampilan bahan presentasi
30%
8 UTS Konsep dasar manajemen pelatihan
dan aspek-aspek manajemen
Ujian tertulis UTS Ketepatan dalam memberikan
jawaban
30%
9 Memiliki kemahiran dalam
menerapkan modul pelatihan
Implementasi ragam aktivisitas
modul di lapangan
Praktik lapangan Mahasiswa memiliki kemahiran
dalam melaksanakan dan mengatur
pelatihan
Kontribusi mahasiswa dalam
pelaksanaan kegiatan pelatihan
40%
10 Memiliki kemahiran dalam
menerapkan modul pelatihan
Implementasi ragam aktivisitas
modul di lapangan
Praktik lapangan Mahasiswa memiliki kemahiran
dalam melaksanakan dan mengatur
pelatihan
Kontribusi mahasiswa dalam
pelaksanaan kegiatan pelatihan
40%
11 Memiliki kemahiran dalam
menerapkan modul pelatihan
Implementasi ragam aktivisitas
modul di lapangan
Praktik lapangan Mahasiswa memiliki kemahiran
dalam melaksanakan dan mengatur
pelatihan
Kontribusi mahasiswa dalam
pelaksanaan kegiatan pelatihan
40%
12 Memiliki kemahiran dalam
menerapkan modul pelatihan
Laporan kegiatan dan perbaikan Presentasi, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa mahir merancang
modul pelaksanaan pelatihan
Keterampilan komunikasi penyaji
serta tampilan bahan presentasi
30%
13 Memiliki kemampuan dalam
mempresentasikan laporan hasil
pelaksanaan pelatihan
Laporan kegiatan dan perbaikan Presentasi, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa mahir merancang
modul pelaksanaan pelatihan
Keterampilan komunikasi penyaji
serta tampilan bahan presentasi
30%
14 Memiliki kemahiran dalam
merancang modul pelaksanaan
pelatihan
Laporan kegiatan dan perbaikan Presentasi, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa mahir merancang
modul pelaksanaan pelatihan
Keterampilan komunikasi penyaji
serta tampilan bahan presentasi
30%
15 Memiliki kemahiran dalam
merancang modul pelaksanaan
pelatihan
Laporan kegiatan dan perbaikan Presentasi, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa mahir merancang
modul pelaksanaan pelatihan
Keterampilan komunikasi penyaji
serta tampilan bahan presentasi
30%
16 Memiliki kemampuan dalam
menyusun Modul Manajemen
Pelatihan
Modul hasil revisi Modul jadi Mahasiswa mahir merancang
modul pelaksanaan pelatihan tahap
akhir
Kesesuaian modul dengan tujuan
pelatihan
40%

 

References

1. Komalasari, G., Wahyuni, E., dan Karsih. (2011). Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Indeks.
2. Supratiknya, A. (2014). Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
3. Sutoyo, A. (2009). Pemahaman Individu. Observasi, Checlist, Kuesioner & Sosiometri. Semarang: Widya Karya.
4. Referensi lain bisa ditambahkan sesuai dengan permasalahan yang ditemukan di lapangan


Details ...
Course Descriptions

Menejemen pelatihan merupakan mata kuliah pilihan yang mendukung profil lulusan Prodi BK, mata kuliah ini dapat ditempuh pada semester VI.Mata kuliah ini mendorong mahasiswa agar memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menyusun sebuah modul pelatihan pengembangan SDM, dengan mengintegrasikan berbagai mata kuliah yang telah dipelajari pada semester-semester sebelumnya. Dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahan, terbagi dalam beberapa tahap; (1) memperkuat pemahaman tentang menejemen pelatihan pengembangan SDM, (2) menyusun modul pelatihan pengembangan SDM, (3) mengimplementasikan modul pelatihan menejemen pengembangan SDM, dan (4) merevisi modul sesuai dengan pengalaman lapangan serta saran dan masukan saat presentasi laporan akhir.

