Statistika Diskriptif, Curriculum : 2015


Courser in EnglishDESCRIPTIVE STATISTICS
ProgramPendidikan Matematika
SKS2 SKS
RPS26 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mengkaji materi statistika deskriptif yang meliputi: Pengertian Dasar dalam Statistika; Penyajian Data; Ukuran Tendensi Sentral; Ukuran Dispersi; Ukuran Letak; Momen, Kemiringan, dan Keruncingan; Distribusi Peluang Deskrit yang Penting; Distribusi Peluang Kontinu yang Penting; Hipotesis; dan Regresi dan Korelasi Linier Sederhana.

Learning Outcomes

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila serta menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  3. Mampu mengaplikasikan konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan matematika.
  4. Mampu menguasai konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.

References

[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.


Details ...
Course Descriptions

Mengkaji materi statistika deskriptif yang meliputi: Pengertian Dasar dalam Statistika; Penyajian Data; Ukuran Tendensi Sentral; Ukuran Dispersi; Ukuran Letak; Momen, Kemiringan, dan Keruncingan; Distribusi Peluang Deskrit yang Penting; Distribusi Peluang Kontinu yang Penting; Hipotesis; dan Regresi dan Korelasi Linier Sederhana.

Learning Outcomes

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila serta menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  3. Mampu mengaplikasikan konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan matematika.
  4. Mampu menguasai konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.

References

[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.


Details ...