Courser in English | Mathematical Statistics |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 3 SKS |
RPS | 40 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mampu mengusai fungsi kepekatan peluang, fungsi distribusi peluang, nilai harapan, kebebsan stokastik, beberapa distribusi dari peubah acak diskrit dan kontinu, tranformasi peubah acak dan mampu menenrapak dalam kehidupan sehari-hari.
Learning OutcomesSIKAP:
1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
3. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri
PENGETAHUAN:
1. Menguasai konsep teoretis pengetahuan statistika,matematika terkait peubah acak, fungsi distribusi diskret dan kontinu, mean, varian, korelasi dan regresi, tranformasi peubah acak yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya;
2. Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menggunakan metode statistika dalam mengumpulkan, menyajikan dan menganalisis data berkaitan dengan hasil penelitian, sehingga dapat menarik kesimpulan dan membuat keputusan yang benar.
KETERAMPILAN UMUM:
1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika;
2. Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran
KETERAMPILAN KHUSUS:
Menciptakan, mengelola dan mengembangkan usaha kreatif berbasis IT dengan menginternalisasi semangat kemandirian, daya juang dan kerja keras.
. Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
2. Maman A. Djauhari. 1998, Buku Diktat Teori Peluang.
Details ...
Mampu mengusai fungsi kepekatan peluang, fungsi distribusi peluang, nilai harapan, kebebsan stokastik, beberapa distribusi dari peubah acak diskrit dan kontinu, tranformasi peubah acak dan mampu menenrapak dalam kehidupan sehari-hari.
Learning OutcomesSIKAP:
1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
3. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri
PENGETAHUAN:
1. Menguasai konsep teoretis pengetahuan statistika,matematika terkait peubah acak, fungsi distribusi diskret dan kontinu, mean, varian, korelasi dan regresi, tranformasi peubah acak yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya;
2. Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menggunakan metode statistika dalam mengumpulkan, menyajikan dan menganalisis data berkaitan dengan hasil penelitian, sehingga dapat menarik kesimpulan dan membuat keputusan yang benar.
KETERAMPILAN UMUM:
1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika;
2. Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran
KETERAMPILAN KHUSUS:
Menciptakan, mengelola dan mengembangkan usaha kreatif berbasis IT dengan menginternalisasi semangat kemandirian, daya juang dan kerja keras.
. Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
2. Maman A. Djauhari. 1998, Buku Diktat Teori Peluang.
Details ...
Mampu mengusai fungsi kepekatan peluang, fungsi distribusi peluang, nilai harapan, kebebsan stokastik, beberapa distribusi dari peubah acak diskrit dan kontinu, tranformasi peubah acak dan mampu menenrapak dalam kehidupan sehari-hari.
Learning OutcomesSIKAP:
1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
3. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri
PENGETAHUAN:
1. Menguasai konsep teoretis pengetahuan statistika,matematika terkait peubah acak, fungsi distribusi diskret dan kontinu, mean, varian, korelasi dan regresi, tranformasi peubah acak yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya;
2. Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menggunakan metode statistika dalam mengumpulkan, menyajikan dan menganalisis data berkaitan dengan hasil penelitian, sehingga dapat menarik kesimpulan dan membuat keputusan yang benar.
KETERAMPILAN UMUM:
1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika;
2. Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran
KETERAMPILAN KHUSUS:
Menciptakan, mengelola dan mengembangkan usaha kreatif berbasis IT dengan menginternalisasi semangat kemandirian, daya juang dan kerja keras.
. Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
2. Maman A. Djauhari. 1998, Buku Diktat Teori Peluang.
Details ...
Mampu mengusai fungsi kepekatan peluang, fungsi distribusi peluang, nilai harapan, kebebsan stokastik, beberapa distribusi dari peubah acak diskrit dan kontinu, tranformasi peubah acak dan mampu menenrapak dalam kehidupan sehari-hari.
Learning OutcomesSIKAP:
1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
3. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaannya secara mandiri
PENGETAHUAN:
1. Menguasai konsep teoretis pengetahuan statistika,matematika terkait peubah acak, fungsi distribusi diskret dan kontinu, mean, varian, korelasi dan regresi, tranformasi peubah acak yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sesuai dengan lingkup tugasnya;
2. Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menggunakan metode statistika dalam mengumpulkan, menyajikan dan menganalisis data berkaitan dengan hasil penelitian, sehingga dapat menarik kesimpulan dan membuat keputusan yang benar.
