Courser in English | Geometry |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 3 SKS |
RPS | 20 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Macam-macam banguan ruang : kubus, balok, prisma, limas, kerucut, tabung, dan bola ditambah melukis bangun ruang. Macam-macam bangun datar : segitiga dan segiempat. Dimensi Tiga : hubungan antara garis dan bidang dalam ruang, ketegaklurusan garis terhadap bidang, hubungan antara dua bidang dalam ruang, jarak antara titik, garis dan bidang, sudut antara garis dan bidang, sudut antara dua bidang. Melukis irisan bidang : dengan sumbu affinitas, dengan titik potong diagonal bidang, dengan perluasan bidang. Sistem Aksiomatik Geometri.
Learning Outcomes- Mahasiswa dapat menguasai konsep/sifat-sifat dasar geometri berupa bangun ruang sisi datar dan bangun ruang sisi lengkung, dimensi tiga.
- Mahasiswa dapat memahami sistem aksiomatik geometri
- Mahasiswa terampil membuat lukisan dasar geometri, dan irisan bidang
- Mahasiswa memiliki sikap bertanggungjawab dan bekerja sama dalam menyelesaikan tugas
- Diktat Geometri Ruang
- Iswadji, Djoko. 1993. Geometri Ruang(Modul UT). Jakarta : Depdikbud.
- Soewardi. 1984. Melukis Bentuk Geometri. Jakarta: PT Gramedia.
- Matematika SMP dan Matematika SMA
Details ...
Macam-macam banguan ruang : kubus, balok, prisma, limas, kerucut, tabung, dan bola ditambah melukis bangun ruang. Macam-macam bangun datar : segitiga dan segiempat. Dimensi Tiga : hubungan antara garis dan bidang dalam ruang, ketegaklurusan garis terhadap bidang, hubungan antara dua bidang dalam ruang, jarak antara titik, garis dan bidang, sudut antara garis dan bidang, sudut antara dua bidang. Melukis irisan bidang : dengan sumbu affinitas, dengan titik potong diagonal bidang, dengan perluasan bidang. Sistem Aksiomatik Geometri.
Learning Outcomes- Mahasiswa dapat menguasai konsep/sifat-sifat dasar geometri berupa bangun ruang sisi datar dan bangun ruang sisi lengkung, dimensi tiga.
- Mahasiswa dapat memahami sistem aksiomatik geometri
- Mahasiswa terampil membuat lukisan dasar geometri, dan irisan bidang
- Mahasiswa memiliki sikap bertanggungjawab dan bekerja sama dalam menyelesaikan tugas
- Diktat Geometri Ruang
- Iswadji, Djoko. 1993. Geometri Ruang(Modul UT). Jakarta : Depdikbud.
- Soewardi. 1984. Melukis Bentuk Geometri. Jakarta: PT Gramedia.
- Matematika SMP dan Matematika SMA
Details ...
Macam-macam banguan ruang : kubus, balok, prisma, limas, kerucut, tabung, dan bola ditambah melukis bangun ruang. Macam-macam bangun datar : segitiga dan segiempat. Dimensi Tiga : hubungan antara garis dan bidang dalam ruang, ketegaklurusan garis terhadap bidang, hubungan antara dua bidang dalam ruang, jarak antara titik, garis dan bidang, sudut antara garis dan bidang, sudut antara dua bidang. Melukis irisan bidang : dengan sumbu affinitas, dengan titik potong diagonal bidang, dengan perluasan bidang. Sistem Aksiomatik Geometri.
Learning Outcomes- Mahasiswa dapat menguasai konsep/sifat-sifat dasar geometri berupa bangun ruang sisi datar dan bangun ruang sisi lengkung, dimensi tiga.
- Mahasiswa dapat memahami sistem aksiomatik geometri
- Mahasiswa terampil membuat lukisan dasar geometri, dan irisan bidang
- Mahasiswa memiliki sikap bertanggungjawab dan bekerja sama dalam menyelesaikan tugas
- Diktat Geometri Ruang
- Iswadji, Djoko. 1993. Geometri Ruang(Modul UT). Jakarta : Depdikbud.
- Soewardi. 1984. Melukis Bentuk Geometri. Jakarta: PT Gramedia.
