Kajian Puisi, Curriculum : 2015


Courser in EnglishPOETRY ANALYSIS
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS20 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi materi tentang hakikat kajian puisi, beda kajian dengan apresiasi, kritik, dan resensi puisi, pendekatan dan teori yang digunakan dalam kajian puisi, jenis-jenis puisi lama, kontemporer, musikalisasi puisi, pembacaan puisi serta pengkajiannya, dan artikel hasil pengkajian berbagai jenis puisi.

Learning Outcomes

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila (S3).
  2. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8).
  3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9).
  4. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1).
  5. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2).
  6. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU9).
  7. Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis (KK1).
  8. Mampu merencanakan dan mengkaji implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pendekatan integratif (KK4).
  9. Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia (P1).
  10. Menguasi pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia (P6).

References

Aminuddin. 1987. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Widyatama. 

J. Waluyo, R. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Pradopo, Rachmat Djoko. 1998. Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka belajar. 

Pradopo, Rachmat Djoko. dkk. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: PT Hanindita Graha Widya. 

Pradopo, Rachmat Djoko. 2010. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: UGM Press. 

Siswantoro. 2011. Metode Penelitian Sastra: Analisis Struktur Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suroto. 1989. Teori dan Bimbingan Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi materi tentang hakikat kajian puisi, beda kajian dengan apresiasi, kritik, dan resensi puisi, pendekatan dan teori yang digunakan dalam kajian puisi, jenis-jenis puisi lama, kontemporer, musikalisasi puisi, pembacaan puisi serta pengkajiannya, dan artikel hasil pengkajian berbagai jenis puisi.

Learning Outcomes

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila (S3).
  2. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8).
  3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9).
  4. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1).
  5. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2).
  6. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU9).
  7. Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis (KK1).
  8. Mampu merencanakan dan mengkaji implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pendekatan integratif (KK4).
  9. Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia (P1).
  10. Menguasi pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia (P6).

References

Aminuddin. 1987. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Widyatama. 

J. Waluyo, R. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Pradopo, Rachmat Djoko. 1998. Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka belajar. 

Pradopo, Rachmat Djoko. dkk. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: PT Hanindita Graha Widya. 

Pradopo, Rachmat Djoko. 2010. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: UGM Press. 

Siswantoro. 2011. Metode Penelitian Sastra: Analisis Struktur Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suroto. 1989. Teori dan Bimbingan Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi materi tentang hakikat kajian puisi, beda kajian dengan apresiasi, kritik, dan resensi puisi, pendekatan dan teori yang digunakan dalam kajian puisi, jenis-jenis puisi lama, kontemporer, musikalisasi puisi, pembacaan puisi serta pengkajiannya, dan artikel hasil pengkajian berbagai jenis puisi.

Learning Outcomes

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila (S3).
  2. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8).
  3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9).
  4. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1).
  5. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2).
  6. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU9).
  7. Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis (KK1).
  8. Mampu merencanakan dan mengkaji implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pendekatan integratif (KK4).
  9. Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia (P1).
  10. Menguasi pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia (P6).

References

Aminuddin. 1987. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Widyatama. 

J. Waluyo, R. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Pradopo, Rachmat Djoko. 1998. Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka belajar. 

Pradopo, Rachmat Djoko. dkk. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: PT Hanindita Graha Widya. 

Pradopo, Rachmat Djoko. 2010. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: UGM Press. 

Siswantoro. 2011. Metode Penelitian Sastra: Analisis Struktur Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suroto. 1989. Teori dan Bimbingan Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang kajian puisi Indonesia, baik kajian puisi lama, puisi baru, puisi kontemporer, pembacaan puisi, dan musikalisasi puisi baik secara lisan maupun tulis.

Learning Outcomes

Capaian pembelajaran pada mata kuliah ini, menuntut mahasiswa untuk dapat mengkaji puisi Indonesia, baik puisi lama, puisi baru, puisi kontemporer, pembacaan puisi, dan musikalisasi puisi baik secara lisan maupun tulis.

References

Pradopo, Rachmat Djoko. 2009. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang kajian puisi Indonesia, baik kajian puisi lama, puisi baru, puisi kontemporer, pembacaan puisi, dan musikalisasi puisi baik secara lisan maupun tulis.

Learning Outcomes

Capaian pembelajaran pada mata kuliah ini, menuntut mahasiswa untuk dapat mengkaji puisi Indonesia, baik puisi lama, puisi baru, puisi kontemporer, pembacaan puisi, dan musikalisasi puisi baik secara lisan maupun tulis.

