Courser in English | DESCRIPTIVE STATISTICS |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 2 SKS |
RPS | 26 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Pendidikan matematika. Hasil yang diharapkan dari perkuliahan ini adalah mahasiswa menguasai dasar-dasar statistika dan mampu mengaplikasikannya. Materi perkuliahan terdiri dari : Pengertian dasar dalam statistika, penyajian data, ukuran tendensi sentral, ukuran letak dan dispersi, momen, kemiringan, keruncingan, distribusi peluang diskrit dan kontinu, uji hipotesis, regresi linier sederhana, korelasi linier sederhana. Metode yang digunakan adalah scientific approach, cooperative learning dan research based learning. Beberapa informasi yang dijadikan bahan pertimbangan keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini adalah kehadiran, partisipasi selama perkuliahan, tugas, makalah, UTS dan UAS.
Learning Outcomes- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila serta menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu mengaplikasikan konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan matematika.
- Mampu menguasai konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.
Akbar, Purnomo Setiady dan Husaini Usman. 2006. Pengantar Statistika Edisi Kedua. Jakarta : PT Bumi Aksara
Akdon dan Riduwan .2013. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung : Alfabeta.
Dajan, Anto, 1986. “Pengantar Metode Statistik Jilid II”. Jakarta : LP3ES .
Furqon. 1999. Statistika Terapan Untuk Penelitian. AFABETA:Bandung
Gaspersz, Vincent. 1989. Statistika. Armico:Bandung
Hamid, H.M. Akib dan Nar Herrhyanto. 2008. Statistika Dasar. Jakarta : Universitas Terbuka.
Harinaldi, 2005. “Prinsip-prinsip Statistik untuk Teknik dan Sains”. Jakarta : Erlangga.
Hasan, M. Iqbal. 2011. Pokok – Pokok Materi Statistika 1 (Statistik Deskriptif). Jakarta :PT Bumi Aksara
Herrhyanto, Nar. 2008. Statistika Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mangkuatmodjo, Soegyarto. 2004. Statistika Lanjutan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Pasaribu, Amudi. 1975. Pengantar Statistik. Gahlia Indonesia : Jakarta
Rachman,Maman dan Muchsin . 1996. Konsep dan Analisis Statistik. Semarang : CV. IKIP Semarang Press
Riduwan . 2010. Dasar-dasar Statistika. Bandung : Alfabeta.
Saleh,Samsubar. 1998. STATISTIK DESKRIPTIP. Yogyakarta : UPP AMP YKPN.
Siregar,Syofian. 2010. Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta : Rajawali Pers.
Somantri, Ating dan Sambas Ali Muhidin. 2006. Aplikasi statistika dalam Penelitian. pustaka ceria : Bandung
Subana,dkk. 2000. Statistik Pendidikan. Pustaka Setia:Bandung
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada.Jakarta
Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Sudijono, Anas. 1987. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Sudjana, M.A., M.SC.2005. METODE STATISTIKA. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Supranto, 1994. “Statistik Teori dan Aplikasi Jilid 2”. Jakarta : Erlangga.
Usman, Husaini & Setiady Akbar, Purnomo.2006. PENGANTAR STATISTIKA. Yogyakarta: BUMI AKSARA.
Walpole, Ronald E, 1995. “Pengantar Statistik Edisi Ke-4”. Jakarta : PT Gramedia.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Pendidikan matematika. Hasil yang diharapkan dari perkuliahan ini adalah mahasiswa menguasai dasar-dasar statistika dan mampu mengaplikasikannya. Materi perkuliahan terdiri dari : Pengertian dasar dalam statistika, penyajian data, ukuran tendensi sentral, ukuran letak dan dispersi, momen, kemiringan, keruncingan, distribusi peluang diskrit dan kontinu, uji hipotesis, regresi linier sederhana, korelasi linier sederhana. Metode yang digunakan adalah scientific approach, cooperative learning dan research based learning. Beberapa informasi yang dijadikan bahan pertimbangan keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini adalah kehadiran, partisipasi selama perkuliahan, tugas, makalah, UTS dan UAS.
Learning Outcomes- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila serta menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu mengaplikasikan konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan matematika.
- Mampu menguasai konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.
