Courser in English | Mathematical Statistics |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 3 SKS |
RPS | 40 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas tentang : 1)Peluang, 2)Peubah acak, 3)Distribusi Statistika, 4) distribusi Uniform, 5)Distribusi Diskret, 6)Distribusi Kontinu, 7)Ekspektasi Matematika, 8) fungsi Pembangkit moment, 9) Kebebasan Stokastik, 10) Distribusi dari beberapa variabel
Learning OutcomesPada akhir perkuliahan ini, mahasiswa akan dapat :
a. Menjelaskan sistem Peluang
b. Memahami Peubah Acak
c. Memahami Distribusi Peluang, distribusi diskret, distribusi kontinu
d. Menjelaskan dan memahami Ekspektasi Matematika
e. Memahami kebebasan stokastik
References
Buku bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang : 1)Peluang, 2)Peubah acak, 3)Distribusi Statistika, 4) distribusi Uniform, 5)Distribusi Diskret, 6)Distribusi Kontinu, 7)Ekspektasi Matematika, 8) fungsi Pembangkit moment, 9) Kebebasan Stokastik, 10) Distribusi dari beberapa variabel
Learning OutcomesPada akhir perkuliahan ini, mahasiswa akan dapat :
a. Menjelaskan sistem Peluang
b. Memahami Peubah Acak
c. Memahami Distribusi Peluang, distribusi diskret, distribusi kontinu
d. Menjelaskan dan memahami Ekspektasi Matematika
e. Memahami kebebasan stokastik
References
Buku bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Details ...
Statistika Matematika
Learning OutcomesRencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 300 menit
Pertemuan ke : 1 dan 2
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami Peluang dan Peubah Acak
Kompetensi Dasar : Mahasiswa dapat memahami peluang
Mahasiswa dapat memahami Distribusi peubah acak
Indikator : Mahasiswa dapat menjelaskan dan memberi contoh tentang peluang
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan peluang
dan Distribusi peubah acak
Materi Ajar : Peluang, Ruang sampel dan peristiwa, Peluang suatu peristiwa
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep peluang
- Dosen menjelasakan Distribusi peubah acak
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 150 menit
Pertemuan ke : 3
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami bentuk-bentuk Distribusi statistik
Kompetensi Dasar : Mampu menjelaskan Distribusi diskrit, kontinu
Indikator : Mampu Menjelaskan distribusi statistika
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan distribusi statistika
Materi Ajar : Distribusi Diskrit, distribusi Kontinu
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep distribusi statistiika
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 300 menit
Pertemuan ke : 4 dan 5
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami Ekspektasi Matematika
Kompetensi Dasar : Mampu menjelaskan Ekspektasi Matematika
Indikator : - Mampu memahami dan menjelaskan pengertian dan jenis-jenis
Ekspektasi Matematika
- Mampu memahami dan membuktikan Ketidaksamaan Chebyshev
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswa mampu memahami pengertian dan jenis-jenis
Ekspektasi Matematika
Mampu memahami dan membuktikan Ketidaksamaan Chebyshev
Materi Ajar : Ekspektasi, mean, varian, fungsi pembangkit momen, dan ketidaksamaan chebyshev
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep pengertian dan jenis-jenis Ekspektasi Matematika
- Dosen menjelasakan ketidaksamaan chebyshev
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih dan berdiskusi
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 300 menit
Pertemuan ke : 6 dan 7
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami Peluang Bersyarat
Kompetensi Dasar : Mahasiswa dapat memahami Peluang Bersyarat
Indikator : -Mahasiswa dapat menjelaskan peluang bersyarat, distribusi marginal dan distribusi bersyarat
- Menjelaskan Ekspektasi, mean dan varian bersyarat
Tujuan Pembelajaran :
- Mahasiswa dapat Menjelaskan, tanya jawab dan diskusi Peluang bersyarat
- Mahasiswa dapat menjelaskan Distribusi Marginal dan distribusi bersyarat
- Mahasiswa dapat menjelaskan Ekspektasi, mean dan varian bersyarat
Materi Ajar : Peluang bersyarat, Distribusi Marginal dan distribusi bersyarat,
ekspektasi, mean dan varian bersyarat
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep Peluang bersyarat, Distribusi Marginal dan distribusi bersyarat, ekspektasi, mean dan varian bersyarat
