Courser in English | ELECTRONIC HUMAN RESOURCES |
Program | Manajemen |
SKS | 3 SKS |
RPS | 18 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Matakuliah E-HRM membahas mengenai perencanaan, implementasi dan penerapan teknologi informasi baik untuk jaringan dan mendukung setidaknya dua aktor individu atau kolektif dalam melakukan aktivitas SDM bersama. EHRM merupakan seperangkat pola yang digunakan untuk mengelola SDM dalam organisasi dengan tujuan menciptakan keunggulan kompetitif serta mewujudkan tujuan organisasi. Dengan demikian terlihat jelas bahwa karakteristik utama dari EHRM ialah berbasis pada TIK, sehingga kegiatan-kegiatan yang didukung oleh EHRM tidak lagi bergantung sepenuhnya pada tatap muka secara langsung. Penerapan EHRM membantu karyawan untuk mengejar ketinggalan dalam pekerjaan sehari–hari , menyediakan fungsi SDM dengan kesempatan membuat jalan baru untuk berkontribusi terhadap efektivitas organisasi seperti manajemen pengetahuan dan penciptaan modal intelektual dan sosial. Selain itu, EHRM mempermudah karyawan untuk mengakses informasi mengenai tugas dan kewajiban mereka, serta mengakses data dan memproses berbagai data. Penerapan EHRM memberikan efisiensi waktu dan biaya bagi organisasi. Selain itu, penerapan teknologi ini juga memberikan kemudahan dalam proses bisnis, peningkatan arus informasi dan kinerja organisasi, manejemen data yang terpusat, mengoptimalkan pengembangan dan produktivitas SDM serta meningkatkan kepuasan karyawan yang tentunya berdampak pada produktivitas karyawan
Learning OutcomesSIKAP
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; (S1)
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; (S2)
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; (S3)
4. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; (S5)
5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; (S6)
PENGETAHUAN
1. Pengetahuan Menguasai konsep-konsep dan teori yang berkaitan dengan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM); (P1)
2. Memahami implementasi konsep operasional manajemen sumber daya manusia dalam kegiatan praktik; (P-2)
3. Menguasai pengetahuan faktual dan metode aplikasi etika profesi dalam menjalankan aktivitas kerja sebagai sumber daya manusia strategis ; (P-3) dan
4. Menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarism secara khusus . dalam hal jenis plagiarism, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya. (P-4)
KETRAMPILAN UMUM
1. Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan jenis pekerjaan spesifik, di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan; (KU-1)
2. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain dan persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya; (KU-5)
3. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerjasama didalam maupun di luar lembaganya; (KU-6) dan
4. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya. (KU-7)
KETRAMPILAN KHUSUS
1. Memanfaatkan IPTEKS untuk meningkatkan kemampuan dalam mempelajari karakteristik manajemen sumber daya manusia.
2. Memanfaatkan IPTEKS untuk memperluas wawasan melalui metode case based learning dan latihan pemecahan masalah yang berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia.
3. Mengkaji pengambilan keputusan melalui kegiatan evaluasi yang didasari dari prinsip dasar pelaksanaan manajemen sumber daya manusia.
ReferencesLaumer, S., Eckhardt, A., & Weitzel, T. (2010). Electronic human resources management in an e-business environment. Journal of Electronic Commerce Research, 11(4), 240.
Bondarouk, T. V., & Ruël, H. J. (2009). Electronic Human Resource Management: challenges in the digital era. The International Journal of Human Resource Management, 20(3), 505-514.
Stone, D. L., & Dulebohn, J. H. (2013). Emerging issues in theory and research on electronic human resource management (eHRM). Human Resource Management Review, 23(1), 1-5.
Details ...
