Geometri , Curriculum : 2015


Courser in EnglishGeometry
ProgramPendidikan Matematika
SKS3 SKS
RPS20 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Macam-macam banguan ruang : kubus, balok, prisma, limas, kerucut, tabung, dan bola ditambah melukis bangun ruang. Macam-macam bangun datar : segitiga dan segiempat. Dimensi Tiga : hubungan antara garis dan bidang dalam ruang, ketegaklurusan garis terhadap bidang, hubungan antara dua bidang dalam ruang, jarak antara titik, garis dan bidang, sudut antara garis dan bidang, sudut antara dua bidang. Melukis irisan bidang : dengan sumbu affinitas, dengan titik potong diagonal bidang, dengan perluasan bidang. Sistem Aksiomatik Geometri.

Learning Outcomes

  • Mahasiswa dapat menguasai konsep/sifat-sifat dasar geometri berupa bangun ruang sisi datar dan bangun ruang sisi lengkung, dimensi tiga.
  • Mahasiswa dapat memahami sistem aksiomatik geometri
  • Mahasiswa terampil membuat lukisan dasar geometri, dan irisan bidang
  • Mahasiswa memiliki sikap bertanggungjawab dan bekerja sama dalam menyelesaikan tugas

References

  1. Diktat Geometri Ruang
  2. Iswadji, Djoko. 1993. Geometri Ruang(Modul UT). Jakarta : Depdikbud.
  3. Soewardi. 1984. Melukis Bentuk Geometri. Jakarta: PT Gramedia.
  4. Matematika SMP dan Matematika SMA


Details ...
Course Descriptions

Macam-macam banguan ruang : kubus, balok, prisma, limas, kerucut, tabung, dan bola ditambah melukis bangun ruang. Macam-macam bangun datar : segitiga dan segiempat. Dimensi Tiga : hubungan antara garis dan bidang dalam ruang, ketegaklurusan garis terhadap bidang, hubungan antara dua bidang dalam ruang, jarak antara titik, garis dan bidang, sudut antara garis dan bidang, sudut antara dua bidang. Melukis irisan bidang : dengan sumbu affinitas, dengan titik potong diagonal bidang, dengan perluasan bidang. Sistem Aksiomatik Geometri.

Learning Outcomes

  • Mahasiswa dapat menguasai konsep/sifat-sifat dasar geometri berupa bangun ruang sisi datar dan bangun ruang sisi lengkung, dimensi tiga.
  • Mahasiswa dapat memahami sistem aksiomatik geometri
  • Mahasiswa terampil membuat lukisan dasar geometri, dan irisan bidang
  • Mahasiswa memiliki sikap bertanggungjawab dan bekerja sama dalam menyelesaikan tugas

References

  1. Diktat Geometri Ruang
  2. Iswadji, Djoko. 1993. Geometri Ruang(Modul UT). Jakarta : Depdikbud.
  3. Soewardi. 1984. Melukis Bentuk Geometri. Jakarta: PT Gramedia.
  4. Matematika SMP dan Matematika SMA


Details ...
Course Descriptions

Macam-macam banguan ruang : kubus, balok, prisma, limas, kerucut, tabung, dan bola ditambah melukis bangun ruang. Macam-macam bangun datar : segitiga dan segiempat. Dimensi Tiga : hubungan antara garis dan bidang dalam ruang, ketegaklurusan garis terhadap bidang, hubungan antara dua bidang dalam ruang, jarak antara titik, garis dan bidang, sudut antara garis dan bidang, sudut antara dua bidang. Melukis irisan bidang : dengan sumbu affinitas, dengan titik potong diagonal bidang, dengan perluasan bidang. Sistem Aksiomatik Geometri.

