Interaksi Belajar Mengajar, Curriculum : 2015


Courser in EnglishTEACHING LEARNING INTERACTION
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS27 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Kajian terhadap komponen belajar mengajar yang meliputi hakikat komunikasi, interaksi edukatif,  konsep belajar mengajar, fungsi dan tujuan dalam interaksi BM, Guru dan siswa dalam interaksi, media pembelajaran dalam interaksi, evaluasi dalam interaksi, pengelolaan interaksi belajar mengajar, keterampilan dasar mengajar.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam  interaksi belajar mengajar secara mandiri
  2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung  jawabnya  dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;
  3. Mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  4. Mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang  interaktif

References

Chatib, Munif.2012. Sekolahnya Manusia. Bandung : Kaifa

_______.2012. Gurunya Manusia. Bandung : Kaifa.

Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran.  Jakarta: Indeks.

Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.

            Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.

            Sardiman, AM.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.

   Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.

   Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito

   Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD

 Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.

 Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model  Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

 Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama

 Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).

 Arends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

  ______. 2008. Learning to Teach 2. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.


Details ...
Course Descriptions

Kajian terhadap komponen belajar mengajar yang meliputi hakikat komunikasi, interaksi edukatif,  konsep belajar mengajar, fungsi dan tujuan dalam interaksi BM, Guru dan siswa dalam interaksi, media pembelajaran dalam interaksi, evaluasi dalam interaksi, pengelolaan interaksi belajar mengajar, keterampilan dasar mengajar.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam  interaksi belajar mengajar secara mandiri
  2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung  jawabnya  dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;
  3. Mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  4. Mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang  interaktif

References

Chatib, Munif.2012. Sekolahnya Manusia. Bandung : Kaifa

_______.2012. Gurunya Manusia. Bandung : Kaifa.

Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran.  Jakarta: Indeks.

Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.

            Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.

            Sardiman, AM.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.

   Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.

   Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito

   Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD

 Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.

 Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model  Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

 Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama

 Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).

 Arends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

  ______. 2008. Learning to Teach 2. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.


Details ...
Course Descriptions

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam  interaksi belajar mengajar secara mandiri, mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung  jawabnya  dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri, mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang  interaktif

 

Learning Outcomes

 

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam  interaksi belajar mengajar secara mandiri
  2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung  jawabnya  dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;
  3. Mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  4. Mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang  interaktif

 

References

Chatib, Munif.2012. Sekolahnya Manusia. Bandung : Kaifa

Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran.  Jakarta: Indeks.

Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.

Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.

Sardiman, AM.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.

Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.

Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito

Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD

 Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.

 Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model  Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

 Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama

 Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).

 Arends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.


Details ...
Course Descriptions

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam  interaksi belajar mengajar secara mandiri, mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung  jawabnya  dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri, mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dan mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang  interaktif

 

Learning Outcomes

 

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam  interaksi belajar mengajar secara mandiri
  2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung  jawabnya  dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;
  3. Mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  4. Mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang  interaktif

 

References

Chatib, Munif.2012. Sekolahnya Manusia. Bandung : Kaifa

Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran.  Jakarta: Indeks.

Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.

Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.

Sardiman, AM.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.

Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.

Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito

Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD

 Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.

 Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model  Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

 Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama

 Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).

 Arends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.


Details ...
Course Descriptions

Kajian terhadap komponen belajar mengajar yang meliputi hakikat komunikasi, interaksi edukatif,  konsep belajar mengajar, fungsi dan tujuan dalam interaksi BM, Guru dan siswa dalam interaksi, media pembelajaran dalam interaksi, evaluasi dalam interaksi, pengelolaan interaksi belajar mengajar, keterampilan dasar mengajar.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam  interaksi belajar mengajar secara mandiri
  2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung  jawabnya  dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;
  3. Mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  4. Mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang  interaktif

References

Chatib, Munif.2012. Sekolahnya Manusia. Bandung : Kaifa

_______.2012. Gurunya Manusia. Bandung : Kaifa.

Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran.  Jakarta: Indeks.

Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.

Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.

Sardiman, AM.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.

Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.

Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito

Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD

 Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.

 Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model  Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

 Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama

 Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).

 Arends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

______. 2008. Learning to Teach 2. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

 

 


Details ...
Course Descriptions

Kajian terhadap komponen belajar mengajar yang meliputi hakikat komunikasi, interaksi edukatif,  konsep belajar mengajar, fungsi dan tujuan dalam interaksi BM, Guru dan siswa dalam interaksi, media pembelajaran dalam interaksi, evaluasi dalam interaksi, pengelolaan interaksi belajar mengajar, keterampilan dasar mengajar.

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam  interaksi belajar mengajar secara mandiri
  2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung  jawabnya  dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;
  3. Mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  4. Mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang  interaktif

References

Chatib, Munif.2012. Sekolahnya Manusia. Bandung : Kaifa

_______.2012. Gurunya Manusia. Bandung : Kaifa.

Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran.  Jakarta: Indeks.

Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.

Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.

Sardiman, AM.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.

Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.

Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito

Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD

 Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.

 Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model  Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

 Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama

 Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).