Matakuliah E-HRM membahas mengenai perencanaan, implementasi dan penerapan teknologi informasi baik untuk jaringan dan mendukung setidaknya dua aktor individu atau kolektif dalam melakukan aktivitas SDM bersama. EHRM merupakan seperangkat pola yang digunakan untuk mengelola SDM dalam organisasi dengan tujuan menciptakan keunggulan kompetitif serta mewujudkan tujuan organisasi. Dengan demikian terlihat jelas bahwa karakteristik utama dari EHRM ialah berbasis pada TIK, sehingga kegiatan-kegiatan yang didukung oleh EHRM tidak lagi bergantung sepenuhnya pada tatap muka secara langsung. Penerapan EHRM membantu karyawan untuk mengejar ketinggalan dalam pekerjaan sehari–hari , menyediakan fungsi SDM dengan kesempatan membuat jalan baru untuk berkontribusi terhadap efektivitas organisasi seperti manajemen pengetahuan dan penciptaan modal intelektual dan sosial. Selain itu, EHRM mempermudah karyawan untuk mengakses informasi mengenai tugas dan kewajiban mereka, serta mengakses data dan memproses berbagai data. Penerapan EHRM memberikan efisiensi waktu dan biaya bagi organisasi. Selain itu, penerapan teknologi ini juga memberikan kemudahan dalam proses bisnis, peningkatan arus informasi dan kinerja organisasi, manejemen data yang terpusat, mengoptimalkan pengembangan dan produktivitas SDM serta meningkatkan kepuasan karyawan yang tentunya berdampak pada produktivitas karyawan
Learning OutcomesSIKAP
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; (S1)
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; (S2)
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; (S3)
4. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; (S5)
5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; (S6)
PENGETAHUAN
1. Pengetahuan Menguasai konsep-konsep dan teori yang berkaitan dengan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM); (P1)
2. Memahami implementasi konsep operasional manajemen sumber daya manusia dalam kegiatan praktik; (P-2)
3. Menguasai pengetahuan faktual dan metode aplikasi etika profesi dalam menjalankan aktivitas kerja sebagai sumber daya manusia strategis ; (P-3) dan
4. Menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarism secara khusus . dalam hal jenis plagiarism, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya. (P-4)
KETRAMPILAN UMUM
1. Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan jenis pekerjaan spesifik, di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan; (KU-1)
2. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain dan persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya; (KU-5)
3. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerjasama didalam maupun di luar lembaganya; (KU-6) dan
4. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya. (KU-7)
KETRAMPILAN KHUSUS
1. Memanfaatkan IPTEKS untuk meningkatkan kemampuan dalam mempelajari karakteristik manajemen sumber daya manusia.
2. Memanfaatkan IPTEKS untuk memperluas wawasan melalui metode case based learning dan latihan pemecahan masalah yang berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia.
3. Mengkaji pengambilan keputusan melalui kegiatan evaluasi yang didasari dari prinsip dasar pelaksanaan manajemen sumber daya manusia.
ReferencesLaumer, S., Eckhardt, A., & Weitzel, T. (2010). Electronic human resources management in an e-business environment. Journal of Electronic Commerce Research, 11(4), 240.
Bondarouk, T. V., & Ruël, H. J. (2009). Electronic Human Resource Management: challenges in the digital era. The International Journal of Human Resource Management, 20(3), 505-514.
Stone, D. L., & Dulebohn, J. H. (2013). Emerging issues in theory and research on electronic human resource management (eHRM). Human Resource Management Review, 23(1), 1-5.
Details ...
Matakuliah E-HRM membahas mengenai perencanaan, implementasi dan penerapan teknologi informasi baik untuk jaringan dan mendukung setidaknya dua aktor individu atau kolektif dalam melakukan aktivitas SDM bersama. EHRM merupakan seperangkat pola yang digunakan untuk mengelola SDM dalam organisasi dengan tujuan menciptakan keunggulan kompetitif serta mewujudkan tujuan organisasi. Dengan demikian terlihat jelas bahwa karakteristik utama dari EHRM ialah berbasis pada TIK, sehingga kegiatan-kegiatan yang didukung oleh EHRM tidak lagi bergantung sepenuhnya pada tatap muka secara langsung. Penerapan EHRM membantu karyawan untuk mengejar ketinggalan dalam pekerjaan sehari–hari , menyediakan fungsi SDM dengan kesempatan membuat jalan baru untuk berkontribusi terhadap efektivitas organisasi seperti manajemen pengetahuan dan penciptaan modal intelektual dan sosial. Selain itu, EHRM mempermudah karyawan untuk mengakses informasi mengenai tugas dan kewajiban mereka, serta mengakses data dan memproses berbagai data. Penerapan EHRM memberikan efisiensi waktu dan biaya bagi organisasi. Selain itu, penerapan teknologi ini juga memberikan kemudahan dalam proses bisnis, peningkatan arus informasi dan kinerja organisasi, manejemen data yang terpusat, mengoptimalkan pengembangan dan produktivitas SDM serta meningkatkan kepuasan karyawan yang tentunya berdampak pada produktivitas karyawan
Learning OutcomesSIKAP
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; (S1)
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; (S2)
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; (S3)
4. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; (S5)
5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; (S6)
PENGETAHUAN
1. Pengetahuan Menguasai konsep-konsep dan teori yang berkaitan dengan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM); (P1)
2. Memahami implementasi konsep operasional manajemen sumber daya manusia dalam kegiatan praktik; (P-2)
3. Menguasai pengetahuan faktual dan metode aplikasi etika profesi dalam menjalankan aktivitas kerja sebagai sumber daya manusia strategis ; (P-3) dan
4. Menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarism secara khusus . dalam hal jenis plagiarism, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya. (P-4)
KETRAMPILAN UMUM
1. Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan jenis pekerjaan spesifik, di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan; (KU-1)
2. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain dan persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya; (KU-5)
3. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerjasama didalam maupun di luar lembaganya; (KU-6) dan
4. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya. (KU-7)