- Matematika SMP dan Matematika SMA
Details ...
Macam-macam banguan ruang : kubus, balok, prisma, limas, kerucut, tabung, dan bola ditambah melukis bangun ruang. Macam-macam bangun datar : segitiga dan segiempat. Dimensi Tiga : hubungan antara garis dan bidang dalam ruang, ketegaklurusan garis terhadap bidang, hubungan antara dua bidang dalam ruang, jarak antara titik, garis dan bidang, sudut antara garis dan bidang, sudut antara dua bidang. Melukis irisan bidang : dengan sumbu affinitas, dengan titik potong diagonal bidang, dengan perluasan bidang. Sistem Aksiomatik Geometri.
Learning Outcomes- Mahasiswa dapat menguasai konsep/sifat-sifat dasar geometri berupa bangun ruang sisi datar dan bangun ruang sisi lengkung, dimensi tiga.
- Mahasiswa dapat memahami sistem aksiomatik geometri
- Mahasiswa terampil membuat lukisan dasar geometri, dan irisan bidang
- Mahasiswa memiliki sikap bertanggungjawab dan bekerja sama dalam menyelesaikan tugas
- Diktat Geometri Ruang
- Iswadji, Djoko. 1993. Geometri Ruang(Modul UT). Jakarta : Depdikbud.
- Soewardi. 1984. Melukis Bentuk Geometri. Jakarta: PT Gramedia.
- Matematika SMP dan Matematika SMA
Details ...
Mata kuliah ini terdiri dari empat belas bab yang teriri dari (1) Basic Elements of Geometry, (2) Elementary Logic, (3) Deductive Reasoning, (4) Congruence-Congruence Triangle, (5) Parallel and perpendicular Lines, (6) Polygon-Parallelograms, (7) Circles, (8) Proportion-Similarity Polygon, (9) Inequalities, (10) Geometric Contruction, (11) Geometry Locy, (12) Areas of Polygons, (13) Coordinat Geometry, (14) Areas and Volumes of Solids
Learning OutcomesMahasiswa dapat menggunakan penalaran deductive untuk memahami bukti dan untuk membuktikan.
ReferencesHemmerling, E.M. (1970). Fundamentals of College Geometry: Second Edition. John Wiley & Sons. New York
Details ...
Mata kuliah ini terdiri dari empat belas bab yang teriri dari (1) Basic Elements of Geometry, (2) Elementary Logic, (3) Deductive Reasoning, (4) Congruence-Congruence Triangle, (5) Parallel and perpendicular Lines, (6) Polygon-Parallelograms, (7) Circles, (8) Proportion-Similarity Polygon, (9) Inequalities, (10) Geometric Contruction, (11) Geometry Locy, (12) Areas of Polygons, (13) Coordinat Geometry, (14) Areas and Volumes of Solids
Learning OutcomesMahasiswa dapat menggunakan penalaran deductive untuk memahami bukti dan untuk membuktikan.
ReferencesHemmerling, E.M. (1970). Fundamentals of College Geometry: Second Edition. John Wiley & Sons. New York
Details ...
Mata kuliah ini terdiri dari empat belas bab yang teriri dari (1) Basic Elements of Geometry, (2) Elementary Logic, (3) Deductive Reasoning, (4) Congruence-Congruence Triangle, (5) Parallel and perpendicular Lines, (6) Polygon-Parallelograms, (7) Circles, (8) Proportion-Similarity Polygon, (9) Inequalities, (10) Geometric Contruction, (11) Geometry Locy, (12) Areas of Polygons, (13) Coordinat Geometry, (14) Areas and Volumes of Solids
Learning OutcomesMahasiswa dapat menggunakan penalaran deductive untuk memahami bukti dan untuk membuktikan.
ReferencesHemmerling, E.M. (1970). Fundamentals of College Geometry: Second Edition. John Wiley & Sons. New York
Details ...