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih dan berdiskusi
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 150 menit
Pertemuan ke : 8
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami Kebebasan Stokastik
Kompetensi Dasar : Mahasiswa dapat memahami Kebebasan Stokastik
Indikator : Mahasiswa dapat menjelaskan Mahasiswa dapat membuktikan teorema dan menyelesaikan soal-soal yang berkaitan Kovarian, Koefisien korelasi
Tujuan Pembelajaran :
- Mahasiswa dapat menjelaskan, tanya jawab dan diskusi tentang Kovarian, Koefisien korelasi
Materi Ajar : Kovarian, Koefisien korelasi
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep Kovarian, Koefisien korelasi
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih dan berdiskusi
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 300 menti
Pertemuan ke : 9 dan 10
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami beberapa distribusi Diskrit
Kompetensi Dasar : Mahasiswa dapat memahami Distribusi-distribusi Diskrit
Mampu menjelaskan Distribusi Binomial, Trinomial dan Multinomial serta Poisson
Indikator : Mahasiswa dapat menjelaskan distribusi binomial, trinomial, multinomial, dan distribusi Poisson
Tujuan Pembelajaran : Menjelaskan, tanya jawab dan diskusi tentang distribusi binomial, trinomial, multinomial, dan distribusi Poisson, serta sifat ssifat dari distribusi diskrit
Materi Ajar : Distribusi binomial, multinomial, trinomial dan Poisson
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep distribusi binomial dan trinomial
- Dosen menjelasakan konsep distribusi multinomial dan Poisson
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 300 menti
Pertemuan ke : 11 dan 12
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami bentuk-bentuk Distribusi statistika
Kontinu dan fpm
Kompetensi Dasar : Mampu menjelaskan bentuk-bentuk Distribusi statistika
Kontinu dan sifatnya
Indikator : Menjelaskan distribusi distribusi Gamma, Eksponensial, Normal dan sifatnyanya
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswaw mampu memahami dan menjelaskan distribusi statistika kontinu dan sifat-sifatnya
Materi Ajar : Distribusi Gamma, Eksponensial, Normal
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep distribusi Gamma, Eksponensial
- Dosen menjelasakan konsep distribusi Normal
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 150 menit
Pertemuan ke : 13
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami Bivariate Normal Distribution
Kompetensi Dasar : Mampu menjelaskan Bivariate Normal Distribution
Indikator : Menjelaskan Bivariate Normal Distribution
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswaw mampu memahami dan menjelaskan Bivariate Normal Distribution
Materi Ajar : Bivariate Normal Distribution
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelasakan konsep Bivariate Normal Distribution
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 150 menti
Pertemuan ke : 14
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami distribusi beberapa variabel
Kompetensi Dasar : Mampu menjelaskan tentang transformasi variabel
Indikator : Menjelaskan transformasi variabel
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan transformasi variabel
Materi Ajar : Transformasi variable diskrit dan kontinu
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep transformasi variable diskrit
- Dosen menjelasakan konsep transformasi variable kontinu
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 300 menit
Pertemuan ke :15 dan 16
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami distribusi t dan F serta Teknik FPM
Kompetensi Dasar : Mampu menjelaskan tentang distribusi t dan F serta Teknik FPM
Indikator : Menjelaskan entang distribusi t dan F serta Teknik FPM
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswat mampu memahami dan menjelaskan distribusi t dan F serta Teknik FPM
Materi Ajar : Distribusi t dan F, Teknik Fungsi pembangkit moment
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep distribusi t dan F
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
References
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Details ...