Learning Outcomes

  • Mahasiswa dapat menguasai konsep/sifat-sifat dasar geometri berupa bangun ruang sisi datar dan bangun ruang sisi lengkung, dimensi tiga.
  • Mahasiswa dapat memahami sistem aksiomatik geometri
  • Mahasiswa terampil membuat lukisan dasar geometri, dan irisan bidang
  • Mahasiswa memiliki sikap bertanggungjawab dan bekerja sama dalam menyelesaikan tugas

References

  1. Diktat Geometri Ruang
  2. Iswadji, Djoko. 1993. Geometri Ruang(Modul UT). Jakarta : Depdikbud.
  3. Soewardi. 1984. Melukis Bentuk Geometri. Jakarta: PT Gramedia.
  4. Matematika SMP dan Matematika SMA


Details ...
Course Descriptions

Macam-macam banguan ruang : kubus, balok, prisma, limas, kerucut, tabung, dan bola ditambah melukis bangun ruang. Macam-macam bangun datar : segitiga dan segiempat. Dimensi Tiga : hubungan antara garis dan bidang dalam ruang, ketegaklurusan garis terhadap bidang, hubungan antara dua bidang dalam ruang, jarak antara titik, garis dan bidang, sudut antara garis dan bidang, sudut antara dua bidang. Melukis irisan bidang : dengan sumbu affinitas, dengan titik potong diagonal bidang, dengan perluasan bidang. Sistem Aksiomatik Geometri.

Learning Outcomes

  • Mahasiswa dapat menguasai konsep/sifat-sifat dasar geometri berupa bangun ruang sisi datar dan bangun ruang sisi lengkung, dimensi tiga.
  • Mahasiswa dapat memahami sistem aksiomatik geometri
  • Mahasiswa terampil membuat lukisan dasar geometri, dan irisan bidang
  • Mahasiswa memiliki sikap bertanggungjawab dan bekerja sama dalam menyelesaikan tugas

References

  1. Diktat Geometri Ruang
  2. Iswadji, Djoko. 1993. Geometri Ruang(Modul UT). Jakarta : Depdikbud.
  3. Soewardi. 1984. Melukis Bentuk Geometri. Jakarta: PT Gramedia.
  4. Matematika SMP dan Matematika SMA


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini terdiri dari empat belas bab yang teriri dari (1) Basic Elements of Geometry, (2) Elementary Logic, (3) Deductive Reasoning, (4) Congruence-Congruence Triangle, (5) Parallel and perpendicular Lines, (6) Polygon-Parallelograms, (7) Circles, (8) Proportion-Similarity Polygon, (9) Inequalities, (10) Geometric Contruction, (11) Geometry Locy, (12) Areas of Polygons, (13) Coordinat Geometry, (14) Areas and Volumes of Solids

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menggunakan penalaran deductive untuk memahami bukti dan untuk membuktikan.

References

Hemmerling, E.M. (1970). Fundamentals of College Geometry: Second Edition. John Wiley & Sons. New York


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini terdiri dari empat belas bab yang teriri dari (1) Basic Elements of Geometry, (2) Elementary Logic, (3) Deductive Reasoning, (4) Congruence-Congruence Triangle, (5) Parallel and perpendicular Lines, (6) Polygon-Parallelograms, (7) Circles, (8) Proportion-Similarity Polygon, (9) Inequalities, (10) Geometric Contruction, (11) Geometry Locy, (12) Areas of Polygons, (13) Coordinat Geometry, (14) Areas and Volumes of Solids

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menggunakan penalaran deductive untuk memahami bukti dan untuk membuktikan.

References

Hemmerling, E.M. (1970). Fundamentals of College Geometry: Second Edition. John Wiley & Sons. New York


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini terdiri dari empat belas bab yang teriri dari (1) Basic Elements of Geometry, (2) Elementary Logic, (3) Deductive Reasoning, (4) Congruence-Congruence Triangle, (5) Parallel and perpendicular Lines, (6) Polygon-Parallelograms, (7) Circles, (8) Proportion-Similarity Polygon, (9) Inequalities, (10) Geometric Contruction, (11) Geometry Locy, (12) Areas of Polygons, (13) Coordinat Geometry, (14) Areas and Volumes of Solids

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menggunakan penalaran deductive untuk memahami bukti dan untuk membuktikan.

References

Hemmerling, E.M. (1970). Fundamentals of College Geometry: Second Edition. John Wiley & Sons. New York


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini terdiri dari empat belas bab yang teriri dari (1) Basic Elements of Geometry, (2) Elementary Logic, (3) Deductive Reasoning, (4) Congruence-Congruence Triangle, (5) Parallel and perpendicular Lines, (6) Polygon-Parallelograms, (7) Circles, (8) Proportion-Similarity Polygon, (9) Inequalities, (10) Geometric Contruction, (11) Geometry Locy, (12) Areas of Polygons, (13) Coordinat Geometry, (14) Areas and Volumes of Solids

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menggunakan penalaran deductive untuk memahami bukti dan untuk membuktikan.