KETRAMPILAN KHUSUS
1. Memanfaatkan IPTEKS untuk meningkatkan kemampuan dalam mempelajari karakteristik manajemen sumber daya manusia.
2. Memanfaatkan IPTEKS untuk memperluas wawasan melalui metode case based learning dan latihan pemecahan masalah yang berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia.
3. Mengkaji pengambilan keputusan melalui kegiatan evaluasi yang didasari dari prinsip dasar pelaksanaan manajemen sumber daya manusia.
ReferencesLaumer, S., Eckhardt, A., & Weitzel, T. (2010). Electronic human resources management in an e-business environment. Journal of Electronic Commerce Research, 11(4), 240.
Bondarouk, T. V., & Ruël, H. J. (2009). Electronic Human Resource Management: challenges in the digital era. The International Journal of Human Resource Management, 20(3), 505-514.
Stone, D. L., & Dulebohn, J. H. (2013). Emerging issues in theory and research on electronic human resource management (eHRM). Human Resource Management Review, 23(1), 1-5.
Details ...
Matakuliah E-HRM membahas mengenai perencanaan, implementasi dan penerapan teknologi informasi baik untuk jaringan dan mendukung setidaknya dua aktor individu atau kolektif dalam melakukan aktivitas SDM bersama. EHRM merupakan seperangkat pola yang digunakan untuk mengelola SDM dalam organisasi dengan tujuan menciptakan keunggulan kompetitif serta mewujudkan tujuan organisasi. Dengan demikian terlihat jelas bahwa karakteristik utama dari EHRM ialah berbasis pada TIK, sehingga kegiatan-kegiatan yang didukung oleh EHRM tidak lagi bergantung sepenuhnya pada tatap muka secara langsung. Penerapan EHRM membantu karyawan untuk mengejar ketinggalan dalam pekerjaan sehari–hari , menyediakan fungsi SDM dengan kesempatan membuat jalan baru untuk berkontribusi terhadap efektivitas organisasi seperti manajemen pengetahuan dan penciptaan modal intelektual dan sosial. Selain itu, EHRM mempermudah karyawan untuk mengakses informasi mengenai tugas dan kewajiban mereka, serta mengakses data dan memproses berbagai data. Penerapan EHRM memberikan efisiensi waktu dan biaya bagi organisasi. Selain itu, penerapan teknologi ini juga memberikan kemudahan dalam proses bisnis, peningkatan arus informasi dan kinerja organisasi, manejemen data yang terpusat, mengoptimalkan pengembangan dan produktivitas SDM serta meningkatkan kepuasan karyawan yang tentunya berdampak pada produktivitas karyawan
Learning OutcomesSIKAP
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; (S1)
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; (S2)
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; (S3)
4. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; (S5)
5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; (S6)
PENGETAHUAN
1. Pengetahuan Menguasai konsep-konsep dan teori yang berkaitan dengan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM); (P1)
2. Memahami implementasi konsep operasional manajemen sumber daya manusia dalam kegiatan praktik; (P-2)
3. Menguasai pengetahuan faktual dan metode aplikasi etika profesi dalam menjalankan aktivitas kerja sebagai sumber daya manusia strategis ; (P-3) dan
4. Menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarism secara khusus . dalam hal jenis plagiarism, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya. (P-4)
KETRAMPILAN UMUM
1. Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan jenis pekerjaan spesifik, di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan; (KU-1)
2. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain dan persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya; (KU-5)
3. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerjasama didalam maupun di luar lembaganya; (KU-6) dan
4. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya. (KU-7)
KETRAMPILAN KHUSUS
1. Memanfaatkan IPTEKS untuk meningkatkan kemampuan dalam mempelajari karakteristik manajemen sumber daya manusia.
2. Memanfaatkan IPTEKS untuk memperluas wawasan melalui metode case based learning dan latihan pemecahan masalah yang berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia.
