Manajemen Pelatihan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishTRAINING MANAGEMENT
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS20 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mahasiswa mempraktikan mata kuliah Dinamika Kelompok, Pemahmanan Individu Non Tes, Dasar-dasar BK, Bimbingan Kelompok dan Pengembangan Media BK. Penerapan mata kuliah tersebut dilakukan secara sinergis dan digunakan di dalam sebuah topik yang ditemukan di lapangan.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu mengaplikasikan mata kuliah Dinamika Kelompok, Pemahaman Individu Non Tes, Bimbingan Kelompok dan Pengembangkan Media BK untuk praktek langsung pada masyarakat dengan media yang tepat. Mahasiswa juga mampu membuat laporan praktik lapangan tersebut dalam bentuk media film dan membuat analisis hasil praktik lapangan yang dipresentasikan di hadapan teman-teman mahasiswa dan Dosen untuk mendapatkan masukan.

References

Komalasari, G., Wahyuni, E., dan Karsih. (2011). Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Indeks.

Supratiknya, A. (2014). Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sutoyo, A. (2009). Pemahaman Individu. Observasi, Checlist, Kuesioner & Sosiometri. Semarang: Widya Karya.

Referensi lain bisa ditambahkan sesuai dengan permasalahan yang ditemukan di lapangan


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa mempraktikan mata kuliah Dinamika Kelompok, Pemahmanan Individu Non Tes, Dasar-dasar BK, Bimbingan Kelompok dan Pengembangan Media BK. Penerapan mata kuliah tersebut dilakukan secara sinergis dan digunakan di dalam sebuah topik yang ditemukan di lapangan.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu mengaplikasikan mata kuliah Dinamika Kelompok, Pemahaman Individu Non Tes, Bimbingan Kelompok dan Pengembangkan Media BK untuk praktek langsung pada masyarakat dengan media yang tepat. Mahasiswa juga mampu membuat laporan praktik lapangan tersebut dalam bentuk media film dan membuat analisis hasil praktik lapangan yang dipresentasikan di hadapan teman-teman mahasiswa dan Dosen untuk mendapatkan masukan.

References

Komalasari, G., Wahyuni, E., dan Karsih. (2011). Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Jakarta: Indeks.

Supratiknya, A. (2014). Pengukuran Psikologis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sutoyo, A. (2009). Pemahaman Individu. Observasi, Checlist, Kuesioner & Sosiometri. Semarang: Widya Karya.

Referensi lain bisa ditambahkan sesuai dengan permasalahan yang ditemukan di lapangan


Details ...
Course Descriptions

Merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan untuk menjadi seorang trainer outbound. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diajak untuk mendiskusikan tentang konsep pokok manajemen, azas dasar manajemen serta pelatihan. Disamping itu mahasiswa juga diminta untuk merancang atau pun menyusun program pelatihan yang nantinya akan diujicobakan. Produk akhir dari mata kuliah manajemen pelatihan adalah MODUL pelatihan yang telah tervalidasi secara empiris. 

Learning Outcomes

 

Setalah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Merencanakan
  2. Mengorganisasikan
  3. Mengelola sumber daya
  4. Memotivasi
  5. Mengawasi 
  6. Memiliki sikap kepemimpinan -- komunikasi dan kerjasama 

dalam proses pelaksanaan kegiatan pelatihan outbound 

References

  1. Feriyanto, Andri dan Endang Shyta Triana. 2015. Pengantar Manajemen (3 in 1) untuk mahasiswa dan umum. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru - Media Tera.
  2. Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktek). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
  3. Najib, Mohammad. 2015. Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: CV. Pustaka Setia.
  4. Silalahi, Ulber. 2015. Asas-asas Manajemen. Bandung: PT. Refika Aditama


Details ...
Course Descriptions

Merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan untuk menjadi seorang trainer outbound. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diajak untuk mendiskusikan tentang konsep pokok manajemen, azas dasar manajemen serta pelatihan. Disamping itu mahasiswa juga diminta untuk merancang atau pun menyusun program pelatihan yang nantinya akan diujicobakan. Produk akhir dari mata kuliah manajemen pelatihan adalah MODUL pelatihan yang telah tervalidasi secara empiris. 

Learning Outcomes

 

Setalah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Merencanakan
  2. Mengorganisasikan
  3. Mengelola sumber daya
  4. Memotivasi
  5. Mengawasi 
  6. Memiliki sikap kepemimpinan -- komunikasi dan kerjasama 

dalam proses pelaksanaan kegiatan pelatihan outbound 

References

  1. Feriyanto, Andri dan Endang Shyta Triana. 2015. Pengantar Manajemen (3 in 1) untuk mahasiswa dan umum. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru - Media Tera.
  2. Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktek). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
  3. Najib, Mohammad. 2015. Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: CV. Pustaka Setia.
  4. Silalahi, Ulber. 2015. Asas-asas Manajemen. Bandung: PT. Refika Aditama


Details ...
Course Descriptions

Merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan untuk menjadi seorang trainer outbound. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diajak untuk mendiskusikan tentang konsep pokok manajemen, azas dasar manajemen serta pelatihan. Disamping itu mahasiswa juga diminta untuk merancang atau pun menyusun program pelatihan yang nantinya akan diujicobakan. Produk akhir dari mata kuliah manajemen pelatihan adalah MODUL pelatihan yang telah tervalidasi secara empiris. 

