Geometri , Curriculum : 2015


Courser in EnglishGeometry
ProgramPendidikan Matematika
SKS3 SKS
RPS20 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

aaaaaaaaaaaa

Learning Outcomes

aaaaaaaaaaa

References

aaaaaaaaaaa


Details ...
Course Descriptions

aaaaaaaaaaaa

Learning Outcomes

aaaaaaaaaaa

References

aaaaaaaaaaa


Details ...
Course Descriptions

Secara umum materi perkuliahan terdiri atas dua bagian, yaitu Geometri Bidang dan Geometri Ruang. Dalam Geometri Bidang akan dipelajari mengenai pengertian garis, sudut, ukuran sudut, kesejajaran dan ketegaklurusan dua garis, segitiga, segiempat, kekongruenan dan kesebangunan dua bangun, luas daerah bangun, teorema Pythagoras, segi banyak, lingkaran, dan sistem koordinat. Sedangkan dalam Geometri Ruang akan dipelajari mengenai gambar proyeksi miring suatu bangun ruang, relasi antar unsur-unsur ruang, kesejajaran dan ketegaklurusan dalam ruang, proyeksi, jarak, dan sudut dalam ruang, serta berbagai karakteristik dan luas maupun volume bangun-bangun ruang.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menguasai materi geometri sebagai sistem deduktif, memiliki daya tanggap bidang dan ruang yang tajam, menguasai konsep-konsep dan relasi-relasi di antara objek-objek geometri dan bentuk-bentuk geometri dengan cara sederhana dan media terbarukan berbasis komputer dan mobile.

References

  1. Djoko Iswadji. 2002. Geometri Ruang. Yogyakarta: JICA-FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
  2. Keedy, Mervin L., etc. 1967.Exploring Geometry. New York: Holt, Rinehart and Winston, Inc.
  3. Murdanu. 2008. Suplemen Geometri Ruang. (tidak diterbitkan)
  4. S.H. Sharna.2013.Matematika.Jakarta:Yudistira.
  5. Sarjana. 2010. Geometri Ruang. Buku Materi Pokok PEMA4216/3sks/ Modul 1-9. Edisi1. Jakarta:  Penerbit Universitas Terbuka.
  6. Staff of research and Education Association. 1987. The Geometry Problem Solver. Plane-Solid-Analytic. New York:Research and Education Association 505 Eighth Avenue.
  7. Travers, Kenneth J. 1987.Geometry. Illionis: Laidlaw Brother.
  8. Kusni & Hery Sutarto.2016. Geometri Dasar untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta :Penerbit Magnum Pustaka Utama


Details ...
Course Descriptions

Secara umum materi perkuliahan terdiri atas dua bagian, yaitu Geometri Bidang dan Geometri Ruang. Dalam Geometri Bidang akan dipelajari mengenai pengertian garis, sudut, ukuran sudut, kesejajaran dan ketegaklurusan dua garis, segitiga, segiempat, kekongruenan dan kesebangunan dua bangun, luas daerah bangun, teorema Pythagoras, segi banyak, lingkaran, dan sistem koordinat. Sedangkan dalam Geometri Ruang akan dipelajari mengenai gambar proyeksi miring suatu bangun ruang, relasi antar unsur-unsur ruang, kesejajaran dan ketegaklurusan dalam ruang, proyeksi, jarak, dan sudut dalam ruang, serta berbagai karakteristik dan luas maupun volume bangun-bangun ruang.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menguasai materi geometri sebagai sistem deduktif, memiliki daya tanggap bidang dan ruang yang tajam, menguasai konsep-konsep dan relasi-relasi di antara objek-objek geometri dan bentuk-bentuk geometri dengan cara sederhana dan media terbarukan berbasis komputer dan mobile.

References

  1. Djoko Iswadji. 2002. Geometri Ruang. Yogyakarta: JICA-FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
  2. Keedy, Mervin L., etc. 1967.Exploring Geometry. New York: Holt, Rinehart and Winston, Inc.
  3. Murdanu. 2008. Suplemen Geometri Ruang. (tidak diterbitkan)
  4. S.H. Sharna.2013.Matematika.Jakarta:Yudistira.
  5. Sarjana. 2010. Geometri Ruang. Buku Materi Pokok PEMA4216/3sks/ Modul 1-9. Edisi1. Jakarta:  Penerbit Universitas Terbuka.
  6. Staff of research and Education Association. 1987. The Geometry Problem Solver. Plane-Solid-Analytic. New York:Research and Education Association 505 Eighth Avenue.
  7. Travers, Kenneth J. 1987.Geometry. Illionis: Laidlaw Brother.
  8. Kusni & Hery Sutarto.2016. Geometri Dasar untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta :Penerbit Magnum Pustaka Utama


Details ...
Course Descriptions

Secara umum materi perkuliahan terdiri atas dua bagian, yaitu Geometri Bidang dan Geometri Ruang. Dalam Geometri Bidang akan dipelajari mengenai pengertian garis, sudut, ukuran sudut, kesejajaran dan ketegaklurusan dua garis, segitiga, segiempat, kekongruenan dan kesebangunan dua bangun, luas daerah bangun, teorema Pythagoras, segi banyak, lingkaran, dan sistem koordinat. Sedangkan dalam Geometri Ruang akan dipelajari mengenai gambar proyeksi miring suatu bangun ruang, relasi antar unsur-unsur ruang, kesejajaran dan ketegaklurusan dalam ruang, proyeksi, jarak, dan sudut dalam ruang, serta berbagai karakteristik dan luas maupun volume bangun-bangun ruang.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menguasai materi geometri sebagai sistem deduktif, memiliki daya tanggap bidang dan ruang yang tajam, menguasai konsep-konsep dan relasi-relasi di antara objek-objek geometri dan bentuk-bentuk geometri dengan cara sederhana dan media terbarukan berbasis komputer dan mobile.