3. Mengkaji pengambilan keputusan melalui kegiatan evaluasi yang didasari dari prinsip dasar pelaksanaan manajemen sumber daya manusia.
ReferencesLaumer, S., Eckhardt, A., & Weitzel, T. (2010). Electronic human resources management in an e-business environment. Journal of Electronic Commerce Research, 11(4), 240.
Bondarouk, T. V., & Ruël, H. J. (2009). Electronic Human Resource Management: challenges in the digital era. The International Journal of Human Resource Management, 20(3), 505-514.
Stone, D. L., & Dulebohn, J. H. (2013). Emerging issues in theory and research on electronic human resource management (eHRM). Human Resource Management Review, 23(1), 1-5.
Details ...
Matakuliah E-HRM membahas mengenai perencanaan, implementasi dan penerapan teknologi informasi baik untuk jaringan dan mendukung setidaknya dua aktor individu atau kolektif dalam melakukan aktivitas SDM bersama. EHRM merupakan seperangkat pola yang digunakan untuk mengelola SDM dalam organisasi dengan tujuan menciptakan keunggulan kompetitif serta mewujudkan tujuan organisasi. Dengan demikian terlihat jelas bahwa karakteristik utama dari EHRM ialah berbasis pada TIK, sehingga kegiatan-kegiatan yang didukung oleh EHRM tidak lagi bergantung sepenuhnya pada tatap muka secara langsung. Penerapan EHRM membantu karyawan untuk mengejar ketinggalan dalam pekerjaan sehari–hari , menyediakan fungsi SDM dengan kesempatan membuat jalan baru untuk berkontribusi terhadap efektivitas organisasi seperti manajemen pengetahuan dan penciptaan modal intelektual dan sosial. Selain itu, EHRM mempermudah karyawan untuk mengakses informasi mengenai tugas dan kewajiban mereka, serta mengakses data dan memproses berbagai data. Penerapan EHRM memberikan efisiensi waktu dan biaya bagi organisasi. Selain itu, penerapan teknologi ini juga memberikan kemudahan dalam proses bisnis, peningkatan arus informasi dan kinerja organisasi, manejemen data yang terpusat, mengoptimalkan pengembangan dan produktivitas SDM serta meningkatkan kepuasan karyawan yang tentunya berdampak pada produktivitas karyawan
Learning OutcomesSIKAP
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; (S1)
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; (S2)
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; (S3)
4. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; (S5)
5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; (S6)
PENGETAHUAN
1. Pengetahuan Menguasai konsep-konsep dan teori yang berkaitan dengan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM); (P1)
2. Memahami implementasi konsep operasional manajemen sumber daya manusia dalam kegiatan praktik; (P-2)
3. Menguasai pengetahuan faktual dan metode aplikasi etika profesi dalam menjalankan aktivitas kerja sebagai sumber daya manusia strategis ; (P-3) dan
4. Menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarism secara khusus . dalam hal jenis plagiarism, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya. (P-4)
KETRAMPILAN UMUM
1. Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan jenis pekerjaan spesifik, di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan; (KU-1)
2. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain dan persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya; (KU-5)
3. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerjasama didalam maupun di luar lembaganya; (KU-6) dan
4. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya. (KU-7)
KETRAMPILAN KHUSUS
1. Memanfaatkan IPTEKS untuk meningkatkan kemampuan dalam mempelajari karakteristik manajemen sumber daya manusia.
2. Memanfaatkan IPTEKS untuk memperluas wawasan melalui metode case based learning dan latihan pemecahan masalah yang berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia.
3. Mengkaji pengambilan keputusan melalui kegiatan evaluasi yang didasari dari prinsip dasar pelaksanaan manajemen sumber daya manusia.
ReferencesLaumer, S., Eckhardt, A., & Weitzel, T. (2010). Electronic human resources management in an e-business environment. Journal of Electronic Commerce Research, 11(4), 240.