KETERAMPILAN UMUM:
1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan matematika dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang matematika;
2. Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran
KETERAMPILAN KHUSUS:
Menciptakan, mengelola dan mengembangkan usaha kreatif berbasis IT dengan menginternalisasi semangat kemandirian, daya juang dan kerja keras.
. Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
2. Maman A. Djauhari. 1998, Buku Diktat Teori Peluang.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang teori peluang secara lebih mendalam dengan pendekatan aksioma dan distribusi distribusi penting yang ada untuk diterapkan dalam memahami konsep-konsep peubah acak. Lingkup bahasannya meliputi: pengantar himpunan, konsep dasar peluang, peluang, distribusi peluang, harapan matematis. Setelah mengikuti mata kuliah statistika matematika, mahasiswa mampu memilih konsep peluang dan distribusinya untuk menambil keputusan yang tepat di bidang pendidikan matematika berdasarkan analisis informasi dan data yang relevan yang dapat digunakan sebagai bekal untuk melanjutkan ke jenjang studi berikutnya.
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
- Merancang dan melaksanakan penelitian serta melaporkan dan mempublikasikan hasilnya, sehingga dapat digunakan sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika; Mampu mengambil keputusan strategis di bidang pendidikan matematika berdasarkan informasi dan data yang relevan; Mampu mengambil keputusan yang tepat di bidang pendidikan matematika berdasarkan analisis informasi dan data (edupreuner);
- Menguasai konsep matematika yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah; Menguasai metodologi penelitian pendidikan matematika (Peneliti).
- Setyaningsih, N. dan Murtiyasa, B. 2006.Pengantar Statistika Matematika. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
- Herrhyanto, N. dan Gantini, T. 2013. Pengantar Statistika Matematis. Yrama Widya.
- Walpole. 2012. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan terjemahan edisi ke-4. Bandung: ITB.
- Freud, J.E. dan Walpole, R.E. 1980. Mathematical Statistics. Prentice-Hall Inc.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang teori peluang secara lebih mendalam dengan pendekatan aksioma dan distribusi distribusi penting yang ada untuk diterapkan dalam memahami konsep-konsep peubah acak. Lingkup bahasannya meliputi: pengantar himpunan, konsep dasar peluang, peluang, distribusi peluang, harapan matematis. Setelah mengikuti mata kuliah statistika matematika, mahasiswa mampu memilih konsep peluang dan distribusinya untuk menambil keputusan yang tepat di bidang pendidikan matematika berdasarkan analisis informasi dan data yang relevan yang dapat digunakan sebagai bekal untuk melanjutkan ke jenjang studi berikutnya.
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
- Merancang dan melaksanakan penelitian serta melaporkan dan mempublikasikan hasilnya, sehingga dapat digunakan sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika; Mampu mengambil keputusan strategis di bidang pendidikan matematika berdasarkan informasi dan data yang relevan; Mampu mengambil keputusan yang tepat di bidang pendidikan matematika berdasarkan analisis informasi dan data (edupreuner);
- Menguasai konsep matematika yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah; Menguasai metodologi penelitian pendidikan matematika (Peneliti).
- Setyaningsih, N. dan Murtiyasa, B. 2006.Pengantar Statistika Matematika. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
- Herrhyanto, N. dan Gantini, T. 2013. Pengantar Statistika Matematis. Yrama Widya.
- Walpole. 2012. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan terjemahan edisi ke-4. Bandung: ITB.
- Freud, J.E. dan Walpole, R.E. 1980. Mathematical Statistics. Prentice-Hall Inc.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang teori peluang secara lebih mendalam dengan pendekatan aksioma dan distribusi distribusi penting yang ada untuk diterapkan dalam memahami konsep-konsep peubah acak. Lingkup bahasannya meliputi: pengantar himpunan, konsep dasar peluang, peluang, distribusi peluang, harapan matematis. Setelah mengikuti mata kuliah statistika matematika, mahasiswa mampu memilih konsep peluang dan distribusinya untuk menambil keputusan yang tepat di bidang pendidikan matematika berdasarkan analisis informasi dan data yang relevan yang dapat digunakan sebagai bekal untuk melanjutkan ke jenjang studi berikutnya.
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
- Merancang dan melaksanakan penelitian serta melaporkan dan mempublikasikan hasilnya, sehingga dapat digunakan sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika; Mampu mengambil keputusan strategis di bidang pendidikan matematika berdasarkan informasi dan data yang relevan; Mampu mengambil keputusan yang tepat di bidang pendidikan matematika berdasarkan analisis informasi dan data (edupreuner);
- Menguasai konsep matematika yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah; Menguasai metodologi penelitian pendidikan matematika (Peneliti).
