Courser in English | Religion Studies |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah |
SKS | 2 SKS |
RPS | 18 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi : Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam |
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
||
Sikap (S)
|
S1.
S2.
S5.
S8. |
Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
|
Pengetahuan (P)
|
P1. |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. |
|
Keterampilan Umum (KU) |
KU1.
KU2. KU5.
KU8. |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
|
Keterampilan Khusus (KK) |
KK1.
KK2.
KK3. |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. |
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
||
CPMK 1 |
Memahami dan menganalisis tentang konsep manusia, agama dan filsafat ketuhanan dalam Islam serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 2 |
Memahami dan menganalisis tentang Konsep Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk insan kamil serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 3 |
Memahami, menganalisis, merancang penelitian dan mempresentasikan tentang Etika, Moral, dan Akhlak dalam Islam serta mengidentifikasi perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari |
||
CPMK 4 |
Menjelaskan dan menganalisis peran Islam di Indonesia sebagai upaya membangun persatuan dalam keberagaman |
||
CPMK 5 |
Menjelaskan dan menganalisis kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban dunia serta menjawab tantangan modernisasi |
||
CPMK 6 |
Mengamati, mengeksplorasi dan menganalisis perspektif Islam tentang Demokrasi, HAM, Politik dan Hukum Islam |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi : Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam |
CPMK1 |
Memahami dan menganalisis tentang konsep manusia, agama dan filsafat ketuhanan dalam Islam serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
CPMK2 |
Menjelaskan dan menganalisis tentang Konsep Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk insan kamil serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
CPMK3 |
Memahami, Menjelaskan, menganalisis dan mengimplementasikan tentang Etika, Moral, dan Akhlak dalam Islam serta mengidentifikasi perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari |
CPMK4 |
Menganalisis peran Islam di Indonesia sebagai upaya membangun persatuan dalam keberagaman. |
CPMK5 |
Memahami dan menganalisis Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia serta menjawab tantangan modernisasi |
CPMK6 |
Memahami dan menganalisis perspektif Islam tentang Demokrasi, HAM dan Politik. |
1. Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahaiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, 2016, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi. 2. Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012. 3. Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo Perkasa, 2000 4. Al Qur’an dan Terjemahannya. 5. Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang. 6. Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI. 7. Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang. 8. Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES. |
Details ...
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi : Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam |
CPMK1 |
Memahami dan menganalisis tentang konsep manusia, agama dan filsafat ketuhanan dalam Islam serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
CPMK2 |
Menjelaskan dan menganalisis tentang Konsep Iman, Islam, dan Ihsan dalam membentuk insan kamil serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
CPMK3 |
Memahami, Menjelaskan, menganalisis dan mengimplementasikan tentang Etika, Moral, dan Akhlak dalam Islam serta mengidentifikasi perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari |
CPMK4 |
Menganalisis peran Islam di Indonesia sebagai upaya membangun persatuan dalam keberagaman. |
CPMK5 |
Memahami dan menganalisis Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia serta menjawab tantangan modernisasi |
CPMK6 |
Memahami dan menganalisis perspektif Islam tentang Demokrasi, HAM dan Politik. |
1. Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahaiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, 2016, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi. 2. Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012. 3. Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo Perkasa, 2000 4. Al Qur’an dan Terjemahannya. 5. Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang. 6. Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI. 7. Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang. 8. Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES. |
Details ...
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :
Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam
Learning Outcomes- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S1)
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S2)
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. (S5)
- Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Reeligius, ber-Integritas, dan sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS.(S11)
- Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni, menuyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laopran tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. (KU3)
- Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan tentang agama (P1)
- Mampu mengimplementasikan nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari (P2)
- Mampu mengidentifikasi dan memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan keagamaan dalam kehidupan sehari-hari (P3)
- Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahaiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, 2016, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
- Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
- Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo Perkasa, 2000
- Al Qur’an dan Terjemahannya.
- Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
- Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
- Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
- Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.
- Rahardjo, M Dawam, 1999, Masyarakat Madani. Jakarta : LP3ES dan LSAF.
- Shihab, M. Quraish, 1999, Wawasan Alqur’an, Bandung: Mizan.
- Syarbini, Amirulloh. Dkk. 2011. Al-Qur’an dan Kerukunan Hidup Umat Beragama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Details ...
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi : Tuhan Yang Maha Esa dan ketuhanan, hakekat manusia, masyarakat madani, Etika, moral dan akhlak, budaya, ilmu pengetahuan teknologi dan seni, kerukunan antar umat beragama serta politik, dan hukum Islam. |
|
|
Details ...