Statistika Matematika
Learning OutcomesRencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 300 menit
Pertemuan ke : 1 dan 2
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami Peluang dan Peubah Acak
Kompetensi Dasar : Mahasiswa dapat memahami peluang
Mahasiswa dapat memahami Distribusi peubah acak
Indikator : Mahasiswa dapat menjelaskan dan memberi contoh tentang peluang
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan peluang
dan Distribusi peubah acak
Materi Ajar : Peluang, Ruang sampel dan peristiwa, Peluang suatu peristiwa
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep peluang
- Dosen menjelasakan Distribusi peubah acak
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 150 menit
Pertemuan ke : 3
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami bentuk-bentuk Distribusi statistik
Kompetensi Dasar : Mampu menjelaskan Distribusi diskrit, kontinu
Indikator : Mampu Menjelaskan distribusi statistika
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan distribusi statistika
Materi Ajar : Distribusi Diskrit, distribusi Kontinu
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep distribusi statistiika
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 300 menit
Pertemuan ke : 4 dan 5
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami Ekspektasi Matematika
Kompetensi Dasar : Mampu menjelaskan Ekspektasi Matematika
Indikator : - Mampu memahami dan menjelaskan pengertian dan jenis-jenis
Ekspektasi Matematika
- Mampu memahami dan membuktikan Ketidaksamaan Chebyshev
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswa mampu memahami pengertian dan jenis-jenis
Ekspektasi Matematika
Mampu memahami dan membuktikan Ketidaksamaan Chebyshev
Materi Ajar : Ekspektasi, mean, varian, fungsi pembangkit momen, dan ketidaksamaan chebyshev
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep pengertian dan jenis-jenis Ekspektasi Matematika
- Dosen menjelasakan ketidaksamaan chebyshev
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih dan berdiskusi
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 300 menit
Pertemuan ke : 6 dan 7
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami Peluang Bersyarat
Kompetensi Dasar : Mahasiswa dapat memahami Peluang Bersyarat
Indikator : -Mahasiswa dapat menjelaskan peluang bersyarat, distribusi marginal dan distribusi bersyarat
- Menjelaskan Ekspektasi, mean dan varian bersyarat
Tujuan Pembelajaran :
- Mahasiswa dapat Menjelaskan, tanya jawab dan diskusi Peluang bersyarat
- Mahasiswa dapat menjelaskan Distribusi Marginal dan distribusi bersyarat
- Mahasiswa dapat menjelaskan Ekspektasi, mean dan varian bersyarat
Materi Ajar : Peluang bersyarat, Distribusi Marginal dan distribusi bersyarat,
ekspektasi, mean dan varian bersyarat
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep Peluang bersyarat, Distribusi Marginal dan distribusi bersyarat, ekspektasi, mean dan varian bersyarat
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih dan berdiskusi
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 150 menit
Pertemuan ke : 8
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami Kebebasan Stokastik
Kompetensi Dasar : Mahasiswa dapat memahami Kebebasan Stokastik
Indikator : Mahasiswa dapat menjelaskan Mahasiswa dapat membuktikan teorema dan menyelesaikan soal-soal yang berkaitan Kovarian, Koefisien korelasi
Tujuan Pembelajaran :
- Mahasiswa dapat menjelaskan, tanya jawab dan diskusi tentang Kovarian, Koefisien korelasi
Materi Ajar : Kovarian, Koefisien korelasi
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep Kovarian, Koefisien korelasi
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih dan berdiskusi
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 300 menti
Pertemuan ke : 9 dan 10
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami beberapa distribusi Diskrit
Kompetensi Dasar : Mahasiswa dapat memahami Distribusi-distribusi Diskrit
Mampu menjelaskan Distribusi Binomial, Trinomial dan Multinomial serta Poisson
Indikator : Mahasiswa dapat menjelaskan distribusi binomial, trinomial, multinomial, dan distribusi Poisson
Tujuan Pembelajaran : Menjelaskan, tanya jawab dan diskusi tentang distribusi binomial, trinomial, multinomial, dan distribusi Poisson, serta sifat ssifat dari distribusi diskrit
Materi Ajar : Distribusi binomial, multinomial, trinomial dan Poisson
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep distribusi binomial dan trinomial
- Dosen menjelasakan konsep distribusi multinomial dan Poisson
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 300 menti
Pertemuan ke : 11 dan 12
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami bentuk-bentuk Distribusi statistika
Kontinu dan fpm