Akbar, Purnomo Setiady dan Husaini Usman. 2006. Pengantar Statistika Edisi Kedua. Jakarta : PT Bumi Aksara
Akdon dan Riduwan .2013. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung : Alfabeta.
Dajan, Anto, 1986. “Pengantar Metode Statistik Jilid II”. Jakarta : LP3ES .
Furqon. 1999. Statistika Terapan Untuk Penelitian. AFABETA:Bandung
Gaspersz, Vincent. 1989. Statistika. Armico:Bandung
Hamid, H.M. Akib dan Nar Herrhyanto. 2008. Statistika Dasar. Jakarta : Universitas Terbuka.
Harinaldi, 2005. “Prinsip-prinsip Statistik untuk Teknik dan Sains”. Jakarta : Erlangga.
Hasan, M. Iqbal. 2011. Pokok – Pokok Materi Statistika 1 (Statistik Deskriptif). Jakarta :PT Bumi Aksara
Herrhyanto, Nar. 2008. Statistika Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mangkuatmodjo, Soegyarto. 2004. Statistika Lanjutan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Pasaribu, Amudi. 1975. Pengantar Statistik. Gahlia Indonesia : Jakarta
Rachman,Maman dan Muchsin . 1996. Konsep dan Analisis Statistik. Semarang : CV. IKIP Semarang Press
Riduwan . 2010. Dasar-dasar Statistika. Bandung : Alfabeta.
Saleh,Samsubar. 1998. STATISTIK DESKRIPTIP. Yogyakarta : UPP AMP YKPN.
Siregar,Syofian. 2010. Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta : Rajawali Pers.
Somantri, Ating dan Sambas Ali Muhidin. 2006. Aplikasi statistika dalam Penelitian. pustaka ceria : Bandung
Subana,dkk. 2000. Statistik Pendidikan. Pustaka Setia:Bandung
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada.Jakarta
Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Sudijono, Anas. 1987. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Sudjana, M.A., M.SC.2005. METODE STATISTIKA. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Supranto, 1994. “Statistik Teori dan Aplikasi Jilid 2”. Jakarta : Erlangga.
Usman, Husaini & Setiady Akbar, Purnomo.2006. PENGANTAR STATISTIKA. Yogyakarta: BUMI AKSARA.
Walpole, Ronald E, 1995. “Pengantar Statistik Edisi Ke-4”. Jakarta : PT Gramedia.
Details ...
Mengkaji materi statistika deskriptif yang meliputi: Pengertian Dasar dalam Statistika; Penyajian Data; Ukuran Tendensi Sentral; Ukuran Dispersi; Ukuran Letak; Momen, Kemiringan, dan Keruncingan; Distribusi Peluang Deskrit yang Penting; Distribusi Peluang Kontinu yang Penting; Hipotesis; dan Regresi dan Korelasi Linier Sederhana.
Learning Outcomes- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila serta menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu mengaplikasikan konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan matematika.
- Mampu menguasai konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.
[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.
Details ...
Mengkaji materi statistika deskriptif yang meliputi: Pengertian Dasar dalam Statistika; Penyajian Data; Ukuran Tendensi Sentral; Ukuran Dispersi; Ukuran Letak; Momen, Kemiringan, dan Keruncingan; Distribusi Peluang Deskrit yang Penting; Distribusi Peluang Kontinu yang Penting; Hipotesis; dan Regresi dan Korelasi Linier Sederhana.
Learning Outcomes- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila serta menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu mengaplikasikan konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan matematika.
- Mampu menguasai konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.
[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.
Details ...
Mengkaji materi statistika deskriptif yang meliputi: Pengertian Dasar dalam Statistika; Penyajian Data; Ukuran Tendensi Sentral; Ukuran Dispersi; Ukuran Letak; Momen, Kemiringan, dan Keruncingan; Distribusi Peluang Deskrit yang Penting; Distribusi Peluang Kontinu yang Penting; Hipotesis; dan Regresi dan Korelasi Linier Sederhana.
Learning Outcomes- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila serta menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu mengaplikasikan konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan matematika.
- Mampu menguasai konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.
[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Pendidikan matematika. Hasil yang diharapkan dari perkuliahan ini adalah mahasiswa menguasai dasar-dasar statistika dan mampu mengaplikasikannya. Materi perkuliahan terdiri dari : Pengertian dasar dalam statistika, penyajian data, ukuran tendensi sentral, ukuran letak dan dispersi, momen, kemiringan, keruncingan, distribusi diskrit, distribusi kontinu, uji hipotesis, uji regresi, uji korelasi.