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi : Tuhan Yang Maha Esa dan ketuhanan, hakekat manusia, masyarakat madani, Etika, moral dan akhlak, budaya, ilmu pengetahuan teknologi dan seni, kerukunan antar umat beragama serta politik, dan hukum Islam. |
|
|
Details ...
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah Swt serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dan mengamalkan tentang pokok-pokok Ajaran Islam yang terkait
dengan Aqidah, Syariah, dan Akhlak
Daftar Pustaka :
- Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
- Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo Perkasa, 2000
- Al Qur’an dan Terjemahannya.
- Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
- Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
- Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
- Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.
- Rahardjo, M Dawam, 1999, Masyarakat Madani. Jakarta : LP3ES dan LSAF.
- Shihab, M. Quraish, 1999, Wawasan Alqur’an, Bandung: Mizan.
- Syarbini, Amirulloh. Dkk. 2011. Al-Qur’an dan Kerukunan Hidup Umat Beragama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Details ...
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah Swt serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dan mengamalkan tentang pokok-pokok Ajaran Islam yang terkait
dengan Aqidah, Syariah, dan Akhlak
Daftar Pustaka :
- Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
- Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo Perkasa, 2000
- Al Qur’an dan Terjemahannya.
- Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
- Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
- Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
- Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.
- Rahardjo, M Dawam, 1999, Masyarakat Madani. Jakarta : LP3ES dan LSAF.
- Shihab, M. Quraish, 1999, Wawasan Alqur’an, Bandung: Mizan.
- Syarbini, Amirulloh. Dkk. 2011. Al-Qur’an dan Kerukunan Hidup Umat Beragama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Details ...
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah Swt serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dan mengamalkan tentang pokok-pokok Ajaran Islam yang terkait
dengan Aqidah, Syariah, dan Akhlak
Daftar Pustaka :
- Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
- Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo Perkasa, 2000
- Al Qur’an dan Terjemahannya.
- Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
- Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
- Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
- Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.
- Rahardjo, M Dawam, 1999, Masyarakat Madani. Jakarta : LP3ES dan LSAF.
- Shihab, M. Quraish, 1999, Wawasan Alqur’an, Bandung: Mizan.
- Syarbini, Amirulloh. Dkk. 2011. Al-Qur’an dan Kerukunan Hidup Umat Beragama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Details ...
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah Swt serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dan mengamalkan tentang pokok-pokok Ajaran Islam yang terkait
dengan Aqidah, Syariah, dan Akhlak
Daftar Pustaka :
- Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
- Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo Perkasa, 2000
- Al Qur’an dan Terjemahannya.
- Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
- Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
- Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
- Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.
- Rahardjo, M Dawam, 1999, Masyarakat Madani. Jakarta : LP3ES dan LSAF.
- Shihab, M. Quraish, 1999, Wawasan Alqur’an, Bandung: Mizan.
- Syarbini, Amirulloh. Dkk. 2011. Al-Qur’an dan Kerukunan Hidup Umat Beragama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Details ...
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah Swt serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dan mengamalkan tentang pokok-pokok Ajaran Islam yang terkait
dengan Aqidah, Syariah, dan Akhlak
Daftar Pustaka :
- Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
- Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo Perkasa, 2000
- Al Qur’an dan Terjemahannya.
- Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
- Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
- Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
- Hikam, Muhammad AS, 1996, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta. LP3ES.
- Rahardjo, M Dawam, 1999, Masyarakat Madani. Jakarta : LP3ES dan LSAF.
- Shihab, M. Quraish, 1999, Wawasan Alqur’an, Bandung: Mizan.
- Syarbini, Amirulloh. Dkk. 2011. Al-Qur’an dan Kerukunan Hidup Umat Beragama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Details ...
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi : Tuhan Yang Maha Esa dan ketuhanan, hakekat manusia, masyarakat madani, Etika, moral dan akhlak, budaya, ilmu pengetahuan teknologi dan seni, kerukunan antar umat beragama serta politik, dan hukum Islam. |
CPMK1 |
Memahami dan menganalisis tentang Konsep aqidah dan filsafat ketuhanan dalam Islam serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari ( ) |
CPMK2 |
Menjelaskan dan menganalisis tentang Hukum syari’ah serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari |
CPMK3 |
Memahami, Menjelaskan, menganalisis dan mengimplementasikan tentang Akhlak dalam Islam serta mengidentifikasi perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari |
CPMK4 |
Memahami dan melaksanakan kerukunan antar umat beragama dalam kehidupan sehari-hari. |
|
Details ...