Kompetensi Dasar : Mampu menjelaskan bentuk-bentuk Distribusi statistika
Kontinu dan sifatnya
Indikator : Menjelaskan distribusi distribusi Gamma, Eksponensial, Normal dan sifatnyanya
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswaw mampu memahami dan menjelaskan distribusi statistika kontinu dan sifat-sifatnya
Materi Ajar : Distribusi Gamma, Eksponensial, Normal
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep distribusi Gamma, Eksponensial
- Dosen menjelasakan konsep distribusi Normal
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 150 menit
Pertemuan ke : 13
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami Bivariate Normal Distribution
Kompetensi Dasar : Mampu menjelaskan Bivariate Normal Distribution
Indikator : Menjelaskan Bivariate Normal Distribution
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswaw mampu memahami dan menjelaskan Bivariate Normal Distribution
Materi Ajar : Bivariate Normal Distribution
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelasakan konsep Bivariate Normal Distribution
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 150 menti
Pertemuan ke : 14
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami distribusi beberapa variabel
Kompetensi Dasar : Mampu menjelaskan tentang transformasi variabel
Indikator : Menjelaskan transformasi variabel
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan transformasi variabel
Materi Ajar : Transformasi variable diskrit dan kontinu
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep transformasi variable diskrit
- Dosen menjelasakan konsep transformasi variable kontinu
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 300 menit
Pertemuan ke :15 dan 16
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami distribusi t dan F serta Teknik FPM
Kompetensi Dasar : Mampu menjelaskan tentang distribusi t dan F serta Teknik FPM
Indikator : Menjelaskan entang distribusi t dan F serta Teknik FPM
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswat mampu memahami dan menjelaskan distribusi t dan F serta Teknik FPM
Materi Ajar : Distribusi t dan F, Teknik Fungsi pembangkit moment
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep distribusi t dan F
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
References
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Details ...
Statistika Matematika
Learning OutcomesRencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 300 menit
Pertemuan ke : 1 dan 2
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami Peluang dan Peubah Acak
Kompetensi Dasar : Mahasiswa dapat memahami peluang
Mahasiswa dapat memahami Distribusi peubah acak
Indikator : Mahasiswa dapat menjelaskan dan memberi contoh tentang peluang
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan peluang
dan Distribusi peubah acak
Materi Ajar : Peluang, Ruang sampel dan peristiwa, Peluang suatu peristiwa
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep peluang
- Dosen menjelasakan Distribusi peubah acak
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 150 menit
Pertemuan ke : 3
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami bentuk-bentuk Distribusi statistik
Kompetensi Dasar : Mampu menjelaskan Distribusi diskrit, kontinu
Indikator : Mampu Menjelaskan distribusi statistika
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan distribusi statistika
Materi Ajar : Distribusi Diskrit, distribusi Kontinu
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep distribusi statistiika
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 300 menit
Pertemuan ke : 4 dan 5
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami Ekspektasi Matematika
Kompetensi Dasar : Mampu menjelaskan Ekspektasi Matematika
Indikator : - Mampu memahami dan menjelaskan pengertian dan jenis-jenis
Ekspektasi Matematika
- Mampu memahami dan membuktikan Ketidaksamaan Chebyshev
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswa mampu memahami pengertian dan jenis-jenis
Ekspektasi Matematika
Mampu memahami dan membuktikan Ketidaksamaan Chebyshev
Materi Ajar : Ekspektasi, mean, varian, fungsi pembangkit momen, dan ketidaksamaan chebyshev
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep pengertian dan jenis-jenis Ekspektasi Matematika
- Dosen menjelasakan ketidaksamaan chebyshev
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih dan berdiskusi
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 300 menit
Pertemuan ke : 6 dan 7
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami Peluang Bersyarat
Kompetensi Dasar : Mahasiswa dapat memahami Peluang Bersyarat
Indikator : -Mahasiswa dapat menjelaskan peluang bersyarat, distribusi marginal dan distribusi bersyarat