Mata kuliah ini terdiri dari empat belas bab yang teriri dari (1) Basic Elements of Geometry, (2) Elementary Logic, (3) Deductive Reasoning, (4) Congruence-Congruence Triangle, (5) Parallel and perpendicular Lines, (6) Polygon-Parallelograms, (7) Circles, (8) Proportion-Similarity Polygon, (9) Inequalities, (10) Geometric Contruction, (11) Geometry Locy, (12) Areas of Polygons, (13) Coordinat Geometry, (14) Areas and Volumes of Solids
Learning OutcomesMahasiswa dapat menggunakan penalaran deductive untuk memahami bukti dan untuk membuktikan.
ReferencesHemmerling, E.M. (1970). Fundamentals of College Geometry: Second Edition. John Wiley & Sons. New York
Details ...
mata kuliah ini berisi materi tentang objek-objek geometri (titik, garis, bidang) dalam ruang, relasi-relasi di antara objek-objek geometri, bentuk-bentuk (bangun-bangun) geometri sebagai bagian dari ruang (bidang-banyak, limas, prisma, kerucut, tabung, bola), pengukuran-pengukuran yang melibatkan objek-objek dan bentuk-bentuk geometri ruang, teknik konstruksi gambar ruang dan relasi-relasi di antara objek-objek geometri ruang. |
mahasisiwa mampu menguasai materi tentang objek-objek geometri (titik, garis, bidang) dalam ruang, relasi-relasi di antara objek-objek geometri, bentuk-bentuk (bangun-bangun) geometri sebagai bagian dari ruang (bidang-banyak, limas, prisma, kerucut, tabung, bola), pengukuran-pengukuran yang melibatkan objek-objek dan bentuk-bentuk geometri ruang, teknik konstruksi gambar ruang dan relasi-relasi di antara objek-objek geometri ruang. |
1. Djoko Iswadji. 2002. Geometri Ruang. Yogyakarta: JICA-FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
2. Keedy, Mervin L., etc. 1967. Exploring Geometry. New York: Holt, Rinehart and Winston, Inc.
3. Murdanu. 2008. Suplemen Geometri Ruang. (tidak diterbitkan)
4. S.H. Sharna.2013.Matematika.Jakarta:Yudistira.
5. Sarjana. 2010. Geometri Ruang. Buku Materi Pokok PEMA4216/3sks/ Modul 1-9. Edisi 1. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.
6. Staff of research and Education Association. 1987. The Geometry Problem Solver. Plane-Solid-Analytic. New York: Research and Education Association 505 Eighth Avenue.
7. Travers, Kenneth J. 1987. Geometry. Illionis: Laidlaw Brother.
Details ...
mata kuliah ini berisi materi tentang objek-objek geometri (titik, garis, bidang) dalam ruang, relasi-relasi di antara objek-objek geometri, bentuk-bentuk (bangun-bangun) geometri sebagai bagian dari ruang (bidang-banyak, limas, prisma, kerucut, tabung, bola), pengukuran-pengukuran yang melibatkan objek-objek dan bentuk-bentuk geometri ruang, teknik konstruksi gambar ruang dan relasi-relasi di antara objek-objek geometri ruang. |
mahasisiwa mampu menguasai materi tentang objek-objek geometri (titik, garis, bidang) dalam ruang, relasi-relasi di antara objek-objek geometri, bentuk-bentuk (bangun-bangun) geometri sebagai bagian dari ruang (bidang-banyak, limas, prisma, kerucut, tabung, bola), pengukuran-pengukuran yang melibatkan objek-objek dan bentuk-bentuk geometri ruang, teknik konstruksi gambar ruang dan relasi-relasi di antara objek-objek geometri ruang. |
1. Djoko Iswadji. 2002. Geometri Ruang. Yogyakarta: JICA-FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
2. Keedy, Mervin L., etc. 1967. Exploring Geometry. New York: Holt, Rinehart and Winston, Inc.
3. Murdanu. 2008. Suplemen Geometri Ruang. (tidak diterbitkan)
4. S.H. Sharna.2013.Matematika.Jakarta:Yudistira.
5. Sarjana. 2010. Geometri Ruang. Buku Materi Pokok PEMA4216/3sks/ Modul 1-9. Edisi 1. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.
6. Staff of research and Education Association. 1987. The Geometry Problem Solver. Plane-Solid-Analytic. New York: Research and Education Association 505 Eighth Avenue.
7. Travers, Kenneth J. 1987. Geometry. Illionis: Laidlaw Brother.
Details ...