Learning Outcomes

1.Mahasiswa mampu memahami pengertian, tujuan, dan manfaat pelatihan dan pengembangan SDM.
2.Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan analisa kebutuhan pelatihan.
3.Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan desain program pelatihan dan pengembangan SDM.
4.Mahasiswa mampu mengimplementasikan modul dalam praktik pelatihan pengembangan SDM.
5.Mahasiswa mampu menyusun pedoman eavluasi pelaksanaan kegiatan pelatihan pengembangan SDM

MINGGU KEMAMPUAN AKHIR BAHAN KAJIAN METODE PEMBELAJARAN PENGALAMAN BELAJAR KRITERIA PENILAIAN BOBOT NILAI
1 a. Memiliki pemahaman tentang kontrak perkuliahan
b. Memiliki pemahaman pengantar
perkuliahan manajemen pelatihan
a. Berkas kontrak perkuliahan
b.Pengantar perkuliahan
manajemen pelatihan
ceramah,
diskusi dan tanya jawab
a. Mahasiswa memiliki pemahaman
tentang kontrak perkuliahan yang
telah disepakati
b. Mahasiswa memiliki pemahaman
terkait pengantar umum perkuliahan
manajemen pelatihan
   
2 Memiliki memahami konsep
pelatihan
Pengertian, tujuan dan manfaat
pelatihan dan pengembangan SDM
ceramah, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa memiliki pemahaman
tentang pengertian, tujuan, dan
manfaat pelatihan dan
pengembangan SDM
Keaktifan mahasiswa selama
perkuliahan berlangsung
30%
3 Memiliki kemampuan dalam
memahami dan menjelaskan
hubungan Pelatihan
Pengembangan SDM dalam
manajemen SDM
Hubungan PPSDM dengan
manajemen SDM
ceramah, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa mampu memahami
hubungan antara PPSDM dengan
manajemen SDM
Keaktifan mahasiswa selama
perkuliahan berlangsung
30%
4 Memiliki kemampuan dalam
memahami aspek-aspek
manajemen; perencanaan dan
pengorganisasian
Fungsi dan langkah perencanaan
serta langkah pengorganisasian 
ceramah, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa mampu menjelaskan
aspek-aspek manajemen;
perencanaan dan pengorganisasian
Keaktifan mahasiswa selama
perkuliahan berlangsung
30%
5 Memiliki kemampuan dalam
memahami aspek-aspek
manajemen; perencanaan dan
pengorganisasian
Fungsi dan langkah bertindak dan
pengendalian
ceramah, diskusi dan tanyajawab Mahasiswa mampu menjelaskan
aspek-aspek manajemen;
pengkoordinasian dan
pengendalian
Keaktifan mahasiswa selama
perkuliahan berlangsung
30%
6 Memiliki kemampuan dalam
mempresentasikan rancangan
modul pelaksanaan pelatihan
Ragam rancangan aktivitas dalam
pelatihan
ceramah, diskusi, dan tanya jawab Mahasiswa mampu
mempresentasikan modul
rancangan pelaksanaan pelatihan
Keterampilan komunikasi penyaji
serta tampilan bahan presentasi
30%
7 Memiliki kemampuan dalam
mempresentasikan rancangan
modul pelaksanaan pelatihan
Ragam rancangan aktivitas dalam
pelatihan
ceramah, diskusi, dan tanyajawab Mahasiswa mampu
mempresentasikan modul
rancangan pelaksanaan pelatihan
Keterampilan komunikasi penyaji
serta tampilan bahan presentasi
30%
8 UTS Konsep dasar manajemen pelatihan
dan aspek-aspek manajemen
Ujian tertulis UTS Ketepatan dalam memberikan
jawaban
30%
9 Memiliki kemahiran dalam
menerapkan modul pelatihan
Implementasi ragam aktivisitas
modul di lapangan
Praktik lapangan Mahasiswa memiliki kemahiran
dalam melaksanakan dan mengatur
pelatihan
Kontribusi mahasiswa dalam
pelaksanaan kegiatan pelatihan
40%
10 Memiliki kemahiran dalam
menerapkan modul pelatihan
Implementasi ragam aktivisitas
modul di lapangan
Praktik lapangan Mahasiswa memiliki kemahiran
dalam melaksanakan dan mengatur
pelatihan
Kontribusi mahasiswa dalam
pelaksanaan kegiatan pelatihan
40%
11 Memiliki kemahiran dalam
menerapkan modul pelatihan
Implementasi ragam aktivisitas
modul di lapangan
Praktik lapangan Mahasiswa memiliki kemahiran
dalam melaksanakan dan mengatur
pelatihan
Kontribusi mahasiswa dalam
pelaksanaan kegiatan pelatihan
40%
12 Memiliki kemahiran dalam
menerapkan modul pelatihan
Laporan kegiatan dan perbaikan Presentasi, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa mahir merancang
modul pelaksanaan pelatihan
Keterampilan komunikasi penyaji
serta tampilan bahan presentasi
30%
13 Memiliki kemampuan dalam
mempresentasikan laporan hasil
pelaksanaan pelatihan
Laporan kegiatan dan perbaikan Presentasi, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa mahir merancang
modul pelaksanaan pelatihan
Keterampilan komunikasi penyaji
serta tampilan bahan presentasi
30%
14 Memiliki kemahiran dalam
merancang modul pelaksanaan
pelatihan
Laporan kegiatan dan perbaikan Presentasi, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa mahir merancang
modul pelaksanaan pelatihan
Keterampilan komunikasi penyaji
serta tampilan bahan presentasi
30%
15 Memiliki kemahiran dalam
merancang modul pelaksanaan
pelatihan
Laporan kegiatan dan perbaikan Presentasi, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa mahir merancang
modul pelaksanaan pelatihan
Keterampilan komunikasi penyaji
serta tampilan bahan presentasi
30%
16 Memiliki kemampuan dalam
menyusun Modul Manajemen
Pelatihan
Modul hasil revisi Modul jadi Mahasiswa mahir merancang
modul pelaksanaan pelatihan tahap
akhir
Kesesuaian modul dengan tujuan
pelatihan
40%