- Menjelaskan Ekspektasi, mean dan varian bersyarat
Tujuan Pembelajaran :
- Mahasiswa dapat Menjelaskan, tanya jawab dan diskusi Peluang bersyarat
- Mahasiswa dapat menjelaskan Distribusi Marginal dan distribusi bersyarat
- Mahasiswa dapat menjelaskan Ekspektasi, mean dan varian bersyarat
Materi Ajar : Peluang bersyarat, Distribusi Marginal dan distribusi bersyarat,
ekspektasi, mean dan varian bersyarat
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep Peluang bersyarat, Distribusi Marginal dan distribusi bersyarat, ekspektasi, mean dan varian bersyarat
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih dan berdiskusi
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 150 menit
Pertemuan ke : 8
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami Kebebasan Stokastik
Kompetensi Dasar : Mahasiswa dapat memahami Kebebasan Stokastik
Indikator : Mahasiswa dapat menjelaskan Mahasiswa dapat membuktikan teorema dan menyelesaikan soal-soal yang berkaitan Kovarian, Koefisien korelasi
Tujuan Pembelajaran :
- Mahasiswa dapat menjelaskan, tanya jawab dan diskusi tentang Kovarian, Koefisien korelasi
Materi Ajar : Kovarian, Koefisien korelasi
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep Kovarian, Koefisien korelasi
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih dan berdiskusi
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 300 menti
Pertemuan ke : 9 dan 10
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami beberapa distribusi Diskrit
Kompetensi Dasar : Mahasiswa dapat memahami Distribusi-distribusi Diskrit
Mampu menjelaskan Distribusi Binomial, Trinomial dan Multinomial serta Poisson
Indikator : Mahasiswa dapat menjelaskan distribusi binomial, trinomial, multinomial, dan distribusi Poisson
Tujuan Pembelajaran : Menjelaskan, tanya jawab dan diskusi tentang distribusi binomial, trinomial, multinomial, dan distribusi Poisson, serta sifat ssifat dari distribusi diskrit
Materi Ajar : Distribusi binomial, multinomial, trinomial dan Poisson
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep distribusi binomial dan trinomial
- Dosen menjelasakan konsep distribusi multinomial dan Poisson
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 300 menti
Pertemuan ke : 11 dan 12
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami bentuk-bentuk Distribusi statistika
Kontinu dan fpm
Kompetensi Dasar : Mampu menjelaskan bentuk-bentuk Distribusi statistika
Kontinu dan sifatnya
Indikator : Menjelaskan distribusi distribusi Gamma, Eksponensial, Normal dan sifatnyanya
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswaw mampu memahami dan menjelaskan distribusi statistika kontinu dan sifat-sifatnya
Materi Ajar : Distribusi Gamma, Eksponensial, Normal
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep distribusi Gamma, Eksponensial
- Dosen menjelasakan konsep distribusi Normal
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 150 menit
Pertemuan ke : 13
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami Bivariate Normal Distribution
Kompetensi Dasar : Mampu menjelaskan Bivariate Normal Distribution
Indikator : Menjelaskan Bivariate Normal Distribution
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswaw mampu memahami dan menjelaskan Bivariate Normal Distribution
Materi Ajar : Bivariate Normal Distribution
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelasakan konsep Bivariate Normal Distribution
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 150 menti
Pertemuan ke : 14
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami distribusi beberapa variabel
Kompetensi Dasar : Mampu menjelaskan tentang transformasi variabel
Indikator : Menjelaskan transformasi variabel
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan transformasi variabel
Materi Ajar : Transformasi variable diskrit dan kontinu
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep transformasi variable diskrit
- Dosen menjelasakan konsep transformasi variable kontinu
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 300 menit
Pertemuan ke :15 dan 16
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami distribusi t dan F serta Teknik FPM
Kompetensi Dasar : Mampu menjelaskan tentang distribusi t dan F serta Teknik FPM
Indikator : Menjelaskan entang distribusi t dan F serta Teknik FPM
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswat mampu memahami dan menjelaskan distribusi t dan F serta Teknik FPM
Materi Ajar : Distribusi t dan F, Teknik Fungsi pembangkit moment
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep distribusi t dan F
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
References
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Details ...
