Courser in English | - |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 19 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan seni musik, trend dan tantangan yang dihadapi, serta bagaimana menerapkan seni musik dalam ruang lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain instrument musik, berikut serta dengan pemanfaatan seni musik sebagai media pembelajaran
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah pendidikan seni musik, mahasiswa mampu:
CPMK 1 = Mahasiswa mampu menguasai dan mengembangkan materi teori musik dalam kurikulum dan pembelajaran dengan menunjukkan kepribadian yang unggul
CPMK 2 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik permainan Musik Perkusi (musik ritmik)
CPMK 3 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik permainan musik ansambel
CPMK 4 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik pengkaryaan
References1. Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
2. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
3. Hanafiah, M dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
4.Mudjilah, H. S. 1998.Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta
Details ...
Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan seni musik, trend dan tantangan yang dihadapi, serta bagaimana menerapkan seni musik dalam ruang lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain instrument musik, berikut serta dengan pemanfaatan seni musik sebagai media pembelajaran
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah pendidikan seni musik, mahasiswa mampu:
CPMK 1 = Mahasiswa mampu menguasai dan mengembangkan materi teori musik dalam kurikulum dan pembelajaran dengan menunjukkan kepribadian yang unggul
CPMK 2 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik permainan Musik Perkusi (musik ritmik)
CPMK 3 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik permainan musik ansambel
CPMK 4 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik pengkaryaan
References1. Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
2. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
3. Hanafiah, M dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
4.Mudjilah, H. S. 1998.Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta
Details ...
Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan seni musik, trend dan tantangan yang dihadapi, serta bagaimana menerapkan seni musik dalam ruang lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain instrument musik, berikut serta dengan pemanfaatan seni musik sebagai media pembelajaran
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah pendidikan seni musik, mahasiswa mampu:
CPMK 1 = Mahasiswa mampu menguasai dan mengembangkan materi teori musik dalam kurikulum dan pembelajaran dengan menunjukkan kepribadian yang unggul
CPMK 2 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik permainan Musik Perkusi (musik ritmik)
CPMK 3 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik permainan musik ansambel
CPMK 4 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik pengkaryaan
References1. Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
2. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
3. Hanafiah, M dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
4.Mudjilah, H. S. 1998.Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta
Details ...
Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan seni musik, trend dan tantangan yang dihadapi, serta bagaimana menerapkan seni musik dalam ruang lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain instrument musik, berikut serta dengan pemanfaatan seni musik sebagai media pembelajaran
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah pendidikan seni musik, mahasiswa mampu:
CPMK 1 = Mahasiswa mampu menguasai dan mengembangkan materi teori musik dalam kurikulum dan pembelajaran dengan menunjukkan kepribadian yang unggul
CPMK 2 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik permainan Musik Perkusi (musik ritmik)
CPMK 3 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik permainan musik ansambel
CPMK 4 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik pengkaryaan
References1. Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
2. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
3. Hanafiah, M dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
4.Mudjilah, H. S. 1998.Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta
Details ...
Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan seni musik, trend dan tantangan yang dihadapi, serta bagaimana menerapkan seni musik dalam ruang lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain instrument musik, berikut serta dengan pemanfaatan seni musik sebagai media pembelajaran
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah pendidikan seni musik, mahasiswa mampu:
CPMK 1 = Mahasiswa mampu menguasai dan mengembangkan materi teori musik dalam kurikulum dan pembelajaran dengan menunjukkan kepribadian yang unggul
CPMK 2 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik permainan Musik Perkusi (musik ritmik)
CPMK 3 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik permainan musik ansambel
CPMK 4 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik pengkaryaan
References1. Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
2. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
3. Hanafiah, M dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
4.Mudjilah, H. S. 1998.Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta
Details ...
Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan seni musik, trend dan tantangan yang dihadapi, serta bagaimana menerapkan seni musik dalam ruang lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain instrument musik, berikut serta dengan pemanfaatan seni musik sebagai media pembelajaran
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah pendidikan seni musik, mahasiswa mampu:
CPMK 1 = Mahasiswa mampu menguasai dan mengembangkan materi teori musik dalam kurikulum dan pembelajaran dengan menunjukkan kepribadian yang unggul
CPMK 2 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik permainan Musik Perkusi (musik ritmik)
CPMK 3 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik permainan musik ansambel
CPMK 4 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik pengkaryaan
References1. Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
2. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
3. Hanafiah, M dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
4.Mudjilah, H. S. 1998.Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta
Details ...
Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan seni musik, trend dan tantangan yang dihadapi, serta bagaimana menerapkan seni musik dalam ruang lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain instrument musik, berikut serta dengan pemanfaatan seni musik sebagai media pembelajaran
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah pendidikan seni musik, mahasiswa mampu:
CPMK 1 = Mahasiswa mampu menguasai dan mengembangkan materi teori musik dalam kurikulum dan pembelajaran dengan menunjukkan kepribadian yang unggul
CPMK 2 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik permainan Musik Perkusi (musik ritmik)
CPMK 3 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik permainan musik ansambel
CPMK 4 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik pengkaryaan
References1. Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
2. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
3. Hanafiah, M dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
4.Mudjilah, H. S. 1998.Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta
Details ...
Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan seni musik, trend dan tantangan yang dihadapi, serta bagaimana menerapkan seni musik dalam ruang lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain instrument musik, berikut serta dengan pemanfaatan seni musik sebagai media pembelajaran
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah pendidikan seni musik, mahasiswa mampu:
CPMK 1 = Mahasiswa mampu menguasai dan mengembangkan materi teori musik dalam kurikulum dan pembelajaran dengan menunjukkan kepribadian yang unggul
CPMK 2 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik permainan Musik Perkusi (musik ritmik)
CPMK 3 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik permainan musik ansambel
CPMK 4 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik pengkaryaan
References1. Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
2. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
3. Hanafiah, M dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
4.Mudjilah, H. S. 1998.Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta
Details ...
Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan seni musik, trend dan tantangan yang dihadapi, serta bagaimana menerapkan seni musik dalam ruang lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain instrument musik, berikut serta dengan pemanfaatan seni musik sebagai media pembelajaran
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah pendidikan seni musik, mahasiswa mampu:
CPMK 1 = Mahasiswa mampu menguasai dan mengembangkan materi teori musik dalam kurikulum dan pembelajaran dengan menunjukkan kepribadian yang unggul
CPMK 2 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik permainan Musik Perkusi (musik ritmik)
CPMK 3 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik permainan musik ansambel
CPMK 4 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik pengkaryaan
References1. Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
2. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
3. Hanafiah, M dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
4.Mudjilah, H. S. 1998.Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta
Details ...
Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan seni musik, trend dan tantangan yang dihadapi, serta bagaimana menerapkan seni musik dalam ruang lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain instrument musik, berikut serta dengan pemanfaatan seni musik sebagai media pembelajaran
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah pendidikan seni musik, mahasiswa mampu:
CPMK 1 = Mahasiswa mampu menguasai dan mengembangkan materi teori musik dalam kurikulum dan pembelajaran dengan menunjukkan kepribadian yang unggul
CPMK 2 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik permainan Musik Perkusi (musik ritmik)
CPMK 3 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik permainan musik ansambel
CPMK 4 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik pengkaryaan
References1. Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
2. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
3. Hanafiah, M dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
4.Mudjilah, H. S. 1998.Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta
Details ...
Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan seni musik, trend dan tantangan yang dihadapi, serta bagaimana menerapkan seni musik dalam ruang lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain instrument musik, berikut serta dengan pemanfaatan seni musik sebagai media pembelajaran
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah pendidikan seni musik, mahasiswa mampu:
CPMK 1 = Mahasiswa mampu menguasai dan mengembangkan materi teori musik dalam kurikulum dan pembelajaran dengan menunjukkan kepribadian yang unggul
CPMK 2 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik permainan Musik Perkusi (musik ritmik)
CPMK 3 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik permainan musik ansambel
CPMK 4 = Mahasiswa memahami konsep dan teknik pengkaryaan
References1. Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
2. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.
3. Hanafiah, M dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
4.Mudjilah, H. S. 1998.Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta
Details ...
mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan Seni Musik, Trend dan tantangan yang dihadapi, dan bagaimana menerapkan Seni Musik dalam lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain Seni Musik, dan pemanfaatan Seni Musik sebagai media Pembelajaran.
Learning Outcomesmampu menerapkan dan memanfaatkan musik sebagai media pembelajaran di sekolah dasar
References
|
Details ...