 

References

1. Komalasari, G., Wahyuni, E., dan Karsih. (2011). Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Indeks.
2. Supratiknya, A. (2014). Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
3. Sutoyo, A. (2009). Pemahaman Individu. Observasi, Checlist, Kuesioner & Sosiometri. Semarang: Widya Karya.
4. Referensi lain bisa ditambahkan sesuai dengan permasalahan yang ditemukan di lapangan


Details ...
Course Descriptions

Menejemen pelatihan merupakan mata kuliah pilihan yang mendukung profil lulusan Prodi BK, mata kuliah ini dapat ditempuh pada semester VI.Mata kuliah ini mendorong mahasiswa agar memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menyusun sebuah modul pelatihan pengembangan SDM, dengan mengintegrasikan berbagai mata kuliah yang telah dipelajari pada semester-semester sebelumnya. Dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahan, terbagi dalam beberapa tahap; (1) memperkuat pemahaman tentang menejemen pelatihan pengembangan SDM, (2) menyusun modul pelatihan pengembangan SDM, (3) mengimplementasikan modul pelatihan menejemen pengembangan SDM, dan (4) merevisi modul sesuai dengan pengalaman lapangan serta saran dan masukan saat presentasi laporan akhir.

Learning Outcomes

1.Mahasiswa mampu memahami pengertian, tujuan, dan manfaat pelatihan dan pengembangan SDM.
2.Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan analisa kebutuhan pelatihan.
3.Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan desain program pelatihan dan pengembangan SDM.
4.Mahasiswa mampu mengimplementasikan modul dalam praktik pelatihan pengembangan SDM.
5.Mahasiswa mampu menyusun pedoman eavluasi pelaksanaan kegiatan pelatihan pengembangan SDM