Statistika Matematika
Learning OutcomesRencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 300 menit
Pertemuan ke : 1 dan 2
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami Peluang dan Peubah Acak
Kompetensi Dasar : Mahasiswa dapat memahami peluang
Mahasiswa dapat memahami Distribusi peubah acak
Indikator : Mahasiswa dapat menjelaskan dan memberi contoh tentang peluang
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan peluang
dan Distribusi peubah acak
Materi Ajar : Peluang, Ruang sampel dan peristiwa, Peluang suatu peristiwa
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep peluang
- Dosen menjelasakan Distribusi peubah acak
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 150 menit
Pertemuan ke : 3
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami bentuk-bentuk Distribusi statistik
Kompetensi Dasar : Mampu menjelaskan Distribusi diskrit, kontinu
Indikator : Mampu Menjelaskan distribusi statistika
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan distribusi statistika
Materi Ajar : Distribusi Diskrit, distribusi Kontinu
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep distribusi statistiika
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 300 menit
Pertemuan ke : 4 dan 5
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami Ekspektasi Matematika
Kompetensi Dasar : Mampu menjelaskan Ekspektasi Matematika
Indikator : - Mampu memahami dan menjelaskan pengertian dan jenis-jenis
Ekspektasi Matematika
- Mampu memahami dan membuktikan Ketidaksamaan Chebyshev
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswa mampu memahami pengertian dan jenis-jenis
Ekspektasi Matematika
Mampu memahami dan membuktikan Ketidaksamaan Chebyshev
Materi Ajar : Ekspektasi, mean, varian, fungsi pembangkit momen, dan ketidaksamaan chebyshev
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep pengertian dan jenis-jenis Ekspektasi Matematika
- Dosen menjelasakan ketidaksamaan chebyshev
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih dan berdiskusi
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 300 menit
Pertemuan ke : 6 dan 7
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami Peluang Bersyarat
Kompetensi Dasar : Mahasiswa dapat memahami Peluang Bersyarat
Indikator : -Mahasiswa dapat menjelaskan peluang bersyarat, distribusi marginal dan distribusi bersyarat
- Menjelaskan Ekspektasi, mean dan varian bersyarat
Tujuan Pembelajaran :
- Mahasiswa dapat Menjelaskan, tanya jawab dan diskusi Peluang bersyarat
- Mahasiswa dapat menjelaskan Distribusi Marginal dan distribusi bersyarat
- Mahasiswa dapat menjelaskan Ekspektasi, mean dan varian bersyarat
Materi Ajar : Peluang bersyarat, Distribusi Marginal dan distribusi bersyarat,
ekspektasi, mean dan varian bersyarat
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep Peluang bersyarat, Distribusi Marginal dan distribusi bersyarat, ekspektasi, mean dan varian bersyarat
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih dan berdiskusi
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 150 menit
Pertemuan ke : 8
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami Kebebasan Stokastik
Kompetensi Dasar : Mahasiswa dapat memahami Kebebasan Stokastik
Indikator : Mahasiswa dapat menjelaskan Mahasiswa dapat membuktikan teorema dan menyelesaikan soal-soal yang berkaitan Kovarian, Koefisien korelasi
Tujuan Pembelajaran :
- Mahasiswa dapat menjelaskan, tanya jawab dan diskusi tentang Kovarian, Koefisien korelasi
Materi Ajar : Kovarian, Koefisien korelasi
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep Kovarian, Koefisien korelasi
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih dan berdiskusi
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 300 menti
Pertemuan ke : 9 dan 10
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami beberapa distribusi Diskrit
Kompetensi Dasar : Mahasiswa dapat memahami Distribusi-distribusi Diskrit
Mampu menjelaskan Distribusi Binomial, Trinomial dan Multinomial serta Poisson