Bondarouk, T. V., & Ruël, H. J. (2009). Electronic Human Resource Management: challenges in the digital era. The International Journal of Human Resource Management, 20(3), 505-514.
Stone, D. L., & Dulebohn, J. H. (2013). Emerging issues in theory and research on electronic human resource management (eHRM). Human Resource Management Review, 23(1), 1-5.
Details ...
Matakuliah E-HRM membahas mengenai perencanaan, implementasi dan penerapan teknologi informasi baik untuk jaringan dan mendukung setidaknya dua aktor individu atau kolektif dalam melakukan aktivitas SDM bersama. EHRM merupakan seperangkat pola yang digunakan untuk mengelola SDM dalam organisasi dengan tujuan menciptakan keunggulan kompetitif serta mewujudkan tujuan organisasi. Dengan demikian terlihat jelas bahwa karakteristik utama dari EHRM ialah berbasis pada TIK, sehingga kegiatan-kegiatan yang didukung oleh EHRM tidak lagi bergantung sepenuhnya pada tatap muka secara langsung. Penerapan EHRM membantu karyawan untuk mengejar ketinggalan dalam pekerjaan sehari–hari , menyediakan fungsi SDM dengan kesempatan membuat jalan baru untuk berkontribusi terhadap efektivitas organisasi seperti manajemen pengetahuan dan penciptaan modal intelektual dan sosial. Selain itu, EHRM mempermudah karyawan untuk mengakses informasi mengenai tugas dan kewajiban mereka, serta mengakses data dan memproses berbagai data. Penerapan EHRM memberikan efisiensi waktu dan biaya bagi organisasi. Selain itu, penerapan teknologi ini juga memberikan kemudahan dalam proses bisnis, peningkatan arus informasi dan kinerja organisasi, manejemen data yang terpusat, mengoptimalkan pengembangan dan produktivitas SDM serta meningkatkan kepuasan karyawan yang tentunya berdampak pada produktivitas karyawan
Learning OutcomesSIKAP
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; (S1)
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; (S2)
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; (S3)
4. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; (S5)
5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; (S6)
PENGETAHUAN
1. Pengetahuan Menguasai konsep-konsep dan teori yang berkaitan dengan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM); (P1)
2. Memahami implementasi konsep operasional manajemen sumber daya manusia dalam kegiatan praktik; (P-2)
3. Menguasai pengetahuan faktual dan metode aplikasi etika profesi dalam menjalankan aktivitas kerja sebagai sumber daya manusia strategis ; (P-3) dan
4. Menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarism secara khusus . dalam hal jenis plagiarism, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya. (P-4)
KETRAMPILAN UMUM
1. Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan jenis pekerjaan spesifik, di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan; (KU-1)
2. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain dan persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya; (KU-5)
3. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerjasama didalam maupun di luar lembaganya; (KU-6) dan
4. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya. (KU-7)
KETRAMPILAN KHUSUS
1. Memanfaatkan IPTEKS untuk meningkatkan kemampuan dalam mempelajari karakteristik manajemen sumber daya manusia.
2. Memanfaatkan IPTEKS untuk memperluas wawasan melalui metode case based learning dan latihan pemecahan masalah yang berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia.
3. Mengkaji pengambilan keputusan melalui kegiatan evaluasi yang didasari dari prinsip dasar pelaksanaan manajemen sumber daya manusia.
ReferencesLaumer, S., Eckhardt, A., & Weitzel, T. (2010). Electronic human resources management in an e-business environment. Journal of Electronic Commerce Research, 11(4), 240.
Bondarouk, T. V., & Ruël, H. J. (2009). Electronic Human Resource Management: challenges in the digital era. The International Journal of Human Resource Management, 20(3), 505-514.
Stone, D. L., & Dulebohn, J. H. (2013). Emerging issues in theory and research on electronic human resource management (eHRM). Human Resource Management Review, 23(1), 1-5.
Details ...