Learning Outcomes

Setalah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Merencanakan
  2. Mengorganisasikan
  3. Mengelola sumber daya
  4. Memotivasi
  5. Mengawasi 
  6. Memiliki sikap kepemimpinan -- komunikasi dan kerjasama 

dalam proses pelaksanaan kegiatan pelatihan outbound 

References

  1. Feriyanto, Andri dan Endang Shyta Triana. 2015. Pengantar Manajemen (3 in 1) untuk mahasiswa dan umum. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru - Media Tera.
  2. Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktek). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
  3. Najib, Mohammad. 2015. Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: CV. Pustaka Setia.
  4. Silalahi, Ulber. 2015. Asas-asas Manajemen. Bandung: PT. Refika Aditama


Details ...
Course Descriptions

Merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan untuk menjadi seorang trainer outbound. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diajak untuk mendiskusikan tentang konsep pokok manajemen, azas dasar manajemen serta pelatihan. Disamping itu mahasiswa juga diminta untuk merancang atau pun menyusun program pelatihan yang nantinya akan diujicobakan. Produk akhir dari mata kuliah manajemen pelatihan adalah MODUL pelatihan yang telah tervalidasi secara empiris. 

Learning Outcomes

Setalah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Merencanakan
  2. Mengorganisasikan
  3. Mengelola sumber daya
  4. Memotivasi
  5. Mengawasi 
  6. Memiliki sikap kepemimpinan -- komunikasi dan kerjasama 

dalam proses pelaksanaan kegiatan pelatihan outbound 

References

  1. Feriyanto, Andri dan Endang Shyta Triana. 2015. Pengantar Manajemen (3 in 1) untuk mahasiswa dan umum. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru - Media Tera.
  2. Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktek). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
  3. Najib, Mohammad. 2015. Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: CV. Pustaka Setia.
  4. Silalahi, Ulber. 2015. Asas-asas Manajemen. Bandung: PT. Refika Aditama


Details ...
Course Descriptions

Merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan untuk menjadi seorang trainer outbound. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diajak untuk mendiskusikan tentang konsep pokok manajemen, azas dasar manajemen serta pelatihan. Disamping itu mahasiswa juga diminta untuk merancang atau pun menyusun program pelatihan yang nantinya akan diujicobakan. Produk akhir dari mata kuliah manajemen pelatihan adalah MODUL pelatihan yang telah tervalidasi secara empiris. 

Learning Outcomes

Setalah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Merencanakan
  2. Mengorganisasikan
  3. Mengelola sumber daya
  4. Memotivasi
  5. Mengawasi 
  6. Memiliki sikap kepemimpinan -- komunikasi dan kerjasama 

dalam proses pelaksanaan kegiatan pelatihan outbound 

References

  1. Feriyanto, Andri dan Endang Shyta Triana. 2015. Pengantar Manajemen (3 in 1) untuk mahasiswa dan umum. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru - Media Tera.
  2. Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktek). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
  3. Najib, Mohammad. 2015. Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: CV. Pustaka Setia.
  4. Silalahi, Ulber. 2015. Asas-asas Manajemen. Bandung: PT. Refika Aditama


Details ...
Course Descriptions

Merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan untuk menjadi seorang trainer outbound. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diajak untuk mendiskusikan tentang konsep pokok manajemen, azas dasar manajemen serta pelatihan. Disamping itu mahasiswa juga diminta untuk merancang atau pun menyusun program pelatihan yang nantinya akan diujicobakan. Produk akhir dari mata kuliah manajemen pelatihan adalah MODUL pelatihan yang telah tervalidasi secara empiris. 

Learning Outcomes

Setalah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Merencanakan
  2. Mengorganisasikan
  3. Mengelola sumber daya
  4. Memotivasi
  5. Mengawasi 
  6. Memiliki sikap kepemimpinan -- komunikasi dan kerjasama 

dalam proses pelaksanaan kegiatan pelatihan outbound 

References

  1. Feriyanto, Andri dan Endang Shyta Triana. 2015. Pengantar Manajemen (3 in 1) untuk mahasiswa dan umum. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru - Media Tera.
  2. Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktek). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
  3. Najib, Mohammad. 2015. Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: CV. Pustaka Setia.
  4. Silalahi, Ulber. 2015. Asas-asas Manajemen. Bandung: PT. Refika Aditama


Details ...