Indikator : Mahasiswa dapat menjelaskan distribusi binomial, trinomial, multinomial, dan distribusi Poisson
Tujuan Pembelajaran : Menjelaskan, tanya jawab dan diskusi tentang distribusi binomial, trinomial, multinomial, dan distribusi Poisson, serta sifat ssifat dari distribusi diskrit
Materi Ajar : Distribusi binomial, multinomial, trinomial dan Poisson
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep distribusi binomial dan trinomial
- Dosen menjelasakan konsep distribusi multinomial dan Poisson
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 300 menti
Pertemuan ke : 11 dan 12
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami bentuk-bentuk Distribusi statistika
Kontinu dan fpm
Kompetensi Dasar : Mampu menjelaskan bentuk-bentuk Distribusi statistika
Kontinu dan sifatnya
Indikator : Menjelaskan distribusi distribusi Gamma, Eksponensial, Normal dan sifatnyanya
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswaw mampu memahami dan menjelaskan distribusi statistika kontinu dan sifat-sifatnya
Materi Ajar : Distribusi Gamma, Eksponensial, Normal
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep distribusi Gamma, Eksponensial
- Dosen menjelasakan konsep distribusi Normal
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 150 menit
Pertemuan ke : 13
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami Bivariate Normal Distribution
Kompetensi Dasar : Mampu menjelaskan Bivariate Normal Distribution
Indikator : Menjelaskan Bivariate Normal Distribution
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswaw mampu memahami dan menjelaskan Bivariate Normal Distribution
Materi Ajar : Bivariate Normal Distribution
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelasakan konsep Bivariate Normal Distribution
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 150 menti
Pertemuan ke : 14
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami distribusi beberapa variabel
Kompetensi Dasar : Mampu menjelaskan tentang transformasi variabel
Indikator : Menjelaskan transformasi variabel
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan transformasi variabel
Materi Ajar : Transformasi variable diskrit dan kontinu
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep transformasi variable diskrit
- Dosen menjelasakan konsep transformasi variable kontinu
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Statistika Matematika
Jumlah Pertemuan : 16
Kode Mata Kuliah : MK 4253
Waktu Pertemuan : 300 menit
Pertemuan ke :15 dan 16
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami distribusi t dan F serta Teknik FPM
Kompetensi Dasar : Mampu menjelaskan tentang distribusi t dan F serta Teknik FPM
Indikator : Menjelaskan entang distribusi t dan F serta Teknik FPM
Tujuan Pembelajaran : Mahasiswat mampu memahami dan menjelaskan distribusi t dan F serta Teknik FPM
Materi Ajar : Distribusi t dan F, Teknik Fungsi pembangkit moment
Metode : Ceramah, Penugasan, Diskusi
Model : Kooperatif
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegaitan Awal
1. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
2. Menjelaskan tugas harus dikerjakan dan hal-hal yang diperlukan
3. Memotivasi mahasiswa untuk mengerjakan tugas
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Dosen menjelaskan konsep distribusi t dan F
- Memberikan bimbingan kepada mahasiswa pada saat berlatih
Elaborasi
1. Mahasiswa mengerjakan latihan di depan dan menjelaskan ke rekannya
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan penilaian terhadap pekerjaan rekannya yang terlah dilakukan di depan
Konfirmasi
1.Mendiskusikan hasil pekerjaan mahasiswa yang telah dilakukan di depan
- Penutup
- Menarik kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari
- Memberikan gambaran umum tentang tugas perkuliahan yang akan datang
- Memberikan tugas individu sebagai tugas rumah
Evaluasi : Tugas tersruktur, tes tengah semester, tes akhir
Referensi :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
References