MINGGU KEMAMPUAN AKHIR BAHAN KAJIAN METODE PEMBELAJARAN PENGALAMAN BELAJAR KRITERIA PENILAIAN BOBOT NILAI
1 a. Memiliki pemahaman tentang kontrak perkuliahan
b. Memiliki pemahaman pengantar
perkuliahan manajemen pelatihan
a. Berkas kontrak perkuliahan
b.Pengantar perkuliahan
manajemen pelatihan
ceramah,
diskusi dan tanya jawab
a. Mahasiswa memiliki pemahaman
tentang kontrak perkuliahan yang
telah disepakati
b. Mahasiswa memiliki pemahaman
terkait pengantar umum perkuliahan
manajemen pelatihan
   
2 Memiliki memahami konsep
pelatihan
Pengertian, tujuan dan manfaat
pelatihan dan pengembangan SDM
ceramah, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa memiliki pemahaman
tentang pengertian, tujuan, dan
manfaat pelatihan dan
pengembangan SDM
Keaktifan mahasiswa selama
perkuliahan berlangsung
30%
3 Memiliki kemampuan dalam
memahami dan menjelaskan
hubungan Pelatihan
Pengembangan SDM dalam
manajemen SDM
Hubungan PPSDM dengan
manajemen SDM
ceramah, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa mampu memahami
hubungan antara PPSDM dengan
manajemen SDM
Keaktifan mahasiswa selama
perkuliahan berlangsung
30%
4 Memiliki kemampuan dalam
memahami aspek-aspek
manajemen; perencanaan dan
pengorganisasian
Fungsi dan langkah perencanaan
serta langkah pengorganisasian 
ceramah, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa mampu menjelaskan
aspek-aspek manajemen;
perencanaan dan pengorganisasian
Keaktifan mahasiswa selama
perkuliahan berlangsung
30%
5 Memiliki kemampuan dalam
memahami aspek-aspek
manajemen; perencanaan dan
pengorganisasian
Fungsi dan langkah bertindak dan
pengendalian
ceramah, diskusi dan tanyajawab Mahasiswa mampu menjelaskan
aspek-aspek manajemen;
pengkoordinasian dan
pengendalian
Keaktifan mahasiswa selama
perkuliahan berlangsung
30%
6 Memiliki kemampuan dalam
mempresentasikan rancangan
modul pelaksanaan pelatihan
Ragam rancangan aktivitas dalam
pelatihan
ceramah, diskusi, dan tanya jawab Mahasiswa mampu
mempresentasikan modul
rancangan pelaksanaan pelatihan
Keterampilan komunikasi penyaji
serta tampilan bahan presentasi
30%
7 Memiliki kemampuan dalam
mempresentasikan rancangan
modul pelaksanaan pelatihan
Ragam rancangan aktivitas dalam
pelatihan
ceramah, diskusi, dan tanyajawab Mahasiswa mampu
mempresentasikan modul
rancangan pelaksanaan pelatihan
Keterampilan komunikasi penyaji
serta tampilan bahan presentasi
30%
8 UTS Konsep dasar manajemen pelatihan
dan aspek-aspek manajemen
Ujian tertulis UTS Ketepatan dalam memberikan
jawaban
30%
9 Memiliki kemahiran dalam
menerapkan modul pelatihan
Implementasi ragam aktivisitas
modul di lapangan
Praktik lapangan Mahasiswa memiliki kemahiran
dalam melaksanakan dan mengatur
pelatihan
Kontribusi mahasiswa dalam
pelaksanaan kegiatan pelatihan
40%
10 Memiliki kemahiran dalam
menerapkan modul pelatihan
Implementasi ragam aktivisitas
modul di lapangan
Praktik lapangan Mahasiswa memiliki kemahiran
dalam melaksanakan dan mengatur
pelatihan
Kontribusi mahasiswa dalam
pelaksanaan kegiatan pelatihan
40%
11 Memiliki kemahiran dalam
menerapkan modul pelatihan
Implementasi ragam aktivisitas
modul di lapangan
Praktik lapangan Mahasiswa memiliki kemahiran
dalam melaksanakan dan mengatur
pelatihan
Kontribusi mahasiswa dalam
pelaksanaan kegiatan pelatihan
40%
12 Memiliki kemahiran dalam
menerapkan modul pelatihan
Laporan kegiatan dan perbaikan Presentasi, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa mahir merancang
modul pelaksanaan pelatihan
Keterampilan komunikasi penyaji
serta tampilan bahan presentasi
30%
13 Memiliki kemampuan dalam
mempresentasikan laporan hasil
pelaksanaan pelatihan
Laporan kegiatan dan perbaikan Presentasi, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa mahir merancang
modul pelaksanaan pelatihan
Keterampilan komunikasi penyaji
serta tampilan bahan presentasi
30%
14 Memiliki kemahiran dalam
merancang modul pelaksanaan
pelatihan
Laporan kegiatan dan perbaikan Presentasi, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa mahir merancang
modul pelaksanaan pelatihan
Keterampilan komunikasi penyaji
serta tampilan bahan presentasi
30%
15 Memiliki kemahiran dalam
merancang modul pelaksanaan
pelatihan
Laporan kegiatan dan perbaikan Presentasi, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa mahir merancang
modul pelaksanaan pelatihan
Keterampilan komunikasi penyaji
serta tampilan bahan presentasi
30%
16 Memiliki kemampuan dalam
menyusun Modul Manajemen
Pelatihan
Modul hasil revisi Modul jadi Mahasiswa mahir merancang
modul pelaksanaan pelatihan tahap
akhir
Kesesuaian modul dengan tujuan
pelatihan
40%