Matakuliah E-HRM membahas mengenai perencanaan, implementasi dan penerapan teknologi informasi baik untuk jaringan dan mendukung setidaknya dua aktor individu atau kolektif dalam melakukan aktivitas SDM bersama. EHRM merupakan seperangkat pola yang digunakan untuk mengelola SDM dalam organisasi dengan tujuan menciptakan keunggulan kompetitif serta mewujudkan tujuan organisasi. Dengan demikian terlihat jelas bahwa karakteristik utama dari EHRM ialah berbasis pada TIK, sehingga kegiatan-kegiatan yang didukung oleh EHRM tidak lagi bergantung sepenuhnya pada tatap muka secara langsung. Penerapan EHRM membantu karyawan untuk mengejar ketinggalan dalam pekerjaan sehari–hari , menyediakan fungsi SDM dengan kesempatan membuat jalan baru untuk berkontribusi terhadap efektivitas organisasi seperti manajemen pengetahuan dan penciptaan modal intelektual dan sosial. Selain itu, EHRM mempermudah karyawan untuk mengakses informasi mengenai tugas dan kewajiban mereka, serta mengakses data dan memproses berbagai data. Penerapan EHRM memberikan efisiensi waktu dan biaya bagi organisasi. Selain itu, penerapan teknologi ini juga memberikan kemudahan dalam proses bisnis, peningkatan arus informasi dan kinerja organisasi, manejemen data yang terpusat, mengoptimalkan pengembangan dan produktivitas SDM serta meningkatkan kepuasan karyawan yang tentunya berdampak pada produktivitas karyawan
Learning OutcomesSIKAP
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; (S1)
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; (S2)
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; (S3)
4. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; (S5)
5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; (S6)
PENGETAHUAN
1. Pengetahuan Menguasai konsep-konsep dan teori yang berkaitan dengan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM); (P1)
2. Memahami implementasi konsep operasional manajemen sumber daya manusia dalam kegiatan praktik; (P-2)
3. Menguasai pengetahuan faktual dan metode aplikasi etika profesi dalam menjalankan aktivitas kerja sebagai sumber daya manusia strategis ; (P-3) dan
4. Menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarism secara khusus . dalam hal jenis plagiarism, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya. (P-4)
KETRAMPILAN UMUM
1. Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan jenis pekerjaan spesifik, di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan; (KU-1)
2. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain dan persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya; (KU-5)
3. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerjasama didalam maupun di luar lembaganya; (KU-6) dan
4. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya. (KU-7)
KETRAMPILAN KHUSUS
1. Memanfaatkan IPTEKS untuk meningkatkan kemampuan dalam mempelajari karakteristik manajemen sumber daya manusia.
2. Memanfaatkan IPTEKS untuk memperluas wawasan melalui metode case based learning dan latihan pemecahan masalah yang berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia.
3. Mengkaji pengambilan keputusan melalui kegiatan evaluasi yang didasari dari prinsip dasar pelaksanaan manajemen sumber daya manusia.
ReferencesLaumer, S., Eckhardt, A., & Weitzel, T. (2010). Electronic human resources management in an e-business environment. Journal of Electronic Commerce Research, 11(4), 240.
Bondarouk, T. V., & Ruël, H. J. (2009). Electronic Human Resource Management: challenges in the digital era. The International Journal of Human Resource Management, 20(3), 505-514.
Stone, D. L., & Dulebohn, J. H. (2013). Emerging issues in theory and research on electronic human resource management (eHRM). Human Resource Management Review, 23(1), 1-5.
Details ...
Matakuliah E-HRM membahas mengenai perencanaan, implementasi dan penerapan teknologi informasi baik untuk jaringan dan mendukung setidaknya dua aktor individu atau kolektif dalam melakukan aktivitas SDM bersama. EHRM merupakan seperangkat pola yang digunakan untuk mengelola SDM dalam organisasi dengan tujuan menciptakan keunggulan kompetitif serta mewujudkan tujuan organisasi. Dengan demikian terlihat jelas bahwa karakteristik utama dari EHRM ialah berbasis pada TIK, sehingga kegiatan-kegiatan yang didukung oleh EHRM tidak lagi bergantung sepenuhnya pada tatap muka secara langsung. Penerapan EHRM membantu karyawan untuk mengejar ketinggalan dalam pekerjaan sehari–hari , menyediakan fungsi SDM dengan kesempatan membuat jalan baru untuk berkontribusi terhadap efektivitas organisasi seperti manajemen pengetahuan dan penciptaan modal intelektual dan sosial. Selain itu, EHRM mempermudah karyawan untuk mengakses informasi mengenai tugas dan kewajiban mereka, serta mengakses data dan memproses berbagai data. Penerapan EHRM memberikan efisiensi waktu dan biaya bagi organisasi. Selain itu, penerapan teknologi ini juga memberikan kemudahan dalam proses bisnis, peningkatan arus informasi dan kinerja organisasi, manejemen data yang terpusat, mengoptimalkan pengembangan dan produktivitas SDM serta meningkatkan kepuasan karyawan yang tentunya berdampak pada produktivitas karyawan