References

Pradopo, Rachmat Djoko. 2009. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang kajian puisi Indonesia, baik kajian puisi lama, puisi baru, puisi kontemporer, pembacaan puisi, dan musikalisasi puisi baik secara lisan maupun tulis.

Learning Outcomes

Capaian pembelajaran pada mata kuliah ini, menuntut mahasiswa untuk dapat mengkaji puisi Indonesia, baik puisi lama, puisi baru, puisi kontemporer, pembacaan puisi, dan musikalisasi puisi baik secara lisan maupun tulis.

References

Pradopo, Rachmat Djoko. 2009. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang kajian puisi Indonesia, baik kajian puisi lama, puisi baru, puisi kontemporer, pembacaan puisi, dan musikalisasi puisi baik secara lisan maupun tulis.

Learning Outcomes

Capaian pembelajaran pada mata kuliah ini, menuntut mahasiswa untuk dapat mengkaji puisi Indonesia, baik puisi lama, puisi baru, puisi kontemporer, pembacaan puisi, dan musikalisasi puisi baik secara lisan maupun tulis.

References

Pradopo, Rachmat Djoko. 2009. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang kajian puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur

Learning Outcomes

Menguasai konsep-konsep dasar kajian puisi dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi: Pendekatan dan Pembelajaran. Bandung: Nuansa.

Effendi. 1974. Bimbingan Apresiasi Puisi. Ende Flores: Nusa Indah.

—————.2002. Bimbingan Apresiasi Puisi. Jakata: Pustaka Jaya.

Enre, Fachruddin Ambo. Tanpa tahun. Perkembangan Puisi Indonesia: dalam Masa Duapuluhan. Jakarta: Gunung Agung.

Harjito. 2006. Melek Sastra: untuk 17 Tahun Ke-atas. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Pradopo, Rachmat Djoko.2009. Pengkajian Puisi. Jogjakarta: Gadjah Mada University.

Rampan, Korrie Layun. 1985. Puisi Indonesia Hari Ini: Sebuah Kritik. Jakarta: Yayasan Arus.

Soedjarwo, dkk. 2001. Puisi Mbeling: Kitsch dan Sastra Sepintas. Yogyakarta: Indonesia Tera.

Soetarno. 1982. Peristiwa Sastra Indonesia. Surakarta: Widya Duta.

Suharianto. 2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.

—————.2009. Pengantar Apresiasi Puisi. Semarang: Bandungan Institute.

—————.2009. Apresiasi Puisi. Semarang: Bandungan Institute.

Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah: Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia


Details ...
Course Descriptions

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang kajian puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur

Learning Outcomes

Menguasai konsep-konsep dasar kajian puisi dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi: Pendekatan dan Pembelajaran. Bandung: Nuansa.

Effendi. 1974. Bimbingan Apresiasi Puisi. Ende Flores: Nusa Indah.

—————.2002. Bimbingan Apresiasi Puisi. Jakata: Pustaka Jaya.

Enre, Fachruddin Ambo. Tanpa tahun. Perkembangan Puisi Indonesia: dalam Masa Duapuluhan. Jakarta: Gunung Agung.

Harjito. 2006. Melek Sastra: untuk 17 Tahun Ke-atas. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Pradopo, Rachmat Djoko.2009. Pengkajian Puisi. Jogjakarta: Gadjah Mada University.

Rampan, Korrie Layun. 1985. Puisi Indonesia Hari Ini: Sebuah Kritik. Jakarta: Yayasan Arus.

Soedjarwo, dkk. 2001. Puisi Mbeling: Kitsch dan Sastra Sepintas. Yogyakarta: Indonesia Tera.

Soetarno. 1982. Peristiwa Sastra Indonesia. Surakarta: Widya Duta.

Suharianto. 2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.

—————.2009. Pengantar Apresiasi Puisi. Semarang: Bandungan Institute.

—————.2009. Apresiasi Puisi. Semarang: Bandungan Institute.

Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah: Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan mengapresiasi karya sastra Indonesia salah satunya Puisi. diharapkan mahasiswa mampu menganalisis puisi dengan teori atau pendekatan karya sastra.

Learning Outcomes

  1. Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dalam bidang kajian puisi secara mandiri
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukurdalam bidang kajian puisi
  3. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang kajian puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
  4. Menguasai konsep-konsep dasar kajian puisi dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

DAFTAR PUSTAKA

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi: Pendekatan dan Pembelajaran. Bandung: Nuansa.

Effendi. 1974. Bimbingan Apresiasi Puisi. Ende Flores: Nusa Indah.

