Courser in English | TEACHING LEARNING INTERACTION |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 27 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Interaksi Belajar Mengajar merupakan mata kuliah wajib yang diikuti oleh mahasiswa semester 4 dengan bobot 2 SKS. Dalam mata kuliah Interaksi Belajar Mengajar akan dikaji komponen belajar mengajar yang meliputi hakikat komunikasi, interaksi edukatif, konsep belajar mengajar, fungsi dan tujuan dalam interaksi belajar mengajar, Guru dan siswa dalam interaksi, media pembelajaran dalam interaksi, evaluasi dalam interaksi, pengelolaan interaksi belajar mengajar, dan keterampilan dasar mengajar.
Learning Outcomes1. Membandingkan antara hakikat interaksi biasa dengan interaksi edukatif dalam proses belajar mengajar
2. Menunjukan hubungan antara hakikat belajar, teori belajar, dan faktor psikologis belajar dalam proses interaksi belajar mengajar
3. Merumuskan kesalahan yang terjadi dalam proses interaksi belajar mengajar
4. Merancang skenario interaksi belajar mengajar yang bermuatan motivasi dan aktivitas positif
5. Menyimpulkan kedudukan guru (peran., kode etik, dan kompetensi) berdasarkan studi kasus yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
6. Membuat video praktik mengajar dengan memperhatikan berbagai aspek interaksi belajar-mengajar dan keterampilan mengajar
ReferencesArends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
______. 2008. Learning to Teach 2. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Chatib, Munif.2012. Sekolahnya Manusia. Bandung : Kaifa
_______.2012. Gurunya Manusia. Bandung : Kaifa.
Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.
Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Sardiman, AM 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.
Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.
Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito.
Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.
Details ...
Mata kuliah Interaksi Belajar Mengajar merupakan mata kuliah wajib yang diikuti oleh mahasiswa semester 4 dengan bobot 2 SKS. Dalam mata kuliah Interaksi Belajar Mengajar akan dikaji komponen belajar mengajar yang meliputi hakikat komunikasi, interaksi edukatif, konsep belajar mengajar, fungsi dan tujuan dalam interaksi belajar mengajar, Guru dan siswa dalam interaksi, media pembelajaran dalam interaksi, evaluasi dalam interaksi, pengelolaan interaksi belajar mengajar, dan keterampilan dasar mengajar.
Learning Outcomes1. Membandingkan antara hakikat interaksi biasa dengan interaksi edukatif dalam proses belajar mengajar
2. Menunjukan hubungan antara hakikat belajar, teori belajar, dan faktor psikologis belajar dalam proses interaksi belajar mengajar
3. Merumuskan kesalahan yang terjadi dalam proses interaksi belajar mengajar
4. Merancang skenario interaksi belajar mengajar yang bermuatan motivasi dan aktivitas positif
5. Menyimpulkan kedudukan guru (peran., kode etik, dan kompetensi) berdasarkan studi kasus yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
6. Membuat video praktik mengajar dengan memperhatikan berbagai aspek interaksi belajar-mengajar dan keterampilan mengajar
ReferencesArends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
______. 2008. Learning to Teach 2. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Chatib, Munif.2012. Sekolahnya Manusia. Bandung : Kaifa
_______.2012. Gurunya Manusia. Bandung : Kaifa.
Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.
Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Sardiman, AM 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.
Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.
Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito.
Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.
Details ...
Mata kuliah Interaksi Belajar Mengajar merupakan mata kuliah wajib yang diikuti oleh mahasiswa semester 4 dengan bobot 2 SKS. Dalam mata kuliah Interaksi Belajar Mengajar akan dikaji komponen belajar mengajar yang meliputi hakikat komunikasi, interaksi edukatif, konsep belajar mengajar, fungsi dan tujuan dalam interaksi belajar mengajar, Guru dan siswa dalam interaksi, media pembelajaran dalam interaksi, evaluasi dalam interaksi, pengelolaan interaksi belajar mengajar, dan keterampilan dasar mengajar.
Learning Outcomes1. Membandingkan antara hakikat interaksi biasa dengan interaksi edukatif dalam proses belajar mengajar
2. Menunjukan hubungan antara hakikat belajar, teori belajar, dan faktor psikologis belajar dalam proses interaksi belajar mengajar
3. Merumuskan kesalahan yang terjadi dalam proses interaksi belajar mengajar
4. Merancang skenario interaksi belajar mengajar yang bermuatan motivasi dan aktivitas positif
5. Menyimpulkan kedudukan guru (peran., kode etik, dan kompetensi) berdasarkan studi kasus yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
6. Membuat video praktik mengajar dengan memperhatikan berbagai aspek interaksi belajar-mengajar dan keterampilan mengajar
ReferencesArends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
______. 2008. Learning to Teach 2. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Chatib, Munif.2012. Sekolahnya Manusia. Bandung : Kaifa
_______.2012. Gurunya Manusia. Bandung : Kaifa.
Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.
Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Sardiman, AM 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.
Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.
Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito.
Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.
Details ...
Kajian terhadap komponen belajar mengajar yang meliputi hakikat komunikasi, interaksi edukatif, konsep belajar mengajar, fungsi dan tujuan dalam interaksi BM, Guru dan siswa dalam interaksi, media pembelajaran dalam interaksi, evaluasi dalam interaksi, pengelolaan interaksi belajar mengajar, keterampilan dasar mengajar.