Learning OutcomesSIKAP
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; (S1)
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; (S2)
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; (S3)
4. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; (S5)
5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; (S6)
PENGETAHUAN
1. Pengetahuan Menguasai konsep-konsep dan teori yang berkaitan dengan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM); (P1)
2. Memahami implementasi konsep operasional manajemen sumber daya manusia dalam kegiatan praktik; (P-2)
3. Menguasai pengetahuan faktual dan metode aplikasi etika profesi dalam menjalankan aktivitas kerja sebagai sumber daya manusia strategis ; (P-3) dan
4. Menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarism secara khusus . dalam hal jenis plagiarism, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya. (P-4)
KETRAMPILAN UMUM
1. Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan jenis pekerjaan spesifik, di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan; (KU-1)
2. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain dan persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya; (KU-5)
3. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerjasama didalam maupun di luar lembaganya; (KU-6) dan
4. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya. (KU-7)
KETRAMPILAN KHUSUS
1. Memanfaatkan IPTEKS untuk meningkatkan kemampuan dalam mempelajari karakteristik manajemen sumber daya manusia.
2. Memanfaatkan IPTEKS untuk memperluas wawasan melalui metode case based learning dan latihan pemecahan masalah yang berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia.
3. Mengkaji pengambilan keputusan melalui kegiatan evaluasi yang didasari dari prinsip dasar pelaksanaan manajemen sumber daya manusia.
ReferencesLaumer, S., Eckhardt, A., & Weitzel, T. (2010). Electronic human resources management in an e-business environment. Journal of Electronic Commerce Research, 11(4), 240.
Bondarouk, T. V., & Ruël, H. J. (2009). Electronic Human Resource Management: challenges in the digital era. The International Journal of Human Resource Management, 20(3), 505-514.
Stone, D. L., & Dulebohn, J. H. (2013). Emerging issues in theory and research on electronic human resource management (eHRM). Human Resource Management Review, 23(1), 1-5.
Details ...
Manajemen sumber daya manusia elektronik (eHR) berfokus pada penggunaan teknologi untuk memelihara catatan karyawan dan meningkatkan proses sumber daya manusia (SDM), termasuk analisis pekerjaan, rekrutmen, seleksi, pelatihan, manajemen kinerja, dan kompensasi.
Learning OutcomesTujuan pembuatan sistem e-HRM ini adalah untuk mengelola kegiatan operasional yang ada pada bagian human resources management mulai dari aktifitas.
ReferencesJurnal dan literatur terkait
Details ...
Manajemen sumber daya manusia elektronik (eHR) berfokus pada penggunaan teknologi untuk memelihara catatan karyawan dan meningkatkan proses sumber daya manusia (SDM), termasuk analisis pekerjaan, rekrutmen, seleksi, pelatihan, manajemen kinerja, dan kompensasi.
Learning OutcomesTujuan pembuatan sistem e-HRM ini adalah untuk mengelola kegiatan operasional yang ada pada bagian human resources management mulai dari aktifitas.
ReferencesJurnal dan literatur terkait
Details ...
Manajemen sumber daya manusia elektronik (eHR) berfokus pada penggunaan teknologi untuk memelihara catatan karyawan dan meningkatkan proses sumber daya manusia (SDM), termasuk analisis pekerjaan, rekrutmen, seleksi, pelatihan, manajemen kinerja, dan kompensasi.
Learning OutcomesTujuan pembuatan sistem e-HRM ini adalah untuk mengelola kegiatan operasional yang ada pada bagian human resources management mulai dari aktifitas.
ReferencesJurnal dan literatur terkait
Details ...
Manajemen sumber daya manusia elektronik (eHR) berfokus pada penggunaan teknologi untuk memelihara catatan karyawan dan meningkatkan proses sumber daya manusia (SDM), termasuk analisis pekerjaan, rekrutmen, seleksi, pelatihan, manajemen kinerja, dan kompensasi.
Learning OutcomesTujuan pembuatan sistem e-HRM ini adalah untuk mengelola kegiatan operasional yang ada pada bagian human resources management mulai dari aktifitas.
ReferencesJurnal dan literatur terkait
Details ...