References

  1. Djoko Iswadji. 2002. Geometri Ruang. Yogyakarta: JICA-FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
  2. Keedy, Mervin L., etc. 1967.Exploring Geometry. New York: Holt, Rinehart and Winston, Inc.
  3. Murdanu. 2008. Suplemen Geometri Ruang. (tidak diterbitkan)
  4. S.H. Sharna.2013.Matematika.Jakarta:Yudistira.
  5. Sarjana. 2010. Geometri Ruang. Buku Materi Pokok PEMA4216/3sks/ Modul 1-9. Edisi1. Jakarta:  Penerbit Universitas Terbuka.
  6. Staff of research and Education Association. 1987. The Geometry Problem Solver. Plane-Solid-Analytic. New York:Research and Education Association 505 Eighth Avenue.
  7. Travers, Kenneth J. 1987.Geometry. Illionis: Laidlaw Brother.
  8. Kusni & Hery Sutarto.2016. Geometri Dasar untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta :Penerbit Magnum Pustaka Utama


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memuat bahasan tentang objek-objek geometri (titik, garis, bidang) dalam ruang, relasi-relasi di antara objek-objek geometri, bentuk-bentuk (bangun-bangun) geometri sebagai bagian dari ruang (bidang-banyak, limas, prisma, kerucut, tabung, bola), pengukuran-pengukuran yang melibatkan objek-objek dan bentuk-bentuk geometri ruang, teknik konstruksi gambar ruang dan relasi-relasi di antara objek-objek geometri ruang.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menjelaskan geometri sebagai sistem deduktif, memiliki daya tanggap ruang yang tajam, menguasai konsep-konsep dan relasi-relasi di antara objek-objek geometri dan bentuk-bentuk geometri.

References

  1. Djoko Iswadji. 2002. Geometri Ruang. Yogyakarta: JICA-FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
  2. Keedy, Mervin L., etc. 1967. Exploring Geometry. New York: Holt, Rinehart and Winston, Inc.
  3. Murdanu. 2008. Suplemen Geometri Ruang. (tidak diterbitkan)
  4. S.H. Sharna.2013.Matematika.Jakarta:Yudistira.
  5. Sarjana. 2010. Geometri Ruang. Buku Materi Pokok PEMA4216/3sks/ Modul 1-9. Edisi 1. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.
  6. Staff of research and Education Association. 1987. The Geometry Problem Solver. Plane-Solid-Analytic. New York: Research and Education Association 505 Eighth Avenue.
  7. Travers, Kenneth J. 1987. Geometry. Illionis: Laidlaw Brother.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memuat bahasan tentang objek-objek geometri (titik, garis, bidang) dalam ruang, relasi-relasi di antara objek-objek geometri, bentuk-bentuk (bangun-bangun) geometri sebagai bagian dari ruang (bidang-banyak, limas, prisma, kerucut, tabung, bola), pengukuran-pengukuran yang melibatkan objek-objek dan bentuk-bentuk geometri ruang, teknik konstruksi gambar ruang dan relasi-relasi di antara objek-objek geometri ruang.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menjelaskan geometri sebagai sistem deduktif, memiliki daya tanggap ruang yang tajam, menguasai konsep-konsep dan relasi-relasi di antara objek-objek geometri dan bentuk-bentuk geometri.

References

  1. Djoko Iswadji. 2002. Geometri Ruang. Yogyakarta: JICA-FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
  2. Keedy, Mervin L., etc. 1967. Exploring Geometry. New York: Holt, Rinehart and Winston, Inc.
  3. Murdanu. 2008. Suplemen Geometri Ruang. (tidak diterbitkan)
  4. S.H. Sharna.2013.Matematika.Jakarta:Yudistira.
  5. Sarjana. 2010. Geometri Ruang. Buku Materi Pokok PEMA4216/3sks/ Modul 1-9. Edisi 1. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.
  6. Staff of research and Education Association. 1987. The Geometry Problem Solver. Plane-Solid-Analytic. New York: Research and Education Association 505 Eighth Avenue.
  7. Travers, Kenneth J. 1987. Geometry. Illionis: Laidlaw Brother.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memuat bahasan tentang objek-objek geometri (titik, garis, bidang) dalam ruang, relasi-relasi di antara objek-objek geometri, bentuk-bentuk (bangun-bangun) geometri sebagai bagian dari ruang (bidang-banyak, limas, prisma, kerucut, tabung, bola), pengukuran-pengukuran yang melibatkan objek-objek dan bentuk-bentuk geometri ruang, teknik konstruksi gambar ruang dan relasi-relasi di antara objek-objek geometri ruang.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menjelaskan geometri sebagai sistem deduktif, memiliki daya tanggap ruang yang tajam, menguasai konsep-konsep dan relasi-relasi di antara objek-objek geometri dan bentuk-bentuk geometri.

References

  1. Djoko Iswadji. 2002. Geometri Ruang. Yogyakarta: JICA-FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
  2. Keedy, Mervin L., etc. 1967. Exploring Geometry. New York: Holt, Rinehart and Winston, Inc.
  3. Murdanu. 2008. Suplemen Geometri Ruang. (tidak diterbitkan)
  4. S.H. Sharna.2013.Matematika.Jakarta:Yudistira.
  5. Sarjana. 2010. Geometri Ruang. Buku Materi Pokok PEMA4216/3sks/ Modul 1-9. Edisi 1. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.
  6. Staff of research and Education Association. 1987. The Geometry Problem Solver. Plane-Solid-Analytic. New York: Research and Education Association 505 Eighth Avenue.
  7. Travers, Kenneth J. 1987. Geometry. Illionis: Laidlaw Brother.


Details ...