- Setyaningsih, N. dan Murtiyasa, B. 2006.Pengantar Statistika Matematika. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
- Herrhyanto, N. dan Gantini, T. 2013. Pengantar Statistika Matematis. Yrama Widya.
- Walpole. 2012. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan terjemahan edisi ke-4. Bandung: ITB.
- Freud, J.E. dan Walpole, R.E. 1980. Mathematical Statistics. Prentice-Hall Inc.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang teori peluang secara lebih mendalam dengan pendekatan aksioma dan distribusi distribusi penting yang ada untuk diterapkan dalam memahami konsep-konsep peubah acak. Lingkup bahasannya meliputi: pengantar himpunan, konsep dasar peluang, peluang, distribusi peluang, harapan matematis. Setelah mengikuti mata kuliah statistika matematika, mahasiswa mampu memilih konsep peluang dan distribusinya untuk menambil keputusan yang tepat di bidang pendidikan matematika berdasarkan analisis informasi dan data yang relevan yang dapat digunakan sebagai bekal untuk melanjutkan ke jenjang studi berikutnya.
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
- Merancang dan melaksanakan penelitian serta melaporkan dan mempublikasikan hasilnya, sehingga dapat digunakan sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika; Mampu mengambil keputusan strategis di bidang pendidikan matematika berdasarkan informasi dan data yang relevan; Mampu mengambil keputusan yang tepat di bidang pendidikan matematika berdasarkan analisis informasi dan data (edupreuner);
- Menguasai konsep matematika yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah; Menguasai metodologi penelitian pendidikan matematika (Peneliti).
- Setyaningsih, N. dan Murtiyasa, B. 2006.Pengantar Statistika Matematika. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
- Herrhyanto, N. dan Gantini, T. 2013. Pengantar Statistika Matematis. Yrama Widya.
- Walpole. 2012. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan terjemahan edisi ke-4. Bandung: ITB.
- Freud, J.E. dan Walpole, R.E. 1980. Mathematical Statistics. Prentice-Hall Inc.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang teori peluang secara lebih mendalam dengan pendekatan aksioma dan distribusi distribusi penting yang ada untuk diterapkan dalam memahami konsep-konsep peubah acak. Lingkup bahasannya meliputi: pengantar himpunan, konsep dasar peluang, peluang, distribusi peluang, harapan matematis. Setelah mengikuti mata kuliah statistika matematika, mahasiswa mampu memilih konsep peluang dan distribusinya untuk menambil keputusan yang tepat di bidang pendidikan matematika berdasarkan analisis informasi dan data yang relevan yang dapat digunakan sebagai bekal untuk melanjutkan ke jenjang studi berikutnya.
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
- Merancang dan melaksanakan penelitian serta melaporkan dan mempublikasikan hasilnya, sehingga dapat digunakan sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika; Mampu mengambil keputusan strategis di bidang pendidikan matematika berdasarkan informasi dan data yang relevan; Mampu mengambil keputusan yang tepat di bidang pendidikan matematika berdasarkan analisis informasi dan data (edupreuner);
- Menguasai konsep matematika yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah; Menguasai metodologi penelitian pendidikan matematika (Peneliti).
- Setyaningsih, N. dan Murtiyasa, B. 2006.Pengantar Statistika Matematika. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
- Herrhyanto, N. dan Gantini, T. 2013. Pengantar Statistika Matematis. Yrama Widya.
- Walpole. 2012. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan terjemahan edisi ke-4. Bandung: ITB.
- Freud, J.E. dan Walpole, R.E. 1980. Mathematical Statistics. Prentice-Hall Inc.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang : 1)Peluang, 2)Peubah acak, 3)Distribusi Statistika, 4) distribusi Uniform, 5)Distribusi Diskret, 6)Distribusi Kontinu, 7)Ekspektasi Matematika, 8) fungsi Pembangkit moment, 9) Kebebasan Stokastik, 10) Distribusi dari beberapa variabel, 11) Beberapa Fungsi distribusi peubah acak diskrit dan kontinu, 12) Transformasi Peubah Acak
Learning OutcomesPada akhir perkuliahan ini, mahasiswa akan dapat :
a. Menjelaskan sistem Peluang
b. Memahami Peubah Acak
c. Memahami Distribusi Peluang, distribusi diskret, distribusi kontinu
d. Menjelaskan dan memahami Ekspektasi Matematika
e. Memahami kebebasan stokastik
f. Beberapa fungsi distribusi peubah acak diskrit dan kontinu
h. Transformasi Peubah Acak
References- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Details ...