 

References

1. Komalasari, G., Wahyuni, E., dan Karsih. (2011). Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Indeks.
2. Supratiknya, A. (2014). Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
3. Sutoyo, A. (2009). Pemahaman Individu. Observasi, Checlist, Kuesioner & Sosiometri. Semarang: Widya Karya.
4. Referensi lain bisa ditambahkan sesuai dengan permasalahan yang ditemukan di lapangan


Details ...
Course Descriptions

Menejemen pelatihan merupakan mata kuliah pilihan yang mendukung profil lulusan Prodi BK, mata kuliah ini dapat ditempuh pada semester VI.Mata kuliah ini mendorong mahasiswa agar memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menyusun sebuah modul pelatihan pengembangan SDM, dengan mengintegrasikan berbagai mata kuliah yang telah dipelajari pada semester-semester sebelumnya. Dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahan, terbagi dalam beberapa tahap; (1) memperkuat pemahaman tentang menejemen pelatihan pengembangan SDM, (2) menyusun modul pelatihan pengembangan SDM, (3) mengimplementasikan modul pelatihan menejemen pengembangan SDM, dan (4) merevisi modul sesuai dengan pengalaman lapangan serta saran dan masukan saat presentasi laporan akhir.

Learning Outcomes

1.Mahasiswa mampu memahami pengertian, tujuan, dan manfaat pelatihan dan pengembangan SDM.
2.Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan analisa kebutuhan pelatihan.
3.Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan desain program pelatihan dan pengembangan SDM.
4.Mahasiswa mampu mengimplementasikan modul dalam praktik pelatihan pengembangan SDM.
5.Mahasiswa mampu menyusun pedoman eavluasi pelaksanaan kegiatan pelatihan pengembangan SDM

MINGGU KEMAMPUAN AKHIR BAHAN KAJIAN METODE PEMBELAJARAN PENGALAMAN BELAJAR KRITERIA PENILAIAN BOBOT NILAI
1 a. Memiliki pemahaman tentang kontrak perkuliahan
b. Memiliki pemahaman pengantar
perkuliahan manajemen pelatihan
a. Berkas kontrak perkuliahan
b.Pengantar perkuliahan
manajemen pelatihan
ceramah,
diskusi dan tanya jawab
a. Mahasiswa memiliki pemahaman
tentang kontrak perkuliahan yang
telah disepakati
b. Mahasiswa memiliki pemahaman
terkait pengantar umum perkuliahan
manajemen pelatihan
   