Learning Outcomes1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila serta menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
3. Mampu mengaplikasikan konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan matematika.
4. Mampu menguasai konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.
References[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Pendidikan matematika. Hasil yang diharapkan dari perkuliahan ini adalah mahasiswa menguasai dasar-dasar statistika dan mampu mengaplikasikannya. Materi perkuliahan terdiri dari : Pengertian dasar dalam statistika, penyajian data, ukuran tendensi sentral, ukuran letak dan dispersi, momen, kemiringan, keruncingan, distribusi diskrit, distribusi kontinu, uji hipotesis, uji regresi, uji korelasi.
Learning Outcomes1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila serta menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
3. Mampu mengaplikasikan konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan matematika.
4. Mampu menguasai konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.
References[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Pendidikan matematika. Hasil yang diharapkan dari perkuliahan ini adalah mahasiswa menguasai dasar-dasar statistika dan mampu mengaplikasikannya. Materi perkuliahan terdiri dari : Pengertian dasar dalam statistika, penyajian data, ukuran tendensi sentral, ukuran letak dan dispersi, momen, kemiringan, keruncingan, distribusi diskrit, distribusi kontinu, uji hipotesis, uji regresi, uji korelasi.
Learning Outcomes1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila serta menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
3. Mampu mengaplikasikan konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan matematika.
4. Mampu menguasai konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.
References[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.
Details ...
Mengkaji materi statistika deskriptif yang meliputi: Pengertian Dasar dalam Statistika; Penyajian Data; Ukuran Tendensi Sentral; Ukuran Dispersi; Ukuran Letak; Momen, Kemiringan, dan Keruncingan; Distribusi Peluang Deskrit yang Penting; Distribusi Peluang Kontinu yang Penting; Hipotesis; dan Regresi dan Korelasi Linier Sederhana.
Learning Outcomes- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila serta menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu mengaplikasikan konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan matematika.
- Mampu menguasai konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.
[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.
Details ...
Mengkaji materi statistika deskriptif yang meliputi: Pengertian Dasar dalam Statistika; Penyajian Data; Ukuran Tendensi Sentral; Ukuran Dispersi; Ukuran Letak; Momen, Kemiringan, dan Keruncingan; Distribusi Peluang Deskrit yang Penting; Distribusi Peluang Kontinu yang Penting; Hipotesis; dan Regresi dan Korelasi Linier Sederhana.
Learning Outcomes- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila serta menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu mengaplikasikan konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan matematika.
- Mampu menguasai konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.
[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.
Details ...
Mengkaji materi statistika deskriptif yang meliputi: Pengertian Dasar dalam Statistika; Penyajian Data; Ukuran Tendensi Sentral; Ukuran Dispersi; Ukuran Letak; Momen, Kemiringan, dan Keruncingan; Distribusi Peluang Deskrit yang Penting; Distribusi Peluang Kontinu yang Penting; Hipotesis; dan Regresi dan Korelasi Linier Sederhana.
Learning Outcomes- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila serta menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu mengaplikasikan konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan matematika.
- Mampu menguasai konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.
[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.
Details ...
Mengkaji materi statistika deskriptif yang meliputi: Pengertian Dasar dalam Statistika; Penyajian Data; Ukuran Tendensi Sentral; Ukuran Dispersi; Ukuran Letak; Momen, Kemiringan, dan Keruncingan; Distribusi Peluang Deskrit yang Penting; Distribusi Peluang Kontinu yang Penting; Hipotesis; dan Regresi dan Korelasi Linier Sederhana.
Learning Outcomes- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila serta menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu mengaplikasikan konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu memanfaatkan IPTEKS untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam rangka menyelesaikan masalah di bidang pendidikan matematika.
- Mampu menguasai konsep statistika dalam pembelajaran di sekolah serta mampu menguasai konsep teoritis tentang pengolahan data.
[1] Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
[2] Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
[3] Walpole, R. E. dan Myers R. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Terjemahan R. K. Sembiring. Bandung: Penerbit ITB.
Details ...