—————.2002. Bimbingan Apresiasi Puisi. Jakata: Pustaka Jaya.

Enre, Fachruddin Ambo. Tanpa tahun. Perkembangan Puisi Indonesia: dalam Masa Duapuluhan. Jakarta: Gunung Agung.

Harjito. 2006. Melek Sastra: untuk 17 Tahun Ke-atas. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Pradopo, Rachmat Djoko.2009. Pengkajian Puisi. Jogjakarta: Gadjah Mada University.

Rampan, Korrie Layun. 1985. Puisi Indonesia Hari Ini: Sebuah Kritik. Jakarta: Yayasan Arus.

Soedjarwo, dkk. 2001. Puisi Mbeling: Kitsch dan Sastra Sepintas. Yogyakarta: Indonesia Tera.

Soetarno. 1982. Peristiwa Sastra Indonesia. Surakarta: Widya Duta.

Suharianto. 2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.

—————.2009. Pengantar Apresiasi Puisi. Semarang: Bandungan Institute.

—————.2009. Apresiasi Puisi. Semarang: Bandungan Institute.

Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah: Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan mengapresiasi karya sastra Indonesia salah satunya Puisi. diharapkan mahasiswa mampu menganalisis puisi dengan teori atau pendekatan karya sastra.

Learning Outcomes

  1. Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dalam bidang kajian puisi secara mandiri
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukurdalam bidang kajian puisi
  3. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang kajian puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
  4. Menguasai konsep-konsep dasar kajian puisi dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

DAFTAR PUSTAKA

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi: Pendekatan dan Pembelajaran. Bandung: Nuansa.

Effendi. 1974. Bimbingan Apresiasi Puisi. Ende Flores: Nusa Indah.

—————.2002. Bimbingan Apresiasi Puisi. Jakata: Pustaka Jaya.

Enre, Fachruddin Ambo. Tanpa tahun. Perkembangan Puisi Indonesia: dalam Masa Duapuluhan. Jakarta: Gunung Agung.

Harjito. 2006. Melek Sastra: untuk 17 Tahun Ke-atas. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Pradopo, Rachmat Djoko.2009. Pengkajian Puisi. Jogjakarta: Gadjah Mada University.

Rampan, Korrie Layun. 1985. Puisi Indonesia Hari Ini: Sebuah Kritik. Jakarta: Yayasan Arus.

Soedjarwo, dkk. 2001. Puisi Mbeling: Kitsch dan Sastra Sepintas. Yogyakarta: Indonesia Tera.

Soetarno. 1982. Peristiwa Sastra Indonesia. Surakarta: Widya Duta.

Suharianto. 2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.

—————.2009. Pengantar Apresiasi Puisi. Semarang: Bandungan Institute.

—————.2009. Apresiasi Puisi. Semarang: Bandungan Institute.

Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah: Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan mengapresiasi karya sastra Indonesia salah satunya Puisi. diharapkan mahasiswa mampu menganalisis puisi dengan teori atau pendekatan karya sastra.

Learning Outcomes

  1. Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dalam bidang kajian puisi secara mandiri
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukurdalam bidang kajian puisi
  3. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang kajian puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
  4. Menguasai konsep-konsep dasar kajian puisi dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

DAFTAR PUSTAKA

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi: Pendekatan dan Pembelajaran. Bandung: Nuansa.

Effendi. 1974. Bimbingan Apresiasi Puisi. Ende Flores: Nusa Indah.

—————.2002. Bimbingan Apresiasi Puisi. Jakata: Pustaka Jaya.

Enre, Fachruddin Ambo. Tanpa tahun. Perkembangan Puisi Indonesia: dalam Masa Duapuluhan. Jakarta: Gunung Agung.

Harjito. 2006. Melek Sastra: untuk 17 Tahun Ke-atas. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Pradopo, Rachmat Djoko.2009. Pengkajian Puisi. Jogjakarta: Gadjah Mada University.

Rampan, Korrie Layun. 1985. Puisi Indonesia Hari Ini: Sebuah Kritik. Jakarta: Yayasan Arus.

Soedjarwo, dkk. 2001. Puisi Mbeling: Kitsch dan Sastra Sepintas. Yogyakarta: Indonesia Tera.

Soetarno. 1982. Peristiwa Sastra Indonesia. Surakarta: Widya Duta.

Suharianto. 2005. Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.

—————.2009. Pengantar Apresiasi Puisi. Semarang: Bandungan Institute.

—————.2009. Apresiasi Puisi. Semarang: Bandungan Institute.

Wiyanto, Asul. 2005. Kesusastraan Sekolah: Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia


Details ...