2 Memiliki memahami konsep
pelatihan
Pengertian, tujuan dan manfaat
pelatihan dan pengembangan SDM
ceramah, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa memiliki pemahaman
tentang pengertian, tujuan, dan
manfaat pelatihan dan
pengembangan SDM
Keaktifan mahasiswa selama
perkuliahan berlangsung
30%
3 Memiliki kemampuan dalam
memahami dan menjelaskan
hubungan Pelatihan
Pengembangan SDM dalam
manajemen SDM
Hubungan PPSDM dengan
manajemen SDM
ceramah, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa mampu memahami
hubungan antara PPSDM dengan
manajemen SDM
Keaktifan mahasiswa selama
perkuliahan berlangsung
30%
4 Memiliki kemampuan dalam
memahami aspek-aspek
manajemen; perencanaan dan
pengorganisasian
Fungsi dan langkah perencanaan
serta langkah pengorganisasian 
ceramah, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa mampu menjelaskan
aspek-aspek manajemen;
perencanaan dan pengorganisasian
Keaktifan mahasiswa selama
perkuliahan berlangsung
30%
5 Memiliki kemampuan dalam
memahami aspek-aspek
manajemen; perencanaan dan
pengorganisasian
Fungsi dan langkah bertindak dan
pengendalian
ceramah, diskusi dan tanyajawab Mahasiswa mampu menjelaskan
aspek-aspek manajemen;
pengkoordinasian dan
pengendalian
Keaktifan mahasiswa selama
perkuliahan berlangsung
30%
6 Memiliki kemampuan dalam
mempresentasikan rancangan
modul pelaksanaan pelatihan
Ragam rancangan aktivitas dalam
pelatihan
ceramah, diskusi, dan tanya jawab Mahasiswa mampu
mempresentasikan modul
rancangan pelaksanaan pelatihan
Keterampilan komunikasi penyaji
serta tampilan bahan presentasi
30%
7 Memiliki kemampuan dalam
mempresentasikan rancangan
modul pelaksanaan pelatihan
Ragam rancangan aktivitas dalam
pelatihan
ceramah, diskusi, dan tanyajawab Mahasiswa mampu
mempresentasikan modul
rancangan pelaksanaan pelatihan
Keterampilan komunikasi penyaji
serta tampilan bahan presentasi
30%
8 UTS Konsep dasar manajemen pelatihan
dan aspek-aspek manajemen
Ujian tertulis UTS Ketepatan dalam memberikan
jawaban
30%
9 Memiliki kemahiran dalam
menerapkan modul pelatihan
Implementasi ragam aktivisitas
modul di lapangan
Praktik lapangan Mahasiswa memiliki kemahiran
dalam melaksanakan dan mengatur
pelatihan
Kontribusi mahasiswa dalam
pelaksanaan kegiatan pelatihan
40%
10 Memiliki kemahiran dalam
menerapkan modul pelatihan
Implementasi ragam aktivisitas
modul di lapangan
Praktik lapangan Mahasiswa memiliki kemahiran
dalam melaksanakan dan mengatur
pelatihan
Kontribusi mahasiswa dalam
pelaksanaan kegiatan pelatihan
40%
11 Memiliki kemahiran dalam
menerapkan modul pelatihan
Implementasi ragam aktivisitas
modul di lapangan
Praktik lapangan Mahasiswa memiliki kemahiran
dalam melaksanakan dan mengatur
pelatihan
Kontribusi mahasiswa dalam
pelaksanaan kegiatan pelatihan
40%
12 Memiliki kemahiran dalam
menerapkan modul pelatihan
Laporan kegiatan dan perbaikan Presentasi, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa mahir merancang
modul pelaksanaan pelatihan
Keterampilan komunikasi penyaji
serta tampilan bahan presentasi
30%
13 Memiliki kemampuan dalam
mempresentasikan laporan hasil
pelaksanaan pelatihan
Laporan kegiatan dan perbaikan Presentasi, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa mahir merancang
modul pelaksanaan pelatihan
Keterampilan komunikasi penyaji
serta tampilan bahan presentasi
30%
14 Memiliki kemahiran dalam
merancang modul pelaksanaan
pelatihan
Laporan kegiatan dan perbaikan Presentasi, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa mahir merancang
modul pelaksanaan pelatihan
Keterampilan komunikasi penyaji
serta tampilan bahan presentasi
30%
15 Memiliki kemahiran dalam
merancang modul pelaksanaan
pelatihan
Laporan kegiatan dan perbaikan Presentasi, diskusi dan tanya jawab Mahasiswa mahir merancang
modul pelaksanaan pelatihan
Keterampilan komunikasi penyaji
serta tampilan bahan presentasi
30%
16 Memiliki kemampuan dalam
menyusun Modul Manajemen
Pelatihan
Modul hasil revisi Modul jadi Mahasiswa mahir merancang
modul pelaksanaan pelatihan tahap
akhir
Kesesuaian modul dengan tujuan
pelatihan
40%

