Courser in English | LEARNER DEVELOPMENT |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 2 SKS |
RPS | 23 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Perkuliahan ini membahas Konsep perkembangan peserta didik, Karateristik dan Perbedaan Individu, Pertumbuhan dan Perkembangan (remaja), Pertumbuhan Fisik, Perkembangan Intelek remaja, Perkembangan Sosial remaja , Perkembangan Bahasa remaja , Perkembangan Afeksi/afektif remaja , Perkembangan Kehidupan Pribadi dan Pendidikan , Penyesuaian Diri dan permaslahan peserta didik
Learning OutcomesSetelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik mahasiswa diharapkan memahami Konsep perkembangan peserta didik, Karateristik dan Perbedaan Individu, Pertumbuhan dan Perkembangan (remaja), Pertumbuhan Fisik, Perkembangan Intelek remaja, Perkembangan Sosial remaja , Perkembangan Bahasa remaja , Perkembangan Afeksi/afektif remaja , Perkembangan Kehidupan Pribadi dan Pendidikan , Penyesuaian Diri dan permasalahan peserta didik
References
Elizabeth. B Hurlock. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Monks, F.J.,Knoer, A.M.P., dan Haditono, S.R. 1999. Psikologi Perkembangan: pengantar ke dalam berbagai bagiannya. Cetakan kedua belas. Yogyakarta: Gadjah Mada university Press.
Rice, P. 2001. Human Development. New Jersey : Prentice Hall
Santrock, J.W.S. 1997. Life Span Development. Sidney: Brown and Benckark. (sudah diterjemahkan)
Sunarto. (2002). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta
Details ...
Perkuliahan ini membahas Konsep perkembangan peserta didik, Karakteristik dan perbedaan Individu, teori dan hukum perkembangan, fase dan tugas perkembangan, Pertumbuhan dan Perkembangan, Pertumbuhan Fisik, Perkembangan Intelektual, Perkembangan Sosial remaja, Perkembangan Bahasa,perkembangan emosi dan Penyesuaian Diri.
Learning OutcomesSikap dan Tata Nilai
- Mahasiswa meningkat minatnya dalam mempelajari Konsep perkembangan peserta didik
- Mahasiswa mampu untuk menjalin kerjasama dan saling akrab untuk menyelesaikan tugas kelompok.
Keterampilan Umum
- Mengetahui konsep perkembangan peserta didik pada umumnya
- Mampu bekerja bersama kelompok untuk mengerjakan tugas perkuliahan perkembangan peserta didik
Penguasaan Pengetahuan
- Memahami konsep perkembangan peserta didik dan mampu menerapkan dalam proses pelaksanaan pembelajaran di sekolah dan lingkungan masyarakat.
Keterampilan Khusus
- Sebagai calon pemdidik mampu untuk memanfaatkan pengetahuan dan mengembangkan pengetahuan serta pemahaman terhadap perkembangan peserta didik dengan kepribadian yang seharusnya
Mengenal dan mengembangkan pemahaman terhadap perkembangan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran
ReferencesUtama:
- Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
- Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
- Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
Pendukung:
- Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
- f. Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
- Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
- Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1. Jakarta : Erlangga
- Yusuf,Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
Mata kuliah ini membahas Konsep perkembangan peserta didik, Karakteristik dan perbedaan Individu, teori dan hukum perkembangan, fase dan tugas perkembangan, Pertumbuhan dan Perkembangan, Pertumbuhan Fisik, Perkembangan Intelektual, Perkembangan Sosial remaja, Perkembangan Bahasa,perkembangan emosi dan Penyesuaian Diri
Learning Outcomes-
Referencesa.Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
b.Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
c. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
d.Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
e. Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
f. Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
g.Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
h.Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1. Jakarta : Erlangga
i.Yusuf,Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
Mata kuliah ini membahas Konsep perkembangan peserta didik, Karakteristik dan perbedaan Individu, teori dan hukum perkembangan, fase dan tugas perkembangan, Pertumbuhan dan Perkembangan, Pertumbuhan Fisik, Perkembangan Intelektual, Perkembangan Sosial remaja, Perkembangan Bahasa,perkembangan emosi dan Penyesuaian Diri
Learning Outcomes-
Referencesa.Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
b.Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
c. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
d.Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
e. Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
f. Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
g.Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
h.Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1. Jakarta : Erlangga
i.Yusuf,Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan anak & remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
perkembangan peserta didik merupakan mata kuliah yang memberikan pengetahuan tentang konsep dasar perkembangan peserta didik (jenjang SMP dan SMA) yang berisi perkembangan dan pertumbuhan, hukum dan prinsip-prinsip dalam perkembangan, metode-metode yang digunakan dalam penelitian perkembangan, konsep dasar peserta didik dan impilkasi terhadap pendidikan, karakteristik peserta didik jenjang SMP dan SMA, menjelaskan tentang teori-teori perkembangan, konsep remaja sebagai peserta didik, tugas dan ciri-ciri perkembangan remaja sebagai peserta didik, aspek perkembangan fisik, perkembangan kognitif dan inteligensi, perkembangan emosional, perkembangan bahasa, perkembangan bakat dan minat, perkembangan penyesuaian diri dan konsep diri, serta perkembangan sosial dan gangguan dalam perkembangan manusia
Learning Outcomessetelah mendapatkan perkuliahan perkembangan peserta didik, mahasiswa dapat :
- mengetahui karakteristik perkembangan yang dialami peserta didik
- memahami perbedaan karakteristik dalam perkembangan peserta didik
- memahami aspek-aspek perkembangan yang dialami peserta didik beserta implikasinya dalam pendidikan
- mengenali gejal-gejala perilaku yang menganggu perkembangan peserta didik
-
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
1. Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
2. Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:
a. Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan
b. Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
References1.Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
2.Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
3. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
4.Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
1. Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
2. Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:
a. Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan
b. Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
References1.Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
2.Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
3. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
4.Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
1. Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
2. Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:
a. Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan
b. Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
References1.Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
2.Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
3. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
4.Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
1. Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
2. Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:
a. Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan
b. Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
References1.Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
2.Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
3. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
4.Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
1. Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
2. Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:
a. Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan
b. Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
References1.Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
2.Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
3. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
4.Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
1. Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
2. Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat:
a. Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan
b. Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
References1.Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
2.Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
3. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
4.Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
Details ...