 Arends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

______. 2008. Learning to Teach 2. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

 

 


Details ...
Course Descriptions

Menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang  interaktif terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung  jawabnya  dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam  interaksi belajar mengajar secara mandiri
  2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung  jawabnya  dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;
  3. Mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  4. Mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang  interaktif

References

Chatib, Munif.2012. Sekolahnya Manusia. Bandung : Kaifa

_______.2012. Gurunya Manusia. Bandung : Kaifa.

Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran.  Jakarta: Indeks.

Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.

Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.

Sardiman, AM.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.

Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.

Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito

Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD

 Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.

 Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model  Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

 Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama

 Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).

 Arends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

______. 2008. Learning to Teach 2. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

 


Details ...
Course Descriptions

Menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang  interaktif terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung  jawabnya  dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam  interaksi belajar mengajar secara mandiri
  2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung  jawabnya  dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;
  3. Mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  4. Mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang  interaktif

References

Chatib, Munif.2012. Sekolahnya Manusia. Bandung : Kaifa

_______.2012. Gurunya Manusia. Bandung : Kaifa.

Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran.  Jakarta: Indeks.

Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.

Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.

Sardiman, AM.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.

Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.

Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito

Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD

 Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.

 Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model  Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

 Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama

 Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).

 Arends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

______. 2008. Learning to Teach 2. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

 


Details ...
Course Descriptions

Menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang  interaktif terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung  jawabnya  dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam  interaksi belajar mengajar secara mandiri
  2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung  jawabnya  dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;
  3. Mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  4. Mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang  interaktif

References

Chatib, Munif.2012. Sekolahnya Manusia. Bandung : Kaifa

_______.2012. Gurunya Manusia. Bandung : Kaifa.

Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran.  Jakarta: Indeks.

Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.

Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.

Sardiman, AM.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.

Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.

Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito

Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD

 Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.

 Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model  Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

 Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama

 Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).

 Arends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

______. 2008. Learning to Teach 2. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

 


Details ...
Course Descriptions

Menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang  interaktif terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung  jawabnya  dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam  interaksi belajar mengajar secara mandiri
  2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung  jawabnya  dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;
  3. Mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  4. Mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang  interaktif

References

Chatib, Munif.2012. Sekolahnya Manusia. Bandung : Kaifa

_______.2012. Gurunya Manusia. Bandung : Kaifa.

Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran.  Jakarta: Indeks.

Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.

Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.

Sardiman, AM.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.

Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.

Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito

Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD

 Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.

 Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model  Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

 Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama

 Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).

 Arends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

______. 2008. Learning to Teach 2. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

 


Details ...
Course Descriptions

 

  1. Menjelaskan hakikat  interaksi
  2. Menjelaskan hakikat interaksi edukatif
  3. Menjelaskan perbedaan antara konsep interaksi dan interaksi edukatif
  4. menerapkan interaksi edukatif 

Learning Outcomes

 

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam  interaksi belajar mengajar secara mandiri
  2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung  jawabnya  dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;
  3. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang  interaktif.
  4. Menguasai konsep teori interaksi belajar mengajar bahasa dan sastra Indonesia.

     

 

References

Chatib, Munif.2012. Sekolahnya Manusia. Bandung : Kaifa

_______.2012. Gurunya Manusia. Bandung : Kaifa.

Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran.  Jakarta: Indeks.

Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.

Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.

Sardiman, AM.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.

Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.

Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito

Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD

 Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.

 Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model  Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

 Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama

 Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).

 Arends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

______. 2008. Learning to Teach 2. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

 


Details ...
Course Descriptions

 

  1. Menjelaskan hakikat  interaksi
  2. Menjelaskan hakikat interaksi edukatif
  3. Menjelaskan perbedaan antara konsep interaksi dan interaksi edukatif
  4. menerapkan interaksi edukatif 

Learning Outcomes

 

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam  interaksi belajar mengajar secara mandiri
  2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung  jawabnya  dan mampu mengelola interaksi belajar mengajar secara mandiri;
  3. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam interaksi belajar mengajar, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang  interaktif.
  4. Menguasai konsep teori interaksi belajar mengajar bahasa dan sastra Indonesia.

     

 

References

Chatib, Munif.2012. Sekolahnya Manusia. Bandung : Kaifa

_______.2012. Gurunya Manusia. Bandung : Kaifa.

Eggen, Paul dan Don kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran.  Jakarta: Indeks.

Rooijakkers, Ad.1984. Mengajar dengan Sukses.Jakarta : Gramedia.

Rostiyah NK.1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.

Sardiman, AM.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo.

Subana dan Sunarti. TT.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia.Bandung:Pustaka Setia.

Surakhmad, Winarno.1994. Pengantar Interaksi Mengajar belajar. Bandung : Tarsito

Zaini,Hisyam, Dkk.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD

 Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories an Education Perspective. Penerjemah : Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogjakarta : Pustaka pelajar.

 Joyce, Bruce., Marsha Weil, dan Emily Calhoun. 2011. Models of Teaching. Penerjemah : Ahmad Fawaid dan Ateila Mirza. Model-model  Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

 Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama

 Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : Mizan Learning Center (MLC).

 Arends. Richard I. 2008. Learning to Teach 1. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

______. 2008. Learning to Teach 2. Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly PS dan Sri Mulyantini S. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

 


Details ...