 

References

1. Komalasari, G., Wahyuni, E., dan Karsih. (2011). Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Indeks.
2. Supratiknya, A. (2014). Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
3. Sutoyo, A. (2009). Pemahaman Individu. Observasi, Checlist, Kuesioner & Sosiometri. Semarang: Widya Karya.
4. Referensi lain bisa ditambahkan sesuai dengan permasalahan yang ditemukan di lapangan


Details ...
Course Descriptions

Menejemen pelatihan merupakan mata kuliah pilihan yang mendukung profil lulusan Prodi BK, mata kuliah ini dapat ditempuh pada semester VI. Mata kuliah ini mendorong mahasiswa agar memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menyusun sebuah modul pelatihan pengembangan SDM, dengan mengintegrasikan berbagai mata kuliah yang telah dipelajari pada semester-semester sebelumnya. Dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahan, terbagi dalam beberapa tahap; (1) memperkuat pemahaman tentang menejemen pelatihan pengembangan SDM, (2) menyusun modul pelatihan pengembangan SDM, (3) mengimplementasikan modul pelatihan menejemen pengembangan SDM, dan (4) merevisi modul sesuai dengan pengalaman lapangan serta saran dan masukan saat presentasi laporan akhir.  

Learning Outcomes

1. Mahasiswa mampu memahami pengertian, tujuan, dan manfaat pelatihan dan pengembangan SDM.

2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan analisa kebutuhan pelatihan.

3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan desain program pelatihan dan pengembangan SDM.

4. Mahasiswa mampu mengimplementasikan modul dalam praktik pelatihan pengembangan SDM.

5. Mahasiswa mampu menyusun pedoman eavluasi pelaksanaan kegiatan pelatihan pengembangan SDM. 

References

Komalasari, G., Wahyuni, E., dan Karsih. (2011). Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Indeks.

Supratiknya, A. (2014). Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sutoyo, A. (2009). Pemahaman Individu. Observasi, Checlist, Kuesioner & Sosiometri. Semarang: Widya Karya.

Referensi lain bisa ditambahkan sesuai dengan permasalahan yang ditemukan di lapangan


Details ...
Course Descriptions

Menejemen pelatihan merupakan mata kuliah pilihan yang mendukung profil lulusan Prodi BK, mata kuliah ini dapat ditempuh pada semester VI. Mata kuliah ini mendorong mahasiswa agar memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menyusun sebuah modul pelatihan pengembangan SDM, dengan mengintegrasikan berbagai mata kuliah yang telah dipelajari pada semester-semester sebelumnya. Dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahan, terbagi dalam beberapa tahap; (1) memperkuat pemahaman tentang menejemen pelatihan pengembangan SDM, (2) menyusun modul pelatihan pengembangan SDM, (3) mengimplementasikan modul pelatihan menejemen pengembangan SDM, dan (4) merevisi modul sesuai dengan pengalaman lapangan serta saran dan masukan saat presentasi laporan akhir.  

Learning Outcomes

1. Mahasiswa mampu memahami pengertian, tujuan, dan manfaat pelatihan dan pengembangan SDM.

2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan analisa kebutuhan pelatihan.

3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan desain program pelatihan dan pengembangan SDM.

