Seni Musik, Curriculum : 2020


Courser in English-
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS19 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan Seni Musik, Trend dan tantangan yang dihadapi, dan bagaimana menerapkan Seni Musik dalam lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain Seni Musik, dan pemanfaatan Seni Musik sebagai media Pembelajaran.

Learning Outcomes

mampu menerapkan dan memanfaatkan musik sebagai media pembelajaran di sekolah dasar

References

  1. Ambrosius, yakum.1990. Belajar Musik dengan mudah. Bandung : Gita Aborigen
  2. Budilinggono,L.1993.Bentuk dan Analisis Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi
  4. Mudjilah, H. S. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  5. Sumarsam. 2003. Gamelan: Interaksi Budaya dan Perkembangan Musikal di Jawa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Supanggah, Rahayu. 2002. Bothekan Karawitan I. Jakarta: MSPI.
  7. Supanggah, Rahayu. 200 Bothekan Karawitan II. Surakarta: ISI Surakarta Press.
  8. Widodo. 200 Macapat: Teori dan Praktik. Semarang: Unnes Press.


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan Seni Musik, Trend dan tantangan yang dihadapi, dan bagaimana menerapkan Seni Musik dalam lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain Seni Musik, dan pemanfaatan Seni Musik sebagai media Pembelajaran.

Learning Outcomes

mampu menerapkan dan memanfaatkan musik sebagai media pembelajaran di sekolah dasar

References

  1. Ambrosius, yakum.1990. Belajar Musik dengan mudah. Bandung : Gita Aborigen
  2. Budilinggono,L.1993.Bentuk dan Analisis Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi
  4. Mudjilah, H. S. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  5. Sumarsam. 2003. Gamelan: Interaksi Budaya dan Perkembangan Musikal di Jawa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Supanggah, Rahayu. 2002. Bothekan Karawitan I. Jakarta: MSPI.
  7. Supanggah, Rahayu. 200 Bothekan Karawitan II. Surakarta: ISI Surakarta Press.
  8. Widodo. 200 Macapat: Teori dan Praktik. Semarang: Unnes Press.


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan Seni Musik, Trend dan tantangan yang dihadapi, dan bagaimana menerapkan Seni Musik dalam lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain Seni Musik, dan pemanfaatan Seni Musik sebagai media Pembelajaran.

Learning Outcomes

mampu menerapkan dan memanfaatkan musik sebagai media pembelajaran di sekolah dasar

References

  1. Ambrosius, yakum.1990. Belajar Musik dengan mudah. Bandung : Gita Aborigen
  2. Budilinggono,L.1993.Bentuk dan Analisis Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi
  4. Mudjilah, H. S. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  5. Sumarsam. 2003. Gamelan: Interaksi Budaya dan Perkembangan Musikal di Jawa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Supanggah, Rahayu. 2002. Bothekan Karawitan I. Jakarta: MSPI.
  7. Supanggah, Rahayu. 200 Bothekan Karawitan II. Surakarta: ISI Surakarta Press.
  8. Widodo. 200 Macapat: Teori dan Praktik. Semarang: Unnes Press.


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan Seni Musik, Trend dan tantangan yang dihadapi, dan bagaimana menerapkan Seni Musik dalam lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain Seni Musik, dan pemanfaatan Seni Musik sebagai media Pembelajaran.

Learning Outcomes

mampu menerapkan dan memanfaatkan musik sebagai media pembelajaran di sekolah dasar

References

  1. Ambrosius, yakum.1990. Belajar Musik dengan mudah. Bandung : Gita Aborigen
  2. Budilinggono,L.1993.Bentuk dan Analisis Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi
  4. Mudjilah, H. S. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  5. Sumarsam. 2003. Gamelan: Interaksi Budaya dan Perkembangan Musikal di Jawa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Supanggah, Rahayu. 2002. Bothekan Karawitan I. Jakarta: MSPI.
  7. Supanggah, Rahayu. 200 Bothekan Karawitan II. Surakarta: ISI Surakarta Press.
  8. Widodo. 200 Macapat: Teori dan Praktik. Semarang: Unnes Press.


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan Seni Musik, Trend dan tantangan yang dihadapi, dan bagaimana menerapkan Seni Musik dalam lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain Seni Musik, dan pemanfaatan Seni Musik sebagai media Pembelajaran.

Learning Outcomes

mampu menerapkan dan memanfaatkan musik sebagai media pembelajaran di sekolah dasar

References

  1. Ambrosius, yakum.1990. Belajar Musik dengan mudah. Bandung : Gita Aborigen
  2. Budilinggono,L.1993.Bentuk dan Analisis Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi
  4. Mudjilah, H. S. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  5. Sumarsam. 2003. Gamelan: Interaksi Budaya dan Perkembangan Musikal di Jawa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Supanggah, Rahayu. 2002. Bothekan Karawitan I. Jakarta: MSPI.
  7. Supanggah, Rahayu. 200 Bothekan Karawitan II. Surakarta: ISI Surakarta Press.
  8. Widodo. 200 Macapat: Teori dan Praktik. Semarang: Unnes Press.


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan Seni Musik, Trend dan tantangan yang dihadapi, dan bagaimana menerapkan Seni Musik dalam lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain Seni Musik, dan pemanfaatan Seni Musik sebagai media Pembelajaran.

Learning Outcomes

mampu menerapkan dan memanfaatkan musik sebagai media pembelajaran di sekolah dasar

References

  1. Ambrosius, yakum.1990. Belajar Musik dengan mudah. Bandung : Gita Aborigen
  2. Budilinggono,L.1993.Bentuk dan Analisis Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi
  4. Mudjilah, H. S. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  5. Sumarsam. 2003. Gamelan: Interaksi Budaya dan Perkembangan Musikal di Jawa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Supanggah, Rahayu. 2002. Bothekan Karawitan I. Jakarta: MSPI.
  7. Supanggah, Rahayu. 200 Bothekan Karawitan II. Surakarta: ISI Surakarta Press.
  8. Widodo. 200 Macapat: Teori dan Praktik. Semarang: Unnes Press.


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan dengan beberapa konsep dasar dan pemaknaan Seni Musik, Trend dan tantangan yang dihadapi, dan bagaimana menerapkan Seni Musik dalam lingkup Pendidikan Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beberapa teknik dasar dalam bermain Seni Musik, dan pemanfaatan Seni Musik sebagai media Pembelajaran.

Learning Outcomes

mampu menerapkan dan memanfaatkan musik sebagai media pembelajaran di sekolah dasar

References

  1. Ambrosius, yakum.1990. Belajar Musik dengan mudah. Bandung : Gita Aborigen
  2. Budilinggono,L.1993.Bentuk dan Analisis Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Edmun, Karl. J. P. S. 1996. Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi
  4. Mudjilah, H. S. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  5. Sumarsam. 2003. Gamelan: Interaksi Budaya dan Perkembangan Musikal di Jawa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Supanggah, Rahayu. 2002. Bothekan Karawitan I. Jakarta: MSPI.
  7. Supanggah, Rahayu. 200 Bothekan Karawitan II. Surakarta: ISI Surakarta Press.
  8. Widodo. 200 Macapat: Teori dan Praktik. Semarang: Unnes Press.


Details ...