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam interaksi belajar mengajar secara mandiri
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;
- Mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
- Mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang interaktif
Chatib, Munif.2012. Sekolahnya Manusia. Bandung : Kaifa
_______.2012. Gurunya Manusia. Bandung : Kaifa.
Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.
Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.
Sardiman, AM.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.
Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.
Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito
Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD
Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.
Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).
Arends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
______. 2008. Learning to Teach 2. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...
Kajian terhadap komponen belajar mengajar yang meliputi hakikat komunikasi, interaksi edukatif, konsep belajar mengajar, fungsi dan tujuan dalam interaksi BM, Guru dan siswa dalam interaksi, media pembelajaran dalam interaksi, evaluasi dalam interaksi, pengelolaan interaksi belajar mengajar, keterampilan dasar mengajar.
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam interaksi belajar mengajar secara mandiri
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;
- Mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
- Mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang interaktif
Chatib, Munif.2012. Sekolahnya Manusia. Bandung : Kaifa
_______.2012. Gurunya Manusia. Bandung : Kaifa.
Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.
Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.
Sardiman, AM.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.
Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.
Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito
Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD
Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.
Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).
Arends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
______. 2008. Learning to Teach 2. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...
Kajian terhadap komponen belajar mengajar yang meliputi hakikat komunikasi, interaksi edukatif, konsep belajar mengajar, fungsi dan tujuan dalam interaksi BM, Guru dan siswa dalam interaksi, media pembelajaran dalam interaksi, evaluasi dalam interaksi, pengelolaan interaksi belajar mengajar, keterampilan dasar mengajar.
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam interaksi belajar mengajar secara mandiri
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;
- Mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
- Mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang interaktif
Chatib, Munif.2012. Sekolahnya Manusia. Bandung : Kaifa
_______.2012. Gurunya Manusia. Bandung : Kaifa.
Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.
Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.
Sardiman, AM.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.
Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.
Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito
Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD
Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.
Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).
Arends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
______. 2008. Learning to Teach 2. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...
Kajian terhadap komponen belajar mengajar yang meliputi hakikat komunikasi, interaksi edukatif, konsep belajar mengajar, fungsi dan tujuan dalam interaksi BM, Guru dan siswa dalam interaksi, media pembelajaran dalam interaksi, evaluasi dalam interaksi, pengelolaan interaksi belajar mengajar, keterampilan dasar mengajar.
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam interaksi belajar mengajar secara mandiri
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;
- Mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
- Mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang interaktif
Chatib, Munif.2012. Sekolahnya Manusia. Bandung : Kaifa
_______.2012. Gurunya Manusia. Bandung : Kaifa.
Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.
Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.
Sardiman, AM.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.
Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.
Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito
Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD
Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.
Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).
Arends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
______. 2008. Learning to Teach 2. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam interaksi belajar mengajar secara mandiri, mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri, mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang interaktif
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam interaksi belajar mengajar secara mandiri
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;
- Mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
- Mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang interaktif
Chatib, Munif.2012. Sekolahnya Manusia. Bandung : Kaifa
_______.2012. Gurunya Manusia. Bandung : Kaifa.
Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.
Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.
Sardiman, AM.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.
Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.
Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito
Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD
Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.
Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).
Arends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
______. 2008. Learning to Teach 2. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam interaksi belajar mengajar secara mandiri, mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri, mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang interaktif
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam interaksi belajar mengajar secara mandiri
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;
- Mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
- Mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang interaktif
Chatib, Munif.2012. Sekolahnya Manusia. Bandung : Kaifa
_______.2012. Gurunya Manusia. Bandung : Kaifa.
Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.
Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.
Sardiman, AM.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.
Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.
Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito
Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD
Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.
Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).
Arends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
______. 2008. Learning to Teach 2. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam interaksi belajar mengajar secara mandiri, mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri, mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang interaktif
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam interaksi belajar mengajar secara mandiri
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;
- Mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
- Mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang interaktif
Chatib, Munif.2012. Sekolahnya Manusia. Bandung : Kaifa
_______.2012. Gurunya Manusia. Bandung : Kaifa.
Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.
Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.
Sardiman, AM.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.
Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.
Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito
Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD
Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.
Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).
Arends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
______. 2008. Learning to Teach 2. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam interaksi belajar mengajar secara mandiri, mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri, mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang interaktif
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam interaksi belajar mengajar secara mandiri
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;
- Mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
- Mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang interaktif
Chatib, Munif.2012. Sekolahnya Manusia. Bandung : Kaifa
_______.2012. Gurunya Manusia. Bandung : Kaifa.
Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.
Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.
Sardiman, AM.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.
Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.
Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito
Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD
Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.
Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).
Arends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
______. 2008. Learning to Teach 2. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam interaksi belajar mengajar secara mandiri, mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri, mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang interaktif
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam interaksi belajar mengajar secara mandiri
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;
- Mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
- Mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang interaktif
Chatib, Munif.2012. Sekolahnya Manusia. Bandung : Kaifa
_______.2012. Gurunya Manusia. Bandung : Kaifa.
Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.
Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.
Sardiman, AM.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.
Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.
Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito
Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD
Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.
Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).
Arends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
______. 2008. Learning to Teach 2. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...