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang : 1)Peluang, 2)Peubah acak, 3)Distribusi Statistika, 4) distribusi Uniform, 5)Distribusi Diskret, 6)Distribusi Kontinu, 7)Ekspektasi Matematika, 8) fungsi Pembangkit moment, 9) Kebebasan Stokastik, 10) Distribusi dari beberapa variabel
Learning OutcomesPada akhir perkuliahan ini, mahasiswa akan dapat :
a. Menjelaskan sistem Peluang
b. Memahami Peubah Acak
c. Memahami Distribusi Peluang, distribusi diskret, distribusi kontinu
d. Menjelaskan dan memahami Ekspektasi Matematika
e. Memahami kebebasan stokastik
ReferencesBuku bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang : 1)Peluang, 2)Peubah acak, 3)Distribusi Statistika, 4) distribusi Uniform, 5)Distribusi Diskret, 6)Distribusi Kontinu, 7)Ekspektasi Matematika, 8) fungsi Pembangkit moment, 9) Kebebasan Stokastik, 10) Distribusi dari beberapa variabel
Learning OutcomesPada akhir perkuliahan ini, mahasiswa akan dapat :
a. Menjelaskan sistem Peluang
b. Memahami Peubah Acak
c. Memahami Distribusi Peluang, distribusi diskret, distribusi kontinu
d. Menjelaskan dan memahami Ekspektasi Matematika
e. Memahami kebebasan stokastik
ReferencesBuku bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang : 1)Peluang, 2)Peubah acak, 3)Distribusi Statistika, 4) distribusi Uniform, 5)Distribusi Diskret, 6)Distribusi Kontinu, 7)Ekspektasi Matematika, 8) fungsi Pembangkit moment, 9) Kebebasan Stokastik, 10) Distribusi dari beberapa variabel
Learning OutcomesPada akhir perkuliahan ini, mahasiswa akan dapat :
a. Menjelaskan sistem Peluang
b. Memahami Peubah Acak
c. Memahami Distribusi Peluang, distribusi diskret, distribusi kontinu
d. Menjelaskan dan memahami Ekspektasi Matematika
e. Memahami kebebasan stokastik
ReferencesBuku bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Details ...
Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Distribusi Statistika, distribusi Uniform, Distribusi Kontinu, fungsi Pembangkit moment, Distribusi dari beberapa variabel
Learning OutcomesPada akhir perkuliahan ini, mahasiswa akan dapat :
a. Menjelaskan sistem Peluang
b. Memahami Peubah Acak
c. Memahami Distribusi Peluang, distribusi diskret, distribusi kontinu
d. Menjelaskan dan memahami Ekspektasi Matematika
e. Memahami kebebasan stokastik
References1. Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
2. Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Details ...
Dalam perkuliahan ini akan dipelajari tentang: Distribusi Statistika, distribusi Uniform, Distribusi Kontinu, fungsi Pembangkit moment, Distribusi dari beberapa variabel
Learning OutcomesPada akhir perkuliahan ini, mahasiswa akan dapat :
a. Menjelaskan sistem Peluang
b. Memahami Peubah Acak
c. Memahami Distribusi Peluang, distribusi diskret, distribusi kontinu
d. Menjelaskan dan memahami Ekspektasi Matematika
e. Memahami kebebasan stokastik
References1. Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
2. Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang : 1)Peluang, 2)Peubah acak, 3)Distribusi Statistika, 4) distribusi Uniform, 5)Distribusi Diskret, 6)Distribusi Kontinu, 7)Ekspektasi Matematika, 8) fungsi Pembangkit moment, 9) Kebebasan Stokastik, 10) Distribusi dari beberapa variabel. Sehingga mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar yang memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai persoalan distribusi peluang, distribusi peluang diskrit, distribusi peluang diskrit, distribusi peluang kontinu, Ekspektasi Matematika, fungsi pembangkit momen, Distribusi dari beberapa variabel.
Learning OutcomesPada akhir perkuliahan ini, mahasiswa akan dapat :
a. Menjelaskan sistem Peluang
b. Memahami Peubah Acak
c. Memahami Distribusi Peluang, distribusi diskret, distribusi kontinu
d. Menjelaskan dan memahami Ekspektasi Matematika
e. Memahami kebebasan stokastik
ReferencesBuku bacaan pokok dalam perkuliahan ini adalah :
- Hog and Craig, 1995, Introduction To Mathematics Statistics, 4th edition,Macmillan Publising Co. Inc. New York.
- Maman Djauhari, 2000, Teori Peluang, Penerbit ITB
Details ...