References

Hemmerling, E.M. (1970). Fundamentals of College Geometry: Second Edition. John Wiley & Sons. New York


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini berisi materi  tentang objek-objek geometri (titik, garis, bidang) dalam ruang, relasi-relasi di antara objek-objek geometri, bentuk-bentuk (bangun-bangun) geometri sebagai bagian dari ruang (bidang-banyak, limas, prisma, kerucut, tabung, bola), pengukuran-pengukuran yang melibatkan objek-objek dan bentuk-bentuk geometri ruang, teknik konstruksi gambar ruang dan relasi-relasi di antara objek-objek geometri ruang.

Learning Outcomes

mahasisiwa mampu menguasai materi  tentang objek-objek geometri (titik, garis, bidang) dalam ruang, relasi-relasi di antara objek-objek geometri, bentuk-bentuk (bangun-bangun) geometri sebagai bagian dari ruang (bidang-banyak, limas, prisma, kerucut, tabung, bola), pengukuran-pengukuran yang melibatkan objek-objek dan bentuk-bentuk geometri ruang, teknik konstruksi gambar ruang dan relasi-relasi di antara objek-objek geometri ruang.

References

1. Djoko Iswadji. 2002. Geometri Ruang. Yogyakarta: JICA-FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. 

2. Keedy, Mervin L., etc. 1967. Exploring Geometry. New York: Holt, Rinehart and Winston, Inc. 

3. Murdanu. 2008. Suplemen Geometri Ruang. (tidak diterbitkan) 

4. S.H. Sharna.2013.Matematika.Jakarta:Yudistira.

5. Sarjana. 2010. Geometri Ruang. Buku Materi Pokok PEMA4216/3sks/ Modul 1-9. Edisi 1. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka. 

6. Staff of research and Education Association. 1987. The Geometry Problem Solver. Plane-Solid-Analytic. New York: Research and Education Association 505 Eighth Avenue. 

7. Travers, Kenneth J. 1987. Geometry. Illionis: Laidlaw Brother. 


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini berisi materi  tentang objek-objek geometri (titik, garis, bidang) dalam ruang, relasi-relasi di antara objek-objek geometri, bentuk-bentuk (bangun-bangun) geometri sebagai bagian dari ruang (bidang-banyak, limas, prisma, kerucut, tabung, bola), pengukuran-pengukuran yang melibatkan objek-objek dan bentuk-bentuk geometri ruang, teknik konstruksi gambar ruang dan relasi-relasi di antara objek-objek geometri ruang.

Learning Outcomes

mahasisiwa mampu menguasai materi  tentang objek-objek geometri (titik, garis, bidang) dalam ruang, relasi-relasi di antara objek-objek geometri, bentuk-bentuk (bangun-bangun) geometri sebagai bagian dari ruang (bidang-banyak, limas, prisma, kerucut, tabung, bola), pengukuran-pengukuran yang melibatkan objek-objek dan bentuk-bentuk geometri ruang, teknik konstruksi gambar ruang dan relasi-relasi di antara objek-objek geometri ruang.

References

1. Djoko Iswadji. 2002. Geometri Ruang. Yogyakarta: JICA-FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. 

2. Keedy, Mervin L., etc. 1967. Exploring Geometry. New York: Holt, Rinehart and Winston, Inc. 

3. Murdanu. 2008. Suplemen Geometri Ruang. (tidak diterbitkan) 

4. S.H. Sharna.2013.Matematika.Jakarta:Yudistira.

5. Sarjana. 2010. Geometri Ruang. Buku Materi Pokok PEMA4216/3sks/ Modul 1-9. Edisi 1. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka. 

6. Staff of research and Education Association. 1987. The Geometry Problem Solver. Plane-Solid-Analytic. New York: Research and Education Association 505 Eighth Avenue. 

7. Travers, Kenneth J. 1987. Geometry. Illionis: Laidlaw Brother. 


Details ...
Course Descriptions

aaaaaaaaaaaa

Learning Outcomes

aaaaaaaaaaa

References

aaaaaaaaaaa


Details ...
Course Descriptions

aaaaaaaaaaaa

Learning Outcomes

aaaaaaaaaaa

References

aaaaaaaaaaa


Details ...