4. Mahasiswa mampu mengimplementasikan modul dalam praktik pelatihan pengembangan SDM.

5. Mahasiswa mampu menyusun pedoman eavluasi pelaksanaan kegiatan pelatihan pengembangan SDM. 

References

Komalasari, G., Wahyuni, E., dan Karsih. (2011). Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Indeks.

Supratiknya, A. (2014). Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sutoyo, A. (2009). Pemahaman Individu. Observasi, Checlist, Kuesioner & Sosiometri. Semarang: Widya Karya.

Referensi lain bisa ditambahkan sesuai dengan permasalahan yang ditemukan di lapangan


Details ...
Course Descriptions

Menejemen pelatihan merupakan mata kuliah pilihan yang mendukung profil lulusan Prodi BK, mata kuliah ini dapat ditempuh pada semester VI. Mata kuliah ini mendorong mahasiswa agar memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menyusun sebuah modul pelatihan pengembangan SDM, dengan mengintegrasikan berbagai mata kuliah yang telah dipelajari pada semester-semester sebelumnya. Dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahan, terbagi dalam beberapa tahap; (1) memperkuat pemahaman tentang menejemen pelatihan pengembangan SDM, (2) menyusun modul pelatihan pengembangan SDM, (3) mengimplementasikan modul pelatihan menejemen pengembangan SDM, dan (4) merevisi modul sesuai dengan pengalaman lapangan serta saran dan masukan saat presentasi laporan akhir.  

Learning Outcomes

1. Mahasiswa mampu memahami pengertian, tujuan, dan manfaat pelatihan dan pengembangan SDM.

2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan analisa kebutuhan pelatihan.

3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan desain program pelatihan dan pengembangan SDM.

4. Mahasiswa mampu mengimplementasikan modul dalam praktik pelatihan pengembangan SDM.

5. Mahasiswa mampu menyusun pedoman eavluasi pelaksanaan kegiatan pelatihan pengembangan SDM. 

References

Komalasari, G., Wahyuni, E., dan Karsih. (2011). Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Indeks.

Supratiknya, A. (2014). Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sutoyo, A. (2009). Pemahaman Individu. Observasi, Checlist, Kuesioner & Sosiometri. Semarang: Widya Karya.

Referensi lain bisa ditambahkan sesuai dengan permasalahan yang ditemukan di lapangan


Details ...
Course Descriptions

Menejemen pelatihan merupakan mata kuliah pilihan yang mendukung profil lulusan Prodi BK, mata kuliah ini dapat ditempuh pada semester VI. Mata kuliah ini mendorong mahasiswa agar memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menyusun sebuah modul pelatihan pengembangan SDM, dengan mengintegrasikan berbagai mata kuliah yang telah dipelajari pada semester-semester sebelumnya. Dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahan, terbagi dalam beberapa tahap; (1) memperkuat pemahaman tentang menejemen pelatihan pengembangan SDM, (2) menyusun modul pelatihan pengembangan SDM, (3) mengimplementasikan modul pelatihan menejemen pengembangan SDM, dan (4) merevisi modul sesuai dengan pengalaman lapangan serta saran dan masukan saat presentasi laporan akhir.  

Learning Outcomes

1. Mahasiswa mampu memahami pengertian, tujuan, dan manfaat pelatihan dan pengembangan SDM.

2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan analisa kebutuhan pelatihan.

3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan desain program pelatihan dan pengembangan SDM.

4. Mahasiswa mampu mengimplementasikan modul dalam praktik pelatihan pengembangan SDM.

5. Mahasiswa mampu menyusun pedoman eavluasi pelaksanaan kegiatan pelatihan pengembangan SDM. 

References

Komalasari, G., Wahyuni, E., dan Karsih. (2011). Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Indeks.

Supratiknya, A. (2014). Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sutoyo, A. (2009). Pemahaman Individu. Observasi, Checlist, Kuesioner & Sosiometri. Semarang: Widya Karya.

Referensi lain bisa ditambahkan sesuai dengan permasalahan yang